Pentingnya Mengenalkan Warna Sejak Dini Pada Si Kecil - Grow with Colors, Grow with Farlin

 Sebelum jadi ibu, aku suka heran kenapa sih produk anak-anak seperti mainan, baju-baju atau bahkan alat-alat kebutuhannya, kebanyakan wana warni. Rasanya agak gimana gitu lihatnya, "ih, rame amat ya" "besok anak aku pakai warna-warna netral aja ah". Tapi ternyata, warna-warna cerah tersebut hadir untuk stimulasi visual si kecil.


Ha, kok bisa? Pada pekan lalu, Sabtu, 2 Desember 2023, aku datang ke sebuah acara talkshow di IMBEX, JCC Senayan. Mengusung tema mengenai Pentingnya Mengenalkan Warna Sejak Dini Pada Si Kecil, talkshow ini merupakan persembahan dari brand Farlin.


pentingnya stimulasi warna



Hadir sebagai narasumber, yaitu dokter anak Bapak dr. S. Tumpal Andreas , M.Kes(Ped), Sp.A dan Ibu Desvita dari Farlin Indonesia. Meski hanya satu jam acara berlangsung, namun ilmu yang diberikan padat sekali untuk para ibu dan ayah yang hadir di event tersebut.


Penasaran apa saja yang dibahas? Akan akau sampaikan kembali dalam blog ini, jadi simak sampai tuntas tulisanku ini ya.


Manfaat Pengenalan Warna Sejak Dini Pada Bayi dan Anak

Setiap orang tua, tentunya ingin anaknya dapat tumbuh secara optimal sesuai dengan usianya. Nah, untuk mengoptimalkan pertumbuhan Si Kecil, tentunya kita sebagai orang tua juga harus memfasilitasi kebutuhan anak untuk berkembang.


Macam Stimulasi untuk Si Kecil

Dengan diberikan ruang dan stimulasi yang maksimal, tentu anak akan mampu meningkatkan kemampuan dalam dirinya. Beberapa stimulasi yang bisa dilakukan antara lain:


Stimulasi taktil

Stimulasi ini berupa rangsang melalui sentuhan dan tekanan dan berfungsi melatih indra peraba. Ibu dapat memberikan stimulus dengan memberikan benda-benda yang memiliki tekstur yang berbeda yaitu lembut dan kasar.


Auditori

Stimulasi auditori berhubungan dengan rangsangan pada indera pendengaran.


Stimulasi Indera Pengecapan

Indra perasa bayi bisa mendeteksi rasa makanan yang ibu makan melalui ASI. Jadi, makan berbagai macam rasa makaan selama memberikan ASI eksklusif juga bisa menstimulasi indra perasa si kecil.


Stimulasi Indera Penciuman

Anak-anak memiliki penciuman yang sensitif. Bahkan emosi dan ingatan mereka dapat dipengaruhi oleh sensasi aroma. Jadi, dengan memberikan stimulasi yang tepat untuk penciumannya, akan memberikannya ketenangan.


Stimulasi Visual

Penglihatan menjadi bagian penting dari pemahaman anak untuk mengenal dunia sekitarnya. Tugas kita sebagai orang tua, tentu mengenalkan bermacam hal yang bisa merangsang perkmbangan visualnya secara optimal. Salah satunya dengan mengenalkan banyak warna.


Macam-macam stimulasi di atas bisa dilakukan sehari-hari di rumah. Tidak perlu benda, alat, atau mainan yang mewah. Cukup dengan benda-benda yang ada di rumah yang digunakan kita sehari-hari.


farlin grow with colors



Manfaat Pengenalan Warna Sejak Dini

Pada stimulasi visual, bisa dilakukan salah satunya dengan mengenalkan warna sejak dini pada si kecil. Dengan menggunakan bantuan media warna, seperti warna-warna dalam alat makannya, pakaianannya, atau alat mandinya. Maka stimulasi akan lebih mudah dan menyenangkan untuk anak.


Kemampuan untuk mengidentifikasi warna, merupakan salah satu tonggak perkembangan kognitif anak. Ternyata, anak-anak mulai dapat distimulasi oleh warna bahkan sejak Si Kecil lahir. Nah, apa saja manfaat yang akan didapatkan oleh Si Kecil?


