Liga Ruangguru Ajang Kompetisi Pelajar Terbesar di Indonesia

"Bosen ya sekolah gitu-gitu aja", "Dengerin gurunya ngomong, ngerjain tugas, dapat nilai deh". Hihi itu dulu yang aku rasain waktu masih di bangku sekolah. Nah, hal yang paling bikin menantang, adalah ketika ada kompetisi. Ternyata kompetisi untuk pelajar ini banyak manfaatnya ya.


Kalau untuk para orang tua, apakah anak-anak juga sudah mulai mengeluhkan aktivitas sekolah yang membosankan? Hihi.. Jika memang itu terjadi, sebaiknya kita sebagai orang tua bisa mengarahkan anak-anak untuk mengikuti ajang kompetisi pelajar.


Manfaat Mengikuti Kompetisi Pelajar

Pemaknaan akan pendidikan menjadikan para pelajar harusnya paham bahwa pengelolaan waktu dan energi menjadi sangat penting. Hal ini, terutama dalam membentuk mereka menjadi sosok yang dapat mengembangkan potensi diri dari berbagai sisi semaksimal mungkin.

manfaat-ikut-kompetisi-pelajar


Nah, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mengasah potensi diri adalah dengan mengikuti kompetisi alias perlombaan! Simak 3 manfaatnya ini:


1. Bentuk Uji Ilmu yang Sudah Dipelajari 

Salah satu manfaat kompetisi bagi pelajar adalah agar bisa melakukan trial untuk menguji pengetahuan, kemampuan, dan keterampilan yang dimiliki dengan mengikuti kompetisi.


Penyelenggaraan kompetisi dengan lingkup dan tema tertentu membuat kita dapat mengukur seberapa baik diri kita jika disejajarkan dengan orang-orang yang minatnya sama.


2. Lebih Percaya Diri 

Yes, tentu saja saat kita akan mengikuti lomba, hal pertama yang harus dipunya adalah rasa kepercayaan diri. Setuju kan? Kita akan bisa mengalahkan lawan kalau kita percaya sama kemampuan diri sendiri.


Jadi, dengan seringnya ikut kompetisi, otomatis rasa percaya diri kita lebih terlatih. 


3. Belajar Berkompetisi secara Positif 

Selain membuat kita lebih percaya diri, ternyata juga mengajari kita bisa berkompetisi secara positif. Kita tentu saja akan berlomba supaya menang dengan cara yang baik, tidak melakukan kecurangan, tidak membenci kompetitor, dan lainnya.


Liga Ruangguru, Kompetisi Pelajar Terbesar di Indonesia

Nah, sekarang waktunya kamu juara! Untuk memperingati Hari Sumpah Pemuda, Liga Ruangguru 2021 hadir memberikan wadah bagi seluruh pelajar di Indonesia untuk bisa mengaktualisasikan diri dan berkompetisi di bidang apapun yang diminati. Selain bidang akademik, juga kalian bisa mengembangkan hobi melalui kompetisi non-akademik.


liga-ruangguru-kompetisi-pelajar-se-indonesia


Dengan tema #WaktunyaKamuJuara, kompetisi antar sekolah terbesar se-Indonesia ini, akan memperebutkan total hadiah milyaran rupiah, beasiswa, dan perjalanan mengunjungi kampus-kampus terbaik di dunia. Wah, jadi pengen ikutan juga, hihi..


Menurut Belva Devara, sebagai pendiri dan CEO Ruangguru, Liga Ruangguru ini hadir sebagai wadah aktualisasi diri dan pengembangan karakter untuk para pelajar Indonesia. Ruangguru sendiri percaya bahwa setiap anak memiliki potensi diri dan keunggulannya masing-masing.


Nah, potensi ini perlu ditemukan dan diasah dengan pendekatan yang berbeda-beda agar semuanya dapat kesempatan untuk bisa mengembangkan karakter dan bakat secara maksimal. Jadi, tidak hanya lomba akademik saja yang bisa diikuti di Liga Ruangguru. Ada banyak pilihan kompetisi sesuai dengan minat dan bakat para pelajar. 


