3 Kegiatan Rutin Bonding Time dengan Anak Bersama Mama's Choice

Sebagai orang tua, membangun hubungan yang intim atau bonding dengan anak dapat menjadi hal istimewa. Tentunya juga bagi anak. Bonding time yang terjaga baik, bisa jadi hadiah terindah yang anak-anak rasakan. Oleh karena itu, orang tua wajib membangun kegiatan rutin untuk meningkatkan bonding dengan anak.


Kalau bukibuk, paling suka ngapain nih sama anak-anak biar makin lengket? Sebetulnya banyak sekali ya ide menarik buat membangun bonding dengan anak. Hal sederhana saja, seperti memeluk anak, sering tersenyum pada si kecil, atau mengucapkan kata-kata penyemangat.

membangun-bonding-time-dengan-anak


Tapi, terkadang hal-hal yang terlihat simple itu masih jarang dilakukan orang tua pada anaknya. Alhasil, hubungan anak dan ortu jadi tidak dekat. Hmm.. sangat disayangkan ya, apalagi kalau anak-anak masih kecil. "Tapi kan aku sibuk kerja", "Gimana ya caranya biar gak bosen sama anak?", "Tapi aku orangnya kaku sama anak". Ada yang begitu? Ternyata banyak juga yang merasakan hal demikian.


Membangun Bonding Time dengan Anak

Jadi, bagaimana caranya membangun hubungan baik dengan anak? Kalau saya, karena anak masih balita dan baru satu, jadi mungkin tidak terlalu sulit ya. Tiga cara ini selalu saya coba terapkan untuk menghasilkan bonding time yang berkualitas dengan si kecil.


Pertama, mulai sedini mungkin membangun bonding dengan anak. Jadi, saat mulai dalam kandungan, saya coba untuk mengajak si kecil ngobrol tentang apa saja yang sedang saya kerjakan atau yang terjadi. Jadi ketika si kecil sudah lahir, kita sudah terbiasa mengajaknya ngobrol apa saja, meski dia belum begitu mengerti, hehe.. Selain itu, perbanyak sentuhan. Hal ini juga sudah bisa dimulai dari dalam perut. Juga, pelukan. Hal sederhana yang menghangatkan perasaan ya Buk :).


Kedua, berusaha untuk sensitif dengan apa yang dibutuhkan dan dirasakan anak. Ketika anak menangis atau mulai merengekan sesuatu, saya selalu mencoba untuk mendengarkan kebutuhannya. Tidak mudah, apalagi saat dia mulai tantrum ya Buk, hihi.. Rasanya Ibu jadi ingin ikutan tantrum juga, hehe.. Tapi merespon dengan positif semua perasaan anak tersebut, bisa jadi bentuk perhatian yang menguatkan bonding kita dengan anak-anak.


Ketiga, komitmen dan konsisten. Terkadang, pekerjaan menumpuk sudah menanti saat anak-anak masih ingin bermain atau ditemani dengan kita. Tapi, ternyata meluangkan waktu meski hanya 30 menit sampai 1 jam sehari, untuk benar-benar membersamai anak tanpa interupsi dari kegiatan kita yang lain, membuat bonding time jadi berkualitas.


Nah, yuk kita coba bersama Bukibuk. Kenapa? Karena terus memberikan waktu istimewa untuk anak ini ternyata banyak manfaatnya lho. Apalagi jika dilakukan dengan si kecil sejak dalam kandungan. "Tapi kalau sekarang anaknya sudah lahir bagaimana Buk?" Lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, bukan Buk? Hehe...


Manfaat Bonding Time dengan Anak

Menurut hasil dari banyak studi yang saya baca, menghabiskan waktu dengan si kecil ternyata dapat menunjukan bahwa dirinya dicintai. Sehingga akhirnya akan meningkatkan kepercayaan diri si kecil. Ikatan yang kuat antara orang tua dan anak juga bisa membangun identitas positif si kecil.


Nah, menariknya lagi nih, bonding yang erat, bahkan hingga mencapai secure attachment, ternyata merupakan kunci utama untuk menyokong perkembangan otak anak secara sosial, emosional, intelektual, dan fisik. Wah, luar biasa ya manfaatnya.


