Gabung Challenge Kreasi Merah Putih dengan Hidangan Sop Kambing

 Aku salah satu penggemar daging kambing. Termasuk bagian kepala dan kakinya, hihi.. Sejak kecil, makan kambing buatku dan keluarga tidak hanya identik saat hari raya kurban saja. Daerah tinggal kami yang khas dengan sate kambingnya, membuat kami jadi familiar dengan masakan hasil olahan daging kambing tersebut.


Nah, salah satu olahan kambing yang juga aku selalu suka adalah, Sop Kambing dengan Kuah Susu. Asli, ini bisa jadi obat stress setelah mengonsumsi satu mangkok potongan kepala kambing yang disiram kuah susu. Mantap!


Baca juga: Kuliner Khas Tegal


Kuliner Sop Kambing Kuah Susu

Selain keluargaku dulu, yang akhirnya juga jadi candu dengan olahan kambing adalah suamiku, haha.. Aku berhasil meracuninya dengan nikmatnya olahan kambing. Akhirnya, hampir setiap minggu, kita selalu keliling Jakarta untuk mencari kuliner nikmat dari olahan kambing.


Berhasil menemukan beberapa yang memang legend dan sudah terbukti kelezatannya. Dua tempat yang masih selalu jadi idola, salah satunya di Sop Kambing Pak Ajo. Sayang, salah satu tempat yang juga menurutku enak, sudah tidak lagi jualan, pulang kampung katanya, sampai sekarang, huh kangen sekali!


Tapi kini, karena kami (re: aku dan suami) sudah tidak terpuaskan lagi oleh rasa sop kambing yang ada di dekat sekitaran rumah kami. Jadi, kami mencoba untuk mengolahnya sendiri. Yuhu, bahannya memang khas, dan perlu ke pasar induk untuk mencarinya.


Baca juga: Jual Daging Segar Online


Challenge Kreasi Merah Putih

Kebetulan sekali, ada Challenge Kreasi Merah Putih yang diadakan oleh Tiga Sapi. Informasi lebih lengkapnya, diadakan di media Instagram Tiga Sapi. Hadiahnya gak main-main lho! Pemenang utamnya akan mendapatkan hadiah total sebesar Rp 5.000.000. Selain itu, akan dipilih juga pemenang favorit setiap minggunya, yang akan mendapatkan saldo e-wallet sebesar Rp 250.000.


Kali ini, aku akan menghidangkan resep masakan sop kambing kuah susu favoritku. Tantangannya adalah, memasak makanan tradisional khas Indonesia dengan menggunakan produk Tiga Sapi Kental Manis atau Tiga Sapi Susu Evaporasi.


challenge kreasi merah putih


Baik, challenge accepted! Demi Kreasi Merah Putih, aku akan hidangkan sop kambing kuah susu dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Pemilihan susu untuk penambahan dalam sebuah makanan membuatnya semakin nikmat lho. Apalagi dengan jenis susu evaporasi. Tapi, apa itu Susu Evaporasi?


Tentang Tiga Sapi Susu Evaporasi

Susu evaporasi adalah salah satu jenis susu sapi yang melalui proses pemanasan sehingga kadar airnya berkurang sebanyak 60%. Proses tersebut, membuat tekstur susu evaporasi menjadi kental. Selain itu, tingkat konsentrasinya juga lebih tinggi sehingga lebih tahan lama.


Tiga Sapi Susu Evaporasi, merupakan Susu Evaporasi dalam kemasan kotak pertama di Indonesia. Dengan model tutup ulir, sehingga mudah untuk ditutup kembali. Aman dan minim terjadi kebocoran. Merupakan jenis Susu Tanpa Lemak yang dilarutkan dengan air hingga memperoleh kepekatan tertentu. Prosesnya dipastikan dilakukan dengan higienis.


Rasa Tiga Sapi Susu Evaporasi ini sungguh creamy yang pas. Terasa pasti gurih lezatnya, dan tentunya akan lebih sehat. Cocok sebagai bahan masakan atau campuran minuman seperti roti, kopi, puding, soto ayam, atau dessert lainnya. Tiga Susu Evaporasi juga bisa digunakan sebagai pengganti santan.


Manfaat Susu Evaporasi

Warna susu evaporasi cenderung kuning karena karamelisasi yang terjadi pada saat proses pemanasan. Nah, banyak manfaatnya dari susu evaporasi ini lho, seperti dapat sebagai sumber energi karena mengandung protein dan kalori yang cukup tinggi. Sehingga dapat menambah berat badan dengan lebih sehat.


Manfaat lainnya adalah, ikut menjaga kesehatan tulang dan gigi, dan dapat dipakai untuk pengganti santan yang lebih rendah kolesterol. Wah, sudah terbayang nikmatnya masakan pakai susu evaporasi. Rasanya pasti lebih gurih tidak kalah dengan santan.


Kreasi Merah Putih dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi

Nah, kali ini aku akan pakai susu evaporasi untuk Kreasi Merah Putih dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi. Produk ini dari Indofood, yang dikemas dalam wadah tetrapack dengan tutup ulir. Sehingga memudahkan untuk disimpan dan dibuka kembali saat ingin menggunakannya.


Susu evaporasi cair dari Indofood ini mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk tubuh, di antaranya: lemak, protein, karbohidrat, natrium, kalsium, dan fosfor. Jadi, dapat digunakan untuk alternatif pengganti santan, gak perlu khawatir kadar kolesterol meningkat nih, hihi.. Caranya juga praktis, tinggal mencampurnya ke dalam berbagai jenis masakan.


Baca juga: Makanan Khas 17 Agustusan


Tiga Sapi Kental Manis

Nah, selain susu evaporasi, Tiga Sapi juga mempunyai produk kental manis. Tiga Sapi Kental Manis, ini bisa jadi pilihan untuk ditambahkan pada hidangan penutup. Biasanya, bertujuan untuk menambah tekstur lembut pada hidangan.