1. Stimulasi Sensorik

Melalui warna, anak jadi lebih tertarik untuk mengenal benda-benda di sekitarnya. Dengan begitu, kemampuan sensoriknya menggunakan indera penglihatan akan terus meningkat.


2. Pengembangan Kognitif

Aktifnya kita memberikan stimulasi pada Si Kecil dengan warna, juga akan mempengaruhinya dalam perkembangan kognitif. Anak akn semakin mampu melakukan eksplorasi terhadap dunia sekitar melalui indera visualnya.


3. Stimulasi Kreativitas dan Imajinasi

Warna ternyata, mampu merangsang kreativitas, imajinasi, dan kemampuan berpikir anak mengolah informasi mengenai suatu benda.


4. Pengenalan Objek dan Konsep

Umumnya, mengenalkan objek pada Si Kecil dengan mengaitkannya dengan warna. Misalnya, daun itu berwarna hijau atau awan berwarna putih.


Kita juga akan lebih mudah mengenalkan warna melalui benda-benda nyata yang ada di sekitar anak. Contoh mengenalkan warna melalui buah-buahan, pisang berwarna kuning atau melon berwarna hijau. Dengan melatih Si Kecil mengenal warna pada anak usia dini, membuat Si Kecil paham akan persepsi warna dan benda.


5. Pengembangan Keterampilan Motorik

Dengan banyak mengenal warna, perkembangan unsur kematangan dan pengendalian gerak tubuhnya juga akan terasah. Keterampilan motorik berkembang sejalan dengan kematangan syaraf dan otot. Jika stimulasinya dilakukan maksimal, ketrampilan motorik juga akan semakin baik.


6. Interaksi Sosial

Pengenalan warna juga membuat Si Kecil belajar untuk berinteraksi dengan lingkungan sekitar.


7. Perkembangan Bahasa

Nah, salah satu manfaatnya yang tidak kalah penting, mengenalkan warna sejak dini pada anak juga melatih perkembangan bahasanya. Dengan warna, anak-anak lebih mudah mengidentifikasi objek, sehingga lebih mudah menyebutkannya dalam bahasa.


Farlin, Hadir untuk Melatih Perkembangan Visual Anak Melalui Warna

Dalam mengenalkan warna untuk pertama kali kepada anak, ada baiknya dimulai dengan warna-warna dasar seperti merah, biru, hijau, atau kuning. Kita, para orang tua bisa memperkenalkannya dengan barang sehari-hari yang digunakan, seperti sisir, teether, atau alat makan.


Oleh karenanya, kita bisa memilih produk kebutuhan bayi yang memiliki varian warna dasar, seperti yang ada di produk-produk Farlin. Nah, ini sangat mematahkan niatku dulu untuk memberikan warna-warna "cewe bumi" pada anak-anak hihi.. Ternyata, jadi "mama kue" lebih menarik untuk Si Kecil lho!


Tentang Farlin

Farlin adalah brand dari Taiwan yang sudah lebih dari 50 tahun, ahli dalam memproduksi produk-produk untuk kebutuhan bayi dan anak. Pengalamannya yang sudah lebih dari 50 tahun, serta didukung oleh uji klinis yang dilakukan di rumah sakit, Farlin selalu memastikan bahwa setiap produk tidak hanya memiliki kualitas terbaik, tetapi juga bisa menjawab kebutuhan Ibu dan Si Kecil.


Saat ini, Farlin didistribusikan oleh PT Interbat, salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia. PT Interbat telah dikenal dengan dedikasi yang tinggi terhadap standar mutu dan keamanan produk.


Kategori produk Farlin yang hadir untuk Si Kecil memang sangat beragam dan melengkapi kebutuhannya. Mulai dari botol susu dan dot, feeding atau alat makan, hygiene atau alat untuk kebersihan si kecil, oral care, sampai dengan aksesoris atau mainan pendukung untuk Si Kecil.


