Pentingnya Tes Minat Bakat untuk Menentukan Jurusan Kuliah

 Kini semakin berkembangnya jaman, kebutuhan untuk memilih jurusan kuliah yang tepat, sesuai minat dan bakat, bagi siswa juga ikut berkembang. Hal tersebut menjadi modal dasar siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi jenjang kuliah.


Karena ternyata, banyak siswa yang masih belum yakin atau bahkan belum tahu jurusan kuliah apa yang akan ditekuninya nanti. Meski ada begitu banyak pilihan, justru membuat siswa menjadi tambah bingung.


Mengapa banyak siswa yang bingung memilih jurusan kuliah? Apa yang sebetulnya membuat mereka bingung? Jawabannya ternyata sangat sederhana, karena mereka belum tahu pasti bakat dan minatnya.


Apa itu Bakat dan Minat?

Menurut William B. Michael, seorang American Psychologist, pengertian bakat adalah suatu kapasitas yang ada dalam diri seseorang yang mana dalam melakukan tugas serta melakukannya dipengaruhi oleh latihan yang sudah dijalaninya.


Sedangkan minat cenderung pada keadaan dimana individu memiliki perhatian khusus terhadap sesuatu dan ingin mempelajarinya lebih dalam.


Perbedaannya, bakat merupakan karunia/anugerah yang diberikan Tuhan sejak lahir. Minat merupakan kecenderungan hati untuk menyukai suatu hal. Nah, yang sering terjadi masalah, terkadang bakat dan minat tidak sejalan. Ada orang yang berbakat disuatu bidang, tapi dia tidak minat. Begitu juga sebaliknya.


tes minat bakat universitas123


Namun, bakat bisa lho mempengaruhi seseorang untuk minat terhadap suatu hal. Terkadang seseorang belum tentu mengetahui bahwa ia memiliki bakat disuatu bidang. Ia hanya minat terhadap bidang tersebut, tanpa diketahui apakah ia berbakat dibidang yang sama.


Bagaimana Mengetahui Bakat dan Minat Secara Tepat?

Ketika seseorang masih kecil, bakat dan minat sebetulnya sudah bisa terlihat dari observasi orangtua terhadap hal yang disenangi oleh anaknya. Ketika anak beranjak remaja, mereka mulai memiliki kesenangan di berbagai bidang, seringkali jadi merasa kesulitan untuk menentukan hal yang paling diminati karena merasa minat di semua bidang.


tes minat bakat untuk jurusan kuliah


Padahal, mengetahui secara pasti bakat dan minat seseorang menjadi hal yang penting. Oleh karena itu, kita bisa melakukan beberapa hal berikut untuk menetahui bakat dan minat secara tepat.


1. Tanyakan Pada Orang Terdekat

Biasanya, orang terdekat lebih mengetahui diri kita dibandingkan diri kita sendiri. Bisa dengan mulai menanyakan, apa yang membuat kita spesial di mata mereka? Bisa itu kepada sahabat, ataupun keluarga.


Nah setelah itu, evaluasi apakah kelebihan itu memang sudah ada sejak dulu pada kepribadian kita atau masih terus berkembang.


2. Cari Tahu Hal yang Disukai

Nah, kadang ini yang menjadi hal sulit, menentukan satu hal yang benar-benar disukai. Apalagi, semakin banyak hal yang dicoba dan dipelajari, justru membuat semakin banyak yang digemari.


Namun, bisa disiasati dengan mencoba untuk mencatat semua hal yang disukai. Kemudian, mengelompokkan seberapa besar hal tersebut membuat kita berkembang di dalamnya. Kita akan mulai menemukan beberapa hal yang paling disukai dan ingin lakukan setiap saat. Cara ini bisa membantu kamu dalam menemukan bakat terpendam yang ada di dalam diri.


3. Ikuti Tes Minat Bakat

Mengetahui bakat dan minat dapat menjadi modal dasar untuk menentukan apa hal yang membuat kita terus berkembang. Kita jadi bisa menentukan pilihan jurusan kuliah yang tepat. Kini sudah banyak lembaga yang memberikan fasilitas tes minat dan bakat. Salah satunya di Tes Minat Bakat Universitas123 yang bisa dilakukan secara online.


Kesimpulan, Seberapa Pentingnya Tes Minat Bakat Menentukan Jurusan Kuliah?

Melalui tes bakat dan minat, siswa dapat lebih mengetahui potensi dirinya termasuk kelebihan dan kekurangannya, baik dari segi akademis maupun kepribadian. Dengan tes ini juga, kita lebih terarah untuk mengetahui minat yang sesuai dengan bakatnya.


Jadi, kita bisa tahu jurusan kuliah yang tepat sesuai dengan hasil tes minat bakat jurusan kuliah yang dilakukan. Oleh karena itu, tes bakat dan minat menjadi hal penting karena dapat sangat membantu siswa untuk mengetahui dan yakin memilih suatu jurusan kuliah, sehingga akan meminimalisir siswa yang merasa salah jurusan.

3 komentar:

  1. sepertinya perlu banget ya jangan banget ngalami kayak aku masuk di Jurusan Kehutanan yang selama sekali aku enggak minta, untuk IPK akhirnya lumayan hiks...

    BalasHapus
  2. Memang penting ya mbak, jadi nggak bisa asal masuk atau pilih jurusan, bisa bisa malah nggak fokus atau berhenti di tengah jalan, huhu..

    BalasHapus
  3. Pas banget nih Mbak.
    Tahun ini ada Adikku dan adik ipar juga yang mau masuk kuliah. Hmm boleh nih saya sodorin artikel ini biar mereka lebih paham dan mau juga untuk mencoba tes minat bakatnya sebelum menentukan jurusan yang tepat tuk mereka. Makasih ya Mbak ;(

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.