Hal ini dikarenakan bonding yang kuat akan meyakinkan anak-anak untuk selalu merasa aman dan tenang. Karena dia merasa punya seseorang yang akan selalu memenuhi segala kebutuhannya, terutama dalam hal emosional.


Jadi, sudah pasti anak akan lebih percaya diri untuk mengeksplorasi hal-hal baru tanpa rasa cemas dan khawatir. Ini yang akan menjadi fondasi awal anak agar berani mencoba hal-hal baru karena memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, bisa mengembangkan rasa percaya pada orang lain, dan punya kesadaran diri (self-awareness), serta merasa dirinya berharga.


Nah, lebih dari itu, bonding yang sudah terbentuk dua arah antara anak dan orang tua, akan membuat kita saling mengerti maupun ‘mengisi’ satu sama lain. Rasanya damai sekali menulis ini, hehe.. 


Nantinya, anak-anak akan punya sikap empati dan berusaha memahami perasaan orang lain di masa depan. Hmm.. ternyata dalam sekali ya manfaatnya bonding time dengan anak. Jadi, yakin mau membuang waktu begitu saja dengan anak-anak yang lucu dan menggemaskan? Hihi..


Lalu, apakah manfaat bonding ini hanya akan dirasakan anak? Tentu Tidak! Orang tua juga bisa mendapatkan manfaatnya lho. Bonding yang baik dengan anak bisa bikin tubuh kita menghasilkan lebih banyak endorfin atau hormon kebahagiaan.


Jadi, tidak perlu obat pereda stres ya, kalau punya waktu rutin yang berkualitas dengan anak. Kita bisa jadi lebih berenergi dan termotivasi untuk menjalani hari dengan lebih baik lagi. Wuhuuu.. semangat yuk Bukibuk!


Ide Kegiatan untuk Membangun Bonding Time dengan Anak

Apakah memiliki waktu berkualitas hanya bisa dilakukan oleh Ibu yang di rumah saja? Tentu tidak ya. Para Ibu yang bekerja di luar rumah pun, bisa lho meluangkan waktunya untuk membangun bonding dengan anak. Jika tidak dapat banyak waktu, yang terpenting konsisten dilakukan.


Bahkan mungkin, Ibu yang di rumah saja juga belum tentu memiliki waktu yang berkualitas dengan anak-anaknya, karena sudah disibukkan dengan pekerjaan rumah yang tiada henti. Maafkan saya jadi curhat, haha..


Jadi, kuncinya adalah mau atau tidak meluangkan waktu yang berkualitas untuk membangun bonding dengan anak. Mau atau tidak untuk terus mencoba memperbaiki bonding dengan anak. Mau atau tidak untuk selalu menjaga bonding dengan anak agar selalu berkualitas. Nah, kalau kita mau, jadi ayo lakukan sedini mungkin, agar tidak menyesal kemudian.


ide-bonding-time-dengan-anak


"Tapi, bingung juga ya mau ngapain sama anak-anak", "Tapi, kegiatan apa Buk yang bisa dilakukan sama anak biar seru?" Nah, kan, Bukibuk pasti banyak tapi-nya, padahal belum dicoba, hehe.. 


Nah, 3 kegiatan rutin ini selalu saya coba lakukan untuk meningkatkan kualitas hubungan saya dengan si kecil. Meski demikian, bukan berarti kegiatan bonding time hanya seputar ini ya. Bukibuk bisa menyesuaikan lho dengan aktivitas kesukaan si kecil atau ajak juga si kecil mencoba aktivitas kesukaan kita.


Jadi intinya, nikmati waktu bersama tanpa gangguan lain, agar terbentuk bonding yang berkualitas dengan anak.


1. Melibatkan Anak Melakukan Kegiatan Bersama

Jika tidak banyak waktu luang, kita bisa mencoba ajak si kecil untuk melakukan kegiatan bersama kita. Misalnya memasak, mencuci pakaiannya, atau sekedar beberes mainannya. Mungkin akan lebih lama waktu yang dibutuhkan dan pasti akan jadi lebih 'berantakan' ya Buk, hehe.. Tapi tidak masalah, yang penting anak tidak merasa ditinggalkan atau dinomor-duakan oleh kesibukan kita yang tiada henti.