Farlin, Hadirkan Produk Anak dengan Campaign Grow With Colors

Beragamnya produk yang dimiliki oleh Farlin tersebut, menunjukkan bahwa Farlin selalu berusaha menjawab kebutuhan bayi. Tidak hanya itu, Farlin memiliki campaign Grow with Colors. Dalam campaign ini, Farlin ingin mengajak para ibu untuk mengenalkan warna yang beragam kepada si kecil sejak dini. Wah, cocok ya untuk kebutuhan stimulasi visual si kecil.


produk farlin baby kids



Pada fase awal, bayi lebih cenderung melihat dunia dalam kontras hitam-putih dan nuansa abu-abu. Warna-warna cerah dan kontras tinggi akan lebih menonjol. Sehingga penggunaan warna berkontras tinggi dan cerah, akan lebih menarik perhatian bayi dan membantu mereka mengidentifikasi perbedaan visual.


Kesimpulan, Stimulasi Visual Si Kecil Lebih Optimal dengan Warna

Berbicara kepada bayi tentang warna, bentuk, dan pola juga dapat memperkaya pengalaman belajar mereka. Selain itu, warna-warna pada object terbukti memberikan rangsangan lebih menarik terhedap anak sejak dini. Respon mereka pada lingkungan sekitar semakin aktif ketika melihat warna yang mencolok.


Nah, melalui pendekatan tersebut, Farlin mengkampanyekan "Grow with Colors" untuk dapat menjadi panggilan kepada para orang tua agar lebih memahami kebutuhan sebenarnya dari si kecil dan memilih produk yang juga mendukung perkembangan dan kesejahteraan mereka.


Kenali produk mereka di Sosial Media seperti Instagram Farlin Indonesia, atau Tiktok Farlin Indonesia dan langsung penuhi kebutuhan produk Si Kecil dengan berbelanja produk Farlin di e-commerce resminya Shopee Farlin.


#Farlinindonesia #GrowWithColors #GrowWithFarlin #PerlengkapanBayi


Sumber artikel:

  • Materi Talkshow Pentingnya Mengenalkan Warna Sejak Dini Pada di Kecil Grow with Colors, Grow with Farlin
  • Website Kumparan Mom/manfaat-kenalkan-warna-pada-anak-sejak-dini
  • Jurnal PAUD - Meningkatkan kemampuan mengenal warna
  • Jurnal Ceria - PENGARUH METODE EKSPERIMEN TERHADAP PENGENALAN WARNA PADA ANAK USIA DINI

42 komentar:

  1. wah sangat informatif, terimakasih telah berbagi :D

    BalasHapus
  2. Lagian kan kalau menurut pengamatanku ya. Bocah tuh emang lebih tertarik sama warna-warni yang beraneka ragam gitu. Kayak ponakanku. Dia seneng banget sama lampu yang punya banyak pendar warna-warni gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener, bahkan cuma liat daster emaknya yang warna warni aja, girang lho hehe

      Hapus
  3. gak kepikiran deh dulu waktu masih masa-masa MPASI dan anak treenager mengenalkan warna lewat perlatan makannya, bisa di share ke adik ipar nih yang baru punya baby usia 3 bulan

    BalasHapus
    Balasan
    1. iy, ternyata sengaruh itu sama kebutuhan stimulasi si kecil ya

      Hapus
  4. gak kepikiran deh dulu waktu masih masa-masa MPASI dan anak treenager mengenalkan warna lewat perlatan makannya, bisa di share ke adik ipar nih yang baru punya baby usia 3 bulan

    BalasHapus
  5. konsep Grow with Colors, Grow with Farlin harus dikenalkan sejak dini ya, sehingga membantu tumbuh kembang serta membantu mengenali lingkungan sekitar termasuk benda benda dan berbagai macam objek ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg mau mengenalkan mainan ini ke si kecil. Dia kadang masih suka lupa2 soal warna. Smg dgn mainan baru ini, mkn berkembang otak cerdasnya. Sbg ortu, hrs mendukung dan menggali minat dan bakat si kecil ya kak.

