Pilihan Lagu Anak Indonesia di Hoala dan Koala, Animasi 3D Indonesia!

Lagu anak Indonesia mana nih yang paling kalian ingat? Untuk generasi 90 an, pasti bahagia sekali punya banyak lagu anak-anak yang seru karena sesuai usianya. Waktu kecil dulu, hampir setiap acara di televisi, menampilkan acara hiburan anak.


Isinya ya tentang lagu-lagu anak yang pantas dinikmati anak-anak. Pelangi, Bintang kecil, Balonku, dan masih banyak lagi, menjadi lagu yang tak lekang oleh waktu.


Namun sayangnya, semakin kesini, perkembangan lagu anak sepertinya semakin berkurang, drastis. Anak-anak lebih sering menyanyikan lagu-lagu orang dewasa, yang bahkan mereka pun sebetulnya tidak mengerti maknanya, hmm.


Kini, perkembangan platform media hiburan sepertinya sudah mulai bisa kembali dinikmati anak-anak dengan konten yang sesuai usia mereka. Senang sekali jika melihat anak-anak menyanyikan lagu yang sesuai dengan usianya. Tampak lebih cerdas dan menggemaskan, hihi..


Manfaat Mendengarkan Lagu Anak-anak

Dilansir dari berbagai laman parenting, ternyata, musik dan lagu merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan anak-anak hingga orang dewasa. Untuk anak-anak, lagu tidak hanya sebagai sarana hiburan, tapi juga memiliki manfaat baik untuk tumbuh kembangnya.


Nah, beberapa manfaat itu antara lain:


Sebagai Sarana Komunikasi, dengan menyanyikan lagu Nina Bobo sebelum tidur misalnya, anak akan mengerti jika saat itu sudah waktunya untuk bersiap tidur. Apalagi, lagu anak jaman dulu rupanya sanat lengkap untuk menemani aktivitas sehari-hari anak.


Ketika harus bangun tidur, ada juga lagu dari Pak Kasur yang dapat menasehati si kecil untuk segera mandi dan merapikan tempat tidur. Seru ya kalau setiap beraktivitas bisa diiringi lagu-lagu ini. Anak akan lebih mudah menerima karena lebih menyenangkan.


Sebagai Sarana Pendidikan, Lagu anak-anak juga diciptakan khusus untuk tujuan pendidikan. Mengajarkan sesuatu hal untuk si kecil, atau berupa informasi sederhana mengenai ciptaan Tuhan. Pelangi, Bintang Kecil, Lihat Kebunku, Tik..Tik.. Bunyi Hujan, dan masih banyak lagi lagu anak yang bisa dinyanyikan untuk memberikan informasi kepada si kecil tentang ciptaan Tuhan.


dan, Sebagai Sarana Mendekatkan Hubungan, ketika orang tua menyanyikan lagu anak yang sederhana dan positif, maka akan lebih rileks dan tentunya bikin happy ya. Si kecil yang mendengarkan pun akan ikutan happy deh! Nah, kelekatan emosional pun terjalin dengan baik.


Pastinya, anak-anak akan lebih terkenang, saat masih kecil, dibangunkan dengan nyanyian bukan dengan paksaan dan omelan, opss! hihi..


Selamatkan Lagu Anak Indonesia

Lagu anak Indonesia memang sempat redup terdengar. Hampir di suatu masa, mendengar anak-anak kecil setiap hari ikut mendengarkan dan menyanyikan lagu oran dewasa. Bahkan justru menjadi bahan candaan, yan rasanya tidak pantas.


Nah, keresahan inilah yang membuat para penggiat lagu anak-anak untuk menyelamatkan lagu anak Indonesia. Rendyadi Amnar selaku CEO dari PT Amnar Awandi Kazoku menginisiasi lahirnya karakter animasi 3D Hoala dan Koala di pertengahan 2020 lalu. Selain menawarkan kualitas secara visual, karakter musikal berbentuk animasi 3D itu juga menyuguhkan musik-musik ceria yang bisa dinikmati oleh anak-anak.

pilihan-lagu-anak-indonesia

Senang sekali mendengar berita baik ini, apalagi di tahun ini saya masih punya anak balita. Jadi kita bisa turut menyelamatkan lagu anak Indonesia dengan mengenalkannya pada anak-anak kita. Berharap mereka pun bisa terus membawanya dan mengenalkan pada anak-anaknya nanti.


Jadi, seperti apa Hoala dan Koala ini? Penasaran? Simak terus ulasannya ya! Pertama kali melihat semua karakternya, saya langsung jatuh cinta. Saat itu juga saya ajak anak saya nonton, dan dia happy dengan tontonan barunya. Berkenalan dengan para karakter animasinya, dan tentu saja bersama menyanyikan lagu-lagu anak.


