5 Hal Seru Bisa Jadi Pilihan Saat Beraktivitas Tanpa Batas di Internet

Hal apa yang sering kalian lakukan di internet? Hmm.. kalau aku masih paling suka ya buka sosmed, hihi.. Padahal, banyak hal lain ternyata yang bisa kita lakukan saat terhubung dengan internet. Kita bisa melakukan Aktivitas Tanpa Batas di internet.


Semenjak hadirnya internet dalam kehidupan manusia, semua aktivitas dalam kehidupan menjadi lebih mudah untuk dijalankan. Tidak memungkiri jika kehadirannya benar-benar mengubah dunia.


Menurut kamus wikipedia, internet merupakan singkatan dari Interconnection Networking, yang berarti jaringan yang saling berhubungan secara luas.


Internet merupakan keterkaitan jaringan komputer melalui standard yang disebut global Transmission Control Protocol atau Internet Protocol TCP/IP. Sebutan internet sendiri diperuntukkan pada rangkaian jaringan yang paling besar.


Dengan jaringan inilah semua orang bisa berkomunikasi dengan mudah dan dalam waktu yang singkat dari seluruh dunia tanpa batas.

 

Manfaat Adanya Internet

Hadirnya internet tentu sudah dirasakan manfaatnya bagi kehidupan kita. Aku sangat bersyukur hidup di jaman serba canggih ini. Adanya internet benar-benar menjadikan semuanya mudah, untukku si introvet. Aku bisa dengan puas bertanya apa saja pada internet, mengetahui banyak hal, dan tentunya mendapatkan hiburan dari adanya jaringan internet.


Manfaat nyata yang mungkin dirasakan juga oleh hampir semua orang, seperti memutus rintangan dalam berkomunikasi. Selain itu juga mempermudah penyebaran informasi, memperluas jaringan, hingga untuk memenuhi kebutuhan essential sehari-hari seperti makanan, dan lainnya.


Tidak heran jika, hampir semua penduduk di bumi, kini menggunakan gadget atau perangkat lainnya untuk terhubung dengan internet dan beraktivitas tanpa batas.


Bahkan, hasil dari survey di Indonesia, dari sebuah lembaga pemasaran sosial, We are Social, dari 72,7 juta penduduk Indonesia yang menggunakan internet, 72 juta nya adalah pengguna aktif internet! Sekitar 3 jam per hari mereka gunakan untuk mengakses kumpulan perangkat lunak berbasis internet. Wow!


Oke fixed! Jadi kini internet seolah sudah menjadi kebutuhan primer manusia karena berhasil memenuhi hampir seluruh ruang hidup mereka. Mulai dari hal-hal kecil yang remeh sampai dengan hal terumit, semuanya bisa dilakukan dengan bantuan internet.


Sumber Beragam Informasi 

Jika di masa lalu, hanya sebagian kecil orang yang memiliki akses cukup baik yang dapat memperoleh ilmu dan informasi yang luas, kini adanya internet mempermudah semua orang untuk mencari wawasan dan informasi seluas-luasnya. Semua itu pun bisa diakses dengan mudah hanya lewat perangkat mobile saja.


Mempersingkat Waktu dan Menghemat Biaya 

Manfaat internet ini sungguh aku rasakan ketika harus tinggal jauh dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Salah satu manfaat ini memang menjadikan hidup lebih praktis dalam segala hal.


Dengan adanya internet ini, kita bisa memangkas waktu dan tentunya biaya. Internet mampu mengirimkan beragam data dan dokumen hanya dalam hitungan detik saja.


Tanpa perlu membayar biaya mahal untuk berkomunikasi, dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk melakukan komunikasi atau memenuhi kebutuhan kita. Bahkan sekarang, semenjak pandemi covid 19, semua aktivitas dapat dilakukan tanpa batas di internet. Sekolah, pekerjaan, belanja, dan tentunya berinteraksi sosial. Bahkan tempat untuk bisa berkarya tanpa batas juga.


