Simak 5 Manfaat Aplikasi Bimbel Online Ruangguru Bagi Siswa

Pentingnya pendidikan bagi anak tentu membuat orang tua ingin selalu memberikan yang terbaik soal pendidikan. Namun, meskipun sudah belajar di sekolah dari pagi hingga sore, terkadang masih banyak pelajaran yang belum diserap sepenuhnya oleh anak. Pada akhirnya, salah satu yang dapat menjadi solusi membantu pemahamannya adalah dengan mendaftar di kursus bimbel online.


Perkembangan teknologi yang semakin cepat dan canggih membuat semua orang lebih mudah untuk mendapatkan atau menyebarkan informasi, berdiskusi dan saling berbagi pikiran antara satu orang dengan yang lain. Salah satunya yaitu dengan smartphone. Di dalam telepon pintar terdapat aplikasi untuk mempermudah mencari informasi, dan kini sudah dapat dilakukan juga untuk belajar, contohnya dengan aplikasi Ruangguru.


Aplikasi Bimbel Online Ruangguru

Aplikasi Ruangguru adalah sebuah aplikasi atau platform pembelajaran daring yang memiliki banyak fitur, untuk mendukung kegiatan belajar siswa di luar sekolah. Aplikasi ini memanfaatkan media Aplikasi Mobile (Android dan iOS).


Ruangguru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran yang dapat digunakann murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual. Dilengkapi dengan ribuan bank soal, semua kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia, serta peralatan analisis hasil tes.


Fitur utama yang ditawarkannya berupa video pembelajaran yang dibawakan oleh Guru-Guru terkualifikasi, dilengkapi oleh animasi yang memperjelas materi yang disampaikan. Poin utama dari animasi tersebut adalah ilustrasi beranimasi yang sangat membantu siswa dalam memahami pelajaran, terutama untuk pelajaran matematika dan pelajaran rumit lainnya.


Konten yang dimiliki aplikasi ruang guru mencakup SD, SMP dan SMA sesuai dengan kurikulum nasional dan dirancang khusus oleh pengajar terbaik dan berpengalaman. Dengan berkembangnya zaman ini, manusia menjadi lebih mudah untuk belajar dengan efektif dan efisien.


Efektivitas Hadirnya Ruangguru

Dengan memperhatikan pendekatan dan metode pembelajaran yang mereka aplikasikan, saya dapat mengatakan jika hadirnya Ruangguru ini sangat efektif membantu belajar siswa secara mandiri. Bagian yang paling saya sukai adalah bagaimana animasi mampu membantu lebih jelas dalam proses komunikasi.


Materi yang disajikan dalam video memang singkat, namun sangat jelas. Tidak hanya itu, setelah menjelaskan materi melalui video, Ruangguru juga memberikan kuis singkat sebagai bentuk konfirmasi. Itu adalah salah satu poin penting yang hilang dari pembelajaran daring, konfirmasi dari Guru.


Apa bedanya dengan video-video lain di Youtube? Jelas dari kualitas dan bagaimana video mereka jauh lebih terorganisir berdasarkan jenjang pendidikan dan materi pelajaran. Terdapat menu timestamp yang tersusun rapi seperti daftar isi pada buku juga. Sehingga sangat mudah bagi peserta didik untuk mencari topik yang mereka butuhkan saja dalam video.


Maka dapat saya simpulkan jika kehadiran Ruangguru dalam dunia pendidikan, dapat menjadi suatu tempat atau forum dimana semua orang mencari dan memberikan informasi, berdiskusi dan berbagi pikiran antara satu orang atau lebih hanya dengan bermodalkan perangkat seluler atau teknologi yang terhubung dengan internet. Adanya penggabungan antara aplikasi Ruangguru dengan dunia pendidikan ini membuat siswa mudah untuk belajar dan menambah wawasan tentang berbagai ilmu pengetahuan.


Manfaat Aplikasi Bimbel Online Ruangguru Bagi Siswa

Kini, semua pembelajaran sudah sangat mudah didapatkan dan diakses dimana pun kita berada. Tidak perlu lagi harus pergi ke perpustakaan sekolah maupun perpustakaan umum atau datang dan bayar mahal untuk ke tempat les.


Cukup menggunakan perangkat seluler yang kita miliki, dapat digunakan untuk hal positif seperti belajar dan mencari informasi.


