JAGA DAYA TAHAN TUBUH - SATU TINDAKAN PREVENTIF LAWAN COVID-19

Akibat dari kebiasaan pola hidup yang kurang sehat, tubuh jadi lebih rentan terhadap infeksi virus dan penyakit. Saat pandemik sekarang ini, tidak hanya berisiko terserang COVID-19, tetapi sistem kekebalan yang rendah juga menyebabkan gejala semakin parah

Daya tahan tubuh atau sistem imun yang baik dapat melindungi kita dari virus penyebab penyakit. Oleh karena itu, memiliki daya tahan tubuh yang kuat sangat penting untuk mencegah kita mudah sakit.

Jaga daya tahan tubuh


Menjaga daya tahan tubuh dapat dilakukan dengan cukup sederhana dan mudah, seperti:

·       Rutin olahraga

JAGA DAYA TAHAN TUBUH - SATU TINDAKAN PREVENTIF LAWAN COVID-19
sumber foto : CNNIndonesia

Disarankan untuk rutin berolahraga setiap hari, untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan infeksi. Salah satu olahraga yang murah dan mudah untuk dilakukan adalah berjalan kaki.

Klik disini untuk memperoleh tips olahraga di tengah pandemi COVID-19.

·       Makan makanan yang bergizi

JAGA DAYA TAHAN TUBUH - SATU TINDAKAN PREVENTIF LAWAN COVID-19
sumber foto: farmasi.ugm.ac.id

Perbanyak makan sayur dan buah untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh. Hal ini karena vitamin dan mineral yang terkandung dalam sayur dan buah mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

Klik disini untuk informasi mengenai konsumsi makanan sehat untuk mencegah COVID-19.

·       Cukupi kebutuhan cairan

JAGA DAYA TAHAN TUBUH - SATU TINDAKAN PREVENTIF LAWAN COVID-19JAGA DAYA TAHAN TUBUH - SATU TINDAKAN PREVENTIF LAWAN COVID-19
sumber foto: CNNIndonesia

Tubuh yang terdiri dari 70 persen air itu harus tetap terjaga kelembabannya. Oleh karena itu, kebutuhan air sangat penting untuk menghindakan dari dehidrasi, karena jika kita deshidrasi, oksigen ke seluruh tubuh akan terganggu dan dapat menyebabkan masalah kesehatan, bisa lemas bahkan sampai tidak sadarkan diri.

Klik disini untuk informasi mengenai pentingnya kecukupan air putih untuk mencegah COVID-19.

·       Cukup istirahat

Kurang tidur dapat menurunkan imunitas tubuh. Penting untuk mencukupi kebutuhan tidur sesuai dengan usia kita. Umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, dan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

·       Hindari stress

JAGA DAYA TAHAN TUBUH - SATU TINDAKAN PREVENTIF LAWAN COVID-19
sumber foto: P2PTM Kementrian Kesehatan

Stress yang tidak terkendali bisa meningkatkan produksi hormon kortisol. Dalam jangka panjang, peningkatan hormon kortisol dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh.

·       Hindari rokok dan alkohol

Paparan asap rokok dan alkohol secara berlebih dapat merusak sistem kekebalan tubuh. Perokok memiliki risiko tinggi untuk mengalami infeksi paru, seperti bronkitis dan pneumonia. Sementara untuk perokok yang juga pecandu alkohol, risiko untuk terkena infeksi paru akan semakin besar.

·       Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral, seperti vitamin C dan D.

Masalahnya, sebagian besar dari kita masih melakukan kebiasaan kurang sehat yang mengakibatkan tubuh kekurangan vitamin dan mineral. Kebiasaan yang paling banyak ditemukan seperti, beberapa orang kurang untuk beraktivitas di luar ruangan.

Kebiasaan tersebut membuat tubuh jadi jarang terkena sinar matahari yang merupakan sumber utama vitamin D. Kekurangan vitamin D ternyata membuat respon imunitas untuk menyerang virus dan bakteri jadi menurun.

