Review 5 Rekomendasi Kelas Terbaik Untuk Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Beruntungnya pernah menjadi salah satu peserta yang lolos mendapatkan pelatihan Prakerja. Kini, sudah program kartu Prakerja sudah berjalan sampai di gelombang 18, dengan antusias pendaftar yang masih ramai. Bahkan sudah akan dibuka kembali untuk gelombang 19 di bulan Agustus ini.


Mendapatkan kesempatan emas ini tentunya membuat saya tidak menyia-nyiakannya. Bahkan semakin semangat untuk menggali ilmu dan keterampilan.


Sekilas Tentang Kartu Prakerja

Kartu Prakerja merupakan sebuah program yang digalangkan dalam rangka memberikan pelatihan dan pembinaan warga negara Indonesia yang belum memiliki keterampilan.


Program kartu tersebut dipromosikan oleh Joko Widodo pada masa kampanye Pemilihan umum Presiden Indonesia 2019, bersama dengan KIP Kuliah dan Kartu sembako murah. Program ini sebagai jalan bagi para pendaftarnya untuk memasuki dunia kerja. Selain memberdayakan, kartu tersebut juga dinyatakan dapat menanggulangi kemiskinan. Kartu tersebut juga dinilai efektif untuk industri 4.0.


Setiap pemohon atau pendaftar yang telah lulus seleksi dan mendapatkan atau memegang Kartu Prakerja secara langsung dapat mengikuti berbagai kursus secara online untuk meningkatkan kompetensi dan kemampuan kerja mereka.


Tips Memilih Kelas Pelatihan Prakerja

Nah, para peserta pelatihan ini akan mendapatkan saldo dalam kartu senilai Rp 1 juta. Saldo ini tidak dapat di-uangkan dan harus digunakan untuk membeli kelas pelatihan.


tips-pilih-kelas-prakerja


Dengan kesempatan kursus online tersebut, saya pun mencari jenis pelatihan yang sesuai dengan apa yang saya butuhkan. Ternyata, banyak juga platform digital yang dapat dipilih untuk mengikuti Kartu Prakerja. Tentunya agar tepat sasaran, kalian juga bisa memilih kelas pelatihan Prakerja dengan tips yang saya lakukan berikut:


1. Riset Platform Belajar Digital

Membeli pelatihan di platform digital yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja juga perlu diperhatikan, agar sesuai dengan yang kita perlukan. Nah, bagaimana caranya? Kita bisa mengunjungi setiap situs platform belajar digital tersebut untuk mengenalinya terlebih dahulu.


Kita juga perlu melihat kualitas materi yang diberikan, lamanya pelatihan sampai dengan lamanya sertifikat diberikan. Karena hal ini akan mempengaruhi insentif yang selanjutnya akan diberikan.


2. Ikuti Pelatihan Sesuai Bidang

Nah, tips kedua ini penting juga, biar kalian lebih semangat ikut pelatihan. Tentunya harus disesuaikan dengan bidang yang kita sukai atau yang akan kita geluti nantinya untuk mendapatkan pekerjaan selanjutnya. 


Contohnya, kalau saya ingin menggeluti dunia menulis di platform digital, maka saya akan mencari beberapa pelatihan seputar website, agar lebih meningkatkan skill kita nantinya.


Memilih pelatihan sesuai bidang yang sudah dikuasai atau yang diinginkan ini harapannya agar kita dapat fokus dengan bidang yang sudah dikuasai saja. Jadi hanya meningkatkan kemampuan yang sudah dimiliki.


3. Lihat Review dan Rating

Tips ini juga bisa membantu kita untuk memilih pelatihan yang pas. Jadi, pastikan pelatihan yang akan kita ikuti memiliki review dan rating yang bagus dari para peserta sebelumnya.


Hal ini akan memberikan pada kita gambaran pelatihan yang akan kita ikuti, apakah mudah diikuti oleh level pemula mungkin, atau adanya kendala dan masalah selama proses belajar. Tidak perlu ragu untuk mencari pelatihan yang terbaik. Banyak platform terbaik yang memberikan kualitas pelatihan yang baik juga atau justru lebih komplit materi yang diberikan.


Skill Academy

Nah, salah satu platform pelatihan digital yang ikut serta dalam program Kartu Prakerja ini adalah Skill Academy. Dari beberapa pilihan pelatihan yang bisa saya peroleh, saya memilihnya di Skill Academy.


Skill Academy dapat menjadi pilihan untuk meningkatkan technical dan softskill di berbagai bidang. Platform pelatihan online ini merupakan inovasi dari Ruangguru yang telah memiliki lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran.


Nah, yang membuat saya memilih mengambil pelatihan di Skill Academy adalah, lengkapnya pilihan jenis pelatihan. Mulai dari kelas bisnis sampai dengan hobi, yang semuanya bisa diakses kapan saja dan dimana saja. Semuanya tersedia dengan harga yang lebih terjangkau dan ekonomis.


