Ingin Bisnis Anda Punya Daya Saing Tinggi? Ini Solusi Bisnis di Masa Pandemi!

Sebuah perusahaan bisa terus bersaing, jika memiliki sumber daya manusia yang berkualitas, memiliki keinginan terus bertumbuh, dan dapat memahami perkembangan zaman dengan cepat. Untuk itu, pelatihan-pelatihan pun harus dilakukan sebagai salah satu bentuk solusi bisnis, yang tentunya menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perusahaan. Apalagi, di era yang segalanya serba cepat, termasuk ilmu pengetahuan.


Terlebih lagi, persaingan bisnis di segala bidang kini terasa semakin ketat. Untuk dapat mempertahankan keberlangsungan sebuah bisnis, perusahaan perlu memastikan bahwa SDM (Sumber Daya Manusia) yang dimiliki sudah bisa dikatakan baik kualitasnya.


Kenapa? Agar sebuah perusahaan dapat mengembangkan eksistensinya ke depan. Maka dari itu, pelatihan dan pengembangan SDM sangat krusial bagi kemajuan perusahaan.


Hambatan Bisnis di Masa Pandemi

Namun kini, pandemi Covid-19 menjadi hambatan untuk melakukan pelatihan-pelatihan SDM seperti yang biasanya dilakukan. Tidak diperbolehkannya interaksi secara langsung dan pengetatan untuk mengadakan acara yang mengundang kerumunan, menjadi salah satu kendalanya. Padahal, anggaran sudah disiapkan.


Lantas bagaimana langkah yang tepat untuk mendapatkan solusi bisnis, agar perusahaan tetap bisa mengadakan pelatihan untuk meningkatkan kualitas dan kemampuan SDM?


Pelatihan online adalah jawabannya. Didukung dengan teknologi yang semakin memudahkan setiap individu atau kelompok melakukan aktivitas meskipun tanpa bertemu secara langsung, pelatihan pun kini juga bisa dilakukan secara digital.


solusi-bisnis-di-masa-pandemi


Learning Management System (LMS) Ruangkerja

Pernahkah mendengar Learning Management System (LMS)? Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.


Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruangguru.


Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.


Dengan menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja.


Fitur Ruangkerja

Apakah efektif bagi karyawan? Bukankah jika pelatihan harus ada struktur yang jelas agar tidak ada poin-poin pembelajaran yang terlewat?


Kekhawatiran seperti itu ternyata juga sudah diantisipasi oleh ruangkerja. Dengan menggunakan sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.


ruangkerja-live-chat


Kemudian terdapat fitur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.


Selain itu, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, agar enak dilihat, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya. Sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar.


Oh ya, ada hal menarik juga dari salah satu fitur yang diberikan oleh ruangkerja, yaitu fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan.


Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan akan semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka juga akan mendapatkan sertifikat.


LMS ruangkerja menawarkan solusi bisnis di masa pandemi, untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.


LMS-ruangkerja-ruangguru


Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.


Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal.


Harga Ruangkerja

Oke, secara teknis ruangkerja memang sangat efektif sebagai sebuah solusi bisnis dalam meningkatkan daya saing kemampuan karyawan. Dalam segi waktu, juga sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan?


Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat.


Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.


Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama dan lebih mudah. Yuk, kalian para karyawan juga bisa merekomendasikan ini kepada perusahaan, untuk mendapatkan nilai lebih sebagai karyawan dan menjadi solusi bisnis yang saling menguntungkan.


Dengan memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja, akan menjadi solusi bisnis yang terus berkembang, dengan lebih menghemat waktu, memangkas pengeluaran perusahaan, serta mempermudah monitoring pelatihan.

28 komentar:

  1. Jujur baru tau kalau ada ruang kerja, ini enak banget buat meningkatkan kualitas SDM di perusahaan ya. Kayaknya ini lebih efisien karena yg menyediakan sistemnya ruang kerja. Jadi pengen coba juga nihhh

    BalasHapus
  2. Bisa jadi solusi banget ya ruang kerja ini.. salut dengan idenya. Walaupun WFH tapi SDmnya tetap bisa upgrade skill. Semoga makin banyak yang tahu tentang ruangkerja ini..

    BalasHapus
  3. ruang kerja hmm menarik juga ya konsepnya, menjadi solusi bisnis di masa pandemi yang entahn kapan berakhirnya ini

    BalasHapus
  4. Aku pernah tanya, minimal harus punya 50 karyawan yang diikutsertakan. Padahal tertarik banget deh.

    BalasHapus
  5. Waaa ini versi website dan aaplikasi berarti ini ya kak ruang kerja, bisa dimaksimalkan untuk para pegawai nih. Lebih efisienn dan sistemnya bagus. Baru tahu juga aku mba Tiqoh.

    BalasHapus
  6. Kalau gini jadi sama-sama enak ya mom. Baru tau aku ada ruangkerja. Bagus nih menjadi jawaban persoalan saat ini.