2. Sentuhan Fisik

Seperti dilansir dari laman Kementrian Kesehatan RI, kontak antar manusia bisa meningkatkan kondisi kesehatan fisik dan mental, meningkatkan daya tahan tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung, dan menekan kadar hormon stres seperti kortisol pada wanita. Seperti berpelukan, mungkin kegiatan ini terlihat simple ya, tapi ternyata merupakan salah satu kegiatan yang dapat membangun bonding dengan anak.


Sejak anak saya lahir, saya yang selalu memandikan dia dengan penuh suka cita, hehe.. Mencoba membangun bonding dengan menikmati sentuhan-sentuhan fisik saat menggosok seluruh badannya dengan sabun tanpa terlewat.


Pada moment itu, kita juga bisa sambil menyisipkan nasihat-nasihat sederhana dengan kalimat positif yang membuatnya merasa lebih berharga.


Mama's Choice Hadir untuk Kurangi Worry di Setiap Perjalanan Ibu

Nah, untuk menikmati kegiatan mandi yang mengasikkan, saya selalu melengkapi dengan produk yang berkualitas untuk anak. Penemuan produk yang berkualitas ternyata belum tentu cocok ya dengan anak. Makanya, saat menemukan ada produk Irish Bella's Essential Kit dari Mama's Choice, saya begitu bahagia, karena langsung cocok dengan si kecil.


Mama's Choice hadir untuk menyediakan rangkaian produk yang aman, efektif, jujur, bebas toksin dan sepadan dengan nilai yang dikeluarkan oleh Mama. Dengan demikian dapat bermanfaat bagi para Mama & keluarga muda. Mereka juga menawarkan produk dengan wawasan dan informasi yang didasarkan pada penelitian.


Paket produk terbarunya dalam menyambut Hari Anak Nasional pada Juli 2021 lalu adalah, Mama's Choice Irish Bella’s Baby Essential Kit. Merupakan produk-produk pilihan yang aman untuk bayi dan anak-anak. Merawat si kecil dengan Irish Bella’s Baby Essential Kit menjadi salah satu kegiatan bonding time yang seru untuk Ibu dan si kecil.


produk-mamas-choice


Dalam satu paket Iris Bella’s Baby Essential Kit terdiri dari :

  • 1 Pcs Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash
  • 1 Pcs Mama’s Choice Calming Tummy Oil
  • 1 Pcs Mama’s Choice Baby Rash Cream


Ketiganya sudah saya coba berikan untuk anak dan dia sangat menikmatinya. Memberikan yang terbaik untuk anak sudah jadi tugas kita ya Buk, jadi kita juga harus pintar memilih produk yang baik dan cocok untuk si kecil.


Cara pemakaian Paket Irish Bella’s Baby Essential Kit yang Mendukung Bonding Time Ibu dengan Si Kecil

1. Mandikan si kecil dengan Mama’s Choice Baby Hair and Body Wash. Paling suka dengan produk bundle untuk badan dan rambut sekaligus, karena selain praktis pakainya, tentu saja lebih hemat ya Buk, hehe.. Anak juga tidak bingung dengan produk untuk rambut atau badannya.


Produk ini mengandung formula Natural Bubble Rich yang sangat aman dan lembut tentunya. Dan, ternyata ada Lavender & Chamomile-nya, jadi ada efek relaksasi. Wah, kegiatan sentuhan fisik ini jadi makin asik, didukung dengan kelembutan dan amannya produk Mama's Choice karena mengandung bahan-bahan alami.


2. Nah, sebelum memakai baju, biasanya akan ada sesi pemijatan nih. Sentuhan fisik yang dilakukan dengan lembut ini bisa membuat si kecil lebih tenang ya. Apalagi dengan Mama’s Choice Baby Calming Tummy Oil. Produk ini benar-benar mengerti kebutuhan si kecil. Harumnya membuat kami jadi lebih tenang.


mamas-choice-calming-tummy-oil


Calming Tummy Oil ini hadir dengan formula anti kolik untuk menenangkan gangguan pencernaan. Terbuat dari 100% bahan alami Nutmeg oil, Lavender oil dan Chamomile oil yang bisa bikin anak jadi tidur lebih nyaman. Tentunya aman juga untuk kulit sensitif dan anti iritasi.