Terbukti dari semua pelatihan yang saya ikuti tersebut, tidak ada kendala sama sekali. Semuanya memberikan kesan pelatihan yang berkelas, dengan materi yang menarik dan pemaparan tutor yang jelas sehingga tidak membosankan.


Rekomendasi Kelas Pelatihan Prakerja di Skill Academy

Melansir laman resmi Kartu Prakerja, Pemerintah akan melanjutkan program ini hingga akhir tahun 2021. Hal tersebut juga ditegaskan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. Seperti telah diberitakan Kompas.com, Jumat (2/7/2021), Sri Mulyani menjelaskan, pihaknya telah mengalokasikan Rp 10 triliun untuk program tersebut.


kelas-prakerja-skil-academy


Dengan melanjutkan program Kartu Prakerja hingga akhir tahun, pemerintah masih akan membuka pendaftaran bagi 2,8 juta peserta. Sebanyak 88.9 persen penerima bantuan Kartu Prakerja mengaku pelatihan yang dibeli di lembaga pelatihan digital meningkatkan keterampilan kerja mereka.


Skill Academy menjadi salah satu yang terus memberikan fasilitas pelatihan terbaik. Berikut ini rekomendasi kelas terbaik untuk pelatihan Prakerja:


1. Membuat dan Memasarkan Konten Kreatif Digital untuk Menjadi Content Creator

Konten yang kreatif kini sangat berguna untuk memberikan informasi, inspirasi serta hiburan bagi masyarakat. Masyarakat yang kini hampir setiap harinya mengakses internet, tentu layak diberikan konten yang menarik dan tentu saja positif. 


Kelas ini hadir untuk kalian yang ingin mempelajari cara membuat konten kreatif dan juga berkualitas. Mulai dari menyiapkan strategi konten, membuat konten, hingga memasarkan atau memublikasikan kontennya.


Metode belajar yang digunakan dalam kelas Prakerja ini adalah LMS (Learning Management Systems) dengan ceramah, peragaan, studi kasus, dan membaca handout. Topik yang dibahas terdiri dari 17 bahasan topik dengan 74 materi. Jika ditotal, durasi jam belajarnya mencapai 6 jam. Tentu saja lebih dari cukup untuk membahas sebuah pembuatan konten.


Menyenangkannya, materi selama 6 jam itu tidak dihadirkan langsung, namun dalam beberapa video berdurasi pendek. Sehingga memudahkan kita untuk memahami satu demi satu materi.


Pelatihan ini mendapatkan rating 4.8 dari 181 users. Luar biasa ya antusiasnya para pelaku industri digital.


2. Membuka dan Mengembangkan Usaha Kedai Kopi

Nah, bagi kalian yang hobi nongkrong di kedai kopi, tidak ada salahnya jika mengambil pelatihan ini. Siapa tau, nantinya kalianlah yang menjadi pemilik kedai kopinya.


Perkembangan kedai kopi di Indonesia memang semakin meningkat. Hal ini menunjukkan minat yang besar pada minuman kopi dan bisa menjadi potensi bisnis yang luar biasa. Oleh karena itu, kini juga mulai banyak pelatihan skill bagi para pecinta kopi, untuk bisa membangun bisnis kopinya senidri.


Dalam kelas ini, akan disajikan materi yang lengkap, mulai dari pengenalan jenis-jenis kopi sampai dengan cara membangun bisnis kopi. Semuanya diberikan langsung oleh tutor yang basicnya memang seorang barista senior.


Topik yang dibahas dalam kelas Prakerja ini, terdapat 14 topik, mulai dari topik mengenai Persiapan Memulai Bisnis Kopi, Pengetahuan tentang kopi, mulai dari jenisnya sampai alat-alat penunjang bisnis kopi. Kemudian dibahas juga cara membuat dan menyeduh kopi yang nikmat dan menarik pembeli. Materi dalam mengelola penjualan juga diberikan, bahkan sampai dengan materi promosi dan pemasarannya.


Nah, idealnya sebuah pelatihan, pasti ada ujian pre-materi dan pra-materi, dan ini ada juga lho di Skill Academy. Meski dilakukan secara online, namun ujian tersebut tetap diadakan, sehingga dapat digunakan untuk mengukur peningkatan kemampuan kita setelah mengikuti pelatihan.


3. Mengoperasikan Microsoft Office & Korespondensi untuk Sekretaris Umum

Menguasai Microsoft Office kini menjadi salah satu keahlian yang krusial, yang harus dimiliki ketika akan mencari pekerjaan. Apalagi jika jenis pekerjaannya di lingkungan perkantoran, yang mewajibkan setiap karyawannya mampu mengoperasikan komputer.