Bernyanyi Bersama Hoala dan Koala

Dari namanya, tentu bisa ditebak, akan ada karakter hewan koala dalam animasi 3D ini. Benar sekali! Sedangkan Hoala sendiri merupakan karakter seorang anak perempuan yang aktif dan penuh rasa ingin tahu. Keduanya adalah sepasang sahabat yang gemar menyanyi, sehingga karakter ini akan terus mengeluarkan banyak lagu ke depannya dalam setiap videonya di kanal YouTube.


Karakter Hoala & Koala divisualisasikan dengan animasi 3D dan memiliki karakter seperti layaknya anak-anak zaman sekarang yang tumbuh berkembang di tengah era digital.


Nah, karakter 3D dipilih karena akan menjadi karakter yang tak akan lekang oleh waktu, sehingga tidak khawatir jika mereka akan tumbuh dewasa dan mengalami perubahan suara.

animasi-3D-hoala-koala


Sejak awal hingga saat ini, Hoala & Koala sudah memiliki 5 album dan lebih dari 45 lagu anak-anak baru yang bisa dilihat di Youtube, Spotify hingga iTunes lho! Kanal YouTube nya sendiri sudah memiliki lebih dari 7,2 juta pelanggan. Wah, benar-benar menyelamatkan lagu anak Indonesia nih :)


Karakter Hoala dan Koala

Dalam Animasi 3D Hoala & Koala, selain tadi ada si koala, ternyata ada beberapa karakter lainnya yang juga bisa ikut bernyanyi bersama. Berikut ini beberapa karakter yang ada di animasi 3D Hoala & Koala:


HOALA AWANDI adalah seorang gadis kecil berusia 3 tahun yang sangat gemar bernyanyi, suka minum susu rasa coklat dan stroberi.

KOALA adalah sahabat Hoala yang merupakan hewan yang bisa berbicara yang berasal dari negeri Mykonos, dunia yang berada dalam buku cerita favorit Hoala.

MISS JERUK adalah peri baik hati yang berbentuk jeruk yang berasal dari negeri di atas awan. Miss jeruk selalu setia mendampingi Hoala dan mewujudkaan banyak keinginan Hoala.

AMAR AWANDI adalah ayah Hoala yang sangat menyanyangi Hoala.

NARA AWANDI adalah ibu Hoala yang selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam mendidik Hoala dan banyak menyampaikan nasihatnya dalam bentuk lagu.

RUBIN adalah seekor rubah pemalu yang lebih sering mengintip dari kejauhan dan berbicara tanpa menatap lawan bicaranya.

LINCUL adalah seekor ular betina yang sangat periang yang dibesarkan oleh keluarga kelinci. Karena selalu merasa berbeda dari kelinci, Lincul memutuskan untuk selalu memakai bando kelinci di kepalanya agar dapat berbaur dengan keluarga kelinci.

BURHAN adalah seekor burung hantu yang sangat menyukai sulap.

BU AYA adalah guru taman kanak-kanak yang mengajar Hoala dan teman-temannya.

SERIGILI adalah seekor serigala jantan yang baik hati namun sering merasa sedih.

OM PONG adalah seekor macan jantan yang sangat pemalu dan tak percaya diri.

OM BRE adalah seekor singa jantan modern yang sangat menyukai K-Pop.


Banyak kan karakter yang bisa menemani anak-anak bernyanyi di animasi 3D Hoala & Koala ini. Dijamin anak-anak tidak akan bosan, hehe.. Variasi karakter dan lagu-lagunya yang beragam ini diharapkan bisa menghibur anak - anak Indonesia. Tentunya sesuai dengan usia anak-anak.


Tontonan Keluarga

Hoala & Koala divisualisasikan dengan animasi 3D yang lucu dan cocok untuk ditonton oleh anak-anak dari usia bayi hingga sekolah dasar. Tontonan ini juga tidak hanya bisa dinikmati di kecil saja, para orang tua juga bisa ikut mendampingi dan bernyanyi bersama. Nostalgia dengan lagu anak-anak ya!


Harus diakui, sejak bertahun lalu musik anak-anak lesu dan mati suri, orang tua pasti kebingungan dengan pilihan hiburan untuk si kecil. Bahkan sampai beberapa tahun belakangan, musik untuk anak-anak Indonesia masih belum menjadi prioritas.


Oleh karenya, Hoala & Koala hadir bagai angin segar. Mereka menggarap seluruh musiknya dengan serius dan matang. Tidak sedikit musisi internasional yang terlibat di dalam pembuatan aransemen dari musik Hoala & Koala ini lho. Selain itu, dalam menggarap musiknya pun, ada banyak alat musik yang digunakan, mulai dari saxophone, terompet, double bass, trombon, klarinet, cello, harpa, hingga instrumen etnik Indonesia seperti gamelan dan angklung. Kereeeen banget deh!