      Hapus
  6. bener banget nih kak, ponakanku seringkali tk kenalin sama berbagai macam warna di lingkugan sekitar, yg dulunya agak diem eh sekarang lumayan cerewetnya bahkan setiap ada warna yang asing di selalu nanyain "ini warna apa" begitu seterusnya, jadi makin gemes ama ponakan, wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, seru banget ya proses eksplorasi warna bersama ponakan! Lucu deh kalau dia selalu penasaran dengan warna-warna baru di sekitarnya. Mungkin bisa tambahkan aktivitas kreatif dengan menggambar atau membuat sesuatu yang berhubungan dengan warna-warna favoritnya. Pasti makin asyik dan mendidik! 😄🌈

      Hapus
  7. Ternyata ada manfaatnya ya barang-barang bayi yang warna-warni. Buat stimulasi si kecil. Bukan untuk sekedar biar keliatan rame atau ceria.

    BalasHapus
  8. Memang banyak sekali manfaat warna bagi tumbuh kembang anak ya Mbak. Makanya buku bacaan anak pun itu ilustrasinya full warna dengan warna-warna cerah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. setuju banget, kenapa buku anak ilustrasinya full color dan menarik. terus konsepnya di pakai di peralatan makan anak, mantul banget kan ya

      Hapus
    2. setuju banget, kenapa buku anak ilustrasinya full color dan menarik. terus konsepnya di pakai di peralatan makan anak, mantul banget kan ya

      Hapus
  9. Jadi kanget zaman anak-anak masih kecil. Kalau mau ganti botol atau pernak-pernik kebutuhan baby, selalu bingung pilih yg mana.
    Tau gitu kaan Farlin aja udah, anti gagal deh, ga usah mikir merek lain.

    BalasHapus
  10. Kalau saya dulu mikirnya peralatan bayi warna-warni biar terkesan ceria ehh ternyata manfaatnya banyak bgt ya mom 😅😀

    BalasHapus
  11. Penasaran sama produk Farlin.
    Karena aku juga sama, sejak punya anak, baru kepikiran.. "Oh ternyata ini pentingnya produk bayi dan anak warna-warni", hehehe..

    Kata Ibuku dulu, supaya Ibunya punya bahan "Ngomong" sama anak.

    BalasHapus
  12. Gak hanya visual aja yang jadi distimulasi, tapi juga indera lainnya. Wah manfaat banget ini mengenalkan warna sejak dini kepada anak² ya

    BalasHapus
  13. Wah, banyak ya manfaat yang didapat oleh si kecil saat dia paham dan tahu jenis jenis warna

    BalasHapus
  14. Sejak kecil juga anakju udah aku kenalin barang2 yang berwarna. Awlanya warna kontras saat masih bayi, lalu mulai warna pokok saat bayi usia 4 bulan ke atas. Manfaatnya memang banyak. Farlin ini bisa jadi referensi ya

    BalasHapus
  15. Setuju nih, anak bayi seneng banget sama warna² yg cerah, bersama Farlin stimulasi warna bisa lebih maksimal nih.

    BalasHapus
  16. Wah mainannya lucu bgt. Pas bgt si kecil jg senang main warna. Selama ini sih dia suka belajar dari YouTube. Jd apa2 selalu menirukan. Termasuk soal warna dalam bahasa Inggris.

    Kdg pas di luar rumah jg sekalian belajar ngenalin sih. Boar kenal alam dan belajar psikomotoriknya.

    BalasHapus
  17. Dari warna anak-anak bisa belajar banyak hal
    Bahkan sekadar memindahkan benda berwarna itu punya makna penting bagi tumbuh kembang anak
    Sekarang anak saya sudah bisa sebut warna meski mix sama English

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali Mbak. Dari hal simpel saja ya, misalnya mencocokkan warna. Lalu nanti mempadupadanakan warna. Apalagi dunia sekitar memang berwarna.

