Blended Learning di Alta School, Tertarik?

Tahun ajaran baru 2021/2022 sudah di depan mata. Siapa lagi yang repot mengurusi anak kembali sekolah jika bukan orang tuanya? Hihi.. Semangat ya! Dua tahun ini, menyinggung soal pendidikan anak-anak rasanya sudah terlalu lelah. Tidak hanya anak-anak saja, namun juga orang tuanya. Pasalnya, kondisi pandemi ini mengharuskan mereka belajar dari rumah saja, yang belum tentu dapat berjalan efektif.


Apalagi, kini angka COVID 19 justru beranjak naik lagi, sudah tidak dimungkinkan anak-anak akan kembali sekolah tatap muka langsung. Sebagian orang tua tetap mau anaknya sekolah di rumah saja. Namun, banyak juga orang tua yang sudah kewalahan, sehingga ingin anak-anak segera dapat kembali belajar di sekolah.


Menyikapi hal ini, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) memberikan pernyataan akan berupaya bijak dalam memenuhi hak pendidikan anak. Tentunya, Pemerintah akan tetap mempertimbangkan faktor keamanan dan keselamatan serta tumbuh kembang dan kondisi psiko sosial anak, sebagai prioritas.


Pelayanan pendidikan pada masa pandemi, memang tetap ideal untuk melayani dua menu. Yakni, menu pembelajaran tatap muka terbatas dan menu pembelajaran jarak jauh. Sehingga dapat disesuaikan dengan kondisi di lingkungan sekolah dan kondisi siswanya.


Hal penting yang tetap harus dijaga baik adalah komunikasi. Pihak sekolah dan orang tua harus memiliki komunikasi yang efektif, demi pendidikan anak.


Blended Learning, Apa Itu?

Pada akhirnya, sistem pendidikan harus mau bergabung dengan kemajuan teknologi melalui program e-learning. Hal ini juga akan berpengaruh pada kemajuan sistem pendidikan yang terus dituntut untuk semakin canggih juga.


Meski demikian, untuk beralih dari model pembelajaran tatap muka atau bertemu langsung ke metode daring (online), tentu membutuhkan effort dan biaya yang tidak sedikit. Nah, ternyata untuk memulainya, kita bisa lho menerapkan model Blended Learning, apa itu?


Blended Learning merupakan salah gabungan dari metode pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka dan virtual. Istilah ini digunakan oleh banyak pihak untuk menyederhanakan kegiatan belajar mengajar secara tradisional (pergi ke sekolah dan belajar dalam ruang kelas) dan modern (menggunakan media online atau e-Learning).


Metode ini menjadi sebuah kemudahan pembelajaran, karena menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran. Selain itu juga banyak pilihan media yang digunakan untuk dialog antara fasilitator dengan orang yang mendapat pengajaran.


Metode pembelajaran ini tertanya sudah banyak dipraktikan di banyak sekolah, termasuk di Indonesia. Dengan mengadopsi metode Blended Learning, para siswa akan tumbuh lebih mandiri dan bertanggung jawab dengan apa yang akan mereka pelajari.


Melalui metode ini, para siswa dapat memberikan latihan yang lebih terstruktur sesuai dengan kurikulum berbasis kompetensi. Selain itu, waktu interaksi dengan pengajar akan semakin baik untuk berdiskusi hal-hal yang tidak dimengerti dalam belajar e-Learning. Sehingga, waktu pembelajaran tidak habis hanya untuk mendengarkan pengajar menyampaikan materi pembelajaran.


Alta School, Sekolah Online Berijazah Resmi

Salah satu sekolah yang sedang saya cari untuk anak saya adalah sekolah yang menerapkan metode tersebut. Menggunakan sistem blended learning untuk anak-anak, rasanya lebih efektif untuk kegiatan belajarnya.


blended-learning-alta-school

Tidak perlu berlama-lama di dalam kelas untuk mendengarkan penyampaian materi pembelajaran yang 'membosankan'. Para pelajar dan pengajar hanya perlu berinteraksi untuk memecahkan masalah yang ditemui oleh pelajar dalam kegiatan belajar mandirinya melalui metode e-Learning.


Alta School, adalah sekolah non formal yang berbasis teknologi dengan metode pembelajaran daring yang dapat menyesuaikan kebutuhan siswa. Sekolah online Alta School, merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan metode blended learning ini. Mereka menerapkan metode belajar online yang modern dan adaptif, berbasis kurikulum resmi.