Tiga Sapi Kental Manis tersedia dalam kemasan kaleng, sehingga bisa buat stok dalam jumlah yang banyak di rumah. Masa simpannya juga cukup lama. Meski sudah dibuka, produk susu evaporasi ini masih bisa bertahan kurang lebih lima hari.


Tapi, kalau ingin lebih lama, bisa menyimpan sisa susu ke dalam wadah kedap udara dan dimasukkan ke dalam kulkas. Lebih praktis dan ekonomis kan? Tiga Sapi Kental Manis ini memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, seperti sebagai sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1.


Berbagi Nikmatnya Resep Sop Kambing Kuah Susu

Yes, aku akan membagikan nikmatnya resep sop kambing kuah susu andalanku. Kali ini, mumpung masih ada stock kepala kambing sisa lebaran kurban, hihi mari kita eksekusi! Tentunya akan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi untuk ikut Challenge Kreasi Merah Putih.


Mulai dengan persiapan bahan yang dibutuhkan. Bahan utamanya aku menggunakan bagian kepala kambing. Nah, ini yang harus diperhatikan dalam mengolah kepala kambing. Cara mengolah kepala kambing agar empuk dan tidak bau! Hmm.. sangat penting ya, agar hidangan yang dibuat terasa lebih nikmat. 


Berhubung aku mendapatkan kepala kambing ini dari kiriman Bapak di kampung, wkwkk.. jadi sudah dalam keadaan bersih dan siap dimasak. Tapi, aku sudah pelajari dari Bapak, bagaimana tips nya untuk mendapatkan kepala kambing yang empuk dan tanpa bau, agar siap disantap!


Tips Mengolah Kepala Kambing Agar Empuk dan Tidak Berbau

Aku akui, prosesnya sangat rumit. Pantas saja, kalau dipasaran, harganya sudah lumayan, hihi.. Aku pernah mengikuti Bapak membersihkan kepala kambing sendiri. Berikut beberapa langkahnya untuk mendapatkan kepala kambing empuk dan tidak bau.


1. Bakar kepala kambing terlebih dahulu

Bapak biasanya menggunakan korek gas tembak untuk membakar kepala kambing. Tujuan dibakar untuk menghilangkan bulu-bulu kambing di kepala. Serta menghilangkan bau darah kambing yang anyir.


2. Kikis bulu menggunakan pisau

Nah, selesai dibakar, Bapak akan mengikis bulu dan kulit kambing yang masih tertinggal di kepala. Bisa dengan pisau, atau pencukur jenggot. Proses ini paling penting, agar hasilnya enak dipandang dan disantap, jadi lakukan hal ini hingga bersih ya.


3. Belah kepala kambing

Oke, jika sudah yakin bersih, Bapak akan membelah kepala kambing dari pangkal kepala hingga menyentuh hidungnya. Ini dilakukan supaya air cepat meresap saat kepala kambing direbus.


4. Rebus kepala kambing

Rebus kepala kambing yang sudah terbelah tadi dalam panci. Pastikan airnya menutupi seluruh kepala kambing. Gunakan air mendidih untuk merebus kepala kambing, supaya lebih cepat empuk. Dalam rebusan ini, bisa ditambahkan daun salam untuk mengurangi bau anyir.


5. Kepala kambing siap diolah

Butuh waktu kurang lebih 6 jam untuk merebus kepala kambing agar benar-benar empuk. Jika menggunakan panci presto, bisa disesuaikan. Nah, kalau sudah benar-benar matang, kini kepala kambing siap diolah menjadi aneka masakan sesuai selera.


Bumbu Sop Kambing Kuah Susu

Jadi, sudah siap dengan kepala kambingnya, kini kita siapkan bumbu-bumbu pendukungnya. Ada tiga jenis bumbu yang harus disiapkan. Bumbu halus, bumbu tambahan, dan rempah cemplung. Sekarang, kita mulai dengan bumbu yang dihaluskan.


bumbu sop kambing kuah susu


Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan lengkuas. Untuk bumbu tambahan, seperti minyak samin, tapi karena aku tidak ada, jadi kugunakan butter. Kemudian sereh, jahe, lengkuas, daun jeruk, daun salam, gula, garam dan lada. Serta Tiga Sapi Susu Evaporasi sebagai pengganti santan!


Sedangkan rempah cemplungnya, aku menggunakan kayu manis, kapulaga, bunga lawang, dan cengkeh. Rempah-rempah ini akan menambah aroma masakan lebih nikmat dan gurih lagi. Tentunya, akan menutupi aroma kambingnya yang terlalu kuat.


Jika semua bumbu sudah disiapkan juga, mari kita mulai mengolahnya. Pertama, aku akan menyiapkan bagian isi, dengan memotong kepala kambing yang sudah direbus tadi. Potong menjadi irisan kecil yang siap santap.


kreasi merah putih


Kemudian, kita masak kuahnya. Tumis dulu bumbu yang sudah dihaluskan. Hingga agak kering dan mengeluarkan aroma wanginya. Jika sudah, sisihkan. Kita siapkan panci dengan air, masukkan bumbu yang sudah ditumis wangi.


Tunggu air dan bumbu hingga mendidih, kemudian masukkan sereh dan lengkuas yang sudah digeprek. Aduk hingga bumbu merata, lalu masukkan semua bumbu tambahan dan rempah cemplungnya. Masak kurang lebih 25 menit.


Kemudian, perlahan-lahan masukkan Tiga Sapi Susu Evaporasi, sambil diaduk-aduk agar tidak pecah. Tambahkan sesuai selera sampai mendapatkan kekentalan yang diinginkan. Tunggu hingga mendidih sambil terus diaduk pelan. Jangan lupa dicicipi ya, tambahkan bahan yang dirasa masih kurang.


