Kulit di Pangkal Kuku Mengelupas!


Saya menemukan kulit-kulit di bawah jari tangan anak saya mengelupas kecil. Tidak heran, karena saya pun demikian. Namun apakah wajar terjadi pada bayi atau anak-anak? Apakah ini pertanda kekurangan vitamin?

Kondisi kulit dibawah kuku yang mengelupas


Sebenarnya yang saya khawatirkan ini bukan masalah yang besar, tapi bagaimana penangannya yang benar agar tidak menimbulkan luka yang besar?

Pada umumnya, kulit di sekitar kuku memanga sangat lembut dan tipis, karena langsung menyatu dengan kutikula kuku. Biasanya kalau terkelupas pun tidak akan menimbulkan rasa sakit, kecuali kalau ditarik sampai terluka. Dengan perawatan kulit dan tangan yang rajin, hal tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Tapi kalau sering ditarik, dapat menyebabkan infeksi karena menjadi luka dan bahkan bisa menjadi bengkak (paronychia).

Kondisi paronychia

Lalu apa penyebabnya?

Kulit kering bisa menjadi penyebab utamanya, karena kondisi kulit jadi mudah terkelupas. Kulit kering biasanya terjadi karena tubuh kita kekuranan cairan. Oleh karena itu, perbanyaklah asupan cairan dan jaga kondisi tubuh agar tetap seimbang. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C juga dibutuhkan untuk menjaga kesehatan kulit. Penyebab lainnya adalah faktor aktivitas kita dalam menggunakan tangan untuk kegiatan sehari-hari. Seringnya terjadi pergesekan dengan benda-benda yang kasar juga dapat membuat kulit pada jari-jari tangan mudah terkelupas.

Jadi apa yang perlu kita lakukan jika menemukan kulit di pangkal kuku terkelupas?

Jaga kebersihan kuku, dan ajarkan hal tersebut pada anak sejak dini. Hal ini dapat mengurangi resiko penyakit-penyakit lain yang muncul karena kuman pada kuku. Tidak lupa untuk selalu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin tinggi seperti buah dan sayuran. Jaga asupan air agar tidak mengalami dehidrasi. Karena kekurangan nutrisi tersebut, tidak hanyak kulit dan kuku yang bermasalah, tapi seluruh tubuh kita.

Selanjutnya, gunakan lotion atau krim pelembab yang cocok dengan kondisi kulit kita. Jika terlalu lama di ruangan ber-AC, alahkah lebih baik jika menggunakan pelembab udara agar kelembaban udara tetapp terjaga. Terakhir yang terpenting adalah, jangan pernah ditarik. Karena kemungkinan besar akan menyebabkan infeksi. Agar tidak mengganggu, lebih baik digunting dengan gunting kuku, jangan dikelupas secara paksa.


Semoga bermanfaat! 



#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

12 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.