3. Selanjutnya, untuk menjaga kelembutan kulit si kecil, terutama di area lipatan, kita bisa oleskan Mama’s Choice Baby Rash Cream sebelum menggunakan pakaian atau pada area yang sedang ruam.


Produk ini dilengkapi dengan Fast Acting Formula yang telah teruji klinis mampu meredakan kemerahan dan iritasi pada kulit bayi secara cepat. Hanya dalam 3 kali pemakaian saja lho! Mengandung bahan herbal alami yang lembut dan mudah menyerap. Jadi aman untuk bayi yang baru lahir sekalipun.


Nah, bundle pilihan Irish Bella untuk perawatan sehari-hari si kecil ini sudah aman karena berstandar BPOM, dan sudah tersertifikasi Halal. Dermatologically-tested serta Hypoallergenic, yang artinya aman untuk kulit yang sensitif (untuk bayi baru lahir sekalipun).


Jadi tiga item dalam Mama’s Choice Irish Bella Essential Kit ini sekarang jadi alat tempur wajib yang harus ada stocknya nih di rumah. Perawatan yang dihadirkan sudah lengkap untuk melindungi si kecil dari kuman, ruam, dan kolik.


Kemasannya juga sangat praktis digunakan dan dibawa kemana-mana. Soal harga, tentu saja lebih hemat dan dapat hadiah gratis juga lho, ada Bunbun Exclusive Story Book.


Jadi, kalau Bukibuk membeli satu paket Irish Bella’s Baby Essential Kit, akan mendapatkan gratis buku cerita Anak Dunia Bunbun, untuk 100 pembeli pertama saja. Yuk, tunggu apalagi! Saya aja langsung berburu, dan beruntung banget nih bisa dapat bonus buku karya Watiek Ideo yang terkenal itu. Lumayan kan bisa untuk nambah aktivitas bonding time dengan anak.


3. Membacakan Buku untuk Anak

Kegiatan berharga selanjutnya yang juga tidak pernah saya dan anak lewatkan adalah membaca buku bersama. Mulai dari dia masih bayi, bahkan mungkin belum mengerti, saya sudah rajin membacakannya buku cerita. Selain memang karena saya hobi membaca buku, banyak juga manfaat yang ternyata dapat dirasakan oleh anak-anak.


Dilansir dari laman Mama's Choice, manfaat membacakan buku untuk anak akan meningkatkan kemampuan berbahasa anak. Selain itu, daya imajinasi anak akan lebih berkembang. Anak-anak juga akan mendapatkan lebih banyak hal-hal baru dari bahan bacaan. Anak jadi lebih fokus dan mudah konsentrasi, sehingga dapat meningkatkan kinerja otak. Baik juga untuk perkembangan emosi anak. Nah, paling penting adalah, dapat mempererat bonding orang tua dan anak.


Waktu untuk membacakan buku untuk si kecil, tidak saya batasi. Tentu saja karena saya 24 jam di rumah membersamainya. Tapi, jika Bukibuk tidak punya banyak waktu luang, membacakan buku untuk anak bisa dilakukan sebelum tidur. Menurut para psikolog, waktu ini jadi waktu yang tepat untuk membangun kedekatan dengan anak.


Saat membaca buku, kita bisa sambil berpelukan, bertatapan, dan bersentuhan. Kegiatan intim seperti ini ternyata bisa membuat kita dan anak-anak jadi lebih tenang.


#TenangDenganMama Bersama Buku Cerita Anak Bunbun

Nah, dari paket Irish Bella’s Baby Essential Kit tersebut, saya beruntung mendapatkan salah satu buku anak-anak karya terbaru dari Watiek Ideo yang seri kebiasaan baik, dengan judul Ayo, Rapikan Mainanmu.


