AKRAB DENGAN BUKU - LET'S READ!

LET'S READ!

Perkembangan teknologi sekarang ini banyak merubah kebiasaan seseorang, tak terkecuali anak-anak. Salah satu soal yang muncul adalah semakin berkurangnya minat anak untuk membaca buku.  Telah banyak studi dan hasil penelitian menunjukan anak jauh lebih banyak menghabiskan waktu di depan ponsel untuk bermain game ketimbang membaca. Padahal membaca memberi banyak manfaat untuk anak, antara lain:

-      Membuat anak lebih kaya perbendaharaan kosakata

-      Memperlancar kemampuan berbicara

-      Menambah pengetahuan di luar yang diajarkan orangtua dan lingkungan

-      Menambah motivasi

-      Meningkatkan kreativitas

-      Mempengaruhi karakter anak

Hanya saja, mengimplementasikan kegiatan positif tersebut pada anak terkadang tidak mudah. Selain karena lebih cenderung kesukaanya pada digitalisasi, anak juga tidak bisa dipaksa begitu saja untuk membaca buku.

Nah, untuk mengenalkan anak pada buku, saya sendiri mulai menyediakan buku-buku untuk anak sejak dia kecil. Beruntungnya, kini buku-buku anak sudah sangat bervariasi, baik dari segi bahan bukunya dan penyajian cerita-ceritanya yang menarik.

Berikut jenis-jenis buku yang dapat diberikan pada anak usia di bawah lima tahun:

1.  Pillow Book

LET'S READ!
edufuntoys

Pillow book terbuat dari kain lembut, lalu diisi oleh dakron atau serat polyester di dalamnya. Sehingga empuk layaknya bantal. Jadi kita tidak perlu khawatir karena pillow book ini sangat aman untuk dikenalkan pada anak sejak lahir.

Pillow book biasanya terdapat ilustrasi gambar dan teks berisi cerita anak-anak. Warna yang dipakai pun sangat menarik perhatian. Jadi membuat anak tertarik untuk membaca.

2.  Convertible Book

LET'S READ!

Convertible book dapat diubah menjadi playmat alau alas main.  Biasanya alas yang digunakan untuk main ini berupa gambar jalur lalu lintas, air, dan banyak edisinya.

Convertible book juga dapat dibentuk atau dibongkar pasang sesuai dengan tema si buku. Ada yang dapat jadikan mainan mobil-mobilan hingga berbentuk kapal. Membuat anak semakin dapat mengembangkan imajinasinya.

3.  Busy Book

rumahbunda

Busy book tidak hanya berisi cerita yang dibaca saja. Namun, banyak berisi permainan edukatif yang juga dapat menstimulasi anak.

Busy book akan membuat anak lebih aktif karena tidak hanya membaca, tetapi dapat sambil bermain.

4.  Noisy Book

LET'S READ!

Usia anak-anak memang senang dengan aneka jenis suara, terutama suara hewan. Kemampuan anak untuk meniru suara hewan pun terkadang dapat sangat menggemaskan ya.

Nah, melalui noisy book atau buku bersuara, kita lebih mudah mengenalkan suara hewan kepada anak. Mulai dari buku yang mengeluarkan suara dari hewan ternak, peliharaan, hingga hewan yang ada di air.

Ada juga beberapa buku menggunakan bolpoin khusus untuk membuatnya bersuara membacakan gambar-gambar atau cerita pada buku. Bolpoin biasanya akan menunjuk gambar, lalu suaranya akan muncul.

5.  Pop-up Book

LET'S READ!

Jenis buku yang satu ini biasanya menjadi buku favorit anak-anak, berapapun usianya.

Desain pop-up book disesuaikan konten bukunya dan berisi kalimat-kalimat yang sederhana. Pop-up book sangat menarik karena setiap membuka isi buku, ada ilustrasi atau gambar (3D) yang muncul mirip dengan aslinya.

Karena lebih menonjolkan gambar-gambar daripada teks, buku ini menjadi kesukaan anak-anak, termasuk anak saya J

Gambar yang muncul ketika halamannya dibuka ternyata bisa membuat anak jadi cepat mempelajari sesuatu tanpa khawatir akan merasa bosan.

6.  Card Board Book

LET'S READ

Material buku ini terbuat dari kardus atau karton, sehingga aman untuk dijadikan buku bacaan anak-anak.

Ketika membuka-buka card board book untuk melihat isi di dalamnya ternyata bisa mengontrol pergerakan motorik anak.  

Namun, tetap perlu diperhatikan dalam memilih buku jenis card board. Pilihlah buku jenis card board book yang lebih tebal dan memiliki sudut tumpul agar keamanan anak terjaga.

7.  Bath Book

LET'S READ!

Adalagi jenis buku yang dapat menemani dan membuat suasana mandi jadi lebih menyenangkan. Apalagi jika anak susah diajak mandi, hehe

Buku ini terbuat dari plastik lembut kedap air, sehingga tidak perlu khawatir buku akan rusak kalau terkena tumpahan air, atau dibawa mandi sekalipun.

Namun apapun jenis bukunya, untuk anak dibawah lima tahun memang masih perlu ditemani saat membaca, dan buat suasana membaca lebih seru dan menarik.

LET'S READ!