    BalasHapus
  7. Bener, mesti kreatip perusahaan tuh kalau mau awet dan bertahan di masa krisis. Pelatihan online dulu terasa mustahil tapi sekarang udah biasa dan malah jadi semua orang bisa ikutan. lebih efisien jg buat perusahaan krn gak perlu ngasih surat dan biaya SPJ, hehehe

    BalasHapus
  8. Wouuuw, semakin glowing ya Ruangguru. Bahkan sekarang sudah nambah lagi dengan RUANG KERJA. Memudahkan perusahaan untuk memberi pelatihan dan meningkatkan skill karyawan dengan metode pelatihan yang sistematis menggunakan Ruangkerja dari Ruangguru ini.

    BalasHapus
  9. Inovasi kereen dari ruang guru. Secara konsep sih ok banget, tinggal pembuktian di lapangan. Apakah bisa diterima market dengan baik.

    BalasHapus
  10. Ini kyknya akan mendukung bisnis2 yang saat ini sedang lbh banyak WFH ya mbak. Bisa utk pelatihan2 online juga.
    Saat pandemi gini memang mau gak mau kudu adaptasi dan melakukan beberapa perubahan, salah satunya memanfaatkan platform2 kyk ruangkerja ini

    BalasHapus
  11. Luar biasa udah merambah ke ruangkerja sekarang ya si ruangguru ini, bener-bener memudahkan perusahaan buat pelatihan karyawan-karyawannya. Mungkin bisa aku rekomendasiin nih buat karyawan di kantorku juga.

    BalasHapus
  12. Dengan adanya pandemi seperti sekarang, sepertinya kebutuhan sistem belajar yang bisa dilakukan dimana-mana meningkat ya mbak, beruntung ada lms ruangkerja by ruangguru ini

    BalasHapus
  13. baru tahu aku mbak kalo ada ruang kerja, enak banget sih klo ada ruang kerja seperti ini jadi kualitas SDM di perusahaan bisa meningkat

    BalasHapus
  14. wah keren banget, terimakasih banyak atas informasinya ya :D

    BalasHapus
  15. Jadi Ruang Kerja ini juga bisa menjadi pembekalan kita saat menjalankan bisnis terutama di saat pandemi seperti sekarang ini ya.

    BalasHapus
  16. Untung kita hidup di jaman internet yah. Gak bisa bayangin rempongnya lagi masa pandemi tapi internet belum di temukan. Internet membantu banget buat bisnis dari rumah.

    BalasHapus
  17. Namanya ear catching banget ya, ruang kerja. Dan ini bisa jadi solusi dalam pengembangan karyawan keren

    BalasHapus
  18. Yakin deh, dengan adanya LMS ruangkerja yang menggunakan teknologi mobile learning, sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja akan jadi solusi bisnis di masa pandemi

    BalasHapus
  19. Gak bisa ikut pelatihan tatap muka langsung, bisa ikutan LMS RuangKerja ya Mbak, perusahaan demen banget nih beginian karena syarat bs bersaing kan SDM hrs berkualitas ya

    BalasHapus
  20. Menbah wawasan kak, cocok banget bagi saya yang lagi cari kerja dimasa pandemi

    BalasHapus
  21. Mantap ya produknya Ruangguru selalu inovatif dan terdepan :) Sekarang karyawan pun bisa ikut pelatihan dengan nyaman

    BalasHapus
  22. Wah saya baru tahu soal Learning Management System (LMS) ini ternyata Ruangguru mempunyai sistem ini. Bisa menambah kemampuan ditengah keterbatasan pembelajaran yang harus menuntut tatap muka

    BalasHapus
  23. sekarang makin banyak ya produknya ruang guru ini, pastinya ruang kerja ini bakal ngebantu banget buat yang sedang cari kerja dalam meningkatkan skillnya

    BalasHapus
  24. LMS ruangkerja memang memahami banget nih kebutuhan karyawan dan perusahaan. Memang harus upgrade SDM karyawan agar usaha maju terus meski berada di masa pandemi.

    BalasHapus
  25. ohh berarti saya salah paham.
    Tadi saya juga baca soal LMS ini di webnya mba Icha.
    Saya fikir itu bentuk pelatihan ruang guru juga.
    Ternyata ini media nya ya..
    Ibarat ini seminar room nya gitu ya...
    Apa salah lagi?

    BalasHapus
  26. Keren bangett emang ruangkerja dari ruangguru ini, meskipun sudah jadi pegawai kantoran kek gini aku jg selalu pengen upgrade pengetahuan dan skill lah yaa mba.

    BalasHapus
  27. Ruangguru selalu punya solusi nih untuk pegawai juga untuk murid sekolah jadi orang tua bisa punya kompetensi, anak tambah prestasi

    BalasHapus
  28. Semoga dengan adanya LMS by Ruang Guru ini bisa meningkatkan skill kita supaya bisa mendapatkan peningkatan ekonomi menjadi lebih baik.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.