Ragam Kuliner Tegal yang Wajib Dicoba!

 Besar di Tegal tidak membuatku hapal dengan makanan khasnya, hehe.. Mohon maklum karena dulu, Ibu selalu menyiapkan makanan rumahan untuk anak-anaknya. Jadi, ya kami jarang sekali jajan. Ada beberapa kuliner tegal yang wajib dicoba dan keluargaku suka kunjungi, sesekali saat weekend.


Aku mulai suka kulineran ketika mengenal suamiku, dulu saat masih menjadi teman. Kami suka sekali mencoba setiap makanan khas di daerah-daerah yang kami kunjungi. Hingga akhirnya dia berkunjung ke rumah orang tua ku di Tegal, aku pun kewalahan saat ditanya kuliner khasnya, haha..


kuliner-tegal-wajib-dicoba

Nah, setelah itu lah, kami jadi sering jajan di luar mencoba kuliner yang 'aneh-aneh' di Tegal. Rasanya kota kabupaten tempatku dibesarkan ini cepat sekali berkembang. Hingga, makin banyak juga ragam kulinernya. Meski tidak meninggalkan kuliner khas sejak dulu yang memang sudah banyak dikenal.


Kuliner Tegal Wajib Dicoba

Beberapa kuliner ini, yang dulu sering aku dan keluarga kunjungi dan masih ada sampai sekarang. Kalian juga wajib coba saat jalan ke Tegal ya..


Sate Kambing Batibul

Kalau nyari sate kambing yang niqmatnya tak terkalahkan, ya di Tegal ini, hihi.. Sudah tidak ada lagi lawannya. Kalau sudah merasakan sate kambing di Tegal, dijamin akan menolak rasa sate kambing di daerah lainnya, haha..


Sate kambing disini berasal dari kambing muda, yang dinamakan kambing Batibul, yaitu dari kata "Bawah Tiga Bulan", hehe.. masih imut nih kambingnya, kalau lihat wujud aslinya, pastilah tak tega buat nyembelihnya, huhu.. Tapi apalah daya kalau sudah merasakan dagingnya, sungguh nikmat tiada tara.


sate-kambing-muda-tegal

Rata-rata, warung penjual sate disini menyuguhkan sate kambing muda itu. Jadi, sudah pasti dagingnya lebih manis dan empuk. Aroma kambingnya juga tidak terlalu terasa, maknyussslaaah.. hihi.. Apalagi dihidangkan di atas hotplate, jadi panasnya akan terjaga. Jangan lupa di oles kecap dan tusukan dengan bawang merah dan tomat saat akan disantap.


Buat kalian yang belum doyan sama sate kambing, boleh dicoba ya kalau ke Tegal, dijamin langsung approved


Sega Ponggol Setan/ Ponggol Godong Jati

Nah, kalau makanan ini terdiri dari sebongkah nasi, hehe.. yang porsi nasinya sangatlah mengenyangkan. Lauknya terdiri dari mie goreng, tempe yang dipotong kecil dan dimasak bumbu sambal hijau, sedeeeep banget nih. Terus ditambah ikan asin kecil-kecil yang digoreng kering, hmmm.. gurih-gurih nyoy!


sega-ponggol-setan-tegal

Khas-nya lagi, ada sayur 'cecek', bacanya sevokal sama ikan lele, ya hehe... Cecek adalah sebutan untuk buah nangka yang masih muda. Nah, buah nangka muda ini bisa dijadikan sayur. Sayurnya di masak dari buah nangka muda yang dicacah dan dicampur dengan santan. Rasanya makin nikmat deh. Nah, beberapa tahun lalu, mulai nge-trend dengan dibungkus daun jati, jadi semakin menambah kenikmatan kan


Sate Blengong & Kupat Glabed

Makanan macam apalagi ini? hihi.. itulah komentar saya saat dulu diajak makan bareng teman-teman sekolah. Rupanya, blengong ini adalah hewan hasil perkawinan entok dan itik/ bebek. Dagingnya semakin tebal namun empuk dan bener-bener gurih. Sate blengong ini di nikmati dengan cara dimasak dengan kuah kacang kental, tidak dibakar di atas arang seperti sate ayam/ kambing pada umumnya.


sate-blengong-kupat-glabed

Nah, biasanya sate blengong ini disuguhkan dengan kupat glabed. Wow, makanan macam apalagi ya? hehe.. Kupat glabed adalah ketupat yang disiram dengan bumbu santan kuning kental, bisa pedas atau tidak. Sambal tambahannya adalah cabe rawit yang sudah dihaluskan. Apakah sudah terbayangkan nikmatnya? hihi.. Kalau ke Tegal, jangan lupa cari kuliner ini ya, cuma di Tegal yang ada.


Sega Lengko

Kuliner ini sering sekali menjadi andalan para ibu-ibu untuk menghidangkannya waktu sarapan. Sega lengko adalah hidangan sederhana yang terdiri dari nasi, tauge yang direbus, irisan mentimun mentah, irisan tahu goreng, sambal dan disiram dengan saus kacang yang ditaburi kerupuk mie kuning yang sudah di'kremes' dan bawang goreng. Tidak lupa, ditambahkan kecap manis saat akan makan.


sega-lengko-tegal

Hidangan sederhana ini mampu membuat perut kenyang dengan nikmat. Nah, biasanya untuk menghindari kebosanan dengan kuliner daging-dagingan, orang-orang lebih memilih menikmati sega lengko ini. Kalian sudah pernah coba?


