Ingin Membangun Data Center Indonesia? Simak 5 Cara Merawatnya Berikut

Data center atau fasilitas pusat data memiliki peranan yang penting dalam dunia digital saat ini. Dimana akan dapat membantu perusahaan untuk semakin maju. Sehingga, tidak heran jika mulai banyak penyedia jasa data center Indonesia yang tersebar di berbagai daerah. Selain itu, banyak juga perusahaan yang memiliki perangkat tersebut untuk menyimpan data perusahaannya sendiri.

Data Center Pusat Data

Namun, tahukah kamu membangun dan memiliki pusat data tersebut ternyata tidak mudah. Hal ini karena perangkat tersebut bukan hanya berfungsi untuk menyimpan berbagai komponen komputer berisi data perusahaan saja. Namun, ternyata juga harus digunakan untuk mengelola data perusahaan.


5 Cara Merawat Data Center Indonesia

Agar data perusahaan bisa terus tersimpan aman dan bisa dikelola dengan baik, maka pusat data juga harus dirawat.  Fasilitas yang digunakan untuk menempatkan sistem komputer dan komponen-komponen terkaitnya, perlu dipelihara dengan baik. Nah, bagaimana cara merawatnya dengan baik? Di bawah ini 5 cara merawat sebuah data center.


1.       Awasi Perangkat Pendukung dengan Rutin

Salah satu cara untuk merawatnya adalah dengan mengawasi perangkat-perangkat pendukungnya. Hal ini karena perangkat tersebut diibaratkan sebagai jantungnya. Yang berfungsi agar dapat berjalan dan digunakan dengan maksimal.


Perangkat pendukungnya seperti UPS, Genset, baterai, dan PAC. Dengan mengawasi perangkat pendukung tersebut secara rutin, maka pihak pengelola fasilitas pusat data, dalam hal ini  tim operasional, akan mengetahui keadaan perangkat pendukung tersebut.


Jika perangkat tersebut tidak baik atau mengalami gangguan maupun kerusakan, maka tim operasional dapat langsung menanganinya. Sehingga perangkat tersebut tidak sampai mengurangi kinerja perangkat pusat data.

 

1.       Atur Kabel Dengan Rapi

Selain mengawasi perangkat pendukung, fasilitas pusat data dan semua komponen yang mendukungnya, juga harus dirawat. Salah satunya dengan mengatur kabel yang berasal dari perangkat agar rapi.

 

Nah, tahukah kamu kenapa merawatnya juga perlu dilakukan dengan mengatur kabel? Selain karena kabel yang berantakan akan mengganggu pandangan. Ruangan yang dipenuhi dengan kabel yang tak beraturan tersebut juga dapat mengganggu performa pusat data.

 

2.       Pastikan Bersih dari Debu

Selanjutnya adalah, memastikan semua komponen dan tempatnya bersih, bebas dari debu. Debu yang menempel pada komponen-komponen yang terdapat dalam pusat data dapat berdampak pada performa-nya.

 

Sebagai contohnya, di dalam fasilitas pusat data tersebut, terdapat alat pendingin yang membuat suhu ruangan tidak akan naik. Jika alat pendingin tersebut berdebu, maka alat pendingin tentu tidak akan bekerja dengan baik. Dampaknya, kinerja perangkat tersebut dapat terganggu.

 

3.       Pertimbangkan Cara Membersihkan Data Center

Nah, agar dapat digunakan dengan baik, maka fasilitas pusat data juga harus dibersihkan secara rutin. Namun, hal penting yang perlu diingat, dalam membersihkannya haruslah dengan cara yang tepat agar tidak merusak komponen – komponen yang ada. Selain itu, jangan sampai mengganggu dari kinerjanya.

 

Contohnya, jika kipas pada perangkat ingin dibersihkan dengan penyedot debu, maka sebaiknya, saklar yang digunakan berada jauh dari lokasi. Hal ini dilakukan agar tidak mengganggu keseimbangan di tempat penyimpanan server.

 

4.       Adanya Personil yang Profesional dan Berpengalaman

Selain keempat cara di atas, hal penting terakhir adalah dengan menghire personil yang professional dan berpengalaman. Dimana personil tersebut dapat membuat data center dioperasikan. 


Selain itu juga, mampu merawat fasilitas pusat data dan semua perangkatnya dengan benar dan optimal. Penting juga adalah, personil tersebut akan langsung turun tangan memberikan solusi dari masalah yang terjadi terkait komponen-komponen pada perangkat tersebut.


Nah, itulah 5 cara merawat data center dengan benar. Dari kelima cara di atas, dapat dijadikan gambaran jika merawat perangkat tersebut tidaklah mudah.


Oleh karena itu, jika ingin lebih praktis merawat fasilitas pusat data, menggunakan jasa NEX Datacenter Indonesia dapat menjadi pilihan untuk menyimpan serta mengelola data perusahaan agar lebih optimal.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.