Dalam kelas Prakerja ini, berisi dua topik besar, yaitu Microsoft Office dan Dasar Korespondensi. Topik Microsoft Office akan banyak membahas tentang aplikasi yang paling sering digunakan, seperti Microsoft Excel dan Word. Materi yang dipelajari mulai dari mengolah data, kata dan elemen visual yang mendukung.


Sedangkan untuk materi topik dasar korespondensi akan lebih banyak membahas bentuk korespondensi, seperti membuat e-mail, surat bisnis, proposal, laporan sampai pembahasan kesalahan umum dalam korespondensi.


Pelatihan ini memperoleh rating 4.8 dari 105 users. Jadi, kalian yang ingin ahli dan menggeluti dunia kesekretariatan, pelatihan ini wajib diikuti.


4. Menyusun Strategi Pemasaran Digital untuk Spesialis Periklanan (Digital Marketing)

Kini, Aktivitas digital marketing sedang benar-benar naik daun. Hal ini yang ikut mendorong kebutuhan terhadap spesialis pemasaran digital menjadi meningkat. Apalagi yang kompeten untuk menghasilkan strategi marketing yang menarik masyarakat banyak.


Dalam kelas pelatihan Prakerja mengenai strategi digital marketing ini, akan dipelajari materi mulai dari mengidentifikasi pondasi bisnis, mengidentifikasi nilai dan tujuan dari marketing perusahaan, sampai mempelajari cara membuat periklanan di berbagai platform digital.


Total topik yang dibahas adalah 12 topik dengan 62 materi. Lengkap ya! Jika ditotal akan mencapai durasi belajar sekitar 6 jam, luar biasa. Lengkapnya materi yang diberikan bertujuan meningkatkan pengetahuan dan skill mengenai strategi pemasaran digital untuk berbagai platform digital.


Jadi, kalian para influencer penting banget untuk bisa menguasai strategi digital marketing agar menarik perhatian masyarakat lebih luas.


5. Menjual Produk dan Mendapatkan Pelanggan Baru untuk Sales (Kanvas)

Kelas Prakerja ini dirancang agar peserta mampu menguasai kompetensi menjadi perwakilan penjualan yang profesional yang sering disebut dengan sales.


Jika kalian ingin bergelut di bidang marketing untuk dapat menjual produk dengan cara yang kompeten, kelas pelatihan ini cocok untuk diambil. Kalian akan lebih mudah untuk menemukan prospek yang tepat ketika menjual produk atau ide. Jadi, sudah pasti akan meningkatkan penjualan karena lebih tepat sasaran.


Selain itu juga, dapat meningkatkan kemampuan bernegosiasi dengan strategi yang tepat. Ada total 16 topik dengan 75 materi yang diberikan, akan membantu dalam meningkatkan skill dan pengetahuan dalam menjual produk dan mendapatkan pelanggan baru.


rekomendasi-kelas-skill-academy


Kelima rekomendasi kelas terbaik untuk pelatihan prakerja di Skill Academy tersebut, semoga bisa menjadi salah satu pilihan yang sedang kalian butuhkan. Jangan lupa juga untuk memilih pelatihan sesuai dengan kemampuan dan tujuan skill yang akan didapatkan. Nah, buat kalian yang membutuhkan potongan harga untuk mengikuti pelatihan ini, silahkan gunakan kode voucher di bawah ini. Semoga bermanfaat.

kode-voucher-skill-academy


31 komentar:

  1. Makasih banyak untuk sharingnya kak, baca ulasan diatas aq jadi inget daftar prakerja tapi belum pernah dapet nih

    BalasHapus
  2. Aku pernah daftar juga nih. Tapi gak lolos-lolos juga hahaha jadi pengen ikutan daftar lgi deh.

    BalasHapus
  3. Beberapa kali saya daftar prakerja tapi gagal karna kuota penuh huhu.. belum rejeki ya.. next mau coba lagi biar bisa coba skill academy

    BalasHapus
  4. wah seru nih, aku mau pakai vouchernya ya mbak, soalnya udah punya pengalaman ikut kelas di Skill Academy dan seru banget.

    BalasHapus
  5. wah kelasnya kece-kece nih Skill Academy. Bakal bingung milihnya sih ini, haha.. tapi ya balik lagi ya sesuaikan sama kemampuan atau keahlian dan juga minat kita ke arah mana. TOP bingits!

    BalasHapus
  6. Wuih keren banget nih skill academi. Kalau bukan prakerja gimana kak?

    BalasHapus
  7. Saking banyaknya pilihan kelas jadi bingung nih. Jadi emang harus sesuai minat sih ya. Biar serius belajarnya hehe

    BalasHapus
  8. Kemaren sempet ikut prakerja juga dan pilih upgrade skill buat buka bisnis usaha kopi. Di tempatku lagi hype banget soalnya. Alhamdulillah emang memudahkan banget kelasnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, sampai ada yang sudah nyobain dan ternyata kelas yang dihadirkan Skill Academy memberi kemudahan.

