Melepas Penat dengan Membaca Cepat

Menjalani hidup memang kudu seimbang, biar tetap merasakan bahagia dalam kondisi apapun. Nah, salah satu kegiatan yang bisa jadi penyeimbang kehidupan adalah hobi. Jadi, apa hobi kalian? Hobi bisa membantu melepas penat.


Selain itu, ternyata hobi juga bisa jadi jalan ninja kita untuk lebih 'waras'. Terhubung dengan orang-orang yang sama dengan suasana yang lebih santai. 


Nah, bergabung dengan orang-orang yang punya kesamaan tentu akan membuat suasana lebih membahagiakan ya.


Menemukan Hobi

Tapi ternyata, masih ada juga lho, orang-orang yang belum tahu hobinya apa, hehe.. kalian kah salah satunya? Jika iya, coba cari tahu hobi kalian sekarang juga. Kenapa? Karena itu bisa bikin hidup lebih seimbang.


Jadi, bagaimana cara menemukannya?


Mulai dari apa yang kita sukai -


Pasti, akan ada hal yang benar-benar membuat kita fokus dengannya. Rasanya jika melakukan hal tersebut, energi kita seperti berkali-kali lipat. Dan setelahnya, meski lelah namun memberikan rasa puas dan kebahagiaan sendiri.


Nah, itu mungkin hal bisa kita jadikan hobi.


Membaca Buku Bisa Jadi Hobi

Banyak orang, yang memilih kegiatan membaca jadi satu hobi yang menyenangkan untuk melepas penat. Saya salah satunya. Membaca buku ini juga jadi kebiasaan yang baik lho, jadi bisa mulai dikenalkan sejak dini pada anak, baca cara menumbuhkan minta baca.


Ada kepuasan tersendiri, saat bisa menghabiskan satu buku dan cerita dalam buku tersebut masih bisa diingat baik sampai waktu lama. Hal itu yang memberikan kepuasan sendiri menjadikan kegiatan membaca buku jadi hobi.


Nah, apa sih yang membedakan membaca buku adalah kegiatan yang bisa masuk ke dalam hobi?


Kalau saya, membaca buku yang bisa jadi melepas penat, tentunya dengan membaca buku dengan cerita ringan. Namun, meski ringan bukan berarti tidak bermakna. Semua buku, pasti akan memberikan pengetahuan baru bagi pembacanya.

Membaca Buku Cepat
Melepas Penat, dengan membaca Buku Cepat


Jadi, tentu saja kembali pada pilihan masing-masing. Jika penat kalian bisa hilang dengan justru hobi membaca buku yang berat, silahkan, hehe.. Kalau saya menyesuaikan kapasitas otak saja. Daripada makin meledak 😁


Tips Membaca Buku Cepat, Melepas Penat

Tapi sayangnya, menjalankan hobi ini juga butuh waktu khusus yang benar-benar nyaman. Tentu saja, ini agar tujuan dari memiliki hobi bisa benar-benar jadi penyeimbang hidup.


Semenjak jadi Ibu, rutinitas untuk melakukan hobi membaca buku sudah amat sangaaaat jaraaaang sayang lakukan. Menyedihkan tentu saja, huhu..


Meski kegiatan membaca tentu saja tidak berhenti, karena banyak juga informasi yang bisa dibaca mudah dari internet. Tapi, kepuasan membaca buku itu yang tidak bisa tergantikan.


Nah, untuk mencoba lagi, saya akan memulai dengan teknik membaca cepat. Jadi, masih bisa untuk menikmati hobi ini.


Dari beberapa sumber, salah satu teknik yang dapat dilakukan adalah skim read. Melihat sepintas sebuah bacaan dan membuka halaman-halaman tertentu untuk mencari kata kunci.


Sayangnya, tentu saja teknik ini tidak bisa diterapkan untuk membaca novel favorit, hehe.. Jadi, solusinya adalah dengan menerapkan beberapa tips berikut ini:


1. Menentukan Target

Tantang diri untuk bisa menyelesaikan satu buku dalam waktu tertentu. Ini yang bisa jadi pendorong kita untuk menyelesaikannya dari tujuan yang mau dicapai.


2. Baca Sinopsis Buku

Nah, ini juga jadi jalan ninjaku untuk cepat tahu apa isi buku yang ingin dibaca. Ini juga bisa jadi pilihan cara membaca cepat. Karena bisa memberikan gambaran awal tentang isi buku. Jadi lebih mudah untuk mengikuti alur ceritanya.


3. Pasang Timer

Nah, kalau ingin melakukan hobi membaca ini disela waktu kesibukan kita, kita bisa pasang timer. Ini untuk mengingatkan kita kembali dengan kesibukan yang masih menanti, hehe.. Jadi, hobi juga berjalan efektif, pekerjaan lainpun tetap berjalan, seimbangkan? Hehe.. Ya, meski dipaksakan.


Tiga tips di atas yang saya ambil dari beberapa sumber dan sangat relevan diterapkan, bagi saya.


Kalian juga bisa menemukan cara dan tips lain untuk tetap bisa menikmati hobi, dengan seimbang. Karena hobi juga penting untuk mengembalikan semangat.

1 komentar:

  1. Aku juga suka membaca buku tapi kalo membaca cepat bikin pusing. Jadi aku lebih suka membaca bukunya nyantai saja.

    Ini kali y bikin aku gak cepat menuntaskan satu buku hiks.

    Aku pernah ikut membaca buku dikasih waktu gini. Sebenarnya bisa saja mengikutinya tapi hasilnya buat aku kurang maksimal.

    Aku bacanya kayak siput

    Tapi ini bagus buat yg punya program target baca buku setiap bulan

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.