English Academy, Langkah Awal Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

 Langkah Awal Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak- Dulu, saat awal mengenal bahasa inggris, saya langsung suka. Pertama belajar bahasa inggris yang menyenangkan adalah di bangku sekolah dasar. Selalu antusias mengikuti pelajarannya.


Sampai akhirnya di bangku menengah atas, saya mendapatkan guru/ pengajar bahasa inggris yang kurang menyenangkan. Semenjak saat itulah, jujur saja mulai malas belajar bahasa inggris, karena sulit dipahami dengan penyampaian dari guru tersebut.


langkah-belajar-bahasa-inggris-bareng-english-academy


Sayangnya, ketidaktertarikan itu menjadi berlanjut, huhu.. Meski mencoba belajar sendiri, les sana-sini, tetap saja tidak semakin jago bahasa inggris. Hingga akhirnya menyesal tidak kembali serius untuk menekuni bahasa inggris. Tersadar akan hal itu, saya tidak mau nantinya terjadi juga pada anak-anak.


Rasa ketertarikan terhadap sesuatu, khususnya bahasa inggris menjadi hilang karena proses belajar yang kurang menyenangkan.


Apalagi kini, mempunyai kemampuan bahasa inggris yang mahir dapat menjadi bekal kemudahan dalam dunia pendidikan dan pekerjaan. Semakin berkembangnya kebutuhan tersebut, bahkan sudah mulai dari dini anak-anak dijejali dengan bahasa inggris.


Lalu, apa saja manfaat yang bisa didapatkan dari belajar bahasa inggris sejak dini?


Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Belajar bahasa inggris untuk anak ternyata bukan hanya untuk mengasah kemampuan berbicara dengan dua bahasa saja lho, seperti yang dilansir dari mommiesdaily. Namun, belajar bahasa lebih dari satu bahasa sejak dini akan membantu otak terus tertantang serta dapat mengembangkan kemampuan kognitis, sosial emosional, dan banyak lagi.


Mengapa harus sejak dini? Tentu saja anak-anak lebih mudah dan cepat menyerap segala hal yang ada di lingkungannya, selain karena daya ingatnya juga masih baik. Dibandingkan dengan kita para emak, yang naruh kunci pintu aja masih sering kelupaan, hehe..


Jadi, kesempatan emas untuk mengenalkan banyak hal pada anak sejak dini, termasuk bahasa inggris.


Lalu, mengapa harus bahasa inggris yang menjadi pilihan bahasa kedua? Jelas saja, karena bahasa inggris adalah bahasa internasional yang digunakan lebih dari 400juta orang di seluruh dunia. Kok bisa? Ya karena merupakan bahasa resmi PBB dan digunakan juga oleh 54 negara. Jadi, sudah pasti akan memudahkan hidup kita kalau bisa menguasai bahasa inggris dengan baik, setuju dooong? Hehe..


Selain itu, sepertinya hampir semua bidang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya, termasuk dalam bidang teknologi. Jadi semakin berkembangnya teknologi, manusia juga harus terus berkembang, salah satunya dengan mempelajari bahasa pengantarnya agar memudahkan untuk memanfaatkan teknologi dengan baik.


Jadi, rasanya tidak mungkin kalau tidak mengajarkan anak-anak jaman now bahasa inggris sedini mungkin. Tapi, pernah dalam kesempatan seminar anak, 2 atau 3 tahun lalu sebelum pandemi, seorang dokter anak menyampaikan jika anak ingin menguasai bahasa asing dengan baik, dia harus mengusai 'bahasa ibu' dengan baik lebih dulu. Jadi, tetap tidak melupakan 'bahasa ibu' yang baik dan benar.


Manfaat Belajar Bahasa Inggris Pada Anak

Memikirkan persaingan di masa depan, baik di dunia pendidikan dan juga pekerjaan, rasanya akan semakin 'sengit' hehe.. Oleh karenanya, ketrampilan menggunakan bahasa ini perlu diasah dengan baik untuk mempermudah proses belajarnya, bahkan saat dia terjun ke dunia kerja. Ini bisa menjadi salah satu bentuk investasi bagi anak.


manfaat-belajar-bahasa-inggris-untuk-anak


Nah, banyak juga rupanya manfaat yang bisa diperoleh jika anak sudah diperkenalkan dengan bahasa inggris sejak dini. Dilansir dari blog English Academy, berikut saya ambil 3 manfaat yang paling terlihat jika anak-anak, jika mulai diperkenalkan bahasa inggris.


