Bahaya Skip Sunscreen! Review N'PURE Cica Beat The Sun Powder

 Aku termasuk yang terlambat menyadari bahaya skip sunscreen. Seingatku, bintik hitam di wajahku sudah muncul dari aku duduk di bangku Menengah Atas. Hmm.. sungguh dini sekali ya. Akupun baru menyadarinya jika itu akibat terpapar matahari langsung, baru-baru ini, payah sekali diriku.


Sejak mengerti efek buruk paparan langsung sinar matahari, aku mulai rajin menggunakan sunscreen, meski di dalam rumah. Tapi memang seperti itu aturannya. Kenapa? Karena faktanya 80% sinar UVA, masih dapat menembus kaca dan awan (saat mendung).


Bahkan, dilansir dari website kecantikan hellosehat, sebuah penelitian yang diterbitkan oleh ACP Journal Wise, menunjukkan efek positif berkat rutin menggunakan sunscreen. Nyatanya, pakai sunscreen setiap hari, baik berada di rumah maupun di luar rumah, dapat menekan risiko penuaan serta kanker kulit.


Bahaya Skip Sunscreen

Memang benar, jika kita membutuhkan sinar UV sebagai sumber vitamin D terbaik bagi kulit. Namun, bila kulit terpapar sinar UV secara berlebihan juga dapat menimbulkan kerusakan kulit, lho.


Jadi, demi kulit sehat dan terhindar dari beragam masalah dan kerusakan kulit, pastikan untuk menggunakan sunscreen setiap hari sebelum beraktivitas, baik indoor, maupun outdoor.


bahaya-skip-sunscreen

Nah, biar lebih yakin lagi untuk tidak malas menggunakan sunscreen, kita simak nih, 3 dampak buruk (jangka panjang dan pendek) yang bisa kulit kita alami kalau sampai skip sunscreen. (Informasi ini saya dapatkan dari salah satu pasien yang melakukan konsultasi online dengan dokter spesialis kulit).


1. Penuaan Dini

Dampak buruk jangka panjang dari paparan sinar UVA dan UVB yang pertama bisa langsung dirasakan kulit adalah penuaan dini. Ya, dampak ini tidak hanya disebabkan oleh penambahan usia saja. Dilansir dari skincare.org, sebanyak 90% andil sinar UV sebagai penyebab dari terjadinya penuaan dini pada kulit.


Nah, ini dia tanda-tanda kalau kulit kita mengalami penuaan dini atau photoaging, antara lain:

  1. Kulit mulai kusam
  2. Kulit kering
  3. Tekstur kulit yang mengendur
  4. Muncul garis halus di sekitar mata, bibir, dan dahi
  5. Muncul bintik hitam pada wajah


Wah, rupanya semua poin tersebut sudah nampak di kulit wajahku, huhu.. Kalau kalian, sudah mengalami poin berapa? Apapun jawaban kalian, yuk mulai sekarang kita wajib untuk mengaplikasikan sunscreen sebagai rutinitas setiap hari, ya!


2. Flek Hitam

Sunspots atau yang lebih dikenal dengan flek hitam di wajah merupakan masalah kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih. Pada umumnya, flek hitam ini baru muncul saat berumur 40 tahun-an ke atas. Namun, flek ini bisa muncul lebih cepat kalau kita lebih sering terekspos sinar matahari. Apalagi dengan indeks UV yang ekstrim, seperti di Indonesia, ditambah lagi skip menggunakan sunscreen. Itulah aku, sedih sekali, huhu..


Jadi ternyata, menurut banyak informasi yang didapatkan, jika kita terekspos sinar matahari dalam jangka waktu yang cukup lama, produksi melanin/pigmen yang berperan untuk memberikan warna pada kulit akan meningkat. Kenapa? Karena melanin/pigmen sedang berjuang untuk melawan dampak dari sinar UVA dan UVB di kulit kita. Wow keren ya!