Dan, kuah sop sudah siap. Sekarang, mari kita hidangkan. Taruh irisan kepala kambing tadi dalam mangkok, lalu tuang kuah sop nya selagi panas. Nah, tidak lupa tambahkan butter untuk menambah rasa lebih gurih dan harum.


Tiga Sapi Kental Manis


Jadi! Sop kambing kuah susu siap untuk dinikmati dan sipa mengikuti Challenge Kreasi Merah Putih. Kita bisa tambahkan pendampingnya, dengan sedikit sambal rebus dan acar mentimun, mantap! Dinikmati dengan nasi hangat, wow nikmat mengenyangkan lho, hihi..


Kesimpulan, Makanan Tradisional Khas Indonesia untuk Challenge Kreasi Merah Putih bareng Tiga Sapi

Jadi, sudah tergoda dengan resep sop kambing kuah susu favoritku? Hihi.. Mudah kan cara membuatnya? Jika tidak ada kepala kambing, diganti dengan daging kambing juga sudah nikmat. Paling penting adalah kuah susunya, dengan Tiga Sapi Susu Evaporasi, rasanya lebih gurih dan lebih praktis membuatnya.


Tiga Sapi Susu Evaporasi, Harga Lebih Hemat dan Isi Lebih Banyak. Kalau Sudah Dibuka, Bisa Ditutup Kembali. Harga ekonomis: Rp.15.000/ Pcs 500g. Isi lebih banyak 25%.


Untuk Tiga Sapi Kental Manis, Lebih Praktis dan Ekonomis. Memiliki manfaat: Sumber kalsium dan Vit D3, Tinggi vit A & B1. Harga ekonomis: Rp.12.000/kaleng 490g. Produknya, kini sudah mudah dicari di supermarket atau e-commerce


Tiga Sapi Susu Evaporasi


Yes, dengan bahan yang terjangkau, kita bisa hadirkan makanan tradisional khas Indonesia jadi istimewa. Yuk, ikuti challenge kreasi merah putih bareng Tiga Sapi. Mewujudkan makanan favorit jadi lebih nikmat. Sudah hadirkan makanan istimewa apa hari ini?

161 komentar:

  1. Wah sebagai pecinta sop kambing, aku seneng banget dapat resep di sini
    ternyata gitu caranya mengolah kambing. Selama ini aku tau makan aja, belum pernah masak sendiri. Kapan-kapan mau coba ah

    BalasHapus
  2. Mantap nih pasti kalau sop kambing pakai kuah susu. Apa lagi susunya tiga sapi.

    BalasHapus
  3. duhhh membayangkan menyeruput kuahnya yang gurih dengan aneka rempah plus daging kambingnya yang sudah empuk. Rasanya pengen ngabisin nasi satu rice cooker hehehe. sedep , mantep, mantuuul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eits jangan dihabiskan kak, nanti saya gak kebagian nasi, kan mau juga SOP kambing dengan nasi hehe

      Hapus
  4. Saya jujru belum pernah makan sop kepala kambing, Mbak. Dan ini memang prosesnya cukup lama ya, Mbak. Merebusnya saja sampai 6 jam. Butuh kesabaran hehehe. Tapi semua sebanding dengan rasanya. Dan memang, paling enak masak sendiri. Sesuai selera, dan bisa nambah sesuai keinginan hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuku kalo masa kurban juga suka dengan kepala kambingnya. Dibakar dulu gitu sih ..entahlah rasanya hehee mgkin karena aku emang sensitif bau jadi gak pernah tahu daging kambing itu macam mana. Tapi lihat masakan mbak atiqoh kok ngiler ya

      Hapus
    2. Aku juga belum pernah nyoba sop kepala kambing nih, baru nyoba sop dading dan jeroannya aja, itupun boleh beli.
      Tapi ngelihat hasil sop kreasi mba Atiq bikin laper dan penasaran ingin nyoba juga.

      Hapus
  5. Pasti enak nih Sop Kambing Kuah susu, perbandingan bawang merah dan bawang putihnya berapa siung ya kak?.. mks sebelumnya

    BalasHapus
  6. Wah buat SOP kambing pun jadi makin nikmat ya kak.
    Terpikirkan nih mau menggunakan tiga sapi ini buat hidangan favorit

    BalasHapus
  7. Kereen mbaa bisa masak masakan yang tergolong rumit. Akuu suka sop kambing, tapi riskan bau prengus ya kalau masak sendiri.

    Susu evaporasi boleh di coba nih buat pengganti santan ya (gusti yeni)

    BalasHapus
  8. Wah leh uga nihh sop kambing jadi makin gurihh pake tiga sapi, soalnya aku juga team anti santan mba. biasanya aku pakein krimer gituu. Duh jadi laperrr

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa makin enak ya kak dengan tiga sapi, jadinya buat sop kambing makin berselera

      Hapus
  9. Biasanya yang kuah susu itu indomie, ini sop kambing! Mantap tenaaaang
    Sejujurnya saya belum pernah nyoba sop kepala kambing, mba
    Jadi pengen nyoba deh

    BalasHapus
  10. Susu evaporasi dari Tiga Sapi ini memang praktis ya. Karena pakai tutup ulir jadi gampang dipakai kembali kalau masih ada sisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak gampang bocor atau kebanyakan menuangkan isinya ya kak. Boleh ini selalu tersedia

      Hapus
  11. Whaaaa.. aku belum berani masak kepala kambing hihihi.... Paling berani masak daging domba aja. Bisa dimasak pake susu evaporasi juga ya. Sedap nih kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daku pun baru beraninya masak sop yang biasa aja hehe.
      Tapi kalau dikirimkan sih gak bakal nolak wkwkwk

      Hapus
  12. Ini resep wajib banget aku catat nih. Karena bapak saya tuh doyan banget sama daging kambing. Selama ini paling disate biar gak terlalu bau. Aduh, kok saya jadi ngiler gitu ya.. lihat Sop Kambing yang gurih dan enak itu.

