Menjadi Anak Kreatif bareng Creative Art Series dari Faber Castell

 Menjadi Anak Kreatif bareng Creative Art Series dari Faber Castell- Kegiatan yang paling menyenangkan saat menemani anak adalah bermain. apalagi jika berhubungan dengan kreatifitas, aku suka. Jadi sering sekali anakku, aku ajak membuat sesuatu yang kadang, akupun tidak tahu hasilnya akan seperti apa.


Menggunakan bahan-bahan di rumah, kami mencoba untuk selalu mengasah kreatifitas. Namun, tentu saja, tidak selalu menemukan ide cemerlang. Ada juga, dimana kehabisan ide untuk membuat apalagi saat di rumah saja.


Tidak jarang, pada akhirnya kita memberikan gadget pada anak. Tidak salah memang, tapi tidak mungkin diberikan seharian kan? Apalagi tanpa diawasi orang dewasa.


Bahaya Gadget untuk Anak

Bukibuk sudah mulai bingung akan mengajak main apalagi, dan anak pun mulai bosan dengan permainan yang itu-itu saja. Apalagi, di masa yang masih belum 100% bebas pandemi ini, ruang gerak dan kebutuhan sosial anak-anak menjadi terbatas.


Tanpa disadari, akan muncul kecemasan, problem sosial dan berpikir, withdrawal (menarik diri) dan stress. Masalah ini dapat menjadi masalah serius yang hadir saat di rumah. Anak-anak masih butuh ruang gerak yang bebas sementara pandemi tidak memungkinkan anak untuk terlalu sering berada di luar rumah.


Akhirnya, mau tidak mau, gadget menjadi pilihan untuk penenang dikala anak mulai menangis. Tidak hanya itu, bisa juga menjadi penyelamat dikala orangtua sedang sibuk bekerja. Padahal, penggunaan gadget pada anak secara berlebihan akan menimbulkan banyak dampak negatifnya.


Ibu Yohana Theresia, psikolog anak dan founder heart of people.id dalam webinar bertema "Soft Skill yang Diperlukan di Abad Digital", yang diselenggarakan pihak Faber Castell Indonesia, menerangkan bahwa ada minimal 5 dampak negatif yang akan diterima anak-anak, jika terlalu sering diberikan gadget.


Terganggunya Kesehatan Fisik

Postur tubuh yang tidak tepat saat bermain gadget dan durasi screen time yang lama akan mengganggu otot leher dan area tulang belakang. Selain itu kurangnya berkedip dan posisi mata yang terlalu dekat dengan gawai mengakibatkan mata jadi lelah, merah dan kering. Belum lagi efek jangka panjangnya, ada yang akhirnya memakai kacamata di usia dini akibat paparan sinar biru gadget.


Pemicu Anak Terlambat Bicara (Speech Delay)

Kemampuan bicara anak dipengaruhi kemampuan mendengarnya. Ketika anak lebih tertarik pada visual (gadget), fokusnya pada audio berkurang. Tidak jarang jika anak yang lebih sering menggunakan gadget, cenderung tidak merespon jika diajak berkomunikasi.


Gangguan Konsentrasi dan Masalah Atensi

Penggunaan gadget dalam jangka waktu yang lama akan mempengaruhi masalah fokus. Hal ini, akhirnya akan berdampak pada kemampuannya menangkap materi pelajaran di sekolah.


Gangguan Fungsi Kognitif dan Perilaku

Saat anak terlalu lama bermain gadget, kemampuan kognitifnya seperti fokus, merencanakan, mengerjakan beberapa hal sekaligus akan terganggu. Hal ini dapat mematikan kreatifitasnya. Padahal dampak akibat kurangnya kreatifitas pada anak akan mempengaruhi kemampuannya mengambil keputusan dan kemandiriannya.


Perihal perilaku, anak yang sudah mulai kecanduan gadget, akan sulit dikontrol dan menjadi tantrum ketika gadgetnya diambil. Hal ini jika dibiarkan hingga dewasa, anak akan cenderung agresif dalam menghadapi masalah.


Kurangnya Bonding dengan Orang Tua dan Keluarga

Sudah bisa dipastikan jika anak asik bermain gadget, mereka akan lebih senang menyendiri. Tidak mau diganggu oleh kegiatan atau orang lain.


Kondisi demikian jika dibiarkan, akan mengurangi interaksi dan waktu bersama keluarga membangun bonding. Anak jadi lebih malas untuk berkomunikasi dengan orang tua atau saudara lain di rumah.


Menjadi Anak Kreatif bareng Creative Art Series

dari Faber Castell

Jika melihat hal demikian, tentu saja sebagai orang tua harus mau turun ikut terlibat dalam kegiatan anak. Ada beragam aktivitas yang bisa merangsang kreativitas anak seperti membaca buku dengan gambar, main tebak-tebakan, bermain peran, merakit lego, bermain puzzle, menggambar, memahat, melukis atau bermain clay (lempung).

creative-art-series-faber-castell


Nah, salah satu aktivitas seru yang saya lakukan bersama buah hati di rumah adalah merakit prakarya dari Faber Castell. Kali ini, kami sedang mencoba untuk merakit jam bertema Glow in The Dark.


Creative Art Series (CAS) dari Faber Castell ini merupakan rangkaian produk untuk mendukung kegiatan anak selama di rumah yang mampu merangsang kreativitas, melatih kemandirian dan konsentrasi. Satu set seharga Rp 117 ribu ini, sudah lengkap berisi lem UHU All purpose 20 ml, Acrylic Glitter Silver 30 ml, kuas grip, pola siluet, papan mdf, mesin dan jarum jam, bubuk glow ini the dark, petunjuk penggunaan dan bonus voucher workshop.


Kegiatan ini, selain melatih kreatifitas anak, juga dapat menjadi kegiatan bonding time antara orang tua dan anak. Seru lho, merakit sendiri jam yang nantinya bisa dipakai di kamar si kecil. Mereka pasti bangga dengan buatannya sendiri ya.


Creative Art Series juga mendukung rasa ingin tahu anak sesuai dengan gaya belajarnya. Terlebih produk Faber Castell ini sudah aman untuk anak-anak. Serta sangat memperhatikan kebutuhan dan kesenangan anak untuk mengenal warna dan melatih rasa ingin tahunya.


Melakukan kegiatan dengan Creative Art Series dari Faber Castell ini, anak akan belajar menjadi kreatif. Karena kegiatan ini dapat merangsang kreativitasnya, fokus dan perhatian. Semuanya terpusat untuk menyelesaikan apa yang sedang dikerjakan.


Segala kesulitan akan dihadapi dan anak menjadi lebih bersabar mengikuti proses belajarnya. Dengan aktivitas tersebut anak makin tangguh dan kepercayaan dirinya tumbuh.


Menurut Harsyal Rosidi, Product Supervisor Faber Castell International Indonesia, CAS dihadirkan untuk mengatasi kejenuhan selama belajar di rumah. Ada 4 produk rangkaian Creative Art Series Faber Castell yang bisa Bukibuk pilih untuk quality time bersama anak.


Creative Art Series ini bisa diorder melalui Toko official Faber Castell di shopee dan tokopedia. Yuk, Jangan sampai melewatkan peluang untuk mengasah kreativitas anak bersama Faber Castell Indonesia. Menjadi anak kreatif bareng Creative Art Series dari Faber Castell bisa menjadi pilihan kegiatan di rumah saja.

1 komentar:

  1. seru banget mbak bisa ikutna berkreasi kayak gini
    dan ketika mengerjakan hal ini, konsentrasi kita terpusat ke sini semua ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.