Rangkaian Kompetisi Liga Ruangguru

Ada sembilan kompetisi untuk kalian dapat ikuti. Kalian juga bisa mengikuti semua kompetisinya, jika dirasa mampu dan sesuai dengan bidangnya.


Tentunya akan membuat kalian berkesempatan lebih besar untuk memenangkan total hadiah Rp1,5 miliar++, serta jalan-jalan ke kampus ternama di USA bareng Founder dan Brand Ambassador Ruangguru!


Ruangguru Arena 

Kompetisi yang pertama adalah Ruangguru Arena. Kompetisi ini berisi rangkaian kuis akademik harian yang bisa diakses dengan mudah di aplikasi Ruangguru.


Setiap harinya, peserta akan mendapatkan pertanyaan. Nah, setiap kalian menjawab benar, kalian akan mendapatkan poin yang akan diakumulasikan untuk menentukan juara harian, mingguan, dan umum. Jadi, kamu harus rajin-rajin cek aplikasi Ruangguru dan kerjakan kuisnya!


Ruangguru Champion 

Nah, rupanya, ini menjadi kompetisi yang paling banyak ditunggu-tunggu. Setelah sukses dilaksanakan di tahun 2019 dan 2020, kini Ruangguru Champion kembali lagi di tahun 2021 ini dengan hadiah yang lebih menarik.


Ruangguru Champion adalah kompetisi cerdas cermat terbesar di Indonesia yang mempertandingkan siswa dan siswi terbaik dari berbagai sekolah di Indonesia. Keren!


English Academy Champion 

Buat kalian yang ngaku jago bahasa Inggris, yuk ikut English Academy Champion. Kompetisi berbahasa Inggris ini meliputi:

  • English Quiz: Lomba cepat tepat berbahasa Inggris, menguji kemampuan dasar berbahasa Inggris.
  • English Essay Competition: kompetisi menulis dalam bahasa Inggris
  • English Speech Competition: kompetisi berpidato dalam bahasa Inggris
  • English Debate Competition: kompetisi debat bahasa Inggris antar sekolah


Ruangguru Social Challenge 

Kalau yang ini, khusus buat kalian yang aktif di media sosial dan punya banyak followers! Kalian yang kreatif lewat sosial media, bisa ikut Kompetisi Ruangguru Social Challenge.


Caranya cukup mudah, hanya dengan upload content video kreasi kalian yang kreatif melalui akun Instagram atau Tiktok. Melalui kompetisi ini, kalian ditantang untuk berani beropini secara kreatif di media sosial.


Ruang Seni 

Kalau yang ini, cocok nih untuk kalian yang katanya “nyeni” banget! Punya kemampuan atau hobi di bidang ilustrasi, fotografi, hingga vokal dan musik, bisa lho ikutan kompetisi ini.


Waktunya menunjukkan bakat kalian, siapa tau kalian yang dicari! Bakat atau hobi juga perlu berjalan sejalan dengan bidang akademis. Agar hidup lebih seimbang dan berwarna. Setuju tidak? 


Tryout Akbar UTBK Ruangguru 

Halo para pejuang UTBK tahun 2020! Kalian bisa lho, ikut uji kesiapan dalam menghadapi UTBK 2022 dengan mengikuti Tryout Akbar UTBK Ruangguru.


Soal-soal tryout UTBK ini dibuat semirip mungkin dengan soal yang akan diujikan di UTBK aslinya. Penilaiannya juga sudah mengikuti sistem IRT, lho. Dengan begitu, kalian akan bisa benar-benar merasakan mengerjakan soal seperti sedang mengikuti UTBK. Jadi bisa lebih siap ‘kan?


Ruangguru Mobile Gaming 

Sepertinya, kompetisi ini yang paling seru nih, hihi.. Ruangguru Mobile Gaming! Kompetisi ini akan dilakukan antar tim bagi para pelajar yang berani menunjukkan skill bermain Mobile Legends.