    BalasHapus
  13. Wah aku juga sering makan daging kambing tapi dijadikan sate. Kalau makan SOP kambing dengan susu Tiga Sapi blm pernah. Penasaran nih gimana rasanya. Kebayang lezatnya...

    BalasHapus
  14. Terima kasih resepnya, Mbak. Saya belum pernah mengolah kambing. Kalau pas ada dagingnya mau coba ah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Idem kak..
      Daku juga belum pernah mengolah daging kamsbing sendiri. Palingan bagian masak satenya aja hihi

      Hapus
    2. sama mbak, aku juga belum pernah ngolah daging kambing sendiri, Tetapi sepertinya kalau daging kambing diganti ma daging sapi pasti tetap sama-sama enak.

      Hapus
  15. Ya ampun, Mbaaaak. Jago amat dah mengolah kepala kambing. Sejujurnya aku belum pernah makan kepala kambing sih. Tapi kalau sop kambing yang kuahnya pakai susu (bukan santan) pernah makan pas di Jakarta. Memang enak banget.

    BalasHapus
  16. Pakai tiga sapi rasa pasakan makin terasa enak di lidah pastinya ya. Saya coba ce di minimarket, pengen segera beli juga hehehe

    BalasHapus
  17. Resep baru nihh buat saya. Sop kepala kambing kuah susu, dr dulu kalo kepala kambing cuma dijadiin krengsengan terus.

    BalasHapus
  18. Lezat banget yaa..
    Masaka menu kesukaan keluarga Sop Kambing Kuah Susu menggunakan produk Susu evaporasi dari Tiga Sapi dari Indofood. Aku juga pengen makan olahan kambiing..

    BalasHapus
  19. wah saluut.. saya sendiri belum berani masak kambing mba hahah biasanya kalau masak kambing saya serahkan ke ibu aja deh atau ke orang lain buat mengolah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya tim beli aja ke abang-abang yang udah pasti enak masakannya mba, hihihi

      Hapus
    2. Serahkanlah pekerjaan pada ahlinya. Jika tidak, tunggulah kehancurannya. Daripadaaaa kepala kambingnya jadi nggak keruan rasa dan baunya, udahlah kita percayakan aja pengolahannya pada yang ahli. Bagi-bagi pekerjaan. Pekerjaan kita makannya :))

      Hapus
  20. Susu evaporasi ini serba bisa ya mbak. Buat makanan manis bisa, buat yang gurih juga bisa banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi bisa membuat hidangan nikmat apa saja ya mbak.
      Bahkan untuk masakan pun jadi makin istimewa

      Hapus
  21. Masak pakai Tiga Sapi susu evaporasi ini lebih sehat ya, Mbak. Selama ini aku kalau yang pakai santan sih masih menggunakan santan, harus mulai membiasakan nih move on ke susu evaporasi yang lebih sehat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss bun aku ga masak sendiri selalu beli tapi setauku emang pakai santan. Lebih sehat ya kalau santan di ganti susu.

      Hapus
  22. Ukuran jago masak itu kalau udah bisa masak daging kambing tanpa aroma prengus yang kadang bikin ilfil. Nah, lihat resep ini plus ngebayangin kuah susunya yang sedap, fix yakin banget mbaknya memang jago masak dan enak hasilnya

    BalasHapus
  23. Jago sekali mom masaknya, aq gak pernah bisa masak olahan kambing, bisa terima jadi aja hihihi... Thanks resepnya kpn2 bisa recook

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga keseringan beli sate kambing dan gulai kambing, belum pernah buat, hihihi

      Hapus
  24. haduhh kan jadi laper lagi,, keliatannya itu creamy banget sup kambingnya pake susu
    >,<

    BalasHapus
  25. Wah kliatannya enak banget nih sop kambing susu. Tapi emang beneran bisa ya susu dipakai buat sop gini. Kok kayaknya aneh yaaaaa, susu biasanya buat yang manis-manis gitu.

    BalasHapus
  26. makin dibaca makin pengen bikin nih mbak hehehe

    BalasHapus
  27. jagoo banget deh mba mengolahnya. kalo aku udah ga tahan ama baunyaa.. apalagi kalau direbus dulu, udah pasti sedapur deh huhu jadi belum pernah nyoba masak kambing sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ehm kok sama sih mbak. Bahka sampai usia segini aku ndak prnah makan olahan kambing dalam bentuk apapun. Gak kuat ma baunya. Hebat mbak atiqoh ini

      Hapus
  28. Masakan tradisional Indonesia sop kambing jadi makin enak dengan susu evaporasi dari tiga sapi ya mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. Susu tiga sapi ini mau ketemu makanan tradisional maupun makanan kekinian, cocok-cocok aja semuanya. Pokoknya mantap

      Hapus
  29. wah menarik nih sop kambing susu, resepnya keliatan enak banget jadi pengen cobain juga deh

    BalasHapus
  30. Wah, asik banget ide menu gurih pengganti bahan santan dengan menggunakan Tiga Sapi Susu Evaporasi Indofood jadi menu masakan Sop Kambing Kuah Susu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai susu evaporasi bikin tambah gurih ya, apalagi ini enaknya carinya juga gampang dan hemat digunakan

      Hapus
  31. Pengennnn...
    Enaak kayaknya bikin perut keroncongan bun...
    Kereen bun memasak daging kambing termasuk gampang gampang susah karena karakteristik daging kambing alot dan bau prengus.
    Susu cap tiga sapi sepertinya enak wajib di coba

    BalasHapus
  32. Ya ampun sop kambing favorit aku banget! Thanks ya kak udah ngasih resepnya, nanti aku mau coba kalau lagi punya daging kambing :)

    BalasHapus
  33. Pengganti santan, jadi lebih gurih ya pastinya. Resepnya juga mudah. Makasih mbak!

    BalasHapus
  34. Wah iya nih akupun menggunakan Tiga Sapi susu evaporasi. Aku suka dengan kemasannya lucu ya hehehe...