Membantu Menjalankan Bisnis dan Usaha 

Dampak nyata pandemi covid 19 ini adalah banyaknya orang yang kehilangan pekerjaan. Namun, masih beruntung kita ada di jaman yang serba canggih ini. Bagi orang-orang yang pantang menyerah, mereka tentu akan memanfaatkan kecanggihan internet untuk bisa membuka lapangan usaha sendiri.


Dalam hal ini, internet akan memudahkan kita sebagai media perantara bagi bertemunya penjual dan pembeli secara virtual. Bahkan kini transaksi pembayaran juga sudah mudah dilakukan dari mana saja dan kapan saja dengan askes internet, secara virtual.


Memperluas Jaringan 

Bagi orang-orang yang sedang merintis usahanya, memperluas jaringan menjadi salah satu poin penting untuk terus meningkatkan usahanya. Agar lebih dikenal orang, dan memaksimalkan omset yang didapatkan.


Selain jaringan bisnis, jaringan pertemanan juga dapat diperoleh secara luas di internet. Aku menjadi salah satu penikmat internet untuk memperoleh jaringan pertemanan yang luas. Terutama pertemanan yang satu kesukaan. Seperti tergabung dalam komunitas blogger yang akhirnya menambah teman dan rejeki.


Apalagi dengan semakin berkembangnya media sosial. Kita jadi bisa mengenal seseorang dari beragam belahan dunia yang jaraknya bahkan ribuan kilometer jauhnya dari tempat tinggal atau negara asal.


Selain itu, ruang pertemanan tidak hanya diakses secara publik, kita juga bisa menggunakan metode privat, jika ingin melindungi informasi pribadi.


Media Hiburan 

Pasti ini tidak dipungkiri lagi, salah satu manfaat internet yang paling banyak dicari semua orang. Bahkan dari berbagai kalangan, anak-anak, remaja, hingga dewasa.


Namun, bebasnya hiburan  yang bisa didapatkan tanpa batas melalui internet ini, sangat diperlukan kebijakan dalam mengaksesnya, terutama bagi anak-anak.


Jika sudah merasakan manfaat internet, maka kita bisa memanfaatkannya dengan bijak untuk hal-hal yang baik saja.


Bahaya Hadirnya Internet Tanpa Batas

Informasi dan hiburan yang tersedia di internet, kini sudah semakin beragam. Tentu saja hal ini demi bisa memuaskan kebutuhan para penggunanya.


Memang, secara umum, teknologi dibuat untuk memudahkan manusia menjalankan berbagai aktivitas, termasuk adanya teknologi internet. Namun, adanya aktivitas yang dapat dilakukan tanpa batas di internet, tentu saja mengundang niat jahat atau maksud tidak baik dari sebagain orang.


Adanya dampak negatif tersebut, tentu mengundang kewaspadaan dalam penggunaan internet di kehidupan sehari-hari. Oleh karenanya, kita harus tetap bijak dalam memilih hal-hal apa saja yang akan dilakukan dengan internet. Jangan sampai merugikan diri sendiri, apalagi orang lain.


Nah, untuk menghindari dampak negatif internet, ada beberapa tips yang bisa dijadikan patokan, seperti:

  • Please, think again and again! sebelum membagikan berita atau informasi apapun,
  • Jangan pernah memberikan informasi pribadi, termasuk foto atau sejenisnya, secara sembarangan,
  • Jangan lupa, tetap mencari sumber yang kredibel untuk mendapatkan informasi yang dicari, jangan termakan hoaks,
  • Tetap selalu ingat untuk memanfaatkan internet dengan bijak. Bisa dengan menggunakan pembatasan akses terutama untuk membatasi persebaran pornografi.


Meskipun secara umum internet terbukti memberikan kemudahan bahkan hampir dalam segala hal, namun kita tetap harus bijak dan lebih waspada dalam menggunakannya.