Jika ditanya mengenai aplikasi bimbel online, sudah pasti hal yang terpikir oleh saya tidak jauh dari aplikasi belajar Ruangguru. Hadir dari 2013 dan terus bertumbuh memberikan dampak positif untuk pendidikan di Indonesia.


manfaat-bimbel-online-ruangguru

Tentunya, untuk siswa, ada banyak manfaat yang bisa diperoleh dengan kehadiran aplikasi ini. Nah, 5 Hal ini yang akan kalian dapatkan kalau bergabung belajar lewat aplikasi Ruangguru;


1. Tersedia Banyak Pilihan Paket Belajar untuk Siswa di  Aplikasi Bimbel Online Ruangguru 

Salah satu keunggulan aplikasi Ruangguru, kita bisa berlangganan sekaligus banyak paket belajar. Paket belajar ini tersedia mulai dari SD hingga SMA. Semua mata pelajaran sekolah dihadirkan secara lengkap, dan semua paket belajar tersebut bisa membantu siswa belajar lebih maksimal.


Salah satu fitur yang ditawarkan aplikasi bimbel online mereka adalah Ruangles online. Dengan fitur tersebut, siswa dapat bertanya secara langsung kepada guru melalui live chat. Kapanpun dimanapun, selalu ada bantuan yang siap sedia nih!


Selain itu, dengan mengikuti bimbel online Ruangguru, siswa tidak hanya mendapatkan pelajaran sekolah saja, tapi juga bisa mempelajari berbagai topik lain dengan fitur Ruangles. Mulai dari hal-hal yang berkaitan dengan hobi, seperti memasak, bermain piano, dan menari, sampai ke materi soft skill seperti public speaking dan penggunaan berbagai aplikasi komputer.


2. Materi disampaikan dengan Video dan Grafis Animasi

Hal baru dalam dunia pendidikan yang dikenalkan oleh Ruangguru adalah metode belajar melalui video animasi. Materi yang diberikan dikemas secara apik melalui video animasi yang membantu anak lebih mudah memahaminya. Serta, tentu saja lebih menyenangkan.


3. Belajar Live dengan Master Teacher Favorit

Jika kalian termasuk tipe siswa yang lebih suka belajar 1 on 1, aplikasi Ruangguru juga menyediakan fitur Live Teaching. Sistem belajarnya bisa lebih privat bareng Master Teacher yang kompeten di bidangnya. Sehingga akan lebih mudah untuk diskusi mata pelajaran, membahas soal, diskusi soal lomba, atau konsultasi PR juga bisa dilakukan.


4. Fitur Canggih untuk Menunjang Proses Belajar

Aplikasi Ruangguru juga menyediakan info terbaru via story di aplikasinya. Selain itu ada banyak fitur lain yang bisa kita dapatkan seperti artikel edukasi, materi pelajaran gratis dan berbayar, dan ada juga fitur Roboguru yang siap membantu kalian mengerjakan PR sekolah. Fitur-fitur canggih yang baru, hampir selalu hadir di setiap bulannya, keren ya!


Berbagai latihan soal di aplikasi Ruangguru, disusun secara menarik sesuai topik mata pelajaran. Cara menyelesaikannya juga sangat menarik, menjawab soal dengan menaklukan dan menangkap monster-monster yang tersebar di setiap topik mata pelajaran.


Konsep canggih yang tersedia pada latihan soal daring ini sengaja dihadirkan untuk menambah nuansa belajar agar semakin menyenangkan.


5. Ada Trial Class Gratis

Nah, jika kalian penasaran dengan metode pembelajarannya, kalian bisa lho mengikuti trial class gratis dulu. Hampir di semua pilihan paket, tersedia kelas gratis untuk mencoba. Hal ini membuat kita lebih mengenal metode belajarnya, sehingga tidak seperti "membeli kucing dalam karungya.


Nah, dari kelima manfaat tersebut, manfaat yang paling dirasakan adalah bagaimana siswa bisa belajar kapan saja tanpa kejenuhan membaca buku paket. Juga, belajar dapat dilakukan sesuai dengan kesiapan siswa dalam kondisi yang nyaman untuk menerima pelajaran.


Mudahnya, melalui aplikasi Ruangguru ini, siswa dapat bertemu dengan Guru-nya kapan saja, tanpa harus kelelahan dan jenuh dengan membaca catatan atau buku paket sekolah. Aplikasi ini juga memberikan nilai lebih bagi gawai yang dimiliki anak. Kini, mereka memiliki satu aplikasi tambahan yang dapat membantu proses belajar dari sumber rujukan tepercaya dan sesuai dengan kurikulum.


Testimoni, Cerita Mereka Bersama Ruangguru: Skor Naik dan Makin Semangat Belajar

Setuju ya, setiap apa yang kita ikuti, apalagi dalam sebuah 'lembaga belajar', pasti kita punya goal atau tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini, tentu saja kita ingin meningkatkan pemahaman kita akan materi pelajaran. Namun tidak hanya itu, keinginan untuk mendapatkan skor tinggi juga menjadi tujuannya.


Nilai matematika saya meningkat. Saya senang belajar secara private dengan Kak Eko di ruangles. Saya jadi lebih fokus, juga membantu saya lebih paham pelajaran matematika - Rashaka Omar, Pelajar.