    Duh aku gak pernah makan kambing hehehe... bener ibuku biasanya dibakar dulu juga

    BalasHapus
  35. Lama juga ya ternyata waktu yang dibutuhkan untuk merebus kepala kambing, sampai 6 jam. Walaupun begitu sepadan ya dengan kenikmatannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget Mba, memang lama. Tapi memang nanti dagingnya enak banget.

      Hapus
  36. Malam-malam baca begini jadi laper, Mbak :3
    Itu gimana rasanya sop kambing pake kuah susu mbak. Pasti lezaat *ngiler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi penasaran banget ya kak Naq, antara aneh tapi kepo to the max, ngiler juga nih malem2 hahah

      Hapus
  37. Awalnya pas baca ini sih bingung, apa enak sop kambing pake susu evaporasi? Secara akutu penganut paham konvensional, olahan susu ya cuma buat minum. Etapi pas lihat hasilnya, jadi mupeng lhoh pengen coba sop kambing yang pake Tiga Sapi, kayaknya enaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget wkwkw dulu aku jg berpikir begini, tapi setelah ayahku gaboleh pake santan, gantinya yaa biasanya krimer atau susu evaporasi kayak gini.. enak ternyata dan lebih sehat

      Hapus
  38. Aku udah pernah cobain Tigasapi ini.. sayangnya kalau mau beli harus ke e commerce, jadi agak males.. susu evaporasinya emang recommended banget

    BalasHapus
  39. Butuh kesabaran tinggi ini untuk memasak sop kambing nya, yang butuh waktu berjam-jam. Tapi melihat hasilnya yang nikmat bersama 'tiga sapi', nampaknya terbayarkan.

    BalasHapus
  40. Ya Allah ngomongin kambing beneran samaan ya kak. Kami sekeluarga juga suka banget sama olahan kambing. Ngeliat sop kambing pake susu evaporasi tiga sapi ini memang baru tapi pasti enyak sekali kan ya..
    Mmh maaaauu

    BalasHapus
  41. Kebayang sedap dan gurihnya Kak :3 terus jd lumayan berkurang rasa was2 krn evaporasi ini lebih kaya nutrisi sbg pengganti santan ya. Perpaduan dg bumbu rempahnya tambah nikmat, pantas jd menu favorit jg ya kak hihi

    BalasHapus
  42. Wah, kesukaanku juga nih Mba daging kepala kambing dan kakinya. Kalau di Kampung aku di bikin sop biasa tanpa susu. Baru tahu malahan pakai susu jadi pengin nih cobain, kelihatannya enak banget.

    BalasHapus
  43. Lihat resep dan cara buatnya, sepertinya mudah deh, hehe.
    Moga hasilnya bisa selezat Sup Kambing Mbak Atiq,nih.
    Bismillah menang, yaa mbak.

    BalasHapus
  44. waktu selesai lahiran anak pertama aku ngidam sop kambing dong, padahal aslinya gak suka hehe. tapi dibeliin juga sama suami dan aku makan dengan lahap. itu terakhir kali aku makan sop kambing dan belum nyoba lagi. lihat resep dan gambar sop kambingnya mba atiqah aku auto ngiler dan pengen bikin juga pake Tiga Sapi Susu Evaporasi, ssluurrpp nikmat kayaknya!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran kaEkaaa, ini ngelihat hasil masakannya ka Atiqoh udah mengandung keinginan bawa pulang deh, kaya enak!

      Hapus
  45. Challenge ini lagi lalu lalang hilir mudik di berandaku nih..bikin kepo pengen ikutan juga hehe .

    BalasHapus
  46. Kamu keren banget sih mba bisa masak sop kambing apalagi bagian kepala. Huhu ak ngga bisa masak kambing, pasti dimasakin bumer wkwkk. Tapi kalau pake Tiga Sapi enak sih ya jadi creamy dan gurih gitu ngga bau kambingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa, apalagi bagian kepalaa ampun gimana tuh yaa. ilangin bulunya aja udah stress berathahaha

      Hapus
    2. Jadi inget kalau mamaku pernah dapet kepala kambing dan berakhir nganggur di wastafel soalnya gatau cara masak hahaha. Kayaknya kudu belajar ke kak Atiqoh deh nih soal masak kepala kambing, plus pake Tiga Sapi

      Hapus
  47. Keren banget bisa ngolah kambing. Kalau aku sudah angkat tangan gak bisa

    BalasHapus
  48. Keren mbak bisa masak sop kambing. Kalau aku kambing pernah makan doang nggak pernah masak sendiri. Heu

    BalasHapus
  49. Aku pun suka, Kak. Biasanya kalau kepala kambing suka dimasak dengan bumbu cabe ijo, pedassnya nampol. Kalau kaki kambing biasa aku masak gulai. Semua sama-sama enak, bergantung selera...

    BalasHapus
  50. Baca lagi jadi pengin. Sayang mamake darah tinggi. Jadinya nggak ada teman makannya.

    BalasHapus
  51. Wuih Mbak, gak main-main nih olahannya .... energi dalam mengupayakan challeng-nya luar biasa ... mantap, moga menang ya, Mbak.

    Nah, dengan tulisan ini saya jadi tahu nih cara supaya bau anyir kepala kambing bisa dihilangkan tapi untuk daging gimana tuh caranya Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mba, keren ya bisa mengolah kepala kambing gini.. Penasaran jg nih klo daging kambing agar tidak anyir gmn ya ngolahnya?

      Hapus
  52. Hah seriusan suka kepala kambing, mbak? Aku takut liat kepalanya gitu. Tp klo dagingnya ya mau sih. Asal bukan yg dari kepalanya. Hihi...

