MENYUSUI LEBIH PERCAYA DIRI BERSAMA BLACKMORES

MENYUSUI LEBIH PERCAYA DIRI BERSAMA BLACKMORES

KEHAMILAN DAN MENYUSUI BERSAMA BLACKMORES PREGNANCY AND BREAST-FEEDING GOLD

ASI BERNUTRISI UNTUK IBU DAN BAYI YANG ISTIMEWA

Menyusui lebih percaya diri bersama Blackmores. Saat buah hati yang telah dinanti-nanti selama sembilan bulan lamanya lahir, saatnya memasuki tahap menyusui. Awalnya ada perasaan cemas, tidak bisa lancar menyusui dan khawatir kalau jumlah air susu (ASI) tidak banyak. Meski menurut teori yang sudah dipelajari, memberikan ASI pada dasarnya tidak sesulit yang mungkin ada di bayangan. Pasalnya, begitu bayi lahir, dia sudah memiliki kemampuan sendiri untuk mengisap susu secara mandiri.

"Pertama kali menyusui bayi? Tentu excited, penuh haru, sekaligus menegangkan. Dan saat itu juga, niat memberikan ASI sampai lulus dua tahun menjadi MISI saya. Tidak hanya sekedar jumlah ASI yang cukup, namun juga ASI berkualitas, karena ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi yang istimewa. - Atiq -"

Masa kehamilan dan menyusui juga merupakan masa yang menentukan kualitas buah hati, karena 1000 hari pertama kehidupan seorang anak dimulai sejak 0 bulan saat anak berada dalam kandungan seorang Ibu.

Dalam rangka World Breastfeeding Week, saya ingin sharing dan membagikan beberapa tips tentang masa kehamilan dan menyusui si buah hati. Bersyukur sekali, akhirnya saya bisa menuntaskan kewajiban saya untuk memenuhi hak si buah hati selama dua tahun penuh. Betapa pentingnya ASI tidak hanya sekedar kuantitas namun juga ASI Bernutrisi, ASI Berkualitas, Lancar Menyusui.

MASA KEHAMILAN DAN KELAHIRAN

Masa kehamilan bagi saya menjadi momen yang tak terlupakan. Apalagi ini adalah masa kehamilan pertama saya, bersyukur sekali selama masa kehamilan semua berjalan lancar. Rasa bahagia itu tentu tidak melupakan untuk tetap memperhatikan kondisi, mulai dari kesehatan, perawatan, dan nutrisi yang cukup. Tidak lagi hanya untuk saya sendiri, namun saat kondisi hamil, tentu sudah ada makhluk lain di tubuh saya yang asupan nutrisinya sangat bergantung pada saya.


Oleh karena itu, saya sangat memperhatikan asupan nutrisi yang masuk. Awalnya, dokter memberikan beberapa suplemen untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral. Namun, saat saya kemudian menemukan produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold (PBFG) dengan banyaknya review yang baik, saya tertarik untuk mencobanya. Saya kemudian konsultasikan dengan Dokter kandungan yang memeriksa kehamilan saya, dan saat itu juga dokter menyarankan untuk terus mengonsumsinya sampai masa menyusui. Namun, tetap saya juga harus memenuhi kebutuhan gizi dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari.

Putri saya lahir di usia kandungan 37 minggu karena jumlah air ketuban sudah sangat sedikit, dikarenakan saya mengalami dehidrasi. Asi saya tidak langsung keluar di hari saya melahirkannya. Namun, bersyukur malamnya langsung keluar dan selanjutnya tidak mengalami masalah untuk produksi ASI.

MASA PERJUANGAN MENYUSUI

Sebelum pulang ke rumah, berat badan Kakak turun. Sebenarnya, berat badan (bb) turun adalah hal yang biasa pada bayi baru lahir karena umumnya bayi baru belajar menyusui atau kadang karena air susu ibunya belum keluar atau masih sedikit sekali. Selain bb yang turun, kulit Kakak juga terlihat sedikit kuning. Dokter spesialis anak (DSA) yang membantu saya lahiran menjelaskan bahwa kuning pada bayi yang baru lahir adalah biasa. Faktanya, ada beberapa jenis kuning (jaundice) pada bayi, kuning yang masuk kategori normal (kuning fisiologis) dan kuning yang masuk kategori penyakit (kuning patologis). Menurut DSA si Kakak, kuning yang dialami Kakak adalah kuning fisiologis yang akan hilang dengan sendirinya dengan pemberian ASI sehingga tidak memerlukan perawatan apapun.

Seperti kebanyakan ibu-ibu baru lainnya, saya masih mengalami kesulitan menyusui, walaupun saya sudah lelah membaca dan nonton youtube mengenai cara latching (pelekatan) yang benar. Menyusui, ternyata memang tidak semudah yang saya dan Anda (yang belum punya anak) bayangkan. Menyusui bukan hanya sekadar bayi mangap dan menghisap puting ibu lalu minum susu sampai tertidur kekenyangan. Pelekatan yang benar dan ideal adalah:

  1. Bayi memasukkan sebagian besar areola (area gelap di sekitar puting) ibu ke dalam mulutnya, bukan hanya putingnya saja. Areola ibu harus masuk ke mulut bayi karena sebenarnya dari situlah air susu lebih banyak keluar, bukan dari puting.
  2. Dagu bayi sebaiknya menempel ke payudara ibu agar hidungnya tidak tertutup dan bisa bernafas selama menyusu.

Selain masalah pelekatan yang benar, proses memerah ASI agar mendapatkan jumlah ASI yang mencukupi juga butuh perjuangan. Saya berusaha untuk membuat jadwal memerah ASI, selama si Kakak belum dapat sempurna menyusu langsung. Kemudian, tentu tidak hanya berfokus pada kuantitas saja, namun juga mendapatkan ASI yang berkualitas dan bernutrisi. Agar bisa efektif menunjang tumbuh kembang si Kakak.

LINGKUNGAN YANG POSITIF UNTUK MEMBERIKAN ASI

Suami adalah orang pertama yang selalu setia memberikan support untuk tetap pada jalan keteguhan ASI Eksklusif bahkan lulus ASI 2 tahun. Apapun rintangan yg dialami selama menyusui, bersyukur sekali suami selalu mendampingi dan support semua asi-asi booster di tengah malam seperti nasi padang, martabak, sate ayam HEHEHE. Tidak apa ya sesekali. Selain itu, saya terus berusaha menjaga asupan nutrisi, makan setidaknya tiga porsi penuh yang berisi berbagai makanan sehat setiap hari dan tidak lupa mencukupi minum air putih. Suami dan keluarga dekat juga menyediakan berbagai buah-buahan dan sayuran untuk mengganti cemilan.

Lingkungan yang positif untuk mendukung pemberian ASI sangatlah berpengaruh. Tidak hanya sekali dua kali mendengar celotehan iseng tentang ASI saya atau tentang kondisi si Kakak terkait proses menyusunya. Beruntungnya suami selalu menenangkan saya, dengan mengajak untuk berkonsultasi langsung ke ahli nya (konselor laktasi) jika menemukan kesulitan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan ayah untuk mendukung ibu selama proses menyusui, seperti:
  1. Membantu meringankan beban kerja ibu
  2. Memberikan pijat oksitosin untuk melancarkan LDR (let down reflex atau proses keluarnya asi)
  3. Membuat suasana ibu senang dan tenang (dengan cara memberikan tas kesukaan, banyak camilan enak dan pujian) adalah bentuk dukungan terbaik.

“Suami menjadi support system terbaik yang bisa dimiliki seorang ibu menyusui.”

Selain memang hormon oksitosin yang diproduksi oleh tubuh ketika si bayi sedang mengisap ASI, saat ibu merasa bahagia, hormon oksitosin juga akan muncul. Hormon ini memiliki beberapa manfaat, salah satunya adalah stimulasi Let Down Reflex atau LDR, di mana payudara mengeluarkan ASI ketika bayi sedang menyusu pada payudara yang lain. Oksitosin juga dapat menjauhkan ibu dari postpartum depression atau depresi pasca melahirkan. Jadi, usahakan untuk rutin menyusui dan tetap menjaga mood yang positif dengan berada di lingkungan yang positif agar lancar menyusui.

LANCAR MENYUSUI DENGAN PERCAYA DIRI

Banyaknya mitos atau saran dari orang sekitar tentang bagaimana cara menyusui bayi yang paling tepat, terkadang justru membuat kepala pusing tujuh keliling. Terkadang sungguh tidak masuk akal, jadi apa boleh buat jika itu tidak saya lakukan, meski termasuk pesan dari orang tua.



Berikut tips lancar menyusui dengan percaya diri dari saya yang sudah terbukti ampuh, sampai akhirnya lulus ASI 2 tahun:

1. Niatkan untuk Lulus ASI 2 tahun dan berkeras kepalalah berjuang untuk itu

Kenapa? Karena ASI merupakan produk ciptaan Allah, produk sempurna dari Sang Maha Pencipta. Sudah diatur pula dalam Alqur’an tentang pemberian ASI. Setiap tetes ASI itu penting dan merupakan wujud kasih sayang Ibu untuk buah hati. Cinta, kehangatan dan kedekatan antara ibu dan anak akan menjadikan anak tumbuh lebih sehat. ASI juga memiliki kandungan nutrisi yang paling lengkap dibutuhkan oleh bayi sesuai dengan usianya, sesuai dengan perut bayi, bahkan sesuai dengan kondisi bayi. Jadi tetaplah percaya diri jika kita mampu.

2. Pergilah ke ahlinya jika mengalami kendala

Setiap ibu akan menghasilkan ASI sesuai kebutuhan bayinya secara alami. Namun, jika mengalami kendala selama proses menyusui atau memiliki banyak pertanyaan, hal pertama yang harus dilakukan adalah menemui ahlinya yakni konsultan laktasi. Mereka dapat memberikan solusi-solusi tentang cara meningkatkan produksi ASI dan membantu cara proses menyusui yang tepat. Jadi tetaplah percaya diri jika sudah menemui ahlinya.

3. Bahagia

Kunci lancar menyusui adalah ibu harus bahagia. Saat bahagia, muncul hormon oksitosin (hormon cinta) yang membantu mengalirkan ASI. Nah, Bagaimana mau bahagia kalau banyak yang komentar sampah?

Kalau saya, cuek saja ketika ada yang komentar anaknya kecil berarti ASI-nya kurang. Tenang saja kalau ada yang bilang anak nyusu terus berarti ASI-nya sedikit. Terkadang, kita cuma butuh sedikit tebal kuping. Dan, tidak perlu terlalu baper. Saat lihat anak tetangga lebih montok dari anak sendiri, langsung ciut nyali buat cuma nyusui ASI. Lihat foto freezer temen yang nyusuin penuh sama ASIP, langsung minder. Kalau saya, justru saya jadikan motivasi tentunya disesuaikan dengan kondisi diri sendiri ya, jadi tetap percaya diri.

Nah, yang membahagiakan lagi, minta dipijat sama suami. Saya biasanya minta tolong suamin untuk pijat payudara dan pijat oksitosin. Kedua pijat ini sangat membantu melancarkan ASI.

Apapun yang sedang dirasakan saat menyusui, nikmati. Tenang, semuanya akan berlalu, hanya dua tahun. Nunggu dinikahi sampai bertahun-tahun aja, rela kan? HEHE

4. Persiapkan kebutuhan nutrisi

Sejak pertama masa kehamilan, bisa mulai mengonsumsi makanan yang membantu untuk memproduksi asi seperti aneka susu kacang, sayur-sayuran hijau dan lainnya, biasanya dokter pun memberikan suplemen tambahan untuk mempersiapkan tubuh memproduksi ASI.

Saat mulai menyusui, makanlah dengan porsi yang sesuai kebutuhan kalori ibu menyusui sekitar 2500 – 2700 kalori, lebih banyak daripada wanita dewasa yang tidak menyusui. Tentu tidak asal makan, tetap memperhatikan asupan bernutrisi karena ibu makan untuk ibu dan bayi. Asupan makanan bisa berpengaruh lho ke kuantitas dan kualitas ASI. ASI berkualitas merupakan ASI bernutrisi yang sesuai kebutuhan bayi. Jadi tetap percaya diri memberi ASI kalau nutrisi terpenuhi.

BLACKMORES PREGNANCY AND BREAST-FEEDING GOLD, MENINGKATKAN PERCAYA DIRI SEJAK MASA KEHAMILAN SAMPAI MENYUSUI

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), komposisi nutrisi yang terkandung pada ASI dapat dipengaruhi oleh asupan nutrisi/ makanan ibu, seperti: karbohidrat, protein, lemak, vit. A, B1, B2, B6, B12, D, iodium, choline, dan selenium. Ibu menyusui perlu mendapat nutrisi yang cukup dari makanan atau suplemen. Untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tersebut, jika asupan ibu tidak terpenuhi, maka akan berakibat pada bayi.

Namun, ada pula kelompok nutrisi yang tidak tergantung dari asupan makanan ibu. Misalnya: zat besi, asam folat, kalsium, zinc. Jika asupan nutrisi jenis ini kurang, maka yang akan berdampak adalah tubuh ibu, karena kebutuhan akan diambil dari jaringan tubuh ibu untuk dikeluarkan ke dalam ASI. Contohnya, jika pemenuhan asupan kalsium kurang, pada ASI akan tetap mengandung kalsium yang diambil dari cadangan kalsium tubuh ibu. Bahaya jangka panjangnya adalah, tulang ibu berisiko tinggi terkena pengeroposan.

Oleh karena itu sangat penting bagi Ibu untuk memperhatikan asupan makanannya, agar bisa memberikan ASI yang bernutrisi ntuk si bayi dan juga menjaga kesehatan jangka panjang ibu sendiri. Selain makan makanan sehat dan mencukupi kebutuhan minum air putih, sebaiknya juga melengkapi nutrisi yang dibutuhkan dengan mengonsumsi suplemen bernutrisi lengkap untuk masa menyusui, apalagi jika bisa dikonsumsi sejak masa kehamilan untuk persiapan menyusui.

Mungkin tidak ada ramuan ajaib yang dijamin pasti akan meningkatkan suplai ASI. Namun, untuk meningkatkan percaya diri dalam memberikan nutrisi terbaik lewat ASI, saya mengonsumsi suplemen Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold.

Pasti sudah tidak asing lagi dengan vitamin ini, satu kapsul Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold dilengkapi dengan nutrisi mikronutrien yang sangat baik pada masa kehamilan. Kandungan aktif yang ada di dalamnya yaitu: asam folat, fish oil dengan DHA dan Omega-3, zat besi, kalsium, zinc, magnesium, vitamin B6, B12, dan sebagainya. Asupan asam folat dan omega-3 akan mendukung perkembangan sistem saraf dan perkembangan sel otak pada calon bayi. Sehingga sudah percaya diri melewati masa kehamilan sampai melahirkan dengan kecukupan gizi mulai masa kehamilan.

17 NUTRISI ESENSIAL, BANTU PENUHI NUTRISI IBU

Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold merupakan Suplemen dengan kandungan lengkap, 17 Nutrisi Esensial, bantu penuhi nutrisi Ibu sehingga dapat memberikan ASI bernutrisi untuk Buah Hati. Jadi dalam 1 kapsul vitamin sudah paket komplit, tidak perlu repot minum asam folat saja, atau minyak ikan saja, sehingga minim untuk lupa mengonsumsi vitamin ya. Secara ekonomis pun lebih irit, daripada membeli vitamin per-satuan seperti asam folatnya saja, minyak ikan saja, vitamin zat besi dan vitamin lainnya, justru akan lebih menguras biaya.



17 Nutrisi Esensial dalam Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold (PBFG) antara lain :
  • Tinggi kalsium untuk pertumbuhan tulang dan gigi buah hati serta mencegah terjadinya osteoporosis pada ibu
  • Tinggi asam folat yang dapat membantu menjaga ibu dari resiko anemia
  • Zat besi yang tidak menyebabkan konstipasi sehingga aman dan bantu Ibu menjaga energi supaya tidak mudah sakit
  • Minyak ikan tidak berbau, Omega 3/DHA tidak berbau sehingga tidak menyebabkan mual saat dikonsumsi. Juga menunjang pertumbuhan otak dan mata buah hati, Omega 3/DHA penting dikonsumsi karena dapat mengubah vitamin, mineral dan lemak menjadi lebih baik kadarnya.
  • Vitamin dan mineral lainnya yang baik untuk ibu hamil dan menyusui.
Nah, tentu saja saya makin percaya diri memberikan ASI berkualitas pada si Kakak agar dia tumbuh dan berkembang dengan optimal. Kebutuhan gizi saya pun tercukupi.

KALBE BLACKMORES NUTRITION MENDUKUNG WORLD BREASTFEEDING WEEK 2020

Sejalan akan pentingnya ASI, Kalbe Blackmores Nutrition turut mendukung World Breastfeeding Week 2020 yang jatuh pada bulan Agustus. Pentingnya dukungan dari berbagai pihak untuk menyukseskan pemberian ASI, maka Kalbe Blackmores Nutrition memberikan serangkaian edukasi di media sosial dengan sasaran para remaja putri, ibu hamil dan menyusui serta para ibu yang sudah berpengalaman menyusui, untuk terus mendukung mengenai pentingnya ASI serta pemenuhan ASI bernutrisi untuk ibu dan bayi. Banyak info yang tidak kalah menariknya juga di www.blackmores.co.id.


"Masih dalam rangka memperingati World Breastfeeding Week 2020, selain mengedukasi seputar ASI dan menyusui melalui akun Instagram @blackmoresid, Kalbe Blackmores Nutrition juga mengajak para ibu untuk berbagi pengalaman dan tantangan di masa-masa menyusui serta dukungan lingkungan dan orang-orang terdekat dalam membantu menghadapi tantangan di masa-masa menyusui,” Tiffany Pratiwi Suwandi, Brand Manager Kalbe Blackmores Nutrition.

Komitmen berkelanjutan Kalbe Blackmores Nutrition dalam mendukung upaya pemenuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui juga telah dibuktikan melalui Kerjasama Blackmores dengan Bumi Sehat Foundation, organisasi non-profit yang berfokus pada penyediaan akses layanan kesehatan berkualitas, higienis, serta pengupayaan kelahiran anak secara layak.

Sejak 2017, Kalbe Blackmores Nutrition bermitra dengan Yayasan Bumi Sehat dan secara berkelanjutan telah membantu pemenuhan gizi ibu hamil dan menyusui melalui pembagian 12.000 botol Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold setiap tahunnya di Klinik Bumi Sehat, yang tersebar di 3 kota yaitu Denpasar, Aceh dan Papua.

ASI BERNUTRISI UNTUK IBU DAN BAYI YANG ISTIMEWA

Turut bangga dengan Blackmores yang begitu memperhatikan kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Demi mencetak generasi penerus bangsa yang terbaik, tentunya nutrisi terbaik juga harus diberikan. Saya merekomendasikan Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold yang sudah dapat dikonsumsi dari sejak masa kehamilan sehingga akan membantu memenuhi kebutuhan nutrisi terbaik dari dalam kandungan, hingga menyusui untuk membantu memenuhi ASI BERNUTRISI UNTUK IBU DAN BAYI YANG ISTIMEWA.


Untuk ibu-ibu pejuang asi lainnya, yang sekarang sedang berjuang menyusui buah hatinya, tetap percaya diri dan jangan putus asa ya, ingat hanya dua tahun lho! 😄

TERSEDIA DI:

Kini, produk-produk Blackmores sudah mudah didapatkan di berbagai e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, dan Shopee yang bertuliskan "Official Store", ya.


Untuk info lebih lanjut silakan kunjungi website dan media sosial Blakmores Indonesia.


Instagram : @blackmoresid

#BlackmoresID
#BlackmoresIndonesia
#UntukIbudanBayiIstimewa
#Breastfeeding
#BeSureWithBlackmores
#BlackmoresBreastfeeding101
#ASIBernutrisi
#WorldBreastfeedingWeek
#ASIBooster
#BlackmoresPregnancyandBreastfeedingGold
#ForAmazingMomandBaby

38 komentar:

  1. Urusan ASI memang tidak bisa dinomor sekian kan ya. Apalagi kalau sampai disepelekan. Secara anak itu kan investasi kita di masa depan, baik dunia maupun akhirat. Masa iya kita mau investasi hasilnya kurang baik.

    Artikel menarik nih buat Bu Ibu yang mau punya anak lagi, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru nih kalo kaum ayah yg ikut berperan jg, semoga bisa saling mendukung :)

      Hapus
  2. Saat saya hamil dan menyusui, blm kenal produk Blackmores ini. Jujur saya kurang maksimal dalam menyusui Fahmi, putra saya.
    Kalau diberi kesempatan hamil dan menyusui lagi, saya tidak akan melupakan Blackmores ini

    BalasHapus
  3. Blackmores ini pilihan vitaminnya banyak bgt yah, aku jg minum yg utk persiapan kehamilan. Semoga sehat selalu mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, sudah lengkap tinggal pilih sesuai kebutuhan dan memang terbukti ya :)

      Hapus
  4. Blackmores emang andalan ibu2 banget ya hehe.. aku juga mau minum ini kalo udah hamil hehe.. variannya banyak jadi harus konsultasi sm dokter jg 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak, gak ribet minum vitamin macem-macem karena kandungannya udh multi hehe

      Hapus
  5. MashaAllah.. mendengar setiap cerita para ibu hamil itu membuat aku tambah bersyukur ya.. sudah bisa melahirkan lalu menyusui anak anak walaupun proses menyusui itu tidak mudah dan penuh drama huhu.. blackmores ini bisa jadi teman bumil dan busui yang paling menyenangkan deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, super sekali ya jd ibu, semangat dan bahagia selalu :)

      Hapus
  6. Hamil dan menyusui memang membuat ibu butuh gizi dan nutrisi yang bagus ya. Biar ibu selalu fit dan sehat, serta bayi yang dikandung dan disusuinya sehat. Beruntung sekarang ada suplemen seperti Blackmores. Mengerti banget kebutuhan bumil dan busui. Harus pada tahu nih bumil dan busui ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi inget masa hamil dan menyusui semua anak-anakku. Aku sering banget asi seret. Sedih rasanya. Belom lagi mikirin kalo kurang asi, anak bisa kurus dan kurang gizi. Dulu sampe minta vitamin sama dokter. Biar asi berkualitas dan lancar keluarnya. Dulu belom tahu Blackmores sih. :D

      Hapus
  7. Hamil dan menyusui itu pengalaman yang paling tak terlupakan seumur hidup. Saat menyusui, aku biasanya selalu minum Blackmores sebagai suplemen, agar baby semakin sehat dan mendapatkan cukup nutrisi dari ASI.

    BalasHapus
  8. Persiapan buat aku juga nih pas banget lagi cari multivitamin buat nyusui nanti

    BalasHapus
  9. bagi saya, selama menyusui itu kuncinya ibu harus selalu bahagia, no stress, no baper, hempaskan aja deh omongan orang lain kalau bilang ASInya kurang dan sebagainya, yakin aja Allah ngasih cukup buat anak kita, harus keras kepala emang. hihihih
    Blackmores ini idola banget ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betuuul, harus berjuang memang sampai titik penghabisan :) semoga selalu bahagia yaa...

      Hapus
  10. Semangat menyusuinya ya. Sekarang udah enak ada booster ASI supaya ASI nya lancar.

    BalasHapus
  11. Drama mengASIhi emang selalu penuh suka duka ya mbak.

    Tapi makasih loh infonya. Kebetulan ponakan ku baru lahir seminggu lalu. Dan si ibu ada masalah dengan air susu nya. Jadi bisa banget nih pake produknya blackmores.untuk memeperlancar ASI 🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul, perjuangannya luar biasa :) sama-sama mbak, semoga membantu ya :)

      Hapus
  12. Eh ini beneran bagus ya Blackmores? Soalnya banyak temen rekomendasikan juga. Aku dulu menyusui sempet seret banget, trus kayak stress gitu mungkin jadi penyebabnya. Tapi Alhamdulillah lulus 2 tahun meski didampingi susu tambahan juga. Moga nanti bisa menyusui lebih baik aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepengalamanku begitu mbak, karena aku konsumsi dari hamil awal sampai alhamdulillah selesai mengASIhi :) dan merasa lebih PD aja karena nutrisinya sdh didukung sama BM ini :)

      Hapus
  13. seneng banget sekarang sangat mudah buat mendapatkan blackmores pregnancy & breast feeding gold. manfaatnya juga banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sudah tersedia online pula jd tetap aman buat dapetinnya :)

      Hapus
  14. Jadi inget selama menyusui aku juga pake blackmores mba alhamdulilah kualitas maupun kuantitas asi baik sampe aku bisa donor mba

    BalasHapus
  15. Waktu hamil anakku aku hanya konsumsi vitamin dari dokter. Ngga kepikiran macam macam mungkin krn keterbatasanku sebagai ibu muda berstatus mahasiswi sarjana yang Masih jetlag harus bertanya pada siapa hehe

    BalasHapus
  16. bener banget sih. setelah aku konsumsi blackmores saat menyusui. asi menjadi lebih kental dan pasti penuh nutrisi. cuma anehnya aku merasa mudah lapar aja.

    BalasHapus
  17. Kandungan nutrisinya yg lengkap mencukupi seluruh kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui ya Blackmores ini. Booster banget buat yang mengalami gagal asi seperti saya

    BalasHapus
  18. Bahagia itu kuncinya.. hempaskan saja omongan netizen yang sok tau pdhl kita yg tau benar semuanya tapi netizen suka sok maha benar.. hadeehh.. be happy 🥰

    BalasHapus
  19. Kalo ga salah aku pernah liat ini pas ke Guardian, kayaknya Blackmores ini wajib ku rekomendasikan nih ke sodaraku

    BalasHapus
  20. Bahagia dan rajin konsumsi blackmores, yakin deh bikin banjir ASI haha. Kalau buat aku dan adikku yang udah pernah cobain ini, emang worth it sih. Recommended lah pokoknya

    BalasHapus
  21. Terima kasih banget nih sarannya Mam, saya sekarang menyusui dan saya rasa saya harus mencoba Blackmores juga

    BalasHapus
  22. Dulu zaman menyusui saya juga minum suplemen ASI namun saat itu blm kenal Blackmores.
    Tapi sepupuku pakai Blackmores ini alhamdulillah sukses jg menyusui anaknya. Emang ada kalanya butuh bantuan suplemen kyk gini di samping kudu makan bergizi dan mengkondisikan pikiran spy happy terus ya

    BalasHapus
  23. Yeay, hidup ibu menyusuiii...
    Dulu waktu saya masih menyusui belum ada Blackmores (atau mungkin saya belum tau), jadinya pake booster2 yang ada aja, alhamdulillah sukses. Sekarang suplemen asi melimpah, tinggal pilih yang lengkap kaya Blackmores gini ^^

    BalasHapus
  24. Menyusui itu emang indah dan tidak bisa tergantikan oleh apapun, jdi seorang ibu harus mempersiapkan dgn betul2

    BalasHapus
  25. Untung sekarang lebih mudah ada Blackmores ya mba, nutrisi yg dibutuhkan untuk menyusui jadi lengkap untuk ibu

    BalasHapus
  26. konsumsi Blackmores Pregnancy & BreastFeeding Gold ini bikin produksi ASI jadi makin berlimpah dan berkualitas nutrisinya

    BalasHapus
  27. Eh, aku jadi keinget sepupuku yang juga rutin mengkonsumsi blackmores ini sejak menyusui. Dia bilang asi jadi lebih lancar. Pas aku lihat harganya lumayan juga, tapi worth it banget sih.

    BalasHapus
  28. Ternyata Blackmores ada produk yang bisa sebagai asi booster juga ya. Aku kira multivitamin gt. Ini sih bagus ya buat bantu para mommy biar asinya lancar.

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.