1. Memperluas Pengetahuan pada Banyak Bidang

Mengingat bahasa merupakan sarana berkomunikasi dengan orang lain. Bahasa juga yang bisa membuat kita mengenal banyak hal. Jadi, belajar bahasa menjadi hal yang penting, untuk memperluas pengetahuan kita pada banyak bidang.


Apalagi kalau kita menguasai banyak bahasa, baik bahasa lokal negara, maupun bahasa negara-negara di dunia. Sudah pasti akan semakin mengenal banyak hal.


2. Mempermudah Mencapai Impian

Jaman sekarang, teknologi berkembang sangat cepat dan pesat. Jaringan internet sudah mudah diakses darimana saja untuk belajar apa saja. Nah, semua kecanggihan tersebut tentu akan lebih mudah dimengerti jika kita mampu menguasai bahasa pengantarnya, yang sebagian besar adalah bahasa inggris.


Anak-anak, masih sangat mudah meniru dan juga mempelajari aksen. Hal ini yang bisa kita manfaatkan untuk memberikan dia ha-hal yang bermanfaat, salah satunya dengan mengajari bahasa inggris. Apalagi di usia emas tersebut, perkembangan otak anak sedang pesat-pesatnya, sehingga akan lebih mudah dan cepat menyerap apa saja.


Harapannya, tentu saja dengan menguasai bahasa inggris lebih dini akan memudahkan mereka untuk memanfaatkan teknologi dengan baik. Karena sudah tidak dipungkiri lagi, generasi mereka memang tumbuh dengan kecanggihan teknologi. Jika diarahkan dengan baik, bukan tidak mungkin mereka akan lebih mudah untuk mencapai impian mereka.


3. Menumbuhkan Percaya Diri

Berkomunikasi dengan banyak orang tentu akan lebih mudah jika kita memahami apa yang disampaikan. Ini tentu akan membuat kita lebih percaya diri bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah dan negara. Nah, untuk memahaminya, tentu kita juga harus mengerti bahasa yang mereka gunakan.


Dengan menguasai bahasa inggris, membuat anak semakin mudah untuk berkomunikasi dengan berbagai orang dari berbagai tempat. Mereka akan lebih percaya diri karena memahami apa yang mereka bicarakan. Anak-anak akan lebih berkembang dan lebih mudah untuk berteman dengan siapa saja. 


Apalagi kini, hampir semua sekolah dari tingkat dasar, sudah menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar belajarnya. Jadi, jangan sia-siakan kesempatan anak untuk mendapatkan hal yang luar biasa.


English Academy, Pilihan Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Kita sebagai orang tua tentu ingin memberikan yang terbaik untuk anak, termasuk menumbuhkan anak yang lebih baik dari kita. Nah, dari 3 manfaat belajar bahasa inggris sejak dini di atas, bisa menjadi pertimbangan bagi kita para orangtua untuk memberikan kemampuan bahasa inggris pada anak sejak dini.


Lalu, mulai dari mana untuk mengenalkan bahasa inggris pada anak? Seperti banyak materi yang saya dapatkan jika mencari di internet, "bagaimana mengajarkan anak bahasa inggris?", jawaban secara garis besar adalah, banyak berlatih.


Berlatih mengaplikasikan bahasa inggris, seperti cara mengucapkan suatu kata atau kalimat dan kapan kalimat itu harus digunakan setidaknya akan lebih membantu anak dalam memahami fungsi bahasa secara lebih mendalam.


Penggunaan metode yang bagus dan menyenangkan dalam mengajarkan bahasa Inggris akan membuat anak senang selama pembelajaran berlangsung. Metode seperti bernyanyi bersama, mendengarkan lagu, dan membaca cerita bergambar berbahasa Inggris sangat disarankan digunakan. Namun tetap berinovasi dengan metode-metode baru untuk pembelajaran baru bahasa Inggris.


belajar-bahasa-inggris-anak


Namun, jika para orang tua tidak juga menguasai bahasa inggris, bagaimana? Nah, sekarang, sudah banyak tempat bimbingan belajar bahasa inggris untuk anak yang bisa dimulai sejak dini. Salah satunya adalah English Academy.


English Academy menyajikan metode belajar yang mengoptimalkan teknologi. Dengan live teaching oleh pengajar internasional, pelajar diberikan kemudahan dalam mengakses dan menyerap pembelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan belajar.


Mengapa Belajar di English Academy?