Rujak Teplak

Satu makanan ini yang slelau aku rindukan kalau pulang ke Tegal. Rujak Teplak sama halnya dengan rujak sayur yang diberi sambal. Perbedaannya hanya terletak pada sambalnya. Bahan baku yang digunakan untuk membuat sambal adalah ubi.


rujak-teplak-tegal

Ubi ini direbus kemudian ditumbuk halus dan ditambahkan bumbu seperti gula merah, terasi, cabe merah, dll yang menambah kelezatan sambal. Orang tegal menyebutnya dengan sambal gaul. Sambal ini kemudian diencerkan dengan air jika akan disajikan. Nah, lebih nikmat lagi, makannya ditambah dengan kerupuk mie kuning, hmm..


Soto Tauco Tegal

Hidangan berkuah ini tentu sudah banyak dan sering dijumpai di berbagai daerah. Namun, setiap daerah, hidangan sotonya pasti akan berbeda-beda ya. Termasuk di Tegal ini. Tegal memiliki hidangan soto yang khas dengan sambal tauco.


Soto tauco ini memiliki kuah coklat yang pekat. Rasanya, ada rasa manis, gurih dan asamnya sedikit, hihi.. Biasanya, kalau baru mencoba pasti sedikit 'aneh' di lidah. Suami saya masih belum approved nih dengan soto tauco ini, hehe.. Beberapa tamu atau teman jauh yang berkunjung dan kami ajak kuliner tegal yang satu ini, pasti akan 'aneh' di awal, tapi mereka akan ketagihan selanjutnya, hehe..


soto-tauco-tegal

Soto ini berisi nasi, irisan daging atau ada juga pilihan jeroan, seperti babat, usus, atau paru. Ditambahkan tauge dan irisan daun bawang kemudian diguyur kuah kecoklatannya. Nah, menikmatinya bisa ditambahkan sambal tauco dan taburan tulang atau usus yang digoreng kering kriuk-kriuk, hehe.. Dihidangkan dengan mangkok ukuran kecil, jadi semakin pas disantap untuk makan siang.


Nah, makanan khas tegal di atas hanya yang memang sudah saya coba dan saya suka. Masih banyak kuliner tegal lainnya yang juga menjadi ciri khas di Tegal. Kalau dari makanan cemilan, satu yang khas dan saya suka adalah tahu aci. Tahu aci khas tegal ini masih jarang sekali dijual di daerah lain.


Kemudian, untuk minuman, yang terkenal dan khas di Tegal ada Teh. Teh dari tegal terkenal dengan sebutan WASGITEL, yakni WAngi, panaS, leGi, kenTEL. Wangi karena aromanya yang khas wangi teh segar, panas karena diseduh dengan poci tanah liat, sehingga panasnya akan tahan lama. Legi karena dinikmati dengan gula batu yang manis, dan kentel/ pekat karena seduhan teh nya yang pekat.


Jadi, sudah penasaran dengan kuliner Tegal yang wajib dicoba belum? Jangan lupa coba ya kalau lagi main-main ke Tegal, dan ceritakan disini pengalamannya. 

19 komentar:

  1. Satenya khas tegal emang paling juara ya. Sate terenak yang pernah aku makan. Serius. The best banget. Jadi pengen lagi haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget mbak, akupun selalu kangeeen sama sate tegal, dan jd gak selera kalau makan sate kambing selain bukan di tegal hehe

      Hapus
  2. aku penasaran deh sama sate kambingnya, termasuk yang gak suka, aroma khas kambingnya kecium gak sih kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii harus cobain teh, enggak bau kambingnyaa dijamin hehe

      Hapus
  3. Sega godong jati itu mirip sega jamblang khas Cirebon ya Kak. Penasaran pasti enak tuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. mirip sih mbak, tapi isinya aja yang kayanya gak selengkap jamblang ya hehe

      Hapus
  4. Duuuh bkin laper...kupat glabet nih makanan penuh kenangan buat ku mba, klo yg favorit soto tauco nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mba iva udh nyobain juga jajajan tegal ternyata, hihi

      Hapus
  5. Lahh hampir semuanya aku belum pernah coba nih mbaa. Ternyata tegal surga kuliner juga yaa hihi mau cobain harus ke tegal sana yaakk 😂😂

    BalasHapus
  6. aku awalnya mengira cecek itu semacam kikil atau entah bagian apa dari sapi mbak. Ternyata dia nangka muda ya hehehe... kalau di jatim sini disebut tewel

    BalasHapus
  7. Aku blm pernah ke Tegal, belum pernah jga nyobain masakan khas Tegal. Tapi serasa enak banget kak, bacanya bahkan ngeras pingin banget ditambah liat gambarnya. Astaga.. pingin makan sate batibul nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha.. menggoda ya mbak, kudu dicobain ya kalau main ke tegal :)

      Hapus
  8. Aku yang udah nasi ponggol mbaa sama pecel nya. Ketegal baru dia kali hepi banget main ke sana kalo dari tempatku motoran 3 jaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah dimana tempat Mbak Nyi? hihi.. emang banyak makanan khasnya yang harus dicobain di tegal :)

      Hapus
  9. Aku tipe yg lebih milih makan aja dr pada harus caoe² ngolah dan coba resep makanan ini itu.
    Tapi sepertinya dgn Yummy ini resep nya mudah yaa, hmmm patut dicoba

    BalasHapus
  10. Aku kalau ingat tegal ingat ngapak-ngapaknya. Ternyata banyak kuliner dari tegal yang bisa dicicip ya. Aku belum pernah makan satu pun dari kuliner di atas, mbak. Kayaknya enak-enak

    BalasHapus
  11. pas ke klaten aku juga lihat ada sate batibul, kupikir singkatannya baru tiga bulan. ternyata bawah tiga bulan ya. penasaran sih sama rasanya tapi ga tega hihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.