Jadi, menjaga daya tahan tubuh sangat penting sebagai satu tindakan preventif untuk melawan COVID-19.Yuk, mulai hidup sehat demi mempunyai tubuh yang kuat.

 

#BPN30daysRamadhanChallenge2020


18 komentar:

  1. Setuju mbak. Gaya hidup sehat emang jalan utama untuk mencegah penyakit, termasuk corona.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, semoga kita bisa terus terbiasa hidup sehat :)

      Hapus
  2. yang masih pr adalah olahraga sama makan buah sayur. problemnya cuma satu malas doang. hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii.. kalo aku olahraga sekalian ajak anak main di dpn rumah kak, jd gak bosen jg :)

      Hapus
  3. Punya gaya hidup sehat dan pola makan sehat itu harus dibiasakan ya, jadi tidak sulit menjadikannya kebiasaan. Aku susahnya di olahraga huehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sih, untuk ibu-ibu pekerja yg waktunya terbatas, kadang olahraga jd sulit ya kak :) yg ibu-ibu dirumah aja kadang g ada waktu olahraga, udh capek aja bawaannya heheh

      Hapus
  4. betul banget kak, aku yang masih suka kurang tuh minum kalo udah sibuk suka kelupaan makanya nyimpen tumbler khusus di meja kerja biar inget terus dan ga kekurangan minum haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu waktu msh kerja, aku selalu buat alarm minum di hp, dan taruh tumbler di dkt hp, jd pas bunyi setelah ambil hp langsung minum hahaha

      Hapus
  5. Iya lhoo imunitas tubuh Sangat terbanti dengan istirahat dengan tidur. Waktu Saya kena DBD beberapa Bulan lalu, kerjanya tidur saja nah disitu pesat thrombosit naik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang kadang tubuh jg ingin istirahat yaa, ibarat mesin ya udh turun mesin hehe

      Hapus
  6. Bener banget nih kita harus menerapkan gaya hidup sehat agar imunitas tubuh membaik. Jangan sampai deh lagi pandemi gini masih mempertahankan gaya hidup yang kurang sehat.

    BalasHapus
  7. Siap deh mbak. Memang di tengah pandemi kita harus jaga kesehatan. Gara-gara banyak yang nyaranin olah raga cukup, banyak orang yang beli sepeda. Akhirnya sepeda jadi lifestyle gaya hidup sehat.

    BalasHapus
  8. Sebagai ibu muda yang juga merawat mertua penting banget biar nggak stress aku mba eheheh ... makasih tipsnya ya mba Tiqoh. Jangan sampai stress ya berarti, biar kekebalan tubuh tetap terjaga

    BalasHapus
  9. Akuuu olahraganya = nemenin anak main di taman. Itu masuk dalam bentuk olahraga juga nggak ya mbak? wkwkwk
    Btw benar banget untuk jaga daya tahan tubuh di tengah pandemi ini ya mba.

    BalasHapus
  10. Sebenanrya tips yang Dalam keseharian sebelum pandemi pun harus dilakukan ya Kak.

    BalasHapus
  11. Wah banyak sekali tipsnya kak. Selain makan makanan yang bergizi, kita juga harus berolahraga biar tetap sehat. Meskipun sekarang di rumah aja jangan stress. Kalau stres lakukan hal yang menyenangkan saja. Itu sih aku hehehe

    BalasHapus
  12. Berjemur ini yang masih suka mager akunya. Bawaannya kalau pagi tuh serasa riweuh nyiapin makanan dan kerjaan yang bentar lagi mau dimulai. Harus disempatkan sih yaa sebenernya, biar jadi kebiasaan baik juga.

    BalasHapus
  13. Betul sekali, menjaga daya tahan tubuh saat sekarang ini jadi lebih ekstra banget. Pokoknya menjaga asupan dan selalu mencukupi kebutuhan keluarga jadi salah satu tanggung jawabku juga nih. Kita tuh jadi rajin olah raga.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.