Kegunaan Meses untuk Makanan Lebih Lezat

Topping bisa digunakan untuk hiasan pada makanan atau minuman. Bahan tambahan tersebut juga akan memberikan tampilan menarik. Namun, tidak sembarangan juga untuk menambahkannya agar tidak merusak rasa. Bahan taburan ini ternyata bergam pilihannya, salah satunya adalah meses. Meses dapat membuat makanan lebih lezat.


Asal Usul Meses

Jenis Topping ini sangat terkenal di Belanda dan negara jajahannya, termasuk Indonesia. Meses yang disebut hagelslag di Belanda, membuat banyak produsen meses menamainya dengan "Hagel".

Sedangkan di Indonesia, awal mula disebut dengan meses, didasarkan pada dua teori. Teori pertama menyatakan jika lidah orang Indonesia kesulitan untuk mengucapkan hagelslag. Sehingga, masyarakat Indonesia pada saat masa penjajahan Belanda, menyebutnya dengan meses. Hal ini dikarenakan seringnya melihat makanan roti dengan taburan meses dinikmati oleh para noni Belanda atau meisje.

Teori kedua, menyebutkan bahwa kata meses berasal dari muisjes. Muisjes merupakan produk olahan yang sudah ada sebelum hagelslag. Bedanya, muisjes terbuat dari biji ada yang manis bersalut gula dan pewarna, sedangkan meses sendiri terbuat dari coklat.

Meses coklat merupakan meses yang paling populer dan sangat mudah dijumpai. Hal ini tidak terlepas dari sejarahnya, saat pertama meses dibuat. Meses memang terbuat dari adonan coklat dan gula. Kemudian dalam perkembangannya, ditambahkan susu untuk menguatkan rasa.


kegunaan-meses

Kegunaan Meses

Menikmati roti dengan taburan meses memang menambah kenikmatan. Jadi, meses memang berfungsi untuk membuat makanan jadi lebih lezat. Pilihan penggunaan meses untuk topping dapat juga disajikan pada makanan dan minuman seperti berikut ini:


Topping Roti Tawar

Topping bisa ditambahkan pada roti ta.war. Bagi para penggemar roti tawar sebagai bahan sarapan, menambahkan meses bisa membuatnya menjadi lebih enak. Dapat ditambahkan di atas roti tawar secara langsung dengan mentega atau untuk isian roti panggang.


Topping Pisang Bakar

Selain itu, makanan yang juga cocok untuk ditambahkan adalah saat menyajikan pisang bakar. Dapat memberikan rasa manis dan lebih lezat.


Taburan Donut

Selain menambah kelezatan, juga dapat digunakan untuk membuat tampilan makanan semakin menarik. Seperti taburan untuk donut agar menjadi lebih menarik. Donut biasanya ditambahkan dengan meses dengan memilih rasa yang disesuaikan dengan selera.


Isian Martabak Mini

Meses juga dapat dijadikan sebagai isian untuk martabak mini. Para penikmat makanan manis, pasti suka sekali dengan sajian martabak yang ditambahkan meses coklat. Meses coklat yang dicampur dengan taburan kacang dan susu akan membuat rasa yang diciptakan semakin lezat dan gurih.


Topping Minuman

Selain pada makanan, juga dapat digunakan untuk mempercantik minuman. Biasanya, ditambahkan untuk es krim atau berbagai minuman dingin. Semakin menambah kenikmatan.


Banyaknya kegunaan meses untuk variasi topping makanan tersebut, maka bahan ini dapat selalu disediakan di rumah. Mencari aneka topping sudah tidak sulit lagi. Banyak yang menyediakan berbagai jenis meses dan dapat  membelinya dengan mudah, termasuk di TokoWahab yang menyediakan coklat meses.


Pilihan rasa meses dari merek yang tersedia juga beragam, dapat disesuaikan juga dengan ukuran yang dipunyai, dan juga harga yang sesuai budget yang disediakan.


Selain untuk persediaan di rumah, berbagai cokelat meses yang ditawarkan juga bisa dijadikan pilihan untuk stock bagi para pengusaha makanan dan minuman. Banyaknya kebutuhan topping yang membuat makanan lebih lezat, maka bahan ini sangat diburu. Sehingga untuk mendapatkan harga yang lebih terjangkau, kita bisa memilih membeli di toko yang menyediakan beragam kebutuhan bahan kue lain seperti mentega hingga tepung.

2 komentar:

  1. Aku dulu pas kecil suka banget nyemilin ini meses wkwkw :D sampai dimarahin ibuk :D

    BalasHapus
  2. duhh ituu mahh kesukaan saya banget mbaa

    apalagi sama roti ditaburin messes + susu, mantul pokoknya tambah ngilerr..hihihi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :)

Diberdayakan oleh Blogger.