Jadi, ketika sel memproduksi melanin dalam jumlah banyak, area kulit tersebut otomatis akan terlihat lebih gelap, sehingga muncul flek atau yang disebut dengan sunspots. Jadi, flek hitam itu muncul sebagai bentuk upaya kulit melindungi sel dan lapisannya. Wah, kerja berat nih mereka, yuk kita bantu dengan rajin pakai sunscreen!


3. Berisiko Terkena Kanker Kulit

Nah, terakhir nih, bisa berisiko terkena kanker kulit. Kanker kulit adalah penyakit yang sangat mungkin terjadi bila terlalu sering terkena paparan sinar UV yang berlebih atau sering mengalami kulit terbakar karena sinar matahari.


Sinar UV berlebih diduga dapat merusak kulit dan memicu pertumbuhan yang tidak normal (atau mutasi genetik) pada sel kulit. Mengingat bahwa Indonesia memiliki indeks UV yang tergolong ekstrim, jadi wajib hukumnya untuk menggunakan sunscreen secara rutin setiap harinya.


Baik, setelah mengetahui dampak buruknya, yakin masih malas pakai sunscreen nih? Aku aja sudah mulai rajin lho, dan jadi kolektor produk sunscreen nih, hihi.. Beberapa produk sunscreen yang sekiranya sesuai dengan kulitku, sudah kucoba, hehe..


Review N'PURE Cica Beat The Sun Powder

Jadi 3 hal itu yang menjadi fokus dampak-dampak buruk yang bisa muncul akibat paparan sinar matahari, hanya karena malas menggunakan sunscreen


Nah, kabar baiknya, aku akan review salah satu produk sunscreen kesayanganku. Simak terus ya, dijamin kalian akan kena racun cinta dariku, hihi..


Yes, sunscreen ini akan siap melindungi kulit secara maksimal dari paparan sinar UV!

npure-cica-beat-sunscreen-powder

Dulu, sunscreen identik dengan krim pelembab yang tebal, meninggalkan whitecast di wajah, dan jadi lebih berkeringat rasanya. Kini, sudah banyak inovasi produk sunscreen yang sangat nyaman untuk digunakan, bahkan sehari-hari. Salah satunya yang muncul dengan tekstur berbeda dengan sunscreen kebanyakan adalah N'PURE Cica Beat The Sun Powder.


Iya, teksturnya powder semacam bedak tabur, namun dengan kemasan yang lebih praktis. Suka!


N'PURE Cica Beat The Sun Powder ini merupakan hybrid sunscreen powder yang ringan dengan menggabungkan physical sunscreen dan chemical sunscreen untuk memberikan perlindungan terhadap sinar matahari UVA dan UVB.


Selain itu, sunscreen powder ini juga terbukti ampuh membantu menyerap minyak berlebih di wajah. Lalu, mampu meminimalkan tampilan pori-pori, lhoo.. ini idaman para wanita pasti, hehe..


Terakhir, bisa juga digunakan untuk mengatur riasan sekaligus mengurangi kilau minyak. Kan, banyak manfaatnya, pasti banyak diserbu, hihi..


Selain itu, produk ini juga sudah terdaftar BPOM, mengantongi sertifikat Halal MUI serta bebas dari kandungan yang berbahaya untuk kulit seperti paraben, alkohol, SLS, dan tidak mengandung fragrance. hingga kandungan yang menyebabkan alergi lainnya. Jadi cocok untuk kulit sensitif.


Tertarik untuk mencobanya? Simak, review N'PURE Cica Beat The Sun Powder.


Packaging

Sunscreen ini memang nampak berbeda dari produk sunscreen N'PURE sebelumnya yang seri CICA Bear juga. Nah, produk yang ini, dapat digunakan untuk melengkapi pemakaian produk sebelumnya.


Hadir dalam kemasan stick dengan kuas yang nyaman dan mudah digunakan. Jadi, meskipun berjenis sunscreen powder, kemasan dari N'PURE Cica Beat The Sun Powder ini berbentuk tabung atau stick yang mudah untuk digunakan dan praktis untuk dibawa-bawa.


Sama seperti rangkaian produk N'PURE Cica series lainnya, kemasan terbaru ini dibalut dengan warna hijau yang menggambarkan produk ini mengandung Centella Asiatica.