    BalasHapus
  53. duhhh udah kebayang banget sih nikmatnya sop kambing yang empuk dan gurih lalu dipadu dengan dengan susu yang legit. pasti nikmat banget euy

    BalasHapus
  54. aihhhh ternyata masak sop kambing bisa nih yaa pake produk susu, pengen recook juga ahhh biar bisa gonta ganti menu hehe

    BalasHapus
  55. Sop kambing enak banget
    Favorit aku
    Kapan kapan mau recook resepnya ah
    Belum pernah rasain sop kambing kuah susu

    BalasHapus
  56. udah lama banget aku jarang masak nih mba. tapi kayaknya bisa buat opsi stock yaa.. biar ga nyimpen santan. kalau yang bubuk biasanya kalau udah agak lama jadi gumpal gitu.. mending pakai ini deh

    BalasHapus
  57. Sop kambing yummy aku sukaa banget lhoo... gurih karena di kasih susu yaa ... meski sukaa tapi ga berani memasaknya sendiri takut bau prengus dan alot.(gusti yeni)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama nih aku juga belum berani masak yang ada kambing2nya takut failed dan malah masih bau huhu.

      Hapus
  58. belum pernah nih masak kepala kambing, kayanya makan juga belum pernah hahaha... seringnya makan dagingnya doang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa sama mbaakk, bingungnya masak atau makannya juga nih klo kepala kambing

      Hapus
  59. Di rumahasih ada tiga sapi susu evaporasi nih, bisa nyoba bikin sop pakai susu aja yak...

    BalasHapus
  60. Wah ini nama lain dari gule kambing ya, kalau biasanya pakai santan tapi ini diganti susu evaporasi. Nggak kebayang sih gimana creamy nya rasa sop kambinh buatan mbak atiqah

    BalasHapus
  61. Sudah punya resep andalan keluarga dan cara pengolahannya yang empuk jadi tambah nikmat ya kak dengan penggunaan Tiga Sapi Susu Evaporasi, perpaduan dengan bumbu rempahnya jg pasti sedaaap :D kesukaan semua anggota keluarga nih

    BalasHapus
  62. Sebagai pecinta daging kambing, aku langsung ngiler deh lihat postingan ini.. yumm... Ditunggu resep2 olahan daging lainnya ya kak!

    BalasHapus
  63. Saya lebih suka membeli daripada memasak sendiri menu olahan kambing, karena kalau tidak pandai mengolahnya, bau prengus kambing itu masih menyengat. Tapi melihat tipsnya disini akhirnya jadi tahu beginilah cara memasak olahan kambing supaya nikmat ya mbak. Terlebih ditambah susu evaporasi, pasti cita rasa sop ini makin creamy dan gurih. Bisa disantap saat hangat dengan nasi putih panas dan emping ya. Waaah jadi lapar nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sop kambing ini nikmat banget kelihatannya. Apalagi jika ditambah produk Tiga Sapi pasti kuahnya lebih gurih. Seperti cita rasa sop kambing di warung terkenal yang pernah saya singgahi.

      Hapus
  64. Aku kurang suka kambing sebetulnya, tapi liat ini kok jadi penasaran ya pengin ngerasain sop kambing yang pake creamynya susu evaporasi nih mbak. Cara bikinnya pun ternyata gak susah. Kapan2 kucoba aaah

    BalasHapus
  65. Mbaaakkk kok bisa sih suka sama daging kambing. Kalau aku pilih2 banget tergantung siapa yg masak. Aku mau makan asalkan nggak bau sama sekali. Kambing favoritku ditongseng.

    BalasHapus
  66. Ya ampun sop kepala kambing. Dengar resepnya aja sukses bikin ngiler euy. Pasti rasanya enak banget dan ada rasa creamy gitu. Kebayang sop ayam aja dimasak pake produk susu tiga sapi evaporasi ini enak banget. Apalagi sop kambing pasti enak banget. Nanti deh mau coba masak sop kambing juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah nih cobain sop kepala kambing, jadi penasaran bakal kek mana bentukannya haha

      Hapus
  67. Ada daging kambing di rumah, besok mau beli dulu susu cap tiga sapi ini
    Biar bisa recook resepnya

    BalasHapus
  68. enak banget makan sop kambing panas waktu hujan-hujan. Apalagi kalau ditambah sambal yang banyak, wuih...

    BalasHapus
  69. Aku suka kambing, tapi hampir gak pernah masak sendiri.
    Huhu...iya kala gak tau kunciannya, masaknya jadi kurang enak ya.. masih bau kambing.
    Mencoba memasak menu sop Kambing kuah susu menggunakan produk Tiga Sapi Susu Evaporasi.

    BalasHapus
  70. Wah aku sampai sekarang belum pandai dan nggak percaya diri klo masak daging kambing mbak. Tapi ini boleh dicoba tipsnya. Apalagi ini ada resep baru pakai tiga sapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti setelah berhasil memasak menu Sop Kambing Kuah Susu, auto nambah-nambah nasi terus yaa.. Kebayang nikmatnya, apalagi dimakan bersama nasi hangat dan sambal.

      Hapus
  71. Sop kepala kambing itu memang juara enaknya kalau tahu masaknya. Karena kalau salah masak pasti ambyar rasanya

    BalasHapus
  72. Saya nggak terlalu suka daging kambing nih mbak. Mungkin kuganti daging-dagingan yang lain kali ya, Kak. Kelihatannya enak sih.

    BalasHapus
  73. Gak pernah makan sop kepala kambing, apakah mungkin bisa diganti dengan daging kambing ya?

    BalasHapus
  74. Kebayang nikmat dan gurihnya makan sop kambing ini. Pake nasi hangat kayaknya bakal jadi gagal diet yaa 😂

    BalasHapus
  75. Saya juga suka banget masakan berbahan kambing... Sate kambing, sop kambing, apalagi gule kepala kambing... Makasih resep sop kepala kambingnya ya...

