5 Langkah Menentukan Resolusi di Tahun Depan

Tak terasa, satu bulan lagi sudah hampir menyambut tahun baru. Artinya, semua capaian di tahun ini sudah harus cepat dipenuhi. Dan, supaya lebih produktif, baiknya mulai menentukan resolus selanjutnya. 5 Langkah sederhana ini bisa jadi panduan untuk menentukan resolusi di tahun depan.



1. Tentukan Tujuan

Tuliskan tujuan yang benar-benar diinginkan dan menjadi prioritas. Tulis secara jelas dan spesifik agar nantinya mudah dilaksanakan.

Bisa dimulai dari sekarang, menuliskan hal-hal yang ingin dicapai di tahun depan.

2. Batasi Resolusi, Cukup 5 Target

Batasi resolusi paling banyak 5 hal saja, yang paling realistis. Jika terlalu banyak resolusi, justru akan membuat beban dan kurang fokus untuk mencapainya.

Semakin sedikit, semakin mudah fokus.

3. Urutkan Sesuai Prioritas

Urutkan sesuai kadar prioritasnya, baik dari segi kepentingan atau keinginan untuk cepat diwujudkan. Yang pasti harus realistis.

4. Jadikan Target Bulanan

Jika sudah jadi apa saja resolusinya, buatkan target bulananya. Ini memudahkan untuk memantau pencapaian setiap bulannya.

Kalau target saya menurunkan berat badan, maka target bulanan saya adalah olahraga, minimal 4 kali dalam sebulan.

Tulis langkah yang akan dilakukan secara spesifik dalam setiap bulannya.

5. Buat Notes, dan Tempel di Tempat yang Mudah Terlihat

Nah, biar tidak hanya jadi sebuah rencana saja, maka target itu harus sering kita ulas kembali. Agar lebih mudah untuk diingat, dapat dibuat menjadi note kecil dan di tempel di area yang mudah terlihat.

Kalau saya lebih suka di tempel di cermin yang setiap pagi akan saya lihat. Beberapa target yang sudah dicapai dapat diberikan tanda, agar terus tumbuh rasa lebih semangat untuk mencapai target berikutnya.


5 langkah di atas bisa jadi panduan mudah untuk membuat resolusi di tahun depan. Jadi apa resolusimu? Sudah dibuat? 😀


#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.