Pada bagian bawah kemasannya, sekitar setengah tabung kemasan, dibuat transparan sehingga bisa terlihat langsung isi powder di dalamnya. Selain kemasannya kecil, hanya berisi 5 g saja, produk ini juga menyediakan kuas aplikator untuk mempermudah mengaplikasikan sunscreen. Cocok untuk dibawa kemana-mana.


Texture & Scent

N'PURE Cica Beat The Sun Powder memiliki tekstur powder yang lembut dan halus. Warna powder-nya beige namun saat diaplikasikan ke kulit tidak mengubah warna kulit, justru ada efek mencerahkan. Produk ini tidak memiliki wangi atau aroma apapun, sehingga aman untuk kulit sensitif.


Sayangnya, karena konsistensi sunscreen ini berupa powder jadi takaran penggunaanya pun sulit ditentukan. Jadi, sunscreen ini lebih cocok digunakan untuk reapply sunscreen di atas makeup dengan hasil akhir yang ditampilkan matte. Sunscreen ini juga mampu menyerap minyak berlebih di kulit, sehingga proses reapply sunscreen akan lebih mudah.


Ingredients

Salah satu key ingredients N'PURE Cica Beat The Sun Powder adalah Natural Centella Asiatica Leaf Water yang cocok untuk jenis kulit berminyak atau berjerawat. Centella Asiatica kini menjadi salah satu kandungan yang sedang naik daun di industri kecantikan saat ini.


Bahan alami tersebut dikenal karena manfaatnya yang dapat menenangkan kulit setelah beraktivitas di bawah paparan sinar matahari. Sunscreen powder ini juga hadir dengan kandungan rice bran oil dan vitamin E yang bermanfaat untuk menghidrasi dan menutrisi kulit dengan maksimal.


Ingredients yang tertulis dalam kemasan:

C1 77019, Titanium Dioxide, Silica, Polymethylsilsesquioxane, HD Trimethylol Hexyllactone Crosspolymer, Ethylhexy| Methoxycinnamate, Talc. C1 77492, Ethylhexy, Salicylate, Triethoxycaprylylsilane, Lauroyl Lysine, Capryly| Glycol, Ethylhexylglycerin, Methicone, CI 77499, CI77491, Aluminum Hydroxide, Magnesium Myristate, Oryza Sativa (Rice) Bran Oil, Tocopheryl Acetate, BHT, Tocopherol. Centella Asiatica Leaf Water.


Produk terbaru dari N'PURE ini hadir dengan SPF 30 UVA UVB, yang juga memiliki beberapa kandungan yang penting dalam produk sunscreen, seperti Titanium Dioxide, Ethylhexyl Salicylate, dan Ethylhexyl Methoxycinnamate. Ketiga bahan tersebut dikombinasikan untuk memberikan perlindungan maksimal agar kulit terjaga dari efek buruk sinar matahari. Makanya, yuk jangan pernah skip sunscreen!


Direction to Use

Kemasannya yang seperti stick, memudahkan sekali untuk menggunakannya. Pertama, TAP! kita perlu tap-tap stick saat masih kondisi tertutup, secara terbalik (sisi tutup ada di bawah). Lakukan beberapa kali aggar powder turun ke aplikator kuasnya. 


Kedua, POP! kita bisa buka tutup kuas dengan menghadap ke atas. Mengurangi kemungkinan powder tumpah karena rontok dari kuasnya. Jika sudah dibuka tutupnya, maka bisa kita dorong bagian pelindung kuas ke bawah. Dan, munculah kuas yang sudah terbaur dengan powder.


Ketiga, FLICK! ketuk kuas dengan jari, untuk memastikan jika sudah ada powder yang menempel di kuas.


Selanjutnya, APPLY! tinggal kita aplikasikan saja ke wajah secara merata. Bagian leher, telinga dan bagian lain yang terbuka juga jangan dilupakan ya! Dan, REAPPLY! Aplikasikan kembali sepanjang hari sesuai kebutuhan setiap 2 jam untuk perlindungan UV.