    BalasHapus
  76. Baca ini jadi tambah insight tentang pilihan pengganti santan. Secara orang di rumah suka yang creamy tetapi tidak suka yang bersantan. Pas baca Tiga Sapi Susu Evaporasi jadinya bisa banget digunakan untuk resep masakan rumahan.

    BalasHapus
  77. Aku suka menu kambing, biasanya gule atau sate. Tapi kalau sop belum pernah sih...Tambah gurih nih pakai susu Tiga Sapi yah. Mau nyoba tapi pakai daging kambing aja bisa kalik ya...

    BalasHapus
  78. Saya baru tahu nih masakanan kambing bisa dikreasikan kaya gini, langsung laper kakkkk. Kayanya bisa sekali kali dijadikan bahan masak untuk mas suami di rumah

    BalasHapus
  79. Ngiler banget bayanginnya. Tanggung jawab hey wkwk

    BalasHapus
  80. Sop kambing dengan susu evaporasi cap tiga sapi pasti enaak gurihhh. Top mbaa bisa bikin masakan dari kambing karena susah menghilangkan bau prengus

    BalasHapus
  81. pasti nambah gurih banget nih kak.. aku jarang lihat ini di daerahku >_< semoga cepet ada deh biar ak nyobain juga masak pakai ini hihi

    BalasHapus
  82. Pasti tambah gurih nih kak, semoga didaerahku cepet ready..jarang liat tiga sapi didaerahku hiks

    BalasHapus
  83. Pas makan sop kaki kambing, bapak saya bilang kalau kuahnya pakai susu.. nggak percaya sih.. ternyata susunya semacam evaporasi ya.. pantes aja bikin enak soalnya

    BalasHapus
  84. Uwooo, sop kambing ini enak lho
    Pasti lebih enak dan gurih kalau pakai susu evaporasi cap tiga sapi ini

    BalasHapus
  85. keren sih km kak berani masak kepala kambing

    BalasHapus
  86. Ya ampun, aku nulis komen ini malem-malem dan aku ngiler sepanjang baca postinganmu huhuhu. Ngebayangin gimana gurih dan creamy nya.

    BalasHapus
  87. aku baru tau kambing bisa dimasak pake susu evaporasi 😳

    BalasHapus
  88. Manteb bagian kambing yg kamu masak! Sy lbh memilih bagian lain sih, biar sama-sama enak dan tidak terbayang-bayang. Wkwkwkwk.

    BalasHapus
  89. Jago banget masaknyaa.. aku jd pengen icip 😍😍

    BalasHapus
  90. Duh, jadi langsung pengen nyobain resepnya

    BalasHapus
  91. mau aku share ke ibuku nih resepnya soalnya aku gak berani masak kambing

    BalasHapus
  92. Meski rendah kolesterol, kira-kira juga aman hak ya pakai susu evaporasi untuk lambung kak?

    BalasHapus
  93. Tiga sapi susu evaporasi ini gak hanya buat dessert ya, bisa untuk menu makanan utama juga sepertinya nikmat deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, aku pikir juga cuma untuk dessert. Ternyata bisa juga untuk menu hidangan utama. Apalagi buat yang pengin creamy, tapi agak kurang suka dengan olahan santan.

      Hapus
  94. waaduh suka banget sama sop kambing, aku noted resepnyan mbaaaakk, siapa tau nnti ketularan pinter masak hihi

    BalasHapus
  95. Susu evaporasi cap tiga sapi wajib nih buat di coba, btw itunresep mupeng mau cobain aaah

    BalasHapus
  96. Yummy susu evaporasi pengen cobain buat topping cemilan di rumah dan tambah taburan keju

    BalasHapus
  97. Wah, mantap nih Sop Kambingnya. Aku pun penggemar kepala kambing dan kikilnya, tapi kadang masih suka dimasak gulai (pakai santan). Mungkin kalau santannya diganti susu, makanan lebih sehat dong ya...

    BalasHapus
  98. Belum ppernah nih bikin sop kambing apalagi bagian kepala.. Keren banget deh mba bisa ngolah bagian kepala kambing sperti ini.. Duh keliatan enak banget ni dr fotonya.. Apalagi klo pakai Tiga Sapi ya mba..

    BalasHapus
  99. Kalau di rumah ada Tiga Sapi Susu Evaporasi, bisa banget ya, buat masakan manis maupun lauk yang lezat.

    BalasHapus
  100. Ah iyaa
    Sop kambing enak banget
    Apalagi pakai susu tiga sapi ini
    Pasti lebih creamy dan gurih ya mbak

    BalasHapus
  101. Tiga Sapi super serbaguna ya. Bisa dipakai buat bikin apa aja. Dan rasanya memang jadi lebih gurih dan pastinya lebih sehat juga.

    BalasHapus
  102. Wah, keren berarti hebat Mbak bisa ngolahnya sampai sama suami Mbak keliling Jakarta nyari kuliner Kambing. Mantap! Suka penasaran gimana ngolahnya daging kambing yaa bisa gak kerasa baunya, dan keliatan banget Sop Kambingnya menggoda banget. 😍

    BalasHapus
  103. Wah...kreasinya super nih. Aku pikir, susu cuma untuk kue, minuman dingin, atau puding gitu. Pas banget kemarin beli daging kambing, rencananya buat nasi kebuli sih. Nyoba juga ah untuk sop kambing...

    BalasHapus
  104. Suamiku suka bgt daging kambing, bisa recook ini mah apalagi di rumah masih ada Tiga Sapi Susu Evaporasi.

    BalasHapus
  105. Ya ampun baru bayangin sop kambing kuah susu auto ngeces deh ini, keliatan enak banget, ternyata sop kambing pake kuah susu bisa yah kak, mau recook ah pakai susu Tiga Sapi

    BalasHapus
  106. KREATIF SEKALI MENUNYA SUSU DAN KEPALA KAMBING. SEMOGA TIDAK MENAMBAH KOLESTEROL.