Sebelum Pakai Ruangguru saya kurang sekali dalam pelajaran. Tetapi setelah berlangganan Ruangguru alhamdulillah aku lebih bisa paham sama materi yang diajarkan. Melalui Konsep Kilat yg ada di Ruangguru dan video belajarnya bisa mengantarkan saya lolos SBMPTN 2021 ini di Politeknik Negeri Jakarta. Pokoknya setelah saya Memakai Ruangguru saya lebih mengerti Tentang Matematika, ekonomi dll. - Faturrahman, Pelajar.


Itu hanya dua testimoni dari siswa Ruangguru. Masih banyak testimoni lain, yang langsung diutarakan para siswa. Hal tersebut membuktikan jika melalui aplikasi ini, anak-anak dapat terbantu proses belajaranya. Orang tua tidak perlu lagi khawatir memberikan anaknya ponsel pinta, karen dapat dimanfaatkan dengan untuk menjadi pintar.

testimoni-ruangguru


Ruangguru sebagai perusahaan lokal berkomitmen menjadi mitra pemerintah daerah untuk meningkatkan hasil akademis siswa di seluruh Indonesia dengan teknologi. Melalui pemanfaatan akses konten lewat perangkat mobile, Ruangguru berusaha untuk memberikan konten pendidikan kelas dunia melalui teknologi kepada siswa dengan biaya lebih terjangkau daripada metode belajar konvensional.


Nah, kalau kalian tertarik berlangganan bimbel online Ruangguru, langsung saja ke official websitenya atau download aplikasinya. Jangan lupa pakai kode CATATANBELAJAR untuk mendapatkan potongan harga. Potongan akan mengikuti presentasi promo yang sedang berlaku. Biasanya promo tersebut tidak akan berubah drastis dari rentang 55% hingga 60%.

15 komentar:

  1. bimbel andalan jaman sekarang ini, apalagi buat yang masih takut untuk les offline karena berkerumun tapi tetep gamau ketinggalan buat les

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah bener nih, jadi malah lebih fokus ya kalau begini, gak kepikiran main sama temen-temen hehehe

      Hapus
  2. Branding ruangguru ini udah mengena banget,ya mbak. Jadi kalau saya aja ditnya aplikasi belajar online maka jawabnya ya ruangguru. Ada bank soal jadi,siswa bisa berlatih

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mbak, rasanya kalau ada yang bilang belajar online, pasti kebayangnya ya ruangguru hehe

      Hapus
  3. Ruangguru makin TOP banget nih , karena ada tambah bàķq

    BalasHapus
  4. Mantul deh Ruangguru. Sekalin bisa memajukan pendidikan bangsa. Ruangguru juga bisa mengembangkan teknologi yang nggak jauh dari nilai pendidikan

    BalasHapus
  5. Saya yakin dah banyak banget orang yang menikmati manfaat dari ruangguru. Bukan cuma anaknya, orang tua, bahkan guru di skul pun.

    BalasHapus
  6. Bener nih enak kalo ada kuis yang metodenya konfirmasi. Itu poin penting pembelajaran daring biar tahu sampai mana murid paham materi.

    BalasHapus
  7. menurutku, ruang guru ini ngebantu banget sih. apalagi saat pandemi, jadi ga perlu pergi ke laur rumah untuk les bimbel. adekku selama SMA nya pakai ruang guru terus. dan emang efektif sekali.

    BalasHapus
  8. setahun lalu aku pernah nyoba jadi murid di sini wkwkw saking penasarannya gimana pembelajaran di sana. Tentu aku cari yg gratisan ajaa haha terus akhirnya penasarann loh sampe bayar wekekekeek meskipun cuma sebulan ajaa sih sambil call memory soal pelajaran IPA anak SMA

    BalasHapus
  9. Kebetulan sekali anakku sedang cari bimbel. Sepertinya ruang guru ini cocok karena bisa dilakukan dari rumah saja

    BalasHapus
  10. gitsav aja sampai jadi branding ruangguru, secara gitu aku ngefans sama gitsav, hehehe. tapi sebagai aplikasi dan situs belajar online, aku percaya sama kredibilitas ruangguru, udha gak diragukan lagi. terus banyak promo nya lagi, CS nya juga ramah

    BalasHapus
  11. Ruangguru emang makin banyak fiturnya sesuai kebutuhan. Apalagi kalau mau dibandingkan bimble zaman dulu offline itu kan termasuk terjangkau banget nih RG

    BalasHapus
  12. iya, bimbel online seperti Ruangguru ini sangat membantu siswa dalam belajar ya mbak

    BalasHapus
  13. Kayaknya kalau ngomongin bimbel online, pasti otomatis inget Ruangguru deh. Emang brand mereka udah semelekat itu jadinya nggak heran kalau sekarang fitur yang ditawarkan makin variatif dan keren banget

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.