First Impression

Suka karena aku suka produk yang praktis digunakan, dan ini jadi jawabannya!


Setelah aku coba aplikasikan di wajah, produknya mudah membaur di kulit, sehingga tidak perlu berlama-lama meratakannya ke wajah. Semacam sedang bedakan dengan bedak tabur, hehe.. Tekstur powdernya, memudahkan juga untuk proses reapply sunscreen, gak perlu khawatir menggeser makeup deh.


Terus yang suka juga, wajahku jadi nampak lebih glowing setelah pakai. Lebih mulus dan halus aja gitu, kaya habis pakai bedak, hihi.. Jadi tak perlu takut lagi dengan whitecast kalau pakai sunscreen.


Salah satu nilai plus dari sunscreen powder ini adalah adanya formula UVA & UVB Filter untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVB yang dapat menyebabkan kulit terbakar (burn) dan menyebabkan kulit tampak kusam. Jadi tidak dapat dipandang sebelah mata nih manfaatnya.


packaging-npure-sunscreen-powder


N'PURE Cica Beat The Sun Powder, salah satu bentuk produk sunscreen yang inovatif ya! Menjadi produk sunscreen powder pertama yang ada di Indonesia.


Price

Dengan menarik dan praktisnya produk ini, harga yang diberikan cukup terjangkau. Apalagi kalau dipakai sehari-hari, termasuk yang masuk di kantong nih harganya, hehe.. Hanya Rp 149 ribu, kita sudah dapat produk cantik yang bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.


Untuk informasi lebih lanjut tentang produk N'PURE lainnya, kalian bisa ikuti media sosialnya di Instagram @npureofficial, atau di website resminya https://npureofficial.id/.


Jadi, setelah mengetahui bahaya skip sunscreen, sudah tertarik untuk mencoba N'PURE Cica Beat The Sun Powder? Dijamin gak rugi!


#NPURE

#BeatTheSun

#NaturalDailyProtection

# SecondShield

24 komentar:

  1. Wah penting sekali untuk gunakan suncreen agar terlindung dari paparan sinar matahari. Saya pun merasakan vleg hitam akibat tidak gunakan sunscreen, apalagi skg ada produk yang bagus.

    BalasHapus
  2. Betulllll, sunscreen itu wajib kudu harus. Gak peduli mau cuaca panas atau mendung sekali pun, gak boleh skip. Ada yang nyaman pakai krim, ada yang nyaman pakai serum, dan ada juga yang nyaman pakai serbuk kayak bedak tabur keluaran N'PURE Cica Beat The Sun Powder ini ya mba. Saya cukup surprise tahu ada yang bentuknya bedak begini.

    BalasHapus
  3. Baru tau produk sunscreen dalam bentuk bedak tabur kayak gini, tapi penggunaannya lebih ringkas ya. N'Pure ini varian produknya banyak juga ya

    BalasHapus
  4. aku pun pakai sih sunscreen npure. 2 step ❤️ setiap 2 jam sekali 😂

    BalasHapus
  5. wah kok ngeri ya mbak, aku jadi berpikir nih memasukkan sunscreen buat masuk list belanja skincare bulanan
    wah npure ini bis ajadi salah satu yang masuk refrnsi nih, aku suka sama warna emeraldnya dari kemasan n'pure

    BalasHapus
  6. wah baru tahu nih ada dalam bentuk tabur seperti ini. Baru inget krim day aku sudah habis seminggu yang lalu deuh belum sempat pesen lagi, ternyata bahaya ya bisa bikin flek hitam...huhu harus segera belanja nih.

    BalasHapus
  7. terjangkau banget harganya

    mau coba ah, udah lama gak pakai sunscreen pertimbangannya kan hanya di rumah

    ternyata .......

    BalasHapus
  8. Bagus banget emang sunscreen npure ini, bikin re-apply sunscreen jadi lebih mudah

    BalasHapus
  9. Duh saya termasuk yang sering skip pake sunscreen nih. makanya wajahku sudah dihiasi sama bintik hitam. Tapi better late than never sekarang saya mulai rajin pake sunscreen. dan saya baru tau lho ada sunscreen dalam bentuk powder kayak produk N'Pure ini. Sebuah inovasi yang menarik.

