Panik Menghadapi Tes SKD CPNS? Lakukan Persiapan Ini!

Ada yang sedang berjuang mempersiapkan tes CPNS? Sini mari merapat, kita berjuang bersama, hehe.. Pendaftaran CPNS untuk tahun ini sudah ditutup dan selamat bagi yang sudah lolos administrasi. Alhamdulillah, menjadi salah satu peserta yang sudah lolos. Kini, tinggal mempersiapkan tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Lalu, bagaimana saya mempersiapkannya?


Semoga hal-hal persiapan berikut yang saya lakukan, bisa juga menjadi bagian dari ikhtiar ya. Meski sebetulnya ini bukan yang pertama ikut tes CPNS, namun setiap ikut serta, persiapan selalu merasa belum maksimal. Lho kok bisa? Iya, karena persiapan mempelajari soal-soal tes hanya semalam sebelum tes, haha.. Tapi, beruntungnya selalu lolos passing grad, hanya belum lolos ranking yang dibutuhkan saja, hihi..


persiapan-tes-cpns


Jadi, di tahun ini, sebelum menjadi kesempatan terakhir, karena tidak tahu di tahun depan masih bisa mencoba lagi atau tidak. Mari kita persiapkan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin. Apa yang aku lakukan? Tentu saja berlatih, berlatih, dan berlatih.


Meski di kesempatan kali ini, latihan soal juga baru saya mulai per hari ini, hehe.. yang dapat diperhitungkan, ya kurang dari sebulan sebelum dilakukan tes. Memang dasar aku, manusia yang selalu hanya berencana, tak pandai menjalankan rencana dengan sempurna, haha..


Channel Pilihan Untuk Berlatih Soal

Nah, biasanya, saya selalu belajar dan berlatih soal-soal dari buku latihan soal CPNS yang beli di Gramedia, yang bukunya setebal bantal, jadi memang lebih cocok dibuat tidur, eh.. hehe.. Kini saya mencoba belajar dengan gaya kekinian anak-anak jaman now, hehe.. Iya, lewat media digital.


Lalu, saya pun mencari tahu melalui berbagi situs di media online. Website, youtube, platform belajar, dll. Nah, kali ini saya akan merekomendasikan teman-teman belajar via online di youtube saja, yang gratis, hihi.. Beberapa channel youtube berikut dapat menjadi referensi belajar tes CPNS.


Channel Viracun

Wah keren deh mbak-nya ini! Maghfirah, wanita muda yang cantik dan cerdas ini berbaik hati untuk membahas banyak contoh soal-soal yang sering keluar di tes CPNS.


Mulai dari materi TIU, TWK, dan TKP semuanya dibahas dengan sampai tuntas dan jelas. Suka dengan gaya dan cara pembahasannya, yang tidak menggurui. Jadi, memang mudah dipahami.


Nah, mba Fira ini rupanya juga ikut serta mengajar dalam salah satu bimbel online khusus untuk mempersiapkan CPNS. Tidak hanya untuk SKD saja, rupanya SKB pun ada materinya. Sayangnya, ini berbayar ya, wkwkwk.. ya tidak apa kalau teman-teman memang ingin, worth it kok!


Channel Dosendeso

Selanjutnya yang biasa menjadi bahan belajar saya adalah channel milik Mas Fajar ini. Dosendeso juga aktif membahas soal-soal yang sering keluar di tes CPNS.


Pembahasannya pun sama lengkapnya dan juga jelas. Suka juga dengan gaya dan cara pembahasannya, mudah dimengerti.


Channel Fandi AP

Satu lagi nih yang saya suka juga, dari channelnya Pak Fandi.  Cara pembahasannya berasa kaya lagi diajar sama Pak guru, hihi..


Nah, sukanya yang di akun ini, kadang sering diberikan materi untuk bisa di-download. Gratis kalau ini, lumayan yaa.. Pak Fandi ini juga merupakan salah satu bagian dari pengajar di salah satu bimbingan online untuk CPNS juga.


channel-youtube-tes-cpns


Jadi, selama masih ada yang bisa diakses gratis, kalau saya masih pilih yang gratis, hehe.. Tapi kalau kalian kurang puas dan memang ingin maksimal, silahkan ikut bimbingan online khusus untuk tes CPNS.


Ternyata, sudah banyak juga yang bisa dilakukan secara online, jadi memudahkan untuk bisa belajar darimana saja. Silahkan persiapkan dengan sebaik dan semampunya ya!


Selain persiapan materi yang akan di tes-kan, kita juga perlu untuk mencari tahu, proses penilaiannya yang dibutuhkan untuk sampai ke tahap selanjutnya. Sebagai gambaran untuk mengikuti ujian, penting untuk mengetahui passing grade dari setiap jenis tes pada saat ujian nanti.


Passing Grade Tes CPNS 2021

Setelah melewati seleksi administrasi dan verifikasi berkas, tahapan selanjutnya yaitu Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). SKD pada tahun ini menggunakan CAT (​Computer Assisted Test) yang memiliki 110 soal.


Selain itu, SKD dibagi menjadi 45 soal TKP, 35 soal TIU, dan 30 soal TWK, dengan durasi waktu 100 (seratus) menit.


Sedangkan untuk passing grade CPNS tahun ini terjadi perubahan. Jika sebelumnya masih berdasarkan pada (PermenPANRB) Nomor 24 Tahun 2019, kini diganti dengan Keputusan Menteri PANRB No. 1023/2021.


Pada tahun ini nilai total passing grade pada tahapan SKD yaitu 311 dengan pembagian untuk masing-masing tesnya sebagai berikut. Untuk TWK nilai batas untuk dinyatakan lolos adalah 65, TIU di skor 80, dan TKP 166.