- Student-Centered

Siswa dapat turut aktif untuk eksplorasi dan berdiskusi, tidak hanya pasif mendengarkan pelajaran yang diberikan pengajar saja.


- Blended Learning

Mengombinasikan pembelajaran digital serta tatap muka dengan proyek dan eksperimen seru.


- Penguatan Karakter

Bimbingan pembentukan karakter dan pengembangan kecerdasan emosional siswa.


- Personalisasi Materi

Materi pembelajaran sesuai dengan kemampuan siswa dilihat dari hasil penilaian awal.


Lalu, apa bedanya dengan sekolah konvensional? 

Alta School memiliki sistem pembelajaran berbasis online dengan durasi pembelajaran yang lebih singkat daripada sekolah konvensional. Selain itu, juga menyediakan fasilitas penunjang belajar dalam bentuk Learning Kit, untuk membantu anak memahami pembelajaran dengan lebih mudah.


Sekolah Online Alta School ini juga mempunyai beragam pilihan kelas menarik untuk meningkatkan kreativitas anak melalui Kelas Add-On. Menarik ya? Saya pun mulai semakin penasaran ingin ikut trial free class nya dulu nih :).


Sistem Blended Learning di Alta School

Alta School sudah menerapkan sistem blended learning ini dan dinilai berhasil. Metode pembelajaran mereka mengombinasikan kelas dengan guru sebagai penyampai materi dan self learning melalui kit yang dikirimkan serta materi e-learning yang didapatkan.


Keunggulan dari metode ini adalah, jadwal pelajaran yang fleksibel, sehingga akan memudahkan siswa dalam menggali minat dan bakatnya.


Bagaimana Proses Belajarnya?

Mengusung metode blended learning, Home schooling Alta School membuat belajar virtual terasa lebih menyenangkan dari rumah. Guru dan siswa dapat melakukan kegiatan belajar mengajar dengan efektif. Kegiatannya antara lain:


- Virtual Live Teaching dengan STAR Teacher

- Mengerjakan Tugas dengan Metode Home-Based Project

- Sesi Belajar dengan Pendampingan Orangtua Siswa


homeschooling-alta-school


Jenjang Pendidikan

Blended Learning Alta Scholl mempunyai dua jenjang pendidikan saja sementara ini. Ditujukan untuk memperkenalkan anak-anak usia dini dalam menerima pembelajaran metode baru. Tujuannya agar mereka terbiasa sejak dini untuk belajar lebih mandiri dan bertanggung jawab.


kurikulum-homeschooling


1 - Jenjang PAUD

Dibuka untuk siswa yang membutuhkan materi pembelajran yang terarah dengan Kurikulum Standard Nasional (Kurikulum 2013 PAUD). PAUD ini dikhususkan untuk usia 4 sampai 6 tahun.


Melalui belajar online yang menyenangkan dan mudah dipahami, membuat anak lebih mandiri dan siap untuk memasuki jenjang selanjutnya. PAUD Alta School menawarkan berbagai aktivitas yang membangun aspek sosial, emosional, kognitif, dan fisik anak agar dapat mewujudkan profil Altarian seutuhnya.


Anak-anak akan diajak untuk berinteraksi secara sehat, menumbuhkan kemampuan komunikasinya sesuai dengan perkembangannya. Dalam kelas PAUD ini juga dibagi lagi menjadi 2 kelompok usia, yaitu kelas Alpha (4 - 5 tahun) dan Beta (5 - 6 tahun).


Dalam kelas Alpha, anak-anak lebih didorong untuk mengenali dirinya sendiri serta lingkungan sekitar melalui aktivitas motorik, alunan musik serta permainan yang menarik. Jika di kelas Beta, anak-anak sudah diberikan kepercayaan agar mau mulai berani bertindak mandiri, berkomunikasi serta mengenali konsep huruf dan angka untuk kehidupan sehari-hari.