    BalasHapus
  10. Hmmm gak kebayang pake sunscreen versi tabur. Enaknya gak lengket pasti yah. Apa harus diulang-ulang seperti menggunakan bedak tabur?

    BalasHapus
  11. Sebetulnya key ingredient-nya bukan pada Centella asiatica leaf water-nya. Sebab jelas-jelas di deretan ingredients itu, C. asiatica leaf water dicantumkan terakhir, maka pasti konsentrasi C. asiatica leaf water ini paling sedikit.

    Dalam hukum farmasi, bahan yang paling banyak konsentratnya dicantumkan paling depan.

    Dengan mengacu pada ingredients yang dituliskan di atas, maka key ingredient-nya jelas adalah titanium dioxide :)

    BalasHapus
  12. Daku juga acap kali ke-skip pakai sunscreen, apalagi kalau udah kerjaan pagi deadline-nya. Huhu.. kudu berubah nih mulai sekarang, demi kesehatan

    BalasHapus
  13. Aku juga termasuk telat tahunya. Dan baru tahu namanya bintik hitam itu Skip Suncreen! Karena aku kerja banyak di lapangan waktu itu, dan nggak paham soal-soal skincare, jadi mulai banyak bintik hitam dan dibiarkan.

    Baru beberapa waktu terakhir saja pakai produk sunscreen, dan memang butuh proses lama untuk mengembalikannya. Next, mungkin saya akan coba Npure Powder ini.

    BalasHapus
  14. Huhu aku masih suka lupa pakai sunscreen meski lebih sering di dalam rumah juga kalau lagi WFH

    BalasHapus
  15. penting banget sih pakai sunscreen sebelum beraktivitas dan terpapar matahari, soalnnya kalau udah kena sunspot, flek, berabe. yang ini unnik karena kayak bedak tabyr ya

    BalasHapus
  16. N pure cica ini meskipun harganya terjangkau dengan kantong tapi yang kusuka hasilnya bagus banget ya kak.salah satu teman dekat juga pakai ini, nanti Saya pengen Cobain juga ah

    BalasHapus
  17. Aku juga pakai sun screen dari N'pure ini, rekomendasi mba-mba yang jaga stand toko komestik.
    Unik banget bentuknya, pas diaplikasikan ke wajah memang benar berasa pakai bedak tabur, wkwkwk

    BalasHapus
  18. Oh ternyata gitu ya , mau dalam rumah meskipun cuma WFH doang tetap harus pakai sunscreen. Selama ini sih sudah membiasakan diri pakai sunscreen tapi itu untuk keluar rumah.

    BalasHapus
  19. Pakai sunscreen itu memang wajib ya mba. Katanya akan percuma rajin skinkeran kalau nggak pakai sunscreen. Jadi aku tiap hari juga pakai, tapi yang N Pure ini baru tau. Menarik packaging nya.

    BalasHapus
  20. Sebenarnya udah tau bahaya skip sunscreen tapi sering kalah sama rasa malas haha, apalagi kalo pagi pas buru2 mau pergi. Mana katanya sunscreen harus di apply 15 menit sebelum keluar rumah lagi kan

    BalasHapus
  21. Penggunaan sunscreen powder ini gimana ya takarannya? Kalau sunscreen biasa kan ada standar dua ruas jari

    BalasHapus
  22. Aku termasuk yg skip sunscreen bahkan sampai aku aktif bekerja 10 tahun lalu. akhirnya apa yg terjadi flek hitam telah terukir di wajah. dan baru setahun terakhir rutin pakai sun screen meski di dalam rumah

    BalasHapus
  23. Terima kasih diingatkan, dulu aku sering skip sunscreen juga karena males huhu trus sekarang lagi berusaha tobat gak mau skip lagi, minimal yah serum+sunscreen aja sehari2.

    BalasHapus
  24. Mba Atiq aku makasih banget nihnudah diingatkan. Aku butuh sunscreen juga, biasanya cuma make pelembab aja ternyata penting banget ini

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.