Buku Cerita Anak Dunia Bunbun karya Watiek Ideo ini merupakan buku cerita dengan gambar menarik dan cerita yang ringan untuk dibacakan kepada Si Kecil. Jadi, cocok nih sebagai pengisi bonding time. Ceritanya kali ini pas banget nih dibacakan untuk anak saya yang mulai susah kalau diajak merapikan mainannya, hehe..


membacakan-buku-anak-dunia-bunbun


Ketika Ibu membacakan "Mengembalikan mainan itu penting dilakukan. Biar kita lebih mudah mencari benda kesayangan. Kamar yang rapi dan bersih juga membuat suasana lebih nyaman." Gendhis, anak saya langsung menjawab dengan lantang, "Oke Ibu, aku mau rapikan mainan dulu ya". Hehehe..


Watiek Ideo merupakan salah seorang penulis buku cerita anak terkenal yang tulisannya selalu mengandung pesan moral dan nilai baik untuk anak-anak. Buku Cerita Anak ini mengisahkan tentang keseharian seekor kelinci baik bernama Bunbun bersama teman-teman dan keluarganya. Hadirnya rangkaian buku cerita anak Bunbun ini, bisa menghibur dan menularkan nilai-nilai positif pada si kecil.


Senang sekali dengan hadirnya buku-buku cerita anak yang menarik dan berkualitas. Anak-anak jadi makin cinta dengan membaca.


Mama's Choice menggandeng artis cantik yang kini sudah menjadi seorang ibu, Irish Bella untuk memberikan bundle spesial bagi para ibu dan anak. Produk bundling ‘Irish Bella’s Baby Essential Kit’ serta seri buku cerita anak ‘Dunia Bunbun’ berhasil melengkapi bonding time untuk saya dan anak.


mamas-choice-irish-bellas-baby-essential-kit


Apalagi di masa pandemi ini, tidak dipungkiri jika orang tua dan anak-anak akan rawan stres. Oleh karena itu, hadirnya produk berkualitas seperti ini, yang sangat memperhatikan kebutuhan anak bisa menjadi salah satu penolong untuk menciptakan suasana hubungan yang lebih #TenangDenganMama


Nah, jadi bagaimana Bukibuk? Sudah menemukan ide untuk bonding time dengan anak? Yuk, cobain juga nih paket Irish Bella’s Baby Essential Kit dari Mama's Choice lebih hemat di sini. Info lebih lengkapnya bisa langsung ke website resmi Mama's Choice : www.mamaschoice.id dan Instagramnya : @mamachoiceid.

71 komentar:

  1. Waah mantap betul nih ulasannya. lengkap deh. Ada banyak insight baru yang kudapat. Abis baca ini jadi makin bersemangat membersamai anak-anak.

    BalasHapus
  2. Penampakan buku ceritanya bagus ya..
    penuh warna dan gambarnya menarik.
    secara tampilan, kemasan mama's choice juga eye catching de...

    BalasHapus
  3. Mama's choice bisa sebagai perekat ibu dan anak saat aktivitas menjaga kebersihan badan ya.. tentu makin seru dan hangat melakukan kegiatan apalagi produk sudah bersertifikat BPOM

    BalasHapus
  4. Enak bangt sih beli babycare plus dapat buku. Jadi makin dekat sama anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya cari produk ini di supermarket dekat rumah koq gak ada ya?

      Hapus
    2. Saya cari di supermarket dekat rumah koq gak ada ya, padahal mau bikin kado

      Hapus
  5. Bonding emang sepenting itu. Berasanya pas anak mulai sekolah, punya temen, dll. Saat bonding iu kuat ke ibunya, jd apa2 cerita ;)
    Anyway keren ya mamachoice peduli sama bondin, memilih buku sebagai fre produknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. huhu bener juga nih, mungkin sebelum punya temen anak bakal nempel terus ya sama ortunya, makanya penting banget nih buat bonding yang berkualitas, biar tetap "nempel" sampai dewasa nanti :) bukan berarti manjain anak kan ya mom? khawatir juga dibilang begitu :)