Nah, kalau sudah tau nih passing grade-nya, jadi kita bisa semakin tau bagaimana langkahnya untuk mempersiapkan mencapai skor lebih dari itu. Salah satunya ya berlatih soal dan terus berlatih.


Tips Menghadapi Tes CPNS Anti Panik

Jika sudah mempersipakan berlatih dari hari-hari sebelumnya, maka ketika di hari H kita bisa lebih tenang. 5 langkah ini bisa kita lakukan sebelum tes agar lebih tenang ya!


1. Awali dengan Doa

Setelah mempersiapkan diri dengan baik, akhirnya tibalah di hari H tes CPNS. Tetttereeett....


Jangan lupa minta doa restu ke orang tua sebelum berangkat ke lokasi ujian. Bahkan bisa dilakukan jauh-jauh hari nih, biar persiapannya selalu diberi kelancaran dan kemudahan.


Berdoa juga sebelum mulai mengerjakan soal, WAJIB!


2. Datang Tepat Waktu

Untuk menghindari terlambat, alangkah baiknya datang lebih awal, minimal 90 menit sebelum tes dilakukan. Nah, biar bangun lebih pagi untuk persiapan, jangan lupa pasang alarm, ya.


Tahun ini, tes CPNS dilakukan dengan menaati protokol kesehatan. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, setiap peserta diimbau untuk melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sebelum pelaksanaan tes. Jangan lupa jaga jarak dan menggunakan masker medis dengan double masker kain 3 lapis.


3. Pilih Prioritas Pengerjaan Soal

Tentukan materi soal mana yang ingin dikerjakan duluan. Ingat ya, dalam SKD, soal yang harus kita selesaikan itu 110 soal, dalam waktu 100 menit.


Jadi kira-kira satu soal harus selesai dalam waktu 54 detik. Nah, biar lebih efektif, kita bisa mulai dari materi yang paling dikuasai, dan jangan terlalu lama menghabiskan waktu di satu soal.


4. Jawab dengan Konsisten

Saat mengerjakan soal, tidak jarang pasti akan muncul keragu-raguan dengan jawaban kita, terus jadi galau deh. Nah ini kadang yang akhirnya membuang banyak waktu untuk memikirkan satu jawaban daei satu soal saja.


Jadi, jawab dengan konsisten dari setiap soal, kalau memang belum menemukan jawaban yang tepat, bisa ditinggalkan dulu untuk mencari jawaban soal yang lainnya.


5. Ketahui Passing Grade

Oke, jadi meski sudah belajar dan banyak latihan soal, ternyata dari pengalaman ikut tes sebelumnya, tetap saja ada soal-soal yang bikin kaget pas tes, hihi..


Tapi, jangan panik, anggap saja wajar kalau tidak bisa mengerjakan 1 atau 2 soal. Tidak perlu dipikirkan sampai keringat dingin ya! Walaupun kadang saya begitu, hehe..


Nah, ini fungsinya kita cari tahu passing grade dari masing-masing kategori soal. Jadi bisa memperkirakan minimal soal yang harus terjawab benar. Kalau lebih? Ya bagus, dong!


tips-tes-skd-cpns

Jadi, yuk sama-sama berjuang semaksimal mungkin. Latihan soal SKD CPNS memang jadi salah satu kunci untuk memperbesar peluang lolos CPNS. Tapi selain rajin berlatih, jangan lupa juga untuk rajin cek jadwal agar tidak terlewat info penting. Ada lagi tips dari kalian yang paling ampuh? Bagi di comment ya!

11 komentar:

  1. Ternyata sekarang ini ada sarana pembelajaran untuk tes CPNS di channel you tube ya..
    Enak jadi bisa belajar juga dari sana untuk membantu belajar meningkatkan kesiapan menghadapi tesnya.

    BalasHapus
  2. Ternyata banyak yang buat video soal cpns ya. Baru tau loh. Emang lebih masuk kalau belajar gaya anak zaman now ya. Btw semoga lolos tesnya Semangat

    BalasHapus
  3. semangat mba atiq, dulu aku ikutan tes cpns skd gak lolos karena kurang 4 poin aja, pertama kali ikutan karena ga terbiasa ngerjain soal kali ya, hihi, good luck yaa!

    BalasHapus
  4. Bagus nih tipsnya. Ijin share link buat sodara yg mau ikut cpns ya kak

    BalasHapus
  5. wah, kebayang deh dagdigdug ser nya ngadepin test. semoga next lulus ya mba

    BalasHapus
  6. Wah enak banget sekarang udah ada kisi-kisi ngerjain soal lewat youtube. Mba Atiq sukses yaah semoga semua urusan dimudahkan.

    BalasHapus
  7. Semogaaa lolos ya mba. adekku kemarin jg sampe ikutan kursus CPNS lhoo. Mudah2qn diberi yang terbaik lah yaa

    BalasHapus
  8. Aku lupa kapan terakhir ikut tes CPNS. Tapi paling berkesan tuh waktu tes di kementerian :)
    Btw, sukses dan semoga lolos ya mbak.

    BalasHapus
  9. Semoga yang terapkan tips ini sukses dan menjadi pegawai sipil yang bisa bermanfaat bagi negara

    BalasHapus
  10. Wah sekarang banyak bimbel online bertebaran ya semakin mudah belajar

    BalasHapus
  11. entah uda berapa kali ikutan SKD ga pernah lolos perankingan. Kalo passing grade si lolos terus tp saingannya banyak hehehe

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.