    BalasHapus
  107. Emang enak ya makan menu seperti ini, tapi bertambahnya usia juga bikin mikir tentang tubuh. Jadi kalau bisa gak sering-sering makan yang bikin kolesterol harus kontrol juga asupan gula. Tapi ya kalau sesekali tidak apa.

    BalasHapus
  108. Produk barubkah mom susu evaporasi tiga sapi. Aku pernah belintapi yang kental manis jadi baru tau ada yg evaporasi

    BalasHapus
  109. Wuaaw 6 jam. Efforrnya kebayang, makannya pasti jadi lebih nikmat. Apalagi lebih sehat karena pakai susu evaporasi, hehe.

    Aku dulu pernah makan SOP kambing bening aja tapi sekarang entah kenapa kok jadi ga suka 😅

    BalasHapus
  110. Buat sop kambing pake susu evaporasi, pasti kuahnya jadi lebih kental. Aku suka sekaliiii, penasaran rasanya. Pengen nyoba juga.

    BalasHapus
  111. Mbak baca artikel ini kog ya pas dalam keadaan hujan gerimis gini sih... Kan Saya jadi ngebayangin kuah panas sop kaki kambing yang pasti Seger banget Dan mampu menghangatkan badan..

    BalasHapus
  112. saya bukan penyuka daging kambing, Mba. Tapi olahan kambing yang ini kayaknya nikmat yaa

    BalasHapus
  113. Walaupun suka juga dengan makanan olahan kambing, tapi jujur saya belum pernah makan sup kambing susu. Tapi kalau lihat fotonya sungguh menggiurkan. Sebagai pencinta kuliner saya jadi kepingin juga coba sup kambing susu hehe

    BalasHapus
  114. Aku juga suka sop kambing tapi ga suka bagian kepalanya haha.. kebayang deh gurihnya kuah sop kambing karena pake susu evaporasi tiga sapi ya.. jadi ngiler nih hehe

    BalasHapus
  115. Beneran harus telaten sih memasak sop kepala kambing. Saya juga pernah beli di warung sop, berbau dan menjadi tidak selera makannya.

    BalasHapus
  116. Sop kambing itu enak
    Apalagi kalau masaknya pakai susu cap tiga sapi
    Pasti makin lezat ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dan yang juga penting, yang masaknya pun mesti jago. Kalo yang masak aku mah... hm ....mending kita percayakan aja deh pada yang terbukti jagi masak sop kambing. Dan itu bukan aku >.<

      Hapus
  117. Tiga sapi ini cocok banget buat bikin kreasi masakan ya mba

    BalasHapus
  118. Tim yang sukanya makan doang, karena males masak. Hahhah
    Sebenernya ngeliat resep begini tuh, kayak tertarik mau coba, tapi pas bumbunya udah kekumpul, walah, niat mau masaknya nguap. Wkwkwk

    BalasHapus
  119. Rasanya seperti apa ya kak makan kepala dan kaki kambing ? Secara aku emg ga doyan daging kambing sih. Hehehe..

    Walaupun ga doyan.. tp kok keliatamnua enak ya. Aku mau recook tp kambingnya aku ganti pake daginh sapi aja ah. Hehehe..

    Makasih ya info resepnya

    BalasHapus
  120. Susu evaporasi dengan kental manis itu beda toh? Aku pikir sama, loh. Karena kadar gulanya cukup tinggi memang harus dibatasi ya konsumsinya walaupun memang praktis banget dalam pemakaian untuk masakan

    BalasHapus
  121. Menggoda banget resepnya untuk di-recook nih Mbak. Kebetulan di freezer saya ada sisa daging kambing dan masih punya susu evaporasi Tiga Sapi juga. Langsung cusss ikutan coba resepnya ya Mbak.... Btw makasih resepnya...

    BalasHapus
  122. Lengkap banget nih Mbak, ada resep sekaligus tips cara mengolah daging kambing. Saya paling takut sebenarnya makan daging kambing, katanya bau saya paling gak bisa kalau bau-bau di makanan hihihih tapi kalau mengolahnya dengan tepat pasti juga bakalan jadi enak dong ya rasanya.

    BalasHapus
  123. Aku pernah beberapa kali mencoba sup dan soto dengan susu dan raasanya jadi semakin kaya dan gurih banget. Apalagi pake tiga sapi. pasti bakalan lebih enak dan kaya rasa. duh! membayangkan menyeruput kuahnya pasti nikmat banget

    BalasHapus
  124. Lengkap juga ya bumbu dan rempah untuk masak SOP kambing istimewa ini. Ada cengkeh dan star anise juga.

    Makin sedap karena masaknya pakai susu Tiga Sapi. Kuahnya lebih creamy yaa.

    Btw kalo diganti pakai daging sapi atau ayam bisa gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, makin lengkap bumbunya, rasa rempahnya makin wangi hihi.. bisa kok ganti sapi atau ayam juga masih mantap :)

      Hapus
  125. Sop kambing pasti enak banget nih. Kalo aku masaknya pake daging domba. Enak juga ditambahin susu evaporasi.

    BalasHapus
  126. Susu cap tiga sapi ini membuat SOP kambing jadi lebih enak ya mbak
    Aku sudah coba juga buat SOP kambing pakai susu cap tiga sapi ini

    BalasHapus
  127. Keren banget, kak Atiq.
    Aku juga suka banget sama menu sehat menggunakan produk Susu Evaporasi Tiga Sapi dan Kental Manisnya, apalagi bikin menu selezat Sop Kambing Kuah Susu. Pasti nambah nambah terus pas makan..

    BalasHapus
  128. Aku baru tahu lho produk Tiga Sapi yang Evaporasi. Enak banget juga ternyata rasanya, bisa jadi pengganti santan ya dan ini jelas lebih sehat.

    BalasHapus
  129. Pasti jadi lebih gurih dan sehat ya kak, karena Tiga Sapi evaporasi mengandung lemak yang lebih sedikit dibanding santan

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.