Cerita ku KEMBALI!

Sabtu, 10 September 2011. Mungkin akan menjadi hari sabtu yang biasa-biasa saja jika aku memutuskan untuk tetap tinggal saja di kamar. Namun pagi itu, meski udara masih terlalu dingin untuk dirasakan dan tubuh pun masih terasa lelah, dalam benakku sudah berniat untuk bergegas membersihkan diri, MANDI! Rutinitas harian yang terkadang tak pernah terasa bosan untuk dilakukan, bahkan untuk dilupakan, kecuali kalau hari LIBUR! Seperti hari ini, harusnya aku bisa agak tidak menyukai rutinitas ini, atau tidak memprioritaskan kegiatan ini menjadi yang begitu penting. Tapi entah kenapa aku sedikit berniat untuk melakukannya, semoga ikhlas :)

Pukul 7.00 am, pakaian seragam ‘Publica Health’ salah satu kegiatan ekstra kuliah yang kuikuti, sudah kukenakan dengan rapi, kutata jilbab biru di depan cermin dengan terus mematutkan riasan bedak dan polesan lipstik tipis di bibir. 15 menit berlalu masih kuhabiskan di depan cermin sembari menanti teman menjemput.

Pukul 8.15 am, kami, aku dan ketiga temanku, sudah berada di gedung PascaSarjana, Gedung perkuliahan untuk mahasiswa di atas Strata 1, masih disatu Universitas yang sama dengan Universitas dimana aku sedang menempuh pendidikanku di Strata 1. Antrian panjang menyambut kami di meja registrasi peserta. Aku menghadiri acara yang sebenarnya akupun tak mengerti konsepnya :), karena yang aku tahu, aku hanya diundangan untuk menghadiri acara perkenalan kegiatan-kegiatan ekstra kuliah kepada mahasiswa baru 2011 di fakultas ku, fakultas Kesehatan Masyarakat! Aku bangga menuliskannya, meski mungkin jurusan ini tak semegah Kedokteran, atau tak setenar Akuntasi, tapi aku bangga bisa menjadi bagian dari mahasiswa Kesehatan Masyarakat :).

Kami memasuki ruangan aula dengan kapasitas kurang lebih 500 orang. Sudah terisi penuh, dan acara sudah siap akan dimulai dengan persembahan hiburan-hiburan sebelumnya. Aku duduk di deretan kursi kedua untuk peserta. Sekilas terbaca tema acara, Pelatihan Etika, mungkin hanya pelatihan biasa semacam seminar dengan pembicara yang hanya ceramah monoton di atas panggung acara dan dengan pasti dapat ditebak kalau akan membuat peserta semakin riuh. Sekitar 10 menit setelah aku duduk, dua MC! Master of Ceremony, orang yang menurutku harus heboh dan tidak punya malu :). Dua orang dari adik tingkatku, membuka acara dengan membuatnya seheboh mungkin, namun yang kurasa tetap biasa saja. Sampai pada acara penyambutan-penyambutan dari para petinggi fakultas. Dan tibalah Acara Inti! Acara yang seharusnya selalu mampu menghipnotis peserta dan membuat eluh tets air mata keluar deras, serta termotivasi untuk menjadi lebih dari diri kita hari ini. SUKSES MULIA! Dua kata yang selalu diteriakan semangat dan lantang oleh pembicara. Jamil Azzaini! Seorang inspirator, penulis buku-buku motivator, dan pengusaha sukses, itu yang kutangkap dari perkenalan beliau di muka peserta seminar saat itu.

Beliau memukau ku! Dan sepertinya tak hanya aku. Semua peserta dibuatnya meneteskan air mata, menahan tangis, tersenyum bangga, dan tertwa lepas. Aku tercengang saat beliau menceritakan Kisah Hidupnya! Isah yang semua orang pasti memilikinya, dan pasti berbeda, pasti istimewa, karena kita manusia adalah istimewa, tidaka ada manusia lain yang peristiwa hidupnya akan sama persis dengan kita :). ‘Pengalaman hidup anda tidak akan pernah dimiliki oleh siapapun di muka bumi ini. Anda memang benar-benar spesial, tiada duanya.’ Sekilas kalimat motivator dari buku beliau ‘Tuhan, inilah Proposal Hidupku’, mampu membuatku akhirnya mau berpikir tentang siapa diriku ssat ini, dengan semua kisah hidup yang kualami, yang mungkin terkadang selalu kuanggpa biasa saja, namun setelah aku meresapi sepenggal klimat itu, ternyata aku memang SPESIAL! Spesial berarti tak ada yang menyamai, dibuat lain dari yang lain, dan tentunya, berharga mahal, bahkan tak ternilai.

Hampir 2 jam berlalu suasana di dalam ruangan itu, yang sebagian besar peserta adalah mahasiswa, dan hanya beberapa gelintir saja dari perwakilan dosen, semua tanpa terkecuali mengalir mengikuti arus kata-kata beliau, Memukau!! Sekilas semua seperti terhipnotis, dan tampak termotivasi.

Menjadi SUKSES! Tidak hanya berhasil dalam mengumpulkan harta sebanyak-banyaknya, namun dalam hal tahta, kehormatan yang mampu mengangkat derajat kita di mata orang lain, bermanfaat untuk orang lain, dan tentunya sukses dalam CINTA! Mampu membuat orang lain mencintai kita, apapun kondisinya, dan kita mampu menumbuhkan rasa cinta yang tulus untuk orang lain. Tips ‘SuksesMulia’ ala beliau antara lain; Hilangkan Rantai Gajah! Semua yang membelenggu kita untuk maju lebih baik; Tentukan Prestasi Terbaik! Prestasi yang ingin kita raih, yang tentunya mampu membuat oerubahan hidup untuk kita ke depan; Hilangkan Kata ‘Tetapi’! kata yang membuat kita pesimis, padahal kita bisa lebih dari ini, namun karena ‘Tetapi’, kita merasa semua usaha yang kita laukukan sepersti sia-sia; Melakukan yang Positif! Positif dalam semua hal, memilih sesuatu yang positif dan selalu mengikuti hal-hal yang positif; Sempurnakan Pergaulan! Bergaul dengan semua orang tentunya sesuatu yang sangat menyenangkan, baik dari kalangan tingkat atas sampai kalangan bawah, begitu biasa menyebutnya. Memang tak dipungkiri, lingkungan pergaulan mampu mempengaruhi kita, bahkan lebih dari 50%, untuk itu perhatikan dengan siapa kita bergaul, jika ingin sukses dan mulia, bergaul lah dengan orang-orang sukses dan mulia! :)

Jujur, aku semakin termotivasi, aku ingin melakukan apa yang beliau lakukan, tentunya dengan harapan mampu seperti beliau, namun sekali lagi teringat, kita semua spesial, berbeda! Dan itu membuat syaa berfikir untuk lebih dari hanya sekedar seperti beliau :)

Selesai acara, sudah kupikirkan apa saja yang akan kulakukan untuk menata hidupku! Hidup yang mampu memberikan manfaat untuk orang lain. Dan mulai saat itu, aku kembali menyempatkan untuk melakukan kegemaran ku, MENULIS! Lewat kata terkadang keinginan dalam benak mampu tersampaikan. Lewat rangkaian kata pula, sesuatu dalam hati terkadang mampu menjadi lebih indah maknanya. Dan aku suka mengungkapkannya lewat rentetan tulisan, CERITA! Sesuatu yang selalu mampu membuat orang lain tertarik, harusnya begitu :).

-Atiqoh, 14-15 September 2011-

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.