Berikut ini, 5 hal yang saya lakukan untuk membuat anak tertarik dengan kegiatan membaca buku:

a.   Tips pertama ialah dengan menyediakan banyak bahan bacaan berupa buku, majalah, koran dan lain sebagainya yang relevan untuk anak, atau buat semacam perpustakan di rumah. Melalui cara ini, anak telah terbiasa dekat dengan bahan bacaan dan tentunya akan mempermudah anak dalam mengakses bacaan karena bahan bacaan itu ada di rumah.

b.  Beruntungnya, saya dan suami sangat gemar membaca dan banyak koleksi buku di rumah. Sehingga memudahkan kami mengenalkan kegiatan membaca pada anak. Kami selalu meluangkan waktu setiap harinya untuk anak agar membaca. Mencoba menciptakan kesan bahwa membaca adalah kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan.

c.   Membacakan buku yang memuat hal-hal atau dunia anak, mulai dari imajiner maupun pengetahuan lain, tentunya disesuaikan dengan umur anak. Intinya hal-hal yang menghibur sekaligus mendidik. Membacakan buku pada anak biasanya dilakukan sebelum ia tidur.

d.  Mengajak anak ke toko buku dan mengajarkan tentang lebih berharga membelanjakan hasil tabungan untuk membeli buku, daripada untuk membeli barang-barang lain yang tidak terlalu penting.

e.   Sesekali kami mengajaknya ke perpustakaan umum. Memberi anak untuk melihat-lihat koleksi perpustakaan tersebut dan meminjamnya untuk dibaca di rumah.

Mari tumbuhkan minat baca pada anak sedari dini, agar ia terbiasa dan menjadi seorang pembelajar yang baik. Bagaimana kalau kalian? J


18 komentar:

  1. unik unik ya ternyata bentuknya buku. aku dulu aja pas adekku masih kecil, kubelikan buku pop up. eh, malah akunya yang suka sama tu buku. sampai sampai, tugas kampus kubuat macem pop up juga. hehehehe

    BalasHapus
  2. Bath book ini aku belum pernah tahu lho mba hahaha. Jadi pengin. Dimana yah carinya😂😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. sekarang di online sudah banyak lho mbak gampang dapeting buku bayi dan anak-anak hehehe

      Hapus
  3. aku kemarin baru beli card board book buat ponakan mayan bisa buat belajar membaca
    tapi jadi pengen beliin yang pop up seru liatnya

    makasih sharingnya mbak

    BalasHapus
  4. Anak aku paling demen yang pop up sih, jadi berasa ada misteri apa sih yang ada disebaliknya gitu. Ya meski sudah bolak balik di lihat tetep saja antusias kalau lagi buka-buka

    BalasHapus
  5. Banyak juga yah jenis buku anak, baru tau aku hihihihi. Tapi emang sih kebiasaan baca buku sejak kecil harus mulai di ajarkan ke si kecil karena sekarang mereka banyak yg memilih gadget daripada baca buku

    BalasHapus
  6. Bener banget nih mbak, ponakanku susah sekali diajak baca buku lebih seneng sama digital, jadi diakalinga pake book card atau gambar yang bisa di potong2

    BalasHapus
  7. Anakku susah banget nih mba buat baca buku. Aku baca tips nya mba nih,jadi semangat buat menumbuhkan minat baca untuk anakku. Apalagi sekarang ada let's read yah. Makin mudah deh.

    BalasHapus
  8. Pop-up book itu biasanya menggemaskan tapi dulu waktu anak masih bayi suka aku umpetin/sayang-sayang dulu hehehe, nunggu lebih ngerti karena rawan sobek dan kalau udah sobek bisa rusak, apalagi yang rumit bentuknya, yang kecil-kecil gitu sambungannya. Jadi jenis buku yang lain yang biasanya jadi pilihanku buat mengajak anak mencintai buku.

    BalasHapus
  9. Belum download aplikasinya sih, tapi membaca review teman2 tentang aplikasi ini bikin saya penasaran karena ada cerita yang menggunakan bahasa daerah

    BalasHapus
  10. Hee banyak juga ya jenis-jenis buku buat si kecil. Aku baru tau ada yang jenis pillow book dan bath book.

    BalasHapus
  11. Buku anak2 tu lucu2 ya 😂 aku yg udah dewasa aja suka bgt baca2 buku buat anak2 krn colorful, jd betah bacanya. Buku warna-warni jg menarik minat anak utk membaca 😁

    BalasHapus
  12. Membiasakan anak untuk membaca emang kudu sedari kecil ya mba
    biar mereka mengenal dulu buku dan cerita-cerita yang didongengkan bundanya.
    Jadi penasaran sama aplikasinya aku belum download

    BalasHapus
  13. Akupun sejak anakku usia 2 bulan udah aku bacakan buku. Berawal dari buku bantal, lalu lanjut ke sound book, pop up book board book dll. Dan tentunya jangan lupa ortunya juga rajin baca, hehe

    BalasHapus
  14. Wah, pop up book menarik bangeeettt, lucu kalo dipake bareng anak-anak. Aku sampai sekarang juga masih suka baca buku anak-anak karena menarik dan asik banget.

    BalasHapus
  15. Wah variatif banget ya jenis2 buku zaman now. Emang kudu begini sih jadinya buku lebih menarik daripada smartphone. Kalo aku mah emang rencana sm suami buat kasi hp ke anak kalo umurnya udh lebih dari 10 thn

    BalasHapus
  16. alhamdulillah aku mengenalkan buku ke anak sejak bayi 6 bulan. Hasilnya kelihatan di usia 5 tahun anakku bisa seharian baca buku. Fokus banget!

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.