Setiap tim terdiri dari 5 orang pemain, anggota tim diperbolehkan dari berbeda sekolah. Wah, seru banget pastinya nih! Yuk, bentuk tim kalian dan daftarkan sekarang juga!


Konferensi Pelajar Nasional 

Konferensi Pelajar Nasional! Acara keren ini ditujukan untuk mempersiapkan kalian memasuki semester baru, memotivasi sekaligus memperkenalkan ragam profesi masa kini dari berbagai industri.


Dari kegiatan ini, diharapkan kalian akan lebih paham mengenai berbagai opsi dan jalur yang dapat ditekuni di masa depan.


Robocup 

Robocup adalah kompetisi menjawab soal di forum Roboguru via aplikasi Ruangguru. Kalian bisa mengumpulkan poin untuk bawa pulang hadiah jutaan rupiah!


Prosedur Kegiatan Liga Ruangguru

“Wah, harus ke Jakarta dong buat ikutan? Duh, rumahku jauh di daerah.”


Tenang, ternyata tidak perlu! Semua pelajar di seluruh Indonesia bisa mengikuti kompetisi ini. Rangkaian kegiatan Liga Ruangguru akan diadakan secara virtual melalui aplikasi Ruangguru, media sosial, dan platform Zoom.


Khusus untuk putaran final kompetisi Ruangguru Champion, peserta akan diundang untuk melakukan pertandingan final di Jakarta (acara juga akan disiarkan di televisi nasional).


Seluruh rangkaian Liga Ruangguru bersifat GRATIS dan tidak dipungut biaya apapun ya.


Setiap perlombaan dalam rangkaian Liga Ruangguru akan menggunakan sistem akumulasi poin per sekolah yang berkontribusi bagi peringkat sekolah dalam Liga Ruangguru. Sekolah dengan peringkat tertinggi di akhir rangkaian acara Liga Ruangguru akan meraih penghargaan sebagai School of the Year.


Untuk itu, semakin banyak perwakilan sekolah yang mengikuti Liga Ruangguru, akan semakin besar kemungkinan sekolah menjadi School of the Year.


Jadwal Kompetisi Liga Ruangguru

Seluruh rangkaian Liga Ruangguru dapat diikuti oleh seluruh pelajar dari jenjang SD, SMP, hingga SMA/SMK sederajat. Semuanya dapat mengikuti kompetisi ini jika sudah mendapatkan persetujuan sekolah atau orang tua.


Pendaftaran untuk seluruh kompetisi sudah dibuka secara serentak pada 25 Oktober 2021 dan kompetisi akan dilaksanakan mulai 1 November 2021 hingga 28 Februari 2022.


Yuk, belum ketinggalan kok! Kalian masih bisa ikut kompetisinya, dan berjuang melawan teman-teman lain untuk memenangkannya.


Petunjuk Pendaftaran Liga Ruangguru

Syarat utama untuk mengikuti kompetisi ini, adalah semua peserta harus memiliki kartu pelajar aktif dan di-upload ke dalam Google Drive masing-masing untuk kemudian link-nya dimasukkan ke dalam form pendaftaran.


Untuk mengikuti kompetisi di Liga Ruangguru, setiap peserta wajib mengikuti tahapan berikut ini :


tahap-daftar-liga-ruangguru

cara-daftar-liga-ruangguru

daftar-liga-ruangguru

kompetisi-liga-ruangguru

Informasi lengkap dan update terbaru dari kegiatan ini, bisa langsung kalian lihat dengan mengunjungi website Liga Ruangguru.


Yuk, ikut kompetisi untuk mengasah kemampuan dan meningkatkan rasa pencaya diri. Kalian bisa isi masa muda kalian dengan hal-hal yang bermanfaat dan tidak akan terlupakan. Kompetisi keren Liga Ruangguru ini bisa dijadikan ruang untuk menunjukan kemampuan dan bakat kalian! Sekarang #WaktunyaKamuJuara! 

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.