Fasilitas yang akan diperoleh, antara lain:

  • Live teaching : Durasi 45 Menit hingga 3x per minggu
  • Homebase Project : dengan memanfaatkan alat/apa saja yang bisa didapat dirumah untuk media pembelajaran
  • Offline Activity with Parent melibatkan orangtua/pengasuh dalam kegiatan belajar siswanya
  • Tutoring Class : siswa memiliki tutor untuk membantu lebih dalam menjawab kesulitan dalam belajarnya
  • Kelas Add On: berisikan kelas tambahan untuk lebih mengasah kemampuan siswa dengan metode pembelajaran melalui video, lagu, film animasi, lembar kerja siswa dan assignment(karya)
  • Life Skill Education
  • Learning Kit : orangtua/pengasuh peserta didik akan dikirimkan Learning Kit untuk menunjang pembelajaran
  • Konseling
  • Modul : akan disiapkan modul pembelajaran untuk menentukan dan menetapkan waktu belajar yang tepat sesuai degan tahapan perkembangan siswa
  • Kartu Pelajar : mendapatkan kartu pelajar untuk identitas siswa
  • Laporan Pembelajaran : merupakan rapot progress nilai atau keterangan kegiatan belajar siswa
  • Field Trip & Outbound : kegiatan di lapangan bersifat opsional melihat kondisi pandemi saat ini


2 - Jenjang Sekolah Dasar Kelas 1 - 3

Pada jenjang ini, siswa belajar secara online untuk memahami konsep-konsep dengan cara yang menyenangkan. Pengajaran juga berfokus pada kemampuan siswa dan pengembangan karakter. Tujuannya agar siswa terus aktif dan kreatif. Cocok untuk siswa yang ingin menambah kemampuan akademis dan soft skills yang dibutuhkan untuk kehidupan sehari-hari siswa.


SD Alta School bertujuan untuk menyiapkan generasi pemimpin masa depan yang menguasai literasi serta memiliki kompetensi dan karakter yang kuat. Sistem yang digunakan terintegrasi dalam kurikulum nasional yang berfokus pada lima aspek, antara lain:


- Literasi Baca-Tulis

Menulis dan mengolah bacaan menjadi sebuah bentuk yang memiliki makna dan informasi


- Olahraga

Melakukan aktivitas fisik yan menyenangkan dan menyehatkan sekaligus melatih kemampuan motorik anak.


- Literasi Numerasi

Mengolah angka dan simbol menjadi informasi yang bisa diaplikasikan ke dalam permasalahan sehari-hari.


- Seni

Memberikan apresiasi terhadap hasil karya serta gagasan dalam konteks seni budaya Indonesia dan global.


- Kemanusiaan

Mengelola diri secara utuh dari segi kognitif, perilaku, emosi, keterampilan, dan sosial.


Fasilitas yang akan diperoleh, antara lain:

  • Live teaching : durasi 60 menit hingga 5x per minggu
  • Home based Project
  • Offline Activity with Parent
  • Tutoring Class (sd only)
  • Kelas Add On
  • Life Skill Education : soft skills yang penting bagi siswa SD untuk kemampuan beradaptasi dan menyesuaikan diri dengan lingkungan di abad 21, seperti kemampuan komunikasi, berpikir kritis
  • Learning Kit
  • Pendidikan karakter
  • Konseling
  • Modul
  • Kartu Pelajar
  • Laporan Pembelajaran
  • Field Trip & Outbound (optional karena pandemi jadi tidak bisa dilaksanakan)

biaya-pendidikan-sekolah-online


Memberikan pendidikan terbaik untuk anak sejak dini sudah pasti jadi tujuan setiap orang tua. Meski kini banyak pilihan pendidikan yang mudah dijangkau, namun sebagai orang tua juga perlu memilih secara bijak. Tentunya agar menjadi basic pendidikan yang terbaik.


Apalagi semakin majunya teknologi, juga menuntut kita untuk terus maju mempelajari kecanggihannya dan memanfaatkan kecanggihan tersebut dengan baik.


Metode belajar blended learning ini patut menjadi awal pendidikan yang baik untuk anak-anak. Prosesnya yang membuat anak lebih mandiri dan bertanggung jawab, dapat menjadi pijakan pertama untuk jenjang selanjutnya.


Sekolah Online Alta School ini menjadi alternatif pendidikan terbaik untuk anak sejak dini. Mengenalkan proses belajar dengan memanfaatkan teknologi yang terus berkembang.


Sudah siapkan pendidikan untuk anak yang seperti apa Buk? Pastinya yang terbaik untuk anak-anak ya :).