      Semangat merintis usaha kedai kopinya ya Mba.

      Hapus
  9. Ada trial classnya ngga ya mba wkwkwk *nglunjak
    Atau kapan2 mau deh pakai vouchernya

    BalasHapus
  10. wow membaca pemaparan mbak atiqoh aku mikir lengkap ya mbak , untuk membangun keai kopi aja sampai ada 14 topik eh bukan hanya ya heheh sebab memulai bisnis kan emang gak sembarang

    ehm boleh nih aku rekomendasiin k beebrapa kerabat yang kemarin ikut kartu pra kerja

    BalasHapus
  11. Hadirnya Skill Academy menjadi salah satu solusi untuk memperdalam suatu bidang yang sangat dibutuhkan demi dapat pendapatan memang ya.

    Banyak yang katanya sudah bergabung dan puas dengan materi kelas yang diperoleh.

    BalasHapus
  12. Kelas di skill academy ngikutin zaman banget ya, mereka ambil topik yg happening. Aku pingin jadinya ikut yg content creatir sama digital marketting. Kepoin ah :)

    BalasHapus
  13. Banyak banget ya pilihan kelas prakerja di skill academy!
    Bisa banget nih direkomendasiin ke temen dan adik-adik.

    BalasHapus
  14. Skill Academy menjawab kebutuhan angkatan prakerja agar nantinya terserap di dunia kerja ya kak. Dengan pelatihan secara daring. Aman dan nyaman apalagi di masa pandemi seperti ini.

    BalasHapus
  15. Dari dulu pengen ikut salah satu kelas di skill academy ini.
    Tapi sampe sekarang belom eksekusi juga...
    pengen kelas yang nomer satu itu lho..
    paham tentang bagaimana menjadi content creator.

    BalasHapus
  16. Point 4, tertarik sekali, strategi pemasaran. Terimakasih sharingnya. Semoga saya bisa segera lolos kartu prakerja..Aamiin

    BalasHapus
  17. Senang ketika membaca rekomendasi kelas-kelas di Skill Academy ini, bener-bener kelasnya dipilih berdasarkan kualitas dan juga topiknya beragam sesuai dengan kondisi terkini dan menyesuaikan kebutuhannya ya. Saya daftar Prakerja blm lolos2 huhu pengin bgt daftar kelas di Skill Academy gitu sekalian hihi

    BalasHapus
  18. Oh iya ya kartu prakerja. Aku belum ada nyoba daftar eh. Padahal penting banget buat mempelajari skill JavaScript untuk pekerjaanku sehari-hari.

    BalasHapus
  19. Pengen banget ikutan dan nyoba rekemondasi kelas diatas tp belum bisa lolos di prakerja, smoga gelombang berikutnya lolos dan nyobain kelas yang ada di skill akademy

    BalasHapus
  20. Masyarakat masa kini itu sangat suka dengan konten yang kreatif dan menghibur ya makanya pembuat konten juga harus smart dalam menghasilkan sesuatu konten. Dengan ikut kelas begini bisa melatih untuk terus bisa berkreasi juga tentunya ya.

    BalasHapus
  21. Seneng ya mba ada kelas prakerja ya mba. Saya pun ingin ikut nih kalau ada kesempatan utk ikut

    BalasHapus
  22. Wah makasih Mba Atiq, dikasih voucher ya, emang bagus sih ini pelatihan di skill academy, saya udah pernah ikutan yg kelas seo, cara membuat artikel di halaman satu di Google.

    BalasHapus
  23. Kelasnya menarik sekali. Sayangnya saya belum daftar program ini. Cari info pendaftaran dulu

    BalasHapus
  24. Waaaww lengkap banget deh ini mbaaa.. mau ah kapan2 bisa dapet vouchernya.. eheheheh

    BalasHapus
  25. Makasih sharingnya mbak, ada voucher juga nih memang keren banget ya skill academy. Saya coba deh nanti kapan-kapan pengen belajar juga disana menimba ilmu yang sangat bermanfaat

    BalasHapus
  26. Informatif kak.. kira2 ya ada batasan umur untuk daftar tidak ya? Apakah ibu2 paruh baya bisa ikutan, biar dapat insight usaha di rumah?

    BalasHapus
  27. Alhamdulillah banget ya mbak. Solusi utk para pencari kerja di saat pandemi

    BalasHapus
  28. Berbahagialah yang dapet kartu prakerja, saya mendaftar gagal terus mentok di gelombang 5 mba karena nggak pernah dapet heheh. Skill academy aku dah pernah ikutan kelasnya sekali, sangat bermanfaaat nggak rugi

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.