4 Alasan Penting Menentukan Nama Blog

 Apalah arti sebuah nama, eh.. tapi kalau sebuah nama tak berarti juga tidak akan ada artinya. Jadi, saat membuat blog ini, dan saya ingin memilih-kan nama untuk'nya', tentu saja ingin yang identik dengan saya. Kenapa? Ya, karena ini blog pribadi saya, hihi.. Jadi, bagaimana menentukan nama blog?


Memilih sebuah nama tentu saja tidak dapat sembarangan. Apalagi kalau menyangkut pada diri kita. Sudah pasti ingin memiliki arti yang baik. Agar kemudian bisa membawa kebaikan. Termasuk memilih nama sebuah blog.

pentingnya-menentukan-nama-blog

Pentingnya Menentukan Nama Blog

Saat membangun sebuah blog atau website, tentunya tidak hanya tampilan saja yang harus diperhatikan. Namun, nama domain-nya pun harus mampu mencuri perhatian. Nah, pemilihan nama ini penting, karena nantinya akan menjadi 'produk' yang kamu jual.


Baca juga Tentang Blog ini disini.


Lalu, mengapa nama sebuah blog menjadi penting?

Kesan Pertama

Nama sebuah blog tentu akan menunjukan kesan pertama pada pembaca. Domain dengan nama yang positif tentu akan menjadi rujukan dan memberikan kesan yang positif. Sehingga membuat pembaca merasa lebih aman dan nyaman dalam mencari informasi.


Menjadi Sebuah Brand

Meski sebuah blog personal, nantinya blog ini akan menjadi 'produk jual' untuk menarik pembaca. Oleh karena itu, nama domain yang tepat akan mudah dikenal dan diingat, jadi membuat kita juga semakin dikenal.


Merupakan Identitas

Nama blog akan menjadi identitas kita saat mulai dicari banyak pembaca. Tentu saja, pembaca setia akan mulai mengenal dan mengingat blog kita sebagai tujuan. Jadi, nama blog menjadi penting karena akan menjadi alamat tujuan pembaca yang bisa kita sebarkan luas.


Performa Blog

Jadi, pentingnya menentukan nama untuk sebuah blog, tentu saja nama ini akan menentukan bagaimana performa blog ke depannya. Nama blog yang sesuai dengan tema blog, akan mempengaruhi peringkat hasil pencarian di mesin pencari.


Tips Menentukan Nama Sebuah Blog

Jika sudah mengerti arti pentingnya nama sebuah blog, maka selanjutnya akan timbul pertanyaan, bagaimana menentukan nama blog yang tepat? Berikut ini saya rangkum dari beberapa sumber yang relevan dengan alasan saya juga daam menentukan nama sebuah blog.


Apa saja yang perlu diperhatikan?


Pertama, carilah nama yang BERKESAN. Nama yang akan mudah diingat oleh orang.

Kedua, cari nama yang TIDAK PANJANG, namun juga tidak terlalu singkat. Dua puluh karakter adalah jumlah maksimal.

Ketiga,  cari nama yang MUDAH UNTUK DIEJA. Hal ini akan memudahkan orang untuk mengenal dan mengingat, jadi sebaiknya menggunakan istilah atau kata umum.

Keempat, cari nama yang DESKRIPTIF. Nama sebuah blog yang dipilih harus mewakili atau menggambarkan terhadap isi dari blog tersebut.


Apa Arti Nama Blog Kamu?

Nah, saat saya membuat blog ini untuk pertama kalinya di tahun 2020, saya belum mengerti benar susunan blog yang sesuai dengan kaidah mesin pencari, hehe.. Jadi, saat menentukan nama untuk blog ini, saya hanya menggunakan nama yang mewakili isi blog pada saat itu.


Sesuai tujuannya, blog ini yang saya gunakan sebagai sebuah catatan pribadi, sehingga memunculkan ide untuk menggunakan nama blog "CATATAN ATIQOH".


Satu nama blog yang saya pilih tersebut, tentunya memiliki sebuah arti. Kenapa Catatan Atiqoh? Karena blog ini berisi banyak catatan dari saya untuk pembaca. Catatan apa saja? Tentunya catatan yang semoga bermanfaat untuk bisa dinikmati pembaca.


Beberapa blog pribadi memang menggunakan nama personal pemiliknya untuk dijadikan nama blog. Tentu saja ini menjadi pilihan pribadi, karena mungkin lebih mudah untuk diingat dan akan dikenal beserta nama pemilik blognya.


Namun, ada juga beberapa nama blog yang menggunakan nama umum dengan menyesuaikan tema dan isi dari blognya. Seperti blog ini - www.kapancurhat.com.


Jadi, apa arti nama blog kamu?

11 komentar:

  1. blog ku menggunakan nama ku karena dulu inginnya mudah di ingat saja mba dan lebih mudah untuk branding sebagai personal blog juga selain itu karena gak mau pusing cari nama lainnya, hihihi

    BalasHapus
  2. Bener banget mba. Penting ya menentukan nama blog. Aku juga masih pengen explore nama blog aku. Pengen yang lebih unik gitu.

    BalasHapus
  3. Aku punya blog suika pas jaman ga serius, dulu kalo di event jadi ditanya: ini blogger semangka itu kan? 🤣

    BalasHapus
  4. Emang nama blog sepenting itu. Kadang yang simple justru lebih menarik karena tampak tak "neko-neko" Hihi

    BalasHapus
  5. aku nama blognya dari yang paling alay se-alay-alaynya umat sampai akhirnya memutuskan untuk pakai nama sendiri aja

    BalasHapus
  6. aktu menentukan nama blog emang bingung juga .Apaaan gitu kan.akhirnya pakai nama sendiri dan terbukti di kemudian hari...kepanjangan namanya hahahahaha

    BalasHapus
  7. Pertama jelas pilih nama yang disukai sih, yg "owner"-nya banget. Trus yang penting mudah diingat dan gak alay kalau mau dibikin pro kyk menerima sponsored post dll hehe #imho

    BalasHapus
  8. Kalau daku sekalian juga nama Blog nya bisa SEO atau tidaknya. Dengan begitu siapa tahu kan bisa dongkrak DA ikut naik

    BalasHapus
  9. Yes, setuju bgt sama tulisan ini. Aku branding nama Renayku berawal dari blog, baru deh semua sosmed aku namain dgn nama yg sama.

    BalasHapus
  10. Hahaha setuju, nama blog memang penting

    BalasHapus
  11. Nama blog emang sepenting itu, karena itu bakal jadi ciri khas kita, dan branding kita.. Jd jangan sampai salah pilih nama buat blog..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.