      Hapus
    2. Iya mom bener. Dan aktivitas se simple mijitin anak, atau momen mandi, momen2 ritual kalai dipakai buat mgobrol, main bareng, itu juga bs bonding. Makanya pntg pake produk terbaik buat mendukung bonding tsb ;)

      Hapus
  6. Waaah aku juga kemarin cobain mamas choice lhoo kak atiq termasuk juga bikin anakku jadi semakin suka sama bukuu. bonding time yang berkualitas menurutku sih inii

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. sama nih :) kalau ada buku baru, dibaca terus sampai berhari-hari hehe

      Hapus
  7. Asyiknya, selain dapat produk berkualitas bisa dapat buku cerita pula buat bonding time.Mama's Choice hadir untuk menyediakan rangkaian produk yang aman, efektif, jujur, bebas toksin dan sepadan dengan nilai yang dikeluarkan.Beneran bisa jadi pilihan!

    BalasHapus
  8. Bonding time bareng si kecil bisa jadi lebih berkualitas pake rangkaian produk Mama's Choice ya Mam.. dapet bonus buku cerita lagi. Aku juga punya dong, hehehe.. gak mau ketinggalan banget ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap banget nih Kak Veni juga punya. Jadi penasaran pengen beli bundling produknya. Habisin dulu yang masih ada deh.

      Hapus
  9. Aku seriing menerapkan poin 'Melibatkan Anak Melakukan Kegiatan Bersama' seperti mencuci piring..banyak manfaatnya memang, tapi ya ibunya kudu sabar sabar dan sabar menghadapai after the moment wkwk...

    BalasHapus
  10. Bener ya bonding time dengan anak tuh harus sejak dini karena ikatan ibu dan anak tuh ga bis adipisahkan untung ada Mama'S Choice Essential ini ya jadi makin lengkap deh

    BalasHapus
  11. Wow.. Mama's choice emang keren abis. Paling lengkap buat ibu dan anak. Bonding time jadi lebih asyik dan berkualitas.

    BalasHapus
  12. Anakku kalau udah liat Tummy oilnya pasti deh langsung minta pijat, aromanya bikin rileks

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi.. bener nih, aromanyaa emang favorit, emaknya aja suka hehe

      Hapus
  13. Lengkap sekali ya kak Mama's choice untuk menemani bonding dengan anak.. tipsnya juga applicable dan sangat bermanfaat mom.

    BalasHapus
  14. Seru sekali memang kalo bisa bonding ya mbak, kita jadi bisa tahu betul perasaan anak.

    Irish Bella’s Baby Essential Kit, memang top bingits nih buat temankan bonding kita.

    BalasHapus
  15. Meluangkan waktu tanpa interupsi semisal dengan membaca buku bersama anak itu momen berharga banget ya Mba. Anggap saja sebagai investasi bonding untuk masa depannya nanti.

    Ada banyak hal sih yang bikin aku pun suka sama produk dari Mama's Choice, karena bukan hanya dihadirkan buat anak anak tapi juga ibunya. Lengkap pula.

    BalasHapus
  16. Bener banget, saya merasakan yang bonding time ini dengan sentuuhan mbak. Rasanya anak-anak itu begitu bahagia ketika kita sentuh dengan kasih sayang. Jangan sampai menyesal meleatkan bonding time, sebab ketika anak sudah besar sudah beda lagi jika bonding taime dari ekcil terlewatkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju mbak, ternyata memang harus dilalkukan sejak dini agar kita semua terbiasa ya :)

      Hapus
  17. Kalau aku ngajak anak-anak main ke taman. jajan, sambil piknik kecil-kecilan. Alhamdulillah happy anak-anak hihi

    BalasHapus
  18. setuju aku kak kalau menghabiskan waktu dengan si kecil itu menunjukan bahwa dirinya dicintai.jadi kekuatan bonding itu luar biasa ya.

