Green Jobs : Pilihan Pekerjaan Impian

Perubahan pada dunia saat ini karena adanya pandemi, tentu sudah merubah banyak aspek kehidupan. Termasuk dalam pemilihan pekerjaan untuk masa depan. Demi mewujudkan bumi kita yang lebih sehat lagi, semua aspek pekerjaan kemudian menyangkutkan pada aksi melindungi bumi. Salah satu pilihan terbaik adalah pada Green Jobs.


Green Jobs? Sudah pernah mendengar sebelumnya? Jujur saja, saya baru mendengarnya seminggu terakhir ini. Saat banyak informasi dari website yang membahasnya.


Pernahkah membayangkan, jika anak cucu kita nanti hidup kehabisan sumber air? atau sudah tidak ada lagi listrik? Akankah kehidupan kembali lagi seperti dahulu di jaman batu?


Memandang persoalan demikian, para pecinta lingkungan kemudian melakukan aksi nyata untuk melindungi bumi beserta isi dan sumber daya yang ada. Salah satunya dengan mengenalkan pekerjaan hijua ini yang ramah lingkungan.


Green Jobs Adalah

Sesuai dengan namanya, pekerjaan ini menjadi jenis pekerjaan yang ramah lingkungan. Green Jobs menjadi lambang perekonomian dan masyarakat yang lebih berkelanjutan, yang mampu melestarikan lingkungan. Baik untuk generasi saat ini atau mendatang. Begitu menurut Organisasi Perburuhan Internasional (ILO).


Saya, yang pernah belajar di bidang kesehatan lingkungan dan bekerja dengan subjek pekerjaan demikian, tentu saja sudah tidak asing untuk penerapan pekerjaan yang ramah lingkungan. Pada kenyataannya, Green Jobs tidak hanya terpaku pada pekerjaan pengelolaan limbah saja, atau pengumpulan barang bekas yang dapat di daur ulang. Kini hampir di semua sektor bisnis sudah menerapkan pekerjaan yang ramah lingkungan.


Misalnya dalam perusahaan-perusahaan konstruksi, mereka mulai menerapkan rancangan bangunan yang ramah lingkungan atau lebih efisien secara energi. Menurut saya ini juga bagian dari pekerjaan yang ramah lingkungan. Serta banyak sekali contoh pekerjaan ramah lingkungan yang mendapatkan nilai bisnis yang menggiurkan.

Green Jobs Adalah dan Contohnya

Contoh Green Jobs antara lain:

Ecopreneur - Eco design architect - Eco Fashionpreneur - Electric Car Technician - Energy Startup - Organic Foodpreneur - Solar Panel Technician - Urban Farmer - Waste Management Startup - dan masih banyak lagi contoh pekerjaan kekinian yang dapat digolongkan ramah lingkungan.


Target dan Tujuan Green Jobs

Banyaknya masalah lingkungan yang muncul dan dibuktikan dengan kualitas lingkungan yang semakin menurun, tentu akan menjadi permasalahan serius. Bahkan, dapat mempengaruhi perekonomian di masa mendatang.


Kondisi ini juga akan semakin buruk jika melihat dampak perubahan iklim yang sudah mulai terjadi. Oleh karena itu, Green Jobs ditargetkan untuk menjadi pilihan pekerjaan yang ramah lingkungan. Bisnis ini akan menjadi yang paling menjanjikan di masa depan. Selain menjadikan lingkungan yang lebih sehat, tentu saja menjadi pilihan bisnis yang cerdas.


Dalam hal tersebut, bisnis ini akan memberikan nilai yang fantastis, dengan konsep kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.


Green Jobs dan Energi Terbarukan

Indonesia menjadi negara yang memiliki banyak kekayaan sumber daya, namun tidak terlepas dari berbagai masalah. Mulai dari masalah lingkungan, sosial, hingga perekonomian. Hal tersebut dipengaruhi oleh dua sebab utama yaitu, pola konsumsi sumber daya dan populasi yang semakin meningkat.


Oleh karena itu, adanya ekonomi hijau atau Green Jobs ini dapat menjadi pilihan untuk tetap menjaga eksistensi sumber energi lain yang terbarukan.


Apalagi sebagai pihak generasi yang wajib turun tangan melestarikan lingkungan, maka perlu juga melakukan kampanye dalam pelestarian energi terbarukan. Dengan adanya pekerjaan yang ramah lingkungan, manfaat dari energi terbarukan akan dirasakan oleh masyarakat, seperti:


  • Tersedianya air bersih dan sanitasi yang layak
  • Akses informasi lebih maju dan pendidikan akan mudah diperoleh secara merata
  • Jika sudah demikian, peningkatan ekonomi lokal sudah pasti dirasakan
  • Literasi keuangan, dengan meningkatnya keterampilan masyarakat dalam membuat keputusan dan kebijakan yang dalam memanfaatkan sumber daya keuangan yang dimiliki dengan bijak.
  • Serta ketahanan pangan sebagai upaya dalam meningkatkan konsumsi pangan masyarakat yang lebih bergizi dari sumber pangan lokal.
  • Terciptanya kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.


