Tips Mendampingi Anak Saat Belajar di Rumah

 Tetap tenang mendampingi anak saat belajar di rumah adalah kunci yang harus terus dilakukan para orang tua di masa-masa pandemi ini. Meski sekolah sudah mulai mengumumkan anak-anak untuk kembali belajar di sekolah, namun, dengan waktu yang terbatas, sebagai orang tua tetap harus ikut turun tangan saat mendampingi anak belajar di rumah.


tips-mendampingi-anak-belajar-di-rumah


Tidak mudah, namun tidak sulit juga jika kita bisa menerapkan cara-cara yang pas untuk anak tetap nyaman belajar di rumah.


Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Secara psikologis, anak mungkin punya keinginan untuk bersantai-santai saat di rumah. Apalagi dengan orang tua yang juga bekerja di rumah, anak-anak barangkali akan membayangkannya sebagai sebuah hari-hari liburan yang sempurna. Akan tetapi, tentu saja mereka tak akan bisa mendapati kenyataan tersebut seutuhnya. Sebab, mereka punya kewajiban belajar dari rumah.


Nah, bagaimana anak-anak bisa belajar dengan optimal? Bagaimana agar anak-anak bisa nyaman belajar tanpa paksaan? Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan para orang tua untuk mendampingi anak belajar di rumah.


Tumbuhkan Suasana Produktif

Suasana di rumah yang santai memang terkadang membuat anak-anak jadi enggan untuk melakukan hal-hal produktif ya. Oleh karena itu, kita juga harus mulai untuk mengatur jadwal jam produktif dan waktu istirahat.


Menghidupkan suasana di rumah menjadi produktif menjadi sebuah langkah penting. Orang tua yang harus bekerja di rumah bisa sangat membantu lantaran bisa memberikan contoh langsung bahwa berada di rumah bukan berarti bersantai saja, melainkan harus menyelesaikan tanggung jawab pekerjaan.


Sediakan juga ruang khusus untuk belajar, sehingga anak bisa lebih konsentrasi saat waktunya belajar. Akan lebih baik jika tempat belajar tidak berada di kamar tidur atau dekat dengan ruang TV.


Susun Jadwal Belajar

Usahakan agar anak-anak tetap menaati jadwal yang sudah ada di rumah sebelumnya. Misalnya, jadwal bangun tidur, mandi, dan sarapan. Usahakan untuk tidak ada perubahan atau perubahan yang seminim mungkin.


Baca juga : Persiapan Anak UTBK


Jadi, jadwal ketika anak-anak sekolah normal bisa dijadikan sebagai jadwal belajarnya. Keteraturan adalah kunci agar anak tetap tertib.


Sekolah si kecil mungkin sudah memberikan panduan jadwal yang bisa diikuti, hal tersebut meliputi mata pelajaran dan tema apa saja yang harus dipelajari anak hari ini, pukul berapa anak akan menerima materi dan tugas, serta pukul berapa mereka harus menyelesaikan tugas. Panduan semacam ini akan sangat membantu anak-anak untuk lebih teratur.


Akan tetapi, bila sekolah si kecil tidak memberikan panduan terpadu selama periode belajar di rumah, maka kita bisa membuat kesepakatan tentang jam belajar dengan si kecil. Bisa menentukan bersama, mata pelajaran apa saja yang akan dipelajari hari ini dan berapa jam yang dialokasikan untuk masing-masing mata pelajaran. Jangan lupa, sepakati juga jam istirahat mereka.


anak-belajar-di-rumah


Perbanyak Lagi Stock Sabar

Anak-anak mungkin butuh waktu untuk menyingkirkan keengganannya untuk memindahkan aktivitas belajarnya di rumah. Oleh karenanya, sebagai orang tua memang harus lebih sabar mendampingi.


Fleksibel

Meskipun sudah membuat jadwal, tampaknya orang tua juga perlu fleksibel. Melihat keadaan dan kebutuhan anak saat itu.


Jika memang membutuhkan ruang untuk gerak, maka penuhi dahulu kebutuhan anak-anak untuk bergerak. Misalnya, di pagi hari sebelum memulai belajar, bisa olah raga ringan di sekitar rumah. Hal ini justru akan menambah semangat anak dan konsentrasinya saat belajar.


Pilih Cara yang Menyenangkan

Anak-anak memang mudah bosan dan mudah konsentrasinya. Apalagi untuk anak usia sekolah dasar. Jadi, orang tua bisa mencari cara kreatif untuk menggunakan benda-benda atau mainan favorit anak sebagai alat belajar.


Atau bisa juga mengajak anak belajar di alam terbuka, seperti di taman sekitar rumah atau di halaman depan rumah. Dengan suasana belajar yang baru, mungkin akan menambah semangat belajar anak. Menyatu dengan alam, dengan memanfaatkan ranting atau batu untuk alat berhitung, juga bisa menjadi pilihan.


Cari Bantuan dengan Memberikan Bimbingan Belajar

Ternyata, meski orang tua sudah memenuhi semuanya, namun kadang masih terasa kewalahan untuk mendampingi anak. Apalagi jika kedua orang tua harus bekerja. Mendampingi anak bisa menjadi hal yang berat.


Baca juga: Pilihan Bimbingan Belajar Online


Oleh karena itu, jika memang sudah tidak mampu, alangkah baiknya mencari bantuan kepada yang ahli. Memberikan anak fasilitas bimbingan belajar dapat menjadi solusi terbaik. Apalagi sekarang sudah banyak bimbel online yang akan mempermudah anak belajar dari mana saja. 


Dengan memberikan Bimbingan Belajar, anak menjadi lebih optimal dalam belajar, orang tua pun tidak perlu khawatir lagi.


Tidak ada cara yang lebih baik untuk mendampingi anak-anak belajar selain memberikan mereka ruang untuk mengembangkan dirinya. Kita sebagai orang tua harus mampu mendukung semua itu. Jadi, saling bekerja sama dalam mendampingi anak belajar di rumah adalah kuncinya. Bekerja sama dengan pasangan, semua anggota keluarga di rumah, dan juga dengan anak-anak itu sendiri. 

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

Diberdayakan oleh Blogger.