Beraktivitas Tanpa Batas di Internet

Nah, untuk menghindari hal-hal negatif yang membuat kita menjadi rugi, lebih baik lakukan hal unik yang seru ini di internet. Kalian bisa melakukannya sendiri saat kesepian atau saat berkumpul bersama teman dan keluarga. Semuanya favoritku nih!

ide-aktivitas-tanpa-batas-di-internet

Jalan-Jalan ke Negara Lain 

Wih, seru ya rupanya, sekarang kita  tidak perlu lho jauh-jauh menyeberangi lautan untuk datang ke negara yang mau kita cari tahu. Cukup dengan menggunakan internet dan menjelajah lewat Google Earth, kita sudah bisa merasakan menjelajahi tempat-tempat di negara tersebut secara virtual.


Meski secara virtual, tetap terasa seru lho. Kita sudah bisa mendapatkan gambaran negara-negara yang ingin kita tahu. Keren ya!


Pergi ke Luar Angkasa 

Nah, kalau tadi kita bisa ke luar negeri, sekarang kita juga bisa ke luar angkasa. Penasaran kan pasti, seperti apa kondisi di luar angkasa. Nah, dengan internet, melalui situs ViewSpace, kita bisa mengintip sekaligus mempelajari sebagian kecilnya, seperti formasi bintang, black hole, dan masih banyak lagi.


Berkarya Tanpa Batas 

Kini, kita bisa banyak mengenal orang dan dikenal banyak orang dengan mudah setelah adanya internet. Berkarya tanpa batas dan memanfaatkan internet sebagai jalan untuk mengenalkan karya kita pada orang lain.


Banyak hal yang dapat dilakukan, seperti membuat video-video unik kreasi kita, membuat liputan nyata seputar lingkungan, membuat kerajinan kemudian diunggah ke media sosial agar dikenal banyak orang, dan masih banyak lagi karya yang bisa kita buat.


Window Shopping 

Nah, ini bagian paling favoritku, hihi.. Banyak orang yang sudah memanfaatkan internet untuk membuka "toko" jualan mereka. Melalui sebuah website, kita bisa dengan mudah berbelanja. Memilih barang melalui foto seperti nyata, kemudian melakukan transaksi pembayaran, dan ajaibnya, barang tersebut keesokan harinya sudah sampai di tangan kita.


Betapa kecanggihan itu membuat orang menjadi hidup lebih mudah. Kita bisa bekerja sambil shopping membeli barang kebutuhan. Atau kalau aku, hanya untuk hiburan saja melihat-lihat katalog barang jualan, rasanya sudah happy, hihi..


Ikut Kompetisi Online 

Jika ingin kegiatan yang menantang, kini banyak kompetisi yang bisa diikuti secara virtual. Apalagi semenjak adanya pandemi covid 19, pembatasan semua aktivitas membuat semua orang akhirnya berbondong-bondong memanfaatkan internet sebagai jalan ninja untuk beraktivitas.


Mulai dari diadakannya seminar online yang kemudian dikenal dengan istilah webinar (website seminar), pelatihan secara virtual, bahkan sampai ajang kompetisi olah raga virtual. Keren memang ide orang-orang ini, benar-benar tanpa batas.


Nah, kita bisa ikut memeriahkan kompetisi yang diadakan. Selain tentu saja menambah wawasan, siapa tahu kita juga bisa jadi pemenangnya kan.


Jaringan Internetnya Indonesia

Banyaknya kemudahan yang bisa diperoleh dengan internet, tentu membuat orang akhirnya mencari fasilitas jaringan internet yang bisa mendukung aktivitas di internet dengan maksimal.


Oleh karenya, perlu terbangun prinsip kedaulatan, yang menjadi pijakan utama dalam proses transformasi digital. Maka bukan tidak mungkin, ke depannya masyarakat bisa memiliki kedaulatan digital (digital sovereignty) dalam beraktivitas di dunia maya.