Menjadi tempat belajar bahasa inggris secara online yang interaktif, membuat English Academy dapat menjadi pilihan belajar anak yang menarik. Anak akan lebih terampil berbahasa inggris dengan cepat dan mudah. Pembelajarannya berstandar internasional yang didukung kurikulum Cambridge.


English Academy akan menuntun anak-anak dalam menguasai beragam aspek keterampilan bahasa inggris untuk bersaing secara global. Dengan kurikulum dan Pengajar internasional, dapat menjadi jawaban mengapa perlu belajar bahasa inggris di English Academy.


Mereka akan mendapatkan keterampilan yang essential untuk bekal masa depannya. Seperti:


Kemampuan Listening, anak-anak akan lebih mahir dalam menyerap informasi lisan, dalam konteks keseharian hingga pendidikan.


Kemampuan Speaking, anak-anak akan lebih cakap dan percaya diri berbahasa Inggris, baik secara formal atau informal.


Kemampuan Reading, anak-anak dapat membaca dengan lebih efektif; baik bacaan keseharian hingga artikel akademis.


Kemampuan Writing, anak-anak akan mampu menyalurkan gagasan dalam media tulisan; penulisan kreatif hingga esai.


Mulai Usia Berapa Bisa Belajar di English Academy?

Ada 4 program untuk belajar bahasa inggris yang disesuaikan dengan usia anak. Mulai dari usia 7 tahun hingga kelompok anak dewasa diatas 18 tahun. Nah, pada kesempatan ini, saya hanya akan membahas 2 program kelas untuk anak yang masih usia pemula, yakni untuk kelas Runner dan Sprinter.


Program Runner

Program Runner, merupakan pilihan kursus bahasa inggris untuk anak usia 7 sampai 10 tahun. Program Runner merupakan kegiatan belajar Bahasa Inggris anak yang dirancang dengan tujuan memberikan pengalaman belajar yang bermakna.


program-anak-SD-english-academy


Melalui program ini, anak akan diajak mengenal dan memahami penggunaan bahasa Inggris yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan metode & materi belajar yang menyenangkan serta mudah dipahami, program kursus bahasa Inggris ini cocok bagi pelajar SD dengan rentang usia 7-10 tahun.


Apa Saja Keunggulannya?

Banyak manfaat lebih nyata yang akan diperoleh oleh anak-anak dalam belajar bahasa inggris dengan metode dari English Academy. Seperti, anak akan mendapatkan hasil belajar yang maksimal. Anak akan memiliki perbendaharaan kosa kata yang luas, memahami kaidah penggunaan tata Bahasa Inggris tingkat dasar dengan baik, sehingga dapat diaplikasikan di kehidupan sehari-hari.


Selain itu, akan mendapatkan metode pembelajaran yang komunikatif. Pembelajaran dikemas dan disajikan secara komunikatif sehingga dapat meningkatkan efektivitas dalam belajar. Beragam aktivitas belajar di program ini bertujuan untuk mendorong kolaborasi antarsiswa, hingga pelatihan kompetensi bahasa dan keterampilan abad-21.


Nah, yang lain daripada yang lain nih, metode belajarnya interaktif yang berbasis teknologi. English Academy menghadirkan metode belajar dengan pengoptimalan teknologi. Live teaching bersama pengajar internasional akan memudahkan anak menyerap materi yang diajarkan.


Dengan dukungan pengajar dan kurikulum berstandar internasional, kelas bahasa Inggris pada program Runner tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dan tepat sasaran.


Seperti Apa Kegiatan Belajarnya?

Kegiatan belajar pada Program Runner adalah dengan mengenalkan anak dengan berbagai kosakata baru melalui peragaan benda-benda nyata serta media audio dan visual sehingga materi belajar dapat dipahami dengan lebih mudah.


Selain itu, les bahasa inggris yang bisa digunakan untuk jenjang SD ini, anak juga akan diajak berkomunikasi dari materi yang sudah dipelajari bersama dengan pengajar dan pelajar lain dalam sesi tersebut.


Pada program ini juga akan disediakan e-book dari Cambridge dengan menyesuiakan kebutuhan sesuai umur dan kemampuan belajar bahasa inggris anak. Isi dari buku tersebut adalah berbagai aktivitas belajar yang tujuannya untuk memperdalam kemampuan kognitif dan sosial anak, persiapan ujian internasional, dan pengembangan keterampilan.