    BalasHapus
  19. aku juga pake ini mamaschoice mbak atiqoh. paket hemat banget kosmetik bayi sama buku bayi jadi satu bundling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. setuju mbak Ina, bikin emak senang, ya kaan 😂

      Hapus
  20. Lengkap banget nih ulasannya mbaa.. jadi penasaran aku sama produk2 Mama's Choice ini

    BalasHapus
  21. Bener nih, kapan lg bonding sama anak kalau ga dr kecil. Udh gede mereka pasti ga mau lg dipeluk peluk deh

    BalasHapus
  22. Bonding time dengan anak itu memang penting sekali. Saya merasakan perbedaan sikap dan suasana hati anak saat saya menghabiskan lebih banyak waktu berkualitas dengan mereka.

    BalasHapus
  23. Anak saya yang balita suka banget kl dipijitin pakai Tummy Oil nya Mama's Choice, nyaman banget punggungnya, capek main lompat sana sini kali yaa... bener ini sentuhan fisik meningkatkan bonding

    BalasHapus
  24. Wuih asyik banget nih menikmati bonding time dengan anak ditemani sama Baby care begini

    BalasHapus
  25. Bonding time. equal with golden moment bersama sang buah hati. Karena Sesederhana apapun aktifitas bersama anak-anak, adalah sangat berharga dan tak bisa bisa dinilai dengan apapun, akan menjadi bagian kenangan manis sepanjang masa, .

    BalasHapus
  26. Semakin lengkap ya produknya Mama's choice, sekarang ada paket Iris Bella’s Baby Essential Kit ya, cocok buat hadiah teman yg punya anak nih!

    BalasHapus
  27. Waah ada paket bukunya juga ya, makin lengkap nih produknya Mama's Choice. Berhubung aku belum punya anak, bisa kali ya aku kasih ke ponakanku dulu hehe.

    BalasHapus
  28. memang jadi ibu jaman now tuh harus lebih kreatif yaa untuk menciptakan bonding time bareng si kecil tuh, thanks untuk ide-idenya yaa mba

    BalasHapus
  29. Benar ni kak, bonding time dengan anak salah satunya sering ajak ngobrol. Lalu dilakukan konsisten.
    Aku sudah terapkan hal tersebut sejak anak2 usia bayi hingga saat ini.

    Btw produk Mama's Choice semakin lengkap ya. Mantul euy

    BalasHapus
  30. Mama's choice memang produk andalan ya, dari sejak hamil hingga sekarang menyusui produk mama's choice selalu jadi andalan aku.

    BalasHapus
  31. Favorite aku Mama's Choice calming tummy oil nih. Sebelum tidur aku usapkan ke perut dan punggung si kecil. Alhamdulillah tidurnya pules.

    BalasHapus
  32. Daku melihat kakakku ke anaknya persis sama seperti tulisan mbak Atiq ini. Memang bangun kedekatan pada anak² harus sedini mungkin

    BalasHapus
  33. wah aku mupeng nih sama buku iji ingin menghadirkan di rumah juga , betul sekali bahw abonding itu dilakukan sejak dini khususnya saat b ayi baru lahir sekalipun bonding bisa dibangun saat memandikan mereka luarbiasa ya jadi kadanga gak bingung sama mereka yang meminta orang lain mengasuh anaknya terlepas mereka beekrja atau tidak namun bonidng. time itu tak harus sepanjang hari bersama anak asal ada waktu khusus yang berkualitas ya termasuk emmabcakan buku sekian menit apalagi jika bukunya menyenangkan

    BalasHapus
  34. cara bonding yang masih jadi PR itu hadir utuh sadar penuh here and now masih susah banget. lewat buku untungnya jadi perantara bgt utk aku melatih lebih hadir secara utuh membersamai anak

    BalasHapus
  35. Mamas choice ini udah paling oke sihh, aku pun suka banget sama baby bathnya. wangiiinya lembut bangett. bikin good mood

    BalasHapus
  36. anak ku juga suka pakai mamas choice culming tummy oil ini. wanginya soft lembut, dan hangatnya kerasa. bonding time memang sangat berarti ya untuk anak. akupun suka menghabiskan waktu bareng anak-anak.