Kedaulatan digital dapat diartikan sebagai kuasa penuh atas seluruh produk, konten, dan layanan digital yang hadir di sebuah negara. (Dinas Kominfo)


Terciptanya lingkungan digital, pembangunan masyarakat digital, dan akselerasi ekosistem ekonomi digital menjadi tiga fokus utama PT Telkom Indonesia Tbk. (TLKM) dalam membangun kedaulatan digital.

indihome-jaringan-internetnya-indonesia

Lingkungan digital dapat diartikan sebagai terciptanya infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang merata di seluruh daerah, sehingga masyarakat bisa mengakses jaringan internet dan menggunakan teknologi digital tanpa terjadi kesenjangan.


Semua infrastruktur dan layanan telekomunikasi yang hadir tentu harus berasal dari dalam negeri. Untuk mendukung terciptanya lingkungan digital, Telkom menyediaan berbagai infrastruktur telekomunikasi, dari punggung pita lebar (backbone broadband) yang memanfaatkan kabel optik dan satelit, hingga jaringan akses tetap maupun mobile serta VSAT Mangoesky yang menjangkau wilayah 3T.


IndiHome, Mendukung Aktivitas Tanpa Batas

Sebuah produk layanan internet dari PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) yang terdiri dari tiga layanan komunikasi dan data dalam satu paket yaitu telepon rumah (voice), internet on fiber (internet berkecepatan tinggi), dan layanan televisi kabel (USee TV dan IP TV) hadir dalam produk IndiHome. Pihak Telkom sendiri melabeli IndiHome sebagai paket 3 in 1.


IndiHome adalah sebuah produk layanan terbaru dari Telkom yang hadir untuk menggantikan layanan sebelumnya (Speedy). Jaringan IndiHome menggunakan teknologi jaringan Fiber Optic yang sangat canggih. Kini sudah hampir semua masyarakat di Indonesia bisa menikmatinya.


Kini, internet seolah sudah menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi karena akan menunjang kegiatan sehari-hari. Oleh karenanya, kehadiran jaringan internet yang stabil menjadi impian semua orang.

indihome-mendukung-aktivitas-tanpa-batas


Jaringan IndiHome kini sudah tersebar luas hampir ke seluruh Indonesia dengan koneksi yang stabil. Sehingga bisa mendukung kita melakukan aktifitas tanpa batas dengan jaringan internetnya Indonesia dari IndiHome ini.


Dengan jaringan internet cepat dari IndiHome ini kita bisa melakukan aktivitas tanpa batas dengan lebih nyaman tanpa takut mengalami loading yang terlalu lama.


Nah, dalam mendukung semua aktivitas di internet, IndiHome juga hadir dengan banyak program, salah satunya adalah Lead by IndiHome. Program ini merupakan program akademi eSport dari IndiHome, yang bertujuan untuk mendukung perkembangan ekosistem olah raga elektronik (eSport), khususnya melalui kaderisasi atlet eSport di Indonesia.


IndiHome sudah menemani hari-hariku selama hampir 3 tahun. Meski hanya di rumah saja, aku masih dapat memperoleh banyak informasi melalui internet dengan jaringan internet cepat dari IndiHome. Apalagi kini, kesibukanku yang berhubungan dengan dunia maya, sangat bergantung dengan jaringan internet yang stabil untuk melakukan aktivitas tanpa batas.


Wow, semakin mempermudah segala aktivitas dalam kehidupan manusia ya! Tapi, tentu saja kita perlu memanfaatkan internet dengan bijak. Meski mendukung aktivitas tanpa batas di internet, namun hal-hal negatif tetap harus kita waspadai.

2 komentar:

  1. menarik, IndiHome harus menjadi leader market wujudkan kedaulatan digital Indonesia
    salam kenal,
    https://www.tagentar.com/

    BalasHapus
  2. Memang internet tanpa batas bikin kerjaan kita lancar tanpa kendala ya kak. Tapi ternyata ada sisi negatifnya. Bagi yang tidak mempunyai saringan informasi terkadang malah dengan asal ikutan quiz yang tersedia di media sosial yang malah membocorkan dokumen pribadi.

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.