Program Sprinter

Program Sprinter merupakan kursus bahasa Inggris untuk anak usia 11 sampai dengan 14 tahun. Sprinter merupakan program kursus Bahasa Inggris yang dirancang untuk anak dengan memberikan pengalaman belajar yang positif serta bermakna yang dilakukan dengan lebih santai namun suportif.


program-untuk-SMP-english-academy


Melalui paket ini, anak akan diajarkan materi belajar bahasa inggris secara seru dan menyenangkan. Kelas kursus Bahasa Inggris ini cocok untuk peserta didik pada jenjang SMP dengan rentang usia 11 - 14 tahun.


Apa Saja Keunggulannya?

English Academy untuk kelas Sprinter ini merupakan kursus belajar bahasa inggris online terbaik dengan materi terlengkap di Indonesia. Program ini ditujukan untuk generasi remaja saat ini, dengan kebutuhan, minat, dan aspirasi mereka sendiri.


Kaum muda saat ini hidup di dunia yang membutuhkan persiapan dan kecakapan yang baru agar di masa depan mereka dapat mengambil kontribusi pada dunia. Metode belajar yang sangat interaktif dengan berbasis teknologi, seperti Live Teaching dan rekaman video pembelajaran yang dapat di akses oleh peserta didik kapanpun dan dimanapun.


Keunggulan Program Sprinter oleh English Academy, seperti hasil belajar anak akan lebih maksimal. Anak akan memiliki perbendaharaan kata yang luas, memahami kaidah penggunaan tata bahasa dengan baik, serta dapat mengaplikasikan keduanya saat berkomunikasi secara lisan maupun tulisan.


Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan lebih komunikatif. Pembelajaran pada Program Sprinter dikemas dan disajikan secara komunikatif. Untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, anak-anak akan diajak berpartisipasi dalam permainan dan kegiatan yang bersifat kelompok guna melatih kekompakan.


Didukung oleh Master Teacher berpengalaman dan kurikulum berstandar internasional, pembelajaran pada Program Sprinter tidak hanya menyenangkan, tetapi juga efektif dan tepat sasaran. Lebih dari itu, pada program ini anak juga akan belajar tentang kecakapan hidup untuk mengembangkan keterampilan non-bahasa dalam upaya membantu siswa pada semua aspek kehidupan.


Menariknya dari metode belajar ini menggunakan metode belajar interaktif berbasis teknologi. English Academy menyajikan metode belajar yang mengoptimalkan teknologi. Dengan live teaching oleh pengajar internasional, peserta didik akan diberikan kemudahan dalam mengakses dan menyerap pembelajaran, sehingga dapat mencapai tujuan belajar.


Seperti Apa Kegiatan Belajarnya?

Kegiatan belajar bahasa Inggris pada Program Sprinter. Anak-anak akan dikenalkan dengan berbagai topik yang menarik, menggugah pikiran, menantang dan menginspirasi pelajar remaja. Kemudian tersedia pula pelajaran tentang kebudayaan yang mendorong siswa untuk berpikir dan berbicara tentang kehidupan di negara lain dan bagaimana membandingkannya dengan mereka sendiri.


Menariknya lagi, ada aktivitas melalui e-Book yang menemani anak belajar dan beragam aktivitas lainnya melalui pengajaran Master Teacher yang interaktif.


Tertarik? Yuk daftar sekarang, sedang ada promo diskon hingga 20% lho! Untuk informasi lebih lanjut, bisa langsung ke website English Academy. Masih mau tambahan potongan harga lagi? Hihi.. nih buat ibu-ibu apa sih yang enggak, pakai kode voucher dari aku untuk kamu ya "CATATANBELAJAR".

22 komentar:

  1. Wah, asyik ya bisa belajar bahasa inggris dengan menyenangkan.

    BalasHapus
  2. Pasti anak-anak sangat menyukai belajar bahasa Inggris sejak dini, sebab dapat memupuk rasa percaya diri juga karena saya dulu saat kecil merasa keren karena sudah bisa berbahasa Inggris

    BalasHapus
  3. Tertarik banget buat nyoba nanti kalau anak-anak udah usia 7 tahun. Memang perlu ya sekarang tuh bahasa penting.

    BalasHapus
  4. Seru juga nie belajar bahasa english di English Academy, ada live teaching juga.. Boleh banget ini dicoba.

    BalasHapus
  5. Wuih bokeh nih kebetulan anak saya suka Inggris. Coba ah

    BalasHapus
  6. Wah, betul banget mbak ketidak tertarikan dalam belajar gak hanya bahasa inggris mbak sih mbak adalah cara mengajar yg kurang menyennangkan.

    Nah, ulasan mbak lengkap nih.
    English academy ini menarik untuk dicoba sayang anakku masih usia 4 tahun hehehe.