36 komentar:

  1. Fasilitas yang diberikan Alta online school banyak juga ya dan semua memang diperlukan untuk masa depan si anak.
    Jaman sekarang mau tidak mau harus bisa menerima metode Blended Learning ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. betut teh, sudah harus bisa beradaptasi sama kemajuan teknologi ya :)

      Hapus
  2. Pandemi ini menuntut banyak sektor untuk berubah, khususnya adalah pendidikan. Maka rasanya sangat tepat apabila Alta Online School menerapkan blended learning untuk mencapai target pembelajaran secara optimal.

    BalasHapus
  3. Semakin hari semakin banyak orang tua yang mengeluh soal sekolah daring yang sangat memberatkan katanya ya, Atta School keren siy bisa menjawab tantangan itu ya mbak

    BalasHapus
  4. Kalau menurutku sih, nggak efektif kalau belajar tatap muka sekaligus belajar online. Tetap harus pilih salah satu. Kalau keduanya jalan, yang kasihan malah gurunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pun harus menyesuaikan dengan kondisi. Di kampung saya, Cianjur Selatan ini, internet belum masuk ke sekolah. Masih pakai kuota ya sinyal juga timbul tenggelam. Belajar daring yang ada malah bikin nafsu, hehehe....kalau di kota dengan fasilitas lengkap sih gak masalah ya

      Hapus
    2. mungkin lebih seperti belajar online untuk penyampaian materi, dan tatap muka hanya untuk diskusi dari kesulitan siswanya :)

      Hapus
  5. rasanya blended learning emang cocok diterapkan di masa sekarang ini, bahkan malah lebih beragam ya metode pembelajarannya, anak pun bisa lebih puas menggali bakat dan kemampuannya. Jenjangnya pun dari PAUD, waah keren nih Alta School :)

    BalasHapus
  6. Anak bungsu saya juga saya ikutkan kelas blended learning ini mba...
    tingkat paud 4-5 tahun
    Saya lihat dia cukup menikmati.

    BalasHapus
  7. Sebelumnya baru dengar blended learning ini di pendidikan vokasi. Ternyata di alta school sudah menggunakan blended learning juga ya

    BalasHapus
  8. bener banget nih di zaman covid gini emg orang tua harus nyari kegiatan buat bikin anak beraktivitas, kadang kalau di konvensional tuh emang jatuhnya gitu, cuma ngerjain soal, dikumpulin beres, padahal anaknya blm tentu dpt jawabannya dari mikir sendiri, kegiatan di PAUD dan SD emang harus diperbanyak, apalagi ada alta school yang nyediakan learning kit gitu, jd anak juga paham kalau materinya digunakan ke kehidupan sehari2 ya mbak

    BalasHapus
  9. Bagus sekali konsep blended learning oleh Alta School. Baru paham jika home schooling yang sudah punya metode dengan tool kit yang telah disiapkan dan tinggal dipelajari dan diguide oleh tutor.

    BalasHapus
  10. Metode Blended Learning ini sudah populer di negara lain. Setiap kurikulum memang perlu disesuaikan dengan metodenya agar tujuan belajar itu tercapai. Kadang kurikulum yang baik, tanpa metode belajar yang tepat, tidak bisa tersampaikan dengan baik kepada peserta didik.

    BalasHapus
  11. Oh gituu, blended learning ini ada yang nyebut juga hybrid ya. Setuju sih bahwa setiap pelajaran harus menyesuaikan metodenya supaya bener-bener nerap teori dan praktiknya

    BalasHapus
  12. Benar banget nih ya kak, bahwa memberikan pendidikan terbaik untuk anak sejak dini pasti jadi tujuan setiap orang tua. Blended learning ini menarik juga ya diterapkan di sekolah-seklah pada era digital seperti ini.

    BalasHapus
  13. Wah Alta School bisa banget nih jadi pilihan bagi para orangtua yang memiliki anak usia PAUD sampai SD di masa pandemi begini yang butuh tempat pembelajaran yang sesuai kebutuhan dan bisa dilakukan dari rumah.

    BalasHapus
  14. Senangnya kini banyak pilihan bagi orangtua untuk mendukung pendidikan putra-putrinya. Menarik konsep blende learning di Alta School ini. Bisa menjadi alternatif pendidikan terbaik untuk anak sejak dini juga mengenalkan proses belajar dengan memanfaatkan teknologi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekolah online Alta school ini sebagai jawaban atas keresahan orangtua saat sekarang ini selain lebih aman belajar di rumah, belajar di sekolah online Alta school juga membuat anak-anak lebih bertanggungjawab dengan tugasnya sendiri.

      Hapus
  15. Kak Atiq aku tertarik bangett ini hehe mau masukin isya ke PAUD juga soalnya. Kepo soal biaya nihh, aku sampe ngezoom2 itu gambarnya loh wkwkwkw

    BalasHapus
  16. Keren ya ada blend learning di Alta School jadi bahan informasi buat masukin anak kakak ke sini

    BalasHapus
  17. Wah terima kasih informasinya Kak terkait Alta School. Di masa pandemi gini memang lembaga pendidikan harus bisa beradaptasi dan berinovasi. Hmm, aku baca di Alta School lengkap juga ya kurikulum yang ditawarkan dan sepertinya sangat menyenangkan kalau sekolah di situ

    BalasHapus
  18. Kemarin ini saya sempat direkomendasikan beberapa sekolah yang menerapkan blended learning ini, di antaranya Sekolah Murid Merdeka dan Alta School. Eh, ternyata direview salah satunya sama Mba Atiq.

    Makasih mba, jadi makin lengkap informasinya buat saya. Soalnya lagi nyari-nyari sekolah yang asik juga nih buat si kakak.

    BalasHapus
  19. Rekomen banget nih Alta School, dengan metode blended learning memberikan kemudahan pembelajaran, karena menggabungkan berbagai cara penyampaian, model pengajaran, dan gaya pembelajaran.

    BalasHapus
  20. Sepertinya sekolah ini bisa jadi solusi pembelajaran di zaman serba online ini ya... keren nih konsepnya.

    BalasHapus
  21. wah menarik senmi homeschooling ya mengingat anak dan ortu perannya besar. aku tertarik nih, bisa dijangkau darimanapun ya bak. mengingat sistemnya online. aku sedang mencari buat anankku yang mulaisekolah nih

    BalasHapus
  22. Alta school yang sudah ada iklannya di tv itu ya, diliat dri review emang udah siap banget untuk go online sepenuhnya...

    BalasHapus
  23. metode blended learning ini bisa jadi solusi saat pandemi ini ya, tapi sejujurnya masih khawatir untuk tatap muka, apalagi karena muncul varian delta, semoga kita bisa segera melewati pandemi ini biar anak-anak bisa sekolah normal

    BalasHapus
  24. Benar banget sekarang gara-gara pandemi, jadi anak-anak juga cara belajarnya mengalami perubahan. Kalau dilihat sih sepertinya memang metode blended learning ini bisa jadi solusi.

    BalasHapus
  25. Sekolah online ini dengan kurikulum yang membantu peserta didik lebih mudah menyerap pelajarannya, apalagi tekniknya juga menarik

    BalasHapus
  26. Blended learning ini oke banget kalau fasilitas internet memadai dan ortunya juga bisa jadi partner yang baik. Kalau ortunya tipe yang maunya pasrah bongkokan ke sekolah, nggak cocok sih, hehe.

    Tapi seru nih apa yang ditawarkan ALTA School. Bisa jadi alternatif pilihan.

    BalasHapus
  27. Woh, saya baru tau ada sekolah online berijazah resmi kayak Alta School gini.
    Jd semacam home schooling gitu yak

    BalasHapus
  28. Metode blendend learnig ini memang pilihan bijak ya Mbak ketimbang 100% daring, anak2 gak dapat suasana sekolahnya ya, di rumah terus. Kebetulan anak saya sudah masuk usia PAUD nih, bs jg ya kepoin Alta School ya

    BalasHapus
  29. Sekarang ini memang mau gamau harus mulai terbiasa dengan online juga ya mba. Dan adanya Blendend Learing ini bisa jadi solusi yang tepat juga buat anak.

    BalasHapus
  30. Menarik nih kurikulum dan sistemnya, walau online tpi lengkap bgt...kudu nabung byk ya buat skolah anak

    BalasHapus
  31. Fasilitasnya lengkap juga ya. Jadi walaupun online tapi tetap bisa memberikan ilmu yang sesuai kebutuhan anak.

    BalasHapus
  32. Blended learning metode paling tepat di zaman sekarang ya. Alta School ini lengkap sekali fasilitas dan pembelajarannya :)

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.