Cara Mengecat Pintu Kayu Agar Hunian Tampil Menawan

 Saat melihat pintu rumah mulai usang, tentunya terpikirkan untuk mengecatnya kembali. Tapi, bagaimana cara mengecat pintu kayu? Jika dilihat tutorial cara mengecat pintu kayu agar lebih indah, kita pasti terkesan dengan hasilnya. Namun karena dilakukan oleh para profesional, kita langsung merasa tidak akan bisa mendapat hasil yang sama.


Tapi, ternyata sebagai pemula juga bisa lho mempelajari rahasianya mengecat pintu kayu agar sama hasilnya. Bahkan hanya menggunakan alat berupa kuas. Yuk, bersiaplah untuk mengecat pintu kayu di rumah sehingga mendapatkan tampilan super mengkilap.


Baca juga: Buat Bioskop Pribadi


Manfaat Mengecat Pintu Kayu

Tidak hanya sebagai akses antara area luar dan dalam rumah, pintu depan rumah juga harus memberikan tampilan yang mengundang dan kesan pertama positif kepada tamu yang berkunjung.


Nah, oleh karena itu, penting memilih warna pintu depan rumah yang menarik dan cantik. Dengan mengecat pintu depan rumah, akan menyegarkan tampilan dan meningkatkan daya tarik rumah kita. Oleh karena itu, mengecat pintu depan rumah tidak boleh asal.


Pahami Cara Mengecat Pintu Kayu

Cara mengecat pintu kayu tentu dapat dilakukan dengan mudah jika kita sudah mempersiapkan semua peralatan dan bahan yang lengkap. Lalu, apa saja alat dan bahan yang diperlukan?


Baca juga: Ciptakan Hunian Nyaman dengan Lampu


Ada lima jenis alat dan bahan yang bisa disiapkan untuk mengecat pintu kayu. Seperti : 

Kuas atau Roller, salah satu alat ini tentu harus ada karena yang akan digunakan untuk mengaplikasikan cat pada permukaan kayu.

Kain Lap, diperlukan untuk membersihkan permukaan kayu dari debu atau kotoran sebelum dicat. Jadi, cat dapat menempel dengan sempurna pada permukaan kayu.

Amplas, digunakan untuk meratakan permukaan kayu sebelum dicat. Agar hasilnya lebih sempurna.

Primer, akan digunakan untuk membantu menutup pori-pori pada kayu. Namun, perlu diperhatikan untuk mencari primer yang kompatibel dengan cat kayu, agar tidak menyebabkan cat mudah mengelupas nantinya.

Cat Kayu, digunakan untuk mengecat kayu. Pemilihan jenis cat yang bagus untuk pintu kayu, juga perlu disesuaikan dengan jenis kayu. Mulai dari cat air, cat minyak, cat semprot, cat transparan, hingga cat pewarna.


cara mengecat pintu kayu


Jika alat dan bahan minimal di atas sudah disiapkan, maka kita sudah bisa mulai untuk mengecat pintu kayu. Berikut cara mengecat pintu kayu yang bisa diikuti untuk tampilan hunian yang semakin menawan.


1. Bersihkan Pintu Kayu

Sebelum dilakukan pengecatan pada pintu kayu, hal pertama adalah membersihkan pintu kayu. Pembersihan pintu kayu bisa dilakukan dengan kain lap untuk menghilangkan debu, kotoran atau sisa-sisa cat lama yang menempel.


Kita bisa gunakan kain lap yang dibasahi (dalam kondisi lembab), sehingga debu atau kotoran bisa menempel di kain. Hal ini juga bertujuan untuk mengurangi debu berterbangan. Sehingga akan lebih cepat bersih.


2. Dilakukan Pengamplasan Pada Permukaan Pintu Kayu

Langkah selanjutnya adalah mengamplas permukaan pintu kayu. Hal ini bertujuan agar permukaan kayu lebih halus dan rata, sehingga akan lebih rapi hasilnya saat diaplikasikan cat.


Perlu diperhatikan adalah, amplaslah permukaan kayu searah dengan serat kayu. agar tidak merusak serat kayu alaminya.


Jika sudah selesai dibersihkan dan diamplas, jangan lupa untuk menunggu permukaan kayu kering kembali sebelum diaplikasikan cat. Caranya adalah dengan mengelap menggunakan lap kering sebelum dicat. Permukaan kayu yang kering dapat membuat cat lebih tahan lama dan tidak mudah mengelupas.


3. Aplikasikan Primer 

Kemudian, kita bisa mulai dengan mengaplikasikan primer sebelum cat. Oleskan primer pada permukaan kayu secara merata. Perlu diingat agar proses pengadukan primer dipastikan larut sempurna agar tidak ada gumpalan saat diaplikasikan. Tunggu hingga primer mengering di permukaan kayu sebelum akhirnya di cat merata.


4. Proses Pengecatan Pintu Kayu

Pengecatan dapat dilakukan sekali atau bisa juga dua kali pengecatan, agar hasilnya tampak lebih nyata. Jangan lupa untuk memulai aplikasikan cat setelah primer kering untuk mendapatkan hasil akhir yang optimal pada pintu kayu yang akan dicat.


Jangan lupa, sebelum cat digunakan, pastikan untuk mengaduk cat terlebih dahulu agar tidak ada cat yang menggumpal. Kemudian, pastikan kuas atau roller digunakan dengan gerakan merata. Setelah selesai melakukan pengecatan, biarkan cat mengering selama beberapa jam.


Jika ingin dilakukan pengecatan kedua, maka bisa diulangi lagi langkah cara mengecat pintu kayu dari pengamplasan. Jika cat pertama kering, kemudian lakukan pengamplasan kembali, sebelum dilakukan cat yang kedua.


Beberapa orang memilih untuk melakukan pengecatan dua kali. Tujuannya untuk meratakan warna, menambah daya rekat, memperbaiki cacat, hingga meningkatkan ketahanan pintu kayu.


Baca juga: Tips Cat Ulang Perabotan


Kesimpulan, Cara Mengecat Pintu Kayu yang Benar, Membuat Hunian Tampil Menawan

Nah, mudah kan untuk diikuti? Bisa bisa melakukan cara mengecat pintu kayu sendiri dengan hasil layaknya profesional. Dengan mengikuti langkah yang benar, tentunya akan mengurangi kegagalan mendapatkan kesan pintu lebih megah.


Untuk memenuhi kebutuhan bahan, termasuk cat yang bagus untuk pintu kayu, Citra Kayon didirikan pada 2010 sebagai konsep berkelanjutan dari perjalanan dalam menyediakan bahan bangunan yang indah, menakjubkan, dan tahan lama.

Tidak ada komentar:

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.