Selain bernuansa pop yang mudah untuk dicerna anak-anak, mereka juga memiliki banyak aliran musik lain seperti jazz, big band, akustik, dan lainnya.

tontonan-keluarga-hoala-koala

Bahkan, saya dan si kecil juga sudah punya lagu favorit saat pertama kali nonton, hehe.. Lagu anak kembali bersekolah Hoala Koala menjadi pilihan kami yang diputar berulang.


Hoala dan Koala ingin membuktikan bahwa tak selamanya musik anak-anak adalah musik yang sederhana dengan balutan musik yang juga sederhana. Kualitas vokal yang ditampilkan juga merupakan kualitas vokal yang bisa disandingkan dengan musik di luar genre anak-anak.


Animasi 3D Indonesia yang dikombinasikan oleh lagu anak yang berbobot tentunya akan membawakan warna baru pada dunia hiburan tanah air. Lagu dan animasi anak Indonesia akan kembali hadir menemani anak-anak. Berikan tontonan yang berkualitas untuk si kecil di Youtube HoalaKoala. Ayo selamatkan lagu anak Indonesia! 

35 komentar:

  1. Hwaa Hoala Koala ini juga kesukaan anakku lhooo.
    Dulu pas dikenalin pertama kali, diulang2 terus sama dia.
    Menantikan lagu baru dari Hoala Koala nihh kitaa <3

    BalasHapus
  2. Saya kok seneng banget ya pas tahu mengenai channel hoala koala ini..miris soalnya melihat lagu zaman now banyak yg tidak edukatif.

    BalasHapus
  3. Gemoy banget lagu-lagu di Hoala Koala niihh, jadi referensi baru buat lagu-lagu anak yang mengedukasi. Diputer berulang-ulang sama anakku yang kecil, alhamdulillah terhindar dari lagu-lagu toxic yg merajalela belakangan ini.

    BalasHapus
  4. Sekarang susah emang nyari lagu anak-anak yang mendidik. karena banyak anak yang lebih senang tiktokan juga. Untung ada Hoala Koala yang bisa membantu sarana mendidik dan mendekatkan hubungan dengan anak-anak.

    BalasHapus
  5. Aku termasuk yang membatasi tontonan anak di YouTube, Alhamdulillah ada Hoala Koala yang ikut bisa jadi media tontonan bermanfaat di YouTube. Lagunya bagus untuk mengajarkan habit ke anak

    BalasHapus
  6. Hiks, suka sedih liat lagu jaman sekarang. Sedikit banget yang mmg lagu khusus untuk anak².

    BalasHapus
  7. Hoala Koala kumpulan lagu anak Indonesia terbaru yang cocik sekali dijadikan tontonan bermanfaat untuk anak.

    BalasHapus
  8. wah ini nie yg aku cari ... khusus anak2 jadi mereka lebih nyaman bernyanyi dan mendengarkan musik

    BalasHapus
  9. Sayangnya saya cari di yt kids channel ini gak ada padahal cukup bagus

    BalasHapus
  10. Harus beralih dari cocomelon ke hoala koala kayanya nih makasih bun

    BalasHapus
  11. yeaay, keren ssekarang anak Indonesia udah punya lagu anak sendiri juga, animasinya keren-keren pula, dan salut banget ya belum setahun albumnya udah sampai 5 gitu ya pilihan lagunya pun banyak.
    Anak-anakku juga suka lho dengan lagu-lagu Hoala dan Koala ;)

    BalasHapus
  12. Hoala Koala ini layaknya oase di padang pasir ya, saat anak2 kurang lagu2 yang mendidik, eh hadir si Hoala Koala. Tampil dalam karakter2 yang lucu pula.

    BalasHapus
  13. Wah ternyata Hoala Koala sudah bisa diakses di berbagai platform ya mulai dari Youtube sampai Spotify. Makin mudah kalau mau mendengarkan lagu-lagu anak Indonesia dengan animasi yang keren..

    BalasHapus
  14. Ya ampun gemess! Baru tahu ada yang namanya Hoala dan Koala. Mudah2an ini jadi titik balik lagu anak-anak indonesia ya

    BalasHapus
  15. Iya ya mbak, jaman aku kecil dulu banyak sekali pilihan lagu anak, bahkan ada acara khusus buat lagi anak. Sekarang ini anak anak kebanyakan nyanyinya lagi orang dewasa.

