SALING MEMBANTU, MULAI DARI DIRI SENDIRI - MARI LAWAN COVID-19!

LAWAN COVID 19

Pandemik COVID-19 ini tentunya membuat banyak kerugian untuk setiap individu, bahkan pemerintah. Tidak terbayangkan berapa nyawa melayang, semua sektor sudah membahas kerugiannya. Seluruh dunia kalang kabut. Dan kita sesama manusia, harusnya saling membantu. Jika tidak mampu secara materil, Yuk bantu dengan berusaha tidak menambah beban orang lain, mulai dari diri sendiri.

Berikut 5 hal mudah yang dapat dilakukan, mulai dari diri sendiri, mari saling membantu melawan COVID-19.

1. #DIRUMAHAJA, please!
stay at home dirumahaja
sumber foto : instagram

Seruan "Bekerja, belajar, dan beribadah di rumah' demi menghindari penularan COVID-19, itu sangat benar. Setidaknya, dengan #DIRUMAHAJA, kita dapat memutus rantai penularan dan memperkecil resiko tertular tentunya. Hal mudah dan sederhana ini akan menyelamatkan banyak nyawa, terutama diri sendiri dan keluarga. Tentunya kita juga ikut membantu mereka para tenaga medis yang sedang berjuang di garda terdepan.

Canggihnya teknologi juga sudah sangat membantu kita meski harus #DIRUMAHAJA. Please, jika di rumah saja kebutuhan kalian sudah cukup terpenuhi, tidak perlu keluar rumah hanya untuk sekedar mencari hiburan. Tahan diri demi saling membantu sesama. Membantu dengan #DIRUMAHAJA sudah sangat berdampak besar untuk kondisi saat ini.

2. GUNAKAN MASKERMU!

cara menngunakan masker
sumber foto: covid19.kemkes

Susahnya menerapkan kebiasaan baik memang salah. Tidak semua orang langsung dapat terbiasa meski sudah berulang kali di-edukasi, menutup mulut saat bersin atau batuk, misalnya. Hal mudah itu masih banyak diabaikan orang. Sampai datangnya pandemi COVID-19 ini, semua orang mulai sadar akan kebiasaan baik ini, namun juga masih banyak yang belum. Oleh karena itu, kalian yang memang terpaksa sekali harus keluar rumah demi mencari kebutuhan yang tidak dapat dilakukan #DIRUMAHAJA, Yuk gunakan maskernya! Meski dalam keadaan sehat atau sakit, tetap gunakan maskernya. Bagaimana cara memakai masker yang benar? Cari tahu infonya di https://covid19.kemkes.go.id/warta-infem/beginilah-cara-memakai-dan-melepaskan-masker-yang-benar/#.XqByo8gzbtQ.

Hal tersebut sebagai bentuk saling membantu sesama, dengan tidak menularkan virus melalui cairan yang keluar dari mulut atau hidung kita. Simak cara penularan COVID-19 di "Mari Cari Tahu Tentang COVID-19". Karena daam kondisi sekarang, kita tidak tahu betul siapa yang positif membawa virus tersebut. Bisa jadi kita penularnya.

3. RAJINLAH CUCI TANGANMU!

cuci tangan yang benar pakai sabun
sumber foto: covid19.kemkes

Kebiasaan baik yang satu ini juga sering dilewatkan oleh banyak orang. Cuci tangan adalah hal sederhana dan mudah dilakukan, tapi tidak banyak orang yang melakukannya. Sejauh ini, mencuci tangan hanya dilakukan jika tangan kita benar-benar kotor yang terlihat. Padahal, tangan adalah media yang paling mudah untuk menularkan penyakit. 

Meski dilakukan, cuci tangan pun masih banyak yang dilakukan secara asal, asal basah terkena air. Pada kondisi saat ini, cuci tangan dengan langkah yang benar menjadi satu tindakan besar untuk saling membantu dalam memutus rantai penularan COVID-19. Masih bingung bagaimana mencuci tangan yang benar, simak di panduan lengkapnya di https://covid19.kemkes.go.id/warta-infem/begini-cara-mencuci-tangan-yang-benar/#.XqBud8gzbtQ.

4. SOCIAL DISTANCING!

social distancing covid-19
sumber foto: kemkes.go.id

Apa itu Social Distancing? simak penjelasan lengkapnya di http://padk.kemkes.go.id/health/read/2020/03/19/15/apakah-social-distancing-itu.html.

Kondisi ini sungguh menguji kita, rindu itu memang berat, tidak ada yang kuat menahannya. Namun, demi saling membantu, yuk tunda dulu untuk bertemu orang-orang kesayangan. Tidak saling bertemu bukan berarti mengurangi rasa sayang kita. Beruntungnya, sistem komunikasi sudah sangat canggih. Meski terpisah jarak ribuan kilometer, semuanya masih bisa terasa dekat.

Jadi tahan dulu untuk bertemu. Meski tidak sampai sekilo meter, tetap saja kita tidak tahu siapa yang membawa virus ini. Tetap waspada dalam kondisi saat ini lebih baik untuk diri sendiri dan sesama.

5. BERSYUKUR!

Pandemi ini sungguh membuat kita semua berubah. Baiknya, bukan hanya berubah secara fisik saja, namun juga mental. Rasa bersyukur tentunya harus terus kita tumbuhkan dalam diri masing-masing.

Bersyukurlah, saat kita masih dapat merasa aman #DIRUMAHAJA. Masih banyak orang-orang yang demi menyambung hidupnya esok pagi, harus rela mengambil resiko untuk keluar rumah dan terpapar virus ini.

Bersyukurlah kita masih diberikan kesempatan untuk erkumpul dengan keluarga dalam keadaan sehat. Masih banyak orang-orang yang harus tetap mengunjungi tempat beresiko seperti rumah sakit demi kelanggsungan hidupnya.

Bersyukurlah kita masih dapat memanfaatkan teknologi komunikasi yang sudah canggih untuk memenuhi kebutuhan kita meski dari rumah saja. Masih banyak orang-orang yang tidak seberuntung kita dapat menikmati fasilitas ini. Ada guru yang masih harus mengajar anak muridnya, mendatangi rumah muridnya satu persatu, karena tidak semua seberuntung kita dapat menikmati fasilitas canggih.

Bersyukur dan terus bersyukurlah, kita masih diberikan kesempatan untuk terus melanjutkan hidup di bumi ini, dalam keadaan sehat dan selamat. Bukan hanya kalian yang terdampak, kita semua merasakan dampaknya. Bersabarlah, yakin semua akan segera berlalu. Mari saling bantu, mulai dari diri sendiri untuk melawan COVID-19. Love!


#BPN30DayRamadhanChallenge

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.