    Gak masuk runner maupun spinter tapi membaca manfaat mengenalkan bhasa inggris sejak dini yang mbak tulis. Aku mulai berminat untuk mengajari dia bhasa inggris.

    Englisb academy ini produk yg bisa menyelesaikan masalah "bosan" dari metode yg kurang menyennagkan ya. Liat interaktifnya , dibimbing master, bakal seru nih belajarnya

    BalasHapus
  7. Keren banget emang ini English Academy ya Kak.
    Bikin hepi, anak-anak jadi dipersiapkan diri dalam belajar lebih dini

    BalasHapus
  8. Dari dulu aku selalu bertekad, kalau punya anak nanti anakku harus belajar Bahasa Inggris sejak dini. Bukan buat gaya-gayaan, namun demi menambah wawasan dan mempermudah jalannya untuk menggapai cita-cita. English Academy by RuangGuru ini mengajak anak-anak untuk belajar bahasa Inggris secara interaktif, pasti menarik untuk mereka.

    BalasHapus
  9. Kebetulan anakku ikutan English Academy masuk di Sprinter. Dan emang kegiatan di kelas itu menarik banget sih. Anakku baru satu bulan tapi sudah improve banyak untuk englishnya.

    BalasHapus
  10. Belajar bahasa inggris tuh banyak banget manfaatnya ya. Apalagi kalau belajarnya dari kecil. Memang jadi lebih mudah.

    BalasHapus
  11. Sekarang mau belajar bahasa Inggris aja gampang banget yaks. Nggak perlu datang ke lokasi, bisa lewat online.

    BalasHapus
  12. Saya agak kesal dulu nih, ketika si kakak masih kecil merengek minta ikutan kursus, saya pilihin bahasa Inggris dong, dia ikut bertahun-tahun dan ga mau ditekuninya, ga mau diajak ngobrol pake bahasa Inggris, sekarang dia baru sadar kalau bahasa Inggris itu penting, dan pengen belajar lagi, boleh juga nih dicoba ya :)

    BalasHapus
  13. Setuju bgt kadang metode belajar yang kurang menyenangkan malah bikin kita atau si anak males belajar dan akhirnya gak tertarik lagi. Emang perlu memilih metode dan wadah yang tepat

    BalasHapus
  14. Persis mba,dulu aku diajar nya kurang nyaman baik metode n penyampainnya jd skrg english ku jg acak adut hehe, btw nice info nih bisa buat nnt anakku coba ikutan klo ud usia 7th biar mahir bhsa inggris nya

    BalasHapus
  15. Bahasa Inggris ini sangat penting menurutku ya, apalagi sekarang ini anak-anak juga sudah banyak belajar dengan menggunakan bahasa Inggris jadi harus menambahkan jam belajar Inggris di luar sekolahnya.

    BalasHapus
  16. Belajar bahasa inggris tuh banyak banget manfaatnya ya, apalagi kalo wadahnya tepat begini

    BalasHapus
  17. Dulu aku udah suka sama bahasa Inggris tapi karena faktor ekonomi jadi belajar sendiri, nanti kalau punya anak aku mau ajarin anak bahasa Inggris sejak dini di English academy juga deh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Anna idem aku pengen anaku pinter english juga. Semoga kita jadi orangtua2 yang mampu mewadahi anak-anak dalam belajar aamiin

      Hapus
  18. saya dulu belajar bahasa Inggris pertama kali saat duduk di bangku kelas 1 SMP dan langsung suka juga tapi sayang nilai rapornya malah merah, eitsss tapi karena inilah saya jadi lebih gigih lagi untuk ingin tahu pelajaran ini dan jadi makin suka.
    beda dengan anak jaman now, dari kecil udah terbiasa dengar bahasa Inggris dan mereka jadi otodidak belajarnya.
    jadi pengen nih kasih kursus belajar Bahasa Inggris untuk si Kakak, cocok untuk usianya ambil kelas Runner nih :)

    BalasHapus
  19. Pas bgt ya belajar english pake english academy, pas ada promo pula..
    Makasih bagi2 vouchernya mba..

    BalasHapus
  20. Bener bgt nih. Belajar bhs inggris udah jadi kebutuhan pokok para pelajar skrg. Programnya Ruang Guru mah udah pasti bagus deh.

    BalasHapus
  21. Efektif banget ya daftarin anak atau adek di bimbel online gini. Walau rencananya tatap muka akan dimulai, tapi gapapa deh. Di les-in dulu untuk kejar pelajaran selama PJJ

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.