Beda Multimeