Review : Sabun Tanamu Tanami by Tamba Waras

Sabun Tanamu Tanami by Tamba Waras - Tanamu Tanami ini terdengar baru di telinga saya. Pertama kali tahu? ya tentu saja dari whatssapp grup ibu-ibu keceh. Hahaha.. Nah, ternyata produk ini masih satu rumpun dengan Minyak Kutus-Kutus. Kalau produk itu pasti udah pada kenal kan? Iya, minyak yang dipercayai ampuh untuk mengobati segala keluhan di tubuh. Apalagi buat para ibu yang punya bayi, sudah dipastikan akan menjadikan minyak ini barang berharganya. 😀


Bedanya, khasiat sabun Tanamu Tanami ini lebih kepada mengatasi masalah kulit. Bisa dikatakan kalau cocok untuk perawatan kecantikan kulit. Saya sendiri mencoba membeli ini karena mempunyai masalah kulit eksim. Pasti sudah tidak asing kan dengan eksim? Iya kulit gatal tidak tertahankan, yang kadang tidak diketahui pasti apa sebabnya. Bisa jadi pagi hari teramat gatal, tapi siangan dikit sudah lenyap gatalnya.


Nah, saya beli di teman satu grup whatssapp tersebut. Harganya memang tidak bisa dibilang murah sih, untuk ukuran sebuah sabun batang. Satu bar sabun dihargai Rp 55 ribu. Mahalkan kalau dibandingkan dengan sabun mandi yang lain. Apalagi saya pakai untuk sebadan waktu itu, dalam satu bulan saja sudah lenyap. 😅


Kesan pertama saya saat menerima produk ini adalah tertarik. Mulai dari kemasannya, tekstur sabunnya, dan aromanya. Bau khas rempah gitu, menenangkan. Tapi agak sedikit mirip dengan bau khas sabun gatal gitu sih, hehe.. Tapi saya suka. Rasanya rileks aja gitu dipakai mandi, dan ternyata cukup ampuh membuat masalah kulit saya berkurang. Sabun Tanamu Tanami juga aman digunakan untuk area wajah.


REVIEW SABUN TANAMU TANAMI


Kemasan


Sabun batangan ini dikemas dalam kardus cukup tebal dengan desain yang simple dan menggambarkan kesan natural. Bagian depan kemasannya hanya ada nama produk. Keterangan bahan dan produsennya terdapat di bagian belakang kemasan.


Sabun di dalam kemasan kardusnya, dibungkus lagi dengan plastik dan ditempel sticker. Sangat simple, namun menarik dan terkesan elegan. Saya suka dengan konsep kemasannya.


Aroma dan Tekstur


Bentuk sabunnya semacam sabun mandi batangan, atau selayaknya soap bar homemade. Teksturnya terasa kasar seperti ada scrub. Sedikit kenyal dan empuk untuk kepadatan sabunnya. Sehingga lebih cepat "benyek" kalau diletakkan di tempat sabun mandi yang sering terkena air. Jadi selanjutnya, saya menggunakannya dengan lebih hemat. Memotongnya menjadi beberapa bagian, haha..


Warnanya coklat kehitaman, namun saat sudah terkena air sekilas berwarna hijau tua. Ada corak seperti ampas rempah-rempah di dalam sabunnya.


Aromanya khas sabun rempah, wangi jamu yang menenangkan. Saya suka sih dengan aroma seperti ini, jadi berasa mandi rempah ala putri kerajaan, hihi.. Namun mungkin untuk sebagian orang yang memang tidak terbiasa dengan aromanya, akan sedikit terganggu.


Cara Pakai


Teksturnya memang sedikit kasar, karena mengandung scrub. Jika kurang nyaman, bisa dibusakan dulu di tangan sebelum digosokan ke badan atau wajah langsung. Setelah itu, dapat didiamkan beberapa saat, munkin sambil dipijat, atau dihirup aroma khasnya agar lebih menenangkan. Pokoknya wajib dinikmati kalau menggunakan produk-produk alami seperti ini, dijamin akan lebih rileks di tubuh.


My Impression


Kulit saya cenderung kering. Mulai kulit wajah sampai sekujur badan itu rasanya kering bahkan hampir bersisik kalau tidak dirawat dengan tepat. Berbagai merk sabun dan lotion selalu saya coba demi menemukan kecocokan dengan kulit.


Sabun Tanamu Tanami ini saya gunakan sampai habis 1 bulan pemakaian, tapi sekarang belum membelinya lagi. Saya pakai setiap mandi untuk seluruh tubuh dari wajah sampai ujung kaki. Minggu pertama pemakaian memang belum terasa efeknya. Namun sudah dapat dikatakan masalah kulit kering dan eksim saya mulai mereda.


Efek melembabkan baru terasa saat pemakaian sabun hampir habis, hehe.. Kulit memang terasa lebih lembab setelah mandi dan bertahan cukup lama meski saya belum menggunakan lotion atau pelembab setelahnya.


Begitu juga untuk efek pemakaian di wajah. Kebetulan saat itu, kulit wajah sedang kering gatal-gatal karena salah menggunakan skincare. Hasilnya, dengan sabun Tanamu Tanami ini, kulit wajah jadi kembali lembab hanya dalam beberapa hari saja.


Repurchase?


Tentu! Dalam waktu dekat sepertinya akan membelinya lagi. Meski harganya sungguh tidak bersahabat, tapi dibandingkan dengan khasiatnya sungguh terbayarkan. Mungkin selanjutnya akan lebih irit lagi dalam pemakaian, hehe..


Kesimpulan


Menurut saya pribadi, Sabun Tanamu Tanami ini memang cocok untuk mengatasi masalah kulit. Kalau dari pengalaman pemakaian saya, digunakan untuk mengatasi kulit kering dan gatal-gatal.





Disclaimer : Artikel ini bukan sponsored post. Saya tulis apa adanya berdasarkan pengalaman pribadi setelah pemakaian habis satu batang sabun dalam waktu sebulan. Pemakaian rutin setiap hari untuk mandi pagi dan sore hari. Hasilnya mungkin akan berbeda, tergantung jenis masalah kulitnya.

26 komentar:

  1. Cocok nih buat kulit keringku.
    Dikira gak gak pernah mandi hehehe

    BalasHapus
  2. wah ini dari brand kutus kutus kwokwok harganya mehong ya xDD kalau aku biasanya di potong-potong dulu sabunnya hehe biar awet

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener mbak, lumayan jg harganya, jd kudu ngirit makenya hihii

      Hapus
  3. Selama ini aku selalu nyetok minyak kutus2 nya mba, blm pernah coba sabunnya. Wangi rempahnya kayak kutus2 kali yaaa? Tapi sbnrnya kulitku ga prnh ada masalah kering sih.

    Tapi memang produk2 Tamba waras ini bagus2. Terbukti dari minyak kutus2 nya. Anak2ku jarang sakit setelah aku olesin ini abis mandi dan mau tidur. Sebelumnya gampang bgt kena. Batpil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah aku malah belum nyoba minyaknya nih, yg katanya ampuh segala penyakit hehe

      Hapus
  4. Aku pernah nih coba pakai sabun Tanamu Tanami ini untuk anakku yang kulitnya gatal-gatal. Alhamdulillah lumayan ngefek, wanginya juga enak. Sekarang aku selalu stok minyak Tanamu Tanami di rumah untuk masalah kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, aku malah blm nyobain minyaknya, jd pengen coba jg minyaknya :)

      Hapus
  5. Kalau aku baru tau sekarang ada produk ini, sepertinya bisa cocok nih buat kulitku yang kering kerontang, biar bisa lembab.

    BalasHapus
  6. wah kutus-kutus, aku baru tau ada sabun batangnya ^^ bisa buat anak-anak ga ya mba? anakku juga suka gatal2 kalau alerginya lagi kambuh :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa sih mbak, anakku jg aku pakein hehe aman aja sejauh ini ya :) karena kandungannya kan herbal alami

      Hapus
  7. Saya memiliki masalah gatal juga dengan kulit. Pengen coba juga menggunakan sabun ini. Meski cukup mahal juga emang ya...
    Tapi ini belinya dimana sih Mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener teh, makanya kudu irit makenya hehe... di online shop mungkin udh banyak, kalau aku dari temen kebetulan dia ikut distributor ini hehe

      Hapus
  8. Boleh juga nih, ibuku juga kena eksim dan pakai sabun untuk kulit sensitif tapi kurang lembab, pingin coba ah!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau eksim, memang lebih baik pakai sabun yang melembabkan, bukan yg antibakteri karena malah bikin kulit makin kering

      Hapus
  9. Aku baru tau ada produk ini. Tapi emang sebenarnya yg alami dan herbal gini lebih aman ya utk tubuh

    BalasHapus
  10. Oooo ini masih sodaraan sama Minyak Kutus-Kutus to. Aku suka ragu kalau mau coba sabun batangan karena takut malah bikin kering tapi ternyata enggak ya, Mbak. Makasih reviewnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihiii.. iya mbak, mungkin sepupunya hehe.. tp ini kaya lebih buah masalah kulit gt manfaatnya :)

      Hapus
  11. aku suka deh dengan sesuatu yangberaroma rempah, apalagi lulur, scrub, sabun gitu, jadi berasa bersih banget badannya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, akupun juga suka yg alami gini aromanya lebih enak menenangkan :)

      Hapus
  12. Wah sabun alami yah Mbak? Aku belum pernah coba sabun alami gini. Niat pengen coba tapi belum jadi jadi nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, bahannya semacam rempah alami gt, jd aromanya pun wangi rempah :)

      Hapus
  13. Waah masih sodaraan ma kutus2 sih harga sgitu wajar ya mba, pengen nyoba krna kulit kita hampir sama nih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihii.. akupun nyoba karena lg bermsalah terus sama kulit sensitif ini hehe alhamdulillah cocok aja :)

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.