Pilihan Green Jobs Sebagai Peluang Kerja Impian

Masalah yang sedang dihadapi oleh Masyarakat Indonesia kini adalah mengenai pemahaman masyarakat terkait dengan peranan dan arti pentingnya sumber daya alam dan lingkungan sebagai faktor pertumbuhan ekonomi. Banyak analisis dilakukan hanya pada keterkaitan antara pertumbuhan ekonomi dan perubahan teknologi dan sumber daya manusia saja. Masih sedikit yang mampu memberikan gambaran pertumbuhan ekonomi dengan masalah pembuangan limbah.

Pekerjaan Hijau

Padahal, kedua hal tersebut akan menjadi sangat penting di kemudian hari. Apabila sampai menimbulkan masalah besar dalam pengolahan limbah sisa hasil industri atau pekerjaan. Oleh karena itu, hadirnya Green Jobs adalah angin segar bagi perekonomian.


Masuknya konsep pekerjaan yang ramah lingkungan ini tentu akan memberikan dampak positif pada arus produksi barang dan jasa. Selain itu juga pada tingkat kualitas lingkungan, ketersediaan sumber daya alam dan juga pertumbuhan ekonomi.


Hubungan yang terjadi nantinya adalah dengan berkembangnya jumlah penduduk, maka perekonomian pun akan terus berproduksi untuk menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan. Kebutuhan barang dan jasa tersebut otomatis akan membutuhkan sumber daya dan energi yang harus terus digunakan persediaannya.


Bagian inilah, Green Jobs yang menjadi pekerjaan ramah lingkungan, akan memberikan perannya. Mereka ini yang akan memikirkan juga bagaimana dampaknya terhadap lingkungan. Dengan demikian, pilihan Green Jobs sebagai peluang kerja dengan tugas dan fungsinya yang akan menjaga kelestarian lingkungan dan ketersediaan energi. Kemudian akan menjadi lambang perekonomian yang berkelanjutan. Serta mampu melestarikan lingkungan demi kepentingan generasi sekarang dan akan datang.


Pemerintah Indonesia ternyata sudah mulai mengupayakan berbagai cara untuk mendukung pekerjaan hijau. Salah satunya dengan meningkatkan pengawasan kebijakan ruang hijau, produktivitas hijau, keselamatan dan kesehatan kerja serta lingkungan kerja. Termasuk akuntansi hijau dengan melibatkan perguruan tinggi.


Green Jobs Untuk Indonesia Lebih Bersih

Menurunnya mutu lingkungan dengan berkurangnya cadangan sumber daya alam yang tersedia tentu menjadi ancaman terhadap perekonomian. Serta pembanguan yang lebih luas dan berkelanjutan. 


Ide pekerjaan hijau ini memang menjadi solusi dibalik pertumbuhan hijau dan pembangunan yang bersih. Pada akhirnya akan membawa keuntungan baik bagi lingkungan Indonesia lebih bersih dan juga perekonomian.


Pekerjaan yang ramah lingkungan ini akan mampu mengurangi dampak lingkungan ke tingkat melestarikan lingkungan hidup. Sehingga akan terwujud Indonesia yang lebih bersih.


Agenda pembangunan yang masih fokus pada sektor pertumbuhan ekonomi saja, sekarang sepertinya mulai perlu dibarengi dengan memberikan perhatian pada kesehatan lingkungan. Penciptaan Green Jobs di Indonesia merupakan langkah tepat untuk memberikan peluang sumber energi baru yang menjanjikan untuk masa depan.


Penciptaan Green Jobs akan mampu mengatasi dua masalah sekaligus di Indonesia yakni masalah ketenagakerjaan dan masalah lingkungan. 


Nge-Blog Ala Green Jobs

Maraknya teknologi internet di masa kini, hampir menjadi satu-satunya sumber informasi yang dapat diperoleh dengan mudah. Sehingga, perlu adanya pemberian informasi yang edukatif untuk banyak pihak. Supaya dapat memberikan wawasan lebih luas lagi terutama jika menyangkut issue lingkungan hidup.


Peran Bloger sebagai salah satu pemberi informasi yang dapat dipercaya. Serta gambaran masalah lingkungan dan bagaimana kehadiran Green Jobs ini mampu menjadi salah satu solusinya. Namun, apakah aktivitas menulis blog ini merupakan kegiatan yang ramah lingkungan?