      Hapus
    2. Iya warna ini sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Sarana sensori pada mata untuk bisa melihat warna dan menginterpretasikan dalam bahasa

      Hapus
  18. Anak-anak memang selalu suka sama warna warni cerah ya, ternyata ada oengaruhnya sama perkembangannya. Salut dengan Farlin yang mendesain produknya dengan memperrimbangakan stimulasi untuk anak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keren ya bisa menstimulus untuk perkembangan anak, sehingga bisa lebih optimal nih growth-nya si kecil

      Hapus
  19. Wah, Farlin emang paham banget nih cara melatih perkembangan visual anak melalui warna. Pilihan warna dasar kayak merah, biru, hijau, dan kuning tuh emang pas banget buat diajarin ke anak-anak. Apalagi kalo produknya Farlin, yang selain bermanfaat juga punya warna yang cerah. Jadi, nggak cuma melatih perkembangan anak, tapi juga bikin suasana jadi lebih ceria. Keputusan jadi 'mama kue' emang pilihan yang oke ternyata, ya! 👍🌈

    BalasHapus
  20. Bayi umumnya memang suka melihat warna-warni. Dulu ketika anak-anak masih bayi suka banget lihat lampu warna warni, hihi...

    BalasHapus
  21. Wahyuindah11/12/23

    Anak anak memang suka sama warna. Mereka cenderung lebih mudah mengenal benda dari warnanya dulu. Manfaat mengenal warna ini ternyata banyak ya. Bisa melatih otak anak

    BalasHapus
  22. Wah hampir saja lupa, kalau gak baca artikel ini saya gak akan ngeh. Saya pikir mengenalkan warna itu hanya semacam menambah pengetahuan anak gitu. Padahal itu juga salah satu bentuk stimulasi anaak ya.

    BalasHapus
  23. ternyata stimulasi warna sangat baik untuk menunjang pertumbuhan dan rangsang perkembangan anak. Ini jadi pembelajaran juga buat emak emk untuk mengajak anak mengenal warna lebih dini

    BalasHapus
  24. Yang aku tahu klo anak kecil pertamanya cuma bisa liat warha mecolok ya, seiring bertambahnya usia harus dijenalin juga nama nama warna itu..

    BalasHapus
  25. Wah bener banget, kalau pengenalan warna sejak dini ini penting banget. Bantu anak stimulasi visual juga, apalagi kalau dikenalkan dengan mudah dan menyenangkan. Ternyata bisa bantu pengembangan kognitif juga. Ternyata produk2 Farlin bantu ortu mengkampanyekan Grow with Colors yaa. Keren nih.

    BalasHapus
  26. Ternyata banyak stimulasi yang bisa dilakukan ketika mengenalkan warna kepada anak. Selain memang sesuai usianya, Farlin juga memiliki campaign yang tepat dengan tagline Grow with Colors.

    BalasHapus
  27. Manfaat dari pengenalan warna dari sejak usia dini emang bagus ya manfaatnya. Dan ya, anak bayi pun cocok banget pakai baju atau peralatannya dg warna warni. Jadi makin lucu dan ngegemesin gitu..

    BalasHapus
  28. Makanya warna mainan anak² tuh cerah banget yah. Sekalian buat belajar anak. Jadi penasaran juga nih sama Farlin yg punya tagline Grow With Colors

    BalasHapus
  29. Makanya warna mainan anak² tuh cerah banget yah. Sekalian buat belajar anak. Jadi penasaran juga nih sama Farlin yg punya tagline Grow With Colors

    BalasHapus
  30. Pas banget memang ya, Kak. Apalagi anak kecil masanya senang warna, khususnya warna-warna cerah. Anak saya yang hampir dua tahun lagi senang-senangnya main warna. Krayon, pensil warna milik kakaknya dipakai semua. Sekalian aja kenalin nama warnanya kw dia

    BalasHapus
  31. ternyata banyak juga ya manfaat dari pengenalan warna sejak dini pada si bayi ini, pastinya akan membuat mereka lebih mengenal warna lebih awal, kebetulan banget di rumah ada anak kecil yang belum 2 tahun, sudah pintar hitung dan anggota tubuh, tapi kalau warna belum hapal dia

    BalasHapus
  32. Wahyuindah17/12/23

    Alhamdulillah anakku suka warna sejak kecil. Jadi perkembangan otaknya tumbuh dengan baik. Memang banyak manfaatnya mengenalkan warna pada anak.

    BalasHapus
  33. Bagus sekali memang kalau di rumah kita sediakan media pembelajaran anak meski kecil atau sederhana tapi yang penting kasih sayang
    Sekarang sudah besar merasakan bagaimana manfaatnya... Dan itu harus dilakukan sejak dini ya

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.