    BalasHapus
  16. sebagai emak-emak, aku seneng banget tau sekarang ada hoala koala ini, anak-anak jadi punya lagu anak lagi yaa sesuai masanya mereka, bukan nyanyi lagu orang dewasa

    BalasHapus
  17. ya Allah gemes bgt karakter2nya ya. HOala koala dan kawan-kawannya. lagu-lagunya juga seru ya banyak genre nya

    BalasHapus
  18. Senang sekalinya karena sekarang sudah ada lagu Hoala Koala yang bisa menemani anak2 Indonesia di rumah tinggal tugas orang tua nih yang mengenalkan biar anak2 gak terpapar lagi dengan lagu2 yang gak cocok dengan usianya

    BalasHapus
  19. Miris banget aku tuh mbak lihat anak-anak jaman sekarang malah nyanyiin lagu orang dewasa, kasian aja nggak punya lagu anak yang enak didengar. Untung ada koleksi lagu anak dari Hoala Koala ini ya, ditambah animasinya juga gemesin.

    BalasHapus
  20. Seneng banget sama hoala koala mba. Aku jadi teringat masa yang lalu di tahun 90an. Yang paling berkesan itu adalah lagu Abang tukang bakso.
    Soalnya setiap ada perlombaan nyanyi anak, aku selalu bawa lagu itu dan pernah juara di radio dekat rumah. Hahaha

    BalasHapus
  21. lucu banget karakter-karakter Hoala, mau lihat Hoala tayang di tv. Eh tapi pernah ditayangin di tv nggak ya?

    BalasHapus
  22. Ponakan daku kebetulan masih bocah-bocah kak.
    Informasi ini jadi bermanfaat buat daku, soalnya bisa rekomendasi kan pada mereka ada channel yang khusus menyediakan lagu anak²

    BalasHapus
  23. Sebagai generasi 90'an seneng banget kaena lagu anak masih banyak. Sekarang, sangat sedikit dan aktris cilik aja banyaknya lagu cinta-cintaan. Karenanya, aku memilih lagu khusus anak buat si kecil yang berbahasa asing karena masih banyak lagu-lagu menarik. Ternyata Indonesia juga ada Hoala dan Koala, ya. Sipp deh, meluncur ke Youtubenya.

    BalasHapus
  24. senang banget ya, ingat zaman kecil banyak lagu anak-anak, sekarang ada Hoala Koala jadi anak-anak ada pilihan ya

    BalasHapus
  25. Hoala & Koala ini jadi nge-update koleksi lagu anak Indonesia ya. Sayang banget perkembangan lagu anak dari negara kita kayaknya stuck segitu-segitu aja. Mayoritas masih lagu warisan zaman Ibu Kasur dkk dulu. Senangnya Hoala & Koala sudah punya 5 album, lebih dari 45 lagu. Jadinya, anak-anak kita gak monoton lagi deh.

    BalasHapus
  26. Adanya youtube lagu anak Indonesia dengan karakter yang lucu bikin anak-anak semangat banget. HAppy banget aku sebagai orangtua karena kini sudah ada gudangnya lagu anak Indonesia

    BalasHapus
  27. Beneran deh, sejak bertahun lalu jaman anakku yang kini SMA masih juga sama, musik anak-anak lesu , orang tua kebingungan dengan pilihan hiburan untuk si kecil.
    Jadi ikutan nyanyi lagu dewasa akhirnya mereka...duh
    Syukurnya kini ada pilihan lagu anak Indonesia Hoala Koala yang sesuai untuk usia anak-anak

    BalasHapus
  28. Antusias dengan adanya Hoala Koala ini kak. Anak-anak nggak kekurangan lagu buat konsumsi mereka. Kebayang dong kak anakku ada lima. Hotel kalau mereka konsumsi lagu-lagu dewasa.

    BalasHapus
  29. Aku aja sbg org dewasa seneng bgt nonton yutub Hoala & Koala, apalagi a anak2 ya. Sedikit lega krn kids zaman now udh punya lagu2 berkualitas.

    BalasHapus
  30. Suka banget sama lagu2nya Hoala dan Koala ini, apalagi yg judulnya "Kata Ibu" suka diulang-ulang sama anak saya saking demennya hehe

    BalasHapus
  31. Kalau saya biar aman anak gak banyak terdistraksi lagu dewasa nontonnya di Youtube kids jadinya lebih aman, untungnya channel Hoala & Koala juga ada di Youtube kids

    BalasHapus
  32. Anak bungsu saya suka sama hoala koala ini.
    saya baru aja memperkenalkannya baru-baru ini.
    alhamdulillah, ada tontonan dengan banyak lagu anak-anak di masa sekarang yang minim lagu anak ya,.

    BalasHapus
  33. Senangnya sekarang sudah ada Hoala Koala, jadi nggak bingung lagi cari lagu buat anak2 yang mendidik tapi di telinga tetap asyik.

    BalasHapus
  34. Untunglah ya sekarang ada lagu Hoala Koala untuk anak2 jadi ada unsur edukasinya bagus juga lagunya senang dengarnya tuh anak2

    BalasHapus
  35. Aku juga kemarin kenalin hoala dan koala ke anakku dan alhamdulillah dia suka. Jadi ketagihan karena musiknya beda ya mba, niat banget ya Allah bikinnya. kerennn

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.