    BalasHapus
  37. Membangun bonding dengn anak ini aku merasakan manfaatnya banget mbak, anak jadi lebih paham maksud mamanya tanpa perlu banyak kata, jadi apapun caranya.. kita perlu menciptakan waktu untuk bonding bersama anak

    BalasHapus
  38. Mama's choice produk andalan aku moms, mulai dari anak pertama aku slalu aku pakai produk mama's choice dan yg ini aku pake utk suplemen pelancara Asinya. Hihi

    BalasHapus
  39. Setujuuu, 3 kegiatan ini mudah dan ringan untuk dilakukan kapan saja bersama anak. Luangkan waktu sebentar ya moms, sangat brarti buat anak kita.

    BalasHapus
  40. Artikelnya sangat bermanfaat Mbak. Aku nih masih PR besar soal bonding ini.

    BalasHapus
  41. Dulu saya kira produk ini milik irish bella trnyata dr mamas choice. Keren ya produk nya menggandenh artis ternama

    BalasHapus
  42. Bonding dengan anak gunaksan Mama's choice sangat bermanfaat. Wah makin dekat makin bagus karena anaknya jadi dekat dengan ibunya, ibunya juga makin senang.

    BalasHapus
  43. lengkap banget ya Mama's Choice?

    kunci bonding emang konsisten ya? Supaya anak anak mau terbuka dan kita bisa berperan sebagai teman mereka

    BalasHapus
  44. Tantrum memang jadi tantangan tersendiri ya mbak. Aku suka pusing kalau anak tantrum dan mencoba untuk tetap sabar.

    Nggak gampang menghadapi anak tantrum karena apapun yang kita lakukan akan selalu salah, jadi nunggu reda dulu tantrumnya, baru aku peluk.

    BalasHapus
  45. Meskipun aku belum menikah dan belum punya anak, tapi aku suka banget baca tulisan2 parenting seperti ini, krn aku ingin nanti tidak salah dalam mendidik anak.

    BalasHapus
  46. Setiap ortu mestinya bisa melakukan bonding time bersama anak2 ya mba, walaupun gak semua ortu bisa full sama anak2nya, hehe tapi tetap sih ortu dapat mendukung bonding time yg berkualitas spti ulasan artikel di atas karena banyak sekali manfaatnya buat tumbuh kembang anak ya mba..

    BalasHapus
  47. Memang penting banget ya Kak menjaga bounding dengan anak apalagi anak mulai besar dan sibuk dengan kegiatannya sendiri. Btw, anak saya cocok sama produknya Mama Choice tapi sayang susah carinya. Huhuhu

    BalasHapus
  48. Baca ini jadi ingat kenangan saya bersama anak-anak waktu kecil dulu, saya suka bacain mereka buku-buku. Sekarang hasilnya terasa deh...

    BalasHapus
  49. Ong tine ga update produk Mama's Choice ternyata sekarang udah ada bundle nya, ada body wash nya jugaa. Huaah paket lengkap ini mahh

    BalasHapus
  50. Banyak kegiatan yang bisa dilakukan bareng keluarga ya kak.
    Terlebih lagi we time seperti itu bisa bangun kedekatan, sehingga bisa sama² saling memahami

    BalasHapus
  51. Mamas Choice ini selalu jadi pilihan, aku sendiri pake juga buat bayi kecil di rumah

    BalasHapus
  52. Produk Mama's choice ini aku dan anak anak suka wanginya, texture nya juga. Emang pas banget dipakai bonding bareng anak

    BalasHapus
  53. Seru ya bonding sama anak. Pastinya ini jadi sumber kebahagiaan ibu dan anak yah. Ada mama choice lebih komplit lagi ya kan

    BalasHapus
  54. Bonding time itu bener-bener penting banget untuk membentuk ikatan cinta antara anak dan orang tua yaa, saya banyak sekali belajar tentang parenting,, jadi pengen cepet-cepet praktikin saat udah nikah dan punya anak nanti

    BalasHapus
  55. Wah bonding dengan Mama Choice bermanfaat banget ya mbak menjalin kedekatan ibu dan anak. Semoga semakin akrab ya dan bisa menjalin komunikasi secara intens

    BalasHapus
  56. Mama's Choice itu pinter banget ya pilih warna buat packing produk, gemes-gemes. Sampe ke cover bukunya juga tertarik buat beli. Sayang aja ini belum punya anak. Wkwkwk.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.