Tentu saja tidak seratus persen, jika:


Kita masih saja menggunakan kertas dalam mencatat hal-hal yang sebenarnya sudah dapat dipindahkan pada media digital. Menghemat penggunaan kertas akan lebih baik lagi dalam turut serta menjadikan aktivitas menulis blog sebagai yang eco-bloger.


Kita masih menggunakan gadget butut yang menyerap banyak energi. Seperti perlu terus menyambungkan ke sumber listrik. Mengganti gadget yang sudah lebih hemat energi sepertinya lebih baik.


Kita masih menggunakan penerangan yang berlebihan saat beraktivitas. Memanfaatkan penerangan alami saat pagi atau siang hari, akan menjadi solusi yang lebih baik.


Kita masih menggunakan gadget tidak hanya untuk kebutuhan menulis blog, namun lebih banyak ke entertaint. Hal ini menjadi bentuk pemborosan energi.


Oleh karena itu, sejalan dengan visi Pemerintah untuk menyampaikan bahwa Indonesia masih dapat mencapai target 2030 dengan #KolaborAksi. Aksi ini menerapkan ekonomi hijau dengan berkomitmen pada pembangunan yang mengutamakan keberlanjutan dan memicu peralihan dalam pasar tenaga kerja di Indonesia dengan #EnergiMuda.


Yuk, mulai ciptakan Green Jobs kalian di setiap bidang pekerjaan yang kalian geluti. Hal ini akan menjadi pilihan pekerjaan impian untuk masa depan Indonesia lebih bersih.


Referensi:

Kemenaker. "Menteri Ketenagakerjaan ASEAN+3 Sepakat Perkuat 'Green Jobs'". ekonomi (dalam bahasa inggris).

36 komentar:

  1. Catatan banget khususnya buatku nih agar bisa mengurangi sampah, khususnya sampah rumah tangga..

    BalasHapus
  2. Aku baru dengar Green Jobs akhir-akhir ini juga mbak. Dan ternyata di sekelilingku sudah banyak yang berprofesi tersebut. Aku aja yang kurang paham, wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwwkk sama mba, padahal dulu pekerjaanku bisa dibilang termasuk green jobs karena di kesehatan lingkungan kerja haha

      Hapus
  3. Samaa mba, aku juga baru tau tentang Green Jobs ini, wkwkwk
    Sebutannya aja kali ya yang asing buatku. Karena kalau diliat dari jenis pekerjaannya sudah nggak asing lagi.

    BalasHapus
  4. Baru dengar juga ada green jobs. Aku pernah dengar sebenarnya desain rumah jaman dulu telah ramah lingkungan seperti rumah adat joglo yang nggak perlu masang AC, dll. Lalu muncul trend rumah ala barat dan aku jadi teringat buku Rumah Kaca kalau baca ulasan ini ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah betul, sebenarnya jaman dulu itu lebih ramah lingkungan ya, dari konsep apapun sih :)

      Hapus
  5. Aku baru tahu klo ada greenjobs ini. Pertama baca greenjob ini saya pikir kita harus jadi penggerak penghijauan, seperti mengurangi pemakaian kertas dan lain sebagainya. Di sini baruu tahu detailnya.

    BalasHapus
  6. PR banget untuk mengurangi sampah termasuk sampah plastik. apalagi suka sering lupa pas belanja bawa tas sendiri. green job peluangny sangat bagus ya mbak,tinggal bagaimana implementasi dan kolaborasi pihak terkait nantinya

    BalasHapus
  7. Memang sebaiknya pekerjaan apapun kita harus mencoba untuk melihat dari perspektif lingkungan agar bumi yg kita tempati bisa sustainable

    BalasHapus
  8. Green jobs bukan cuma untuk Indonesia lebih bersih, namun juga lebih sehat dan lebih sejahtera tentunya!

    BalasHapus
  9. Sesuatu yang baik pasti dapat memberikan dampak yang baik. Wajar saja green job dapat menjadi solusi beberapa masalah Indonesia.

    BalasHapus
  10. Hmm jadi apa ya.. gimana kalau jadi eco copy writer hehe jadi copy writer yg khusus bikin konten terkait lingkungan dan penghijauan haha ngarang aja nih

    BalasHapus
  11. Green jobs membuat buni jadi terselamatkan ya Mba. Alhamdulillah sudah ada yang demikian

    BalasHapus
  12. Wah aku malah baru drnger green job ini. Emang ada beberapa teman yg bekerja di bidang penghijauan lingkungan dll tapi baru tahu mereka bisa disebut juga dengan green jobs

    BalasHapus
  13. Saya sudah pernah baca nih di blog lain, semoga green jobs semakin diminati oleh anak-anak generasi muda yang ingin mencari pekerjaan serta bermanfaat untuk memulihkan lingkungan menjadi lebih baik

    BalasHapus
  14. Udah kesekian kali baca artikel tentang green jobs, bukannya boring malah semakin tertarik cari tau tentang green jobs. besar harapan bisa ikut berpartisipasi langsung

    BalasHapus
  15. mungkin suatu saat nanti pengen jadi ecopreneur, mislkn jualana sayur organik hehe. Atau jdi petani online

    BalasHapus
  16. Pilihan pekerjaan green jobs sangat luas, bahkan yang tak pernah terpikirkan. Energi terbarukan harus dimulai untuk manganite yang lama. Ayo para milenial mulai bekerja di lapangan baru ini.

    BalasHapus
  17. semoga makin banyak generasi yang memanfaatkan peluang greenjobs ini ya.karena sumber dayanya sangat banyak yg bisa diolah

    BalasHapus
  18. Pengih sih, tiap gagdet butut langsung ganti baru, tapi ... yya kadang kebanyakan di masyarakat kita (termasuk saya) berpikir 'kalau belum bener-bener rusak dan masih bisa dipake, nggak perlu ganti;.

    BalasHapus
  19. Blogger bisa jadi green jobs jika banyak pihak memahami dan menerapkan
    Misalnya mengganti pertemuan /webinar menjadi via zoom
    Sebelum pandemi kan di hotel, berapa banyak tuh energi fosil yang dihabiskan
    Bukan hanya penyelenggara, juga peserta seperti kita yang menggunakan transportasi dengan energi fosil

    BalasHapus
  20. Melestarikan lingkungan jaman sekarang bisa dilakukan dengan berbagai hal, termasuk memasukan unsur green terhadap profesi, ya. Semoga semakin banyak realisasi dari green job, dampaknya bumi makin lebih baik... Aamiin...

    BalasHapus
  21. ah setuju banget
    Green Jobs ini memang pekerjaan impian ya mbak...
    Peluang pekerjaan di masa depan yang sangat menjanjikan sekaligus ramah lingkungan

    BalasHapus
  22. Baca beberapa artikel tantang Green Job, aku merasa makin tertarik untuk ikut andil dalam hal kecil dulu terutama masalah disiplin sampah yang jadi masalah bersama

    BalasHapus
  23. Aku kalau mencatat selalu di HP mbak. Karena kalau di buku entah kenapa kurang aja gitu, yang bukunya ketinggalan, atau kadang lupa naruh. Haha

    Nah, kalau di hp selain paperless, juga bisa dibuka dimana aja.

    BalasHapus
  24. idaman banget ini ya greenjobs, jadi anak muda bisa berpartisipasi aktif berkarir dan menyelamatkan lingkungan. aku jg sudah mulai mengurangi plastik dan buat kompos, mudah2an istiqomah nih mbak atiq

    BalasHapus
  25. Besar harapan saya untuk program keren ini dikenal lebih luas lagi oleh masyarakat Indonesia khususnya.

    BalasHapus
  26. gaung green job yang diadakan koaksi ini semoga semakin merebak dan memberi pengaruh pada banyak sektor yaa. Semoga semakin banyak pekerja, pengusaha, wirausaha dan pemerintah yg memperhatikan lingkungan dan lebih peka pada apa yang digunakannya untuk lebih peduli pada alam ya

    BalasHapus
  27. Nah sekarang kan mulai hits tuh beredar mobil-mobil listrik di Indonesia, jadi ini tuh ternyata termasuk green jobs juga untuk mengembangkan mobil ramah lingkungan gini, dan pastinya incomenya juga menggiurkan

    BalasHapus
  28. Masa pandemi memang menyedihkan karena banyak yang kehilangan pekerjaan.
    Semoga Green Jobs bisa jadi jawaban atas permasalahan-permasalahan sulit sebagai efek pandemi ini*

    BalasHapus
  29. Green jobs ini beneran lagi booming banget ya skrg. Jadi bikin generasi muda levih aware sama lingkungan

    BalasHapus
  30. Mudah2an Indonesia berhasil untuk menggerakan Green Jobs. Perlu bgt dukungan org2 muda utk merawat dunia yg sdh tua ini.

    BalasHapus
  31. Semoga green jobs ini menyebar di seluruh bidang kehidupan ya mba... hingga lingkungan di sekitar kita semaakin membaik...

    BalasHapus
  32. Bisa banget blogger jadi bagian dari green job. Apalagi saat pandemi gini, yang tadinya ada event di luar, sekarang semua bisa dikerjain di rumah. Emisi berkurang, tinggal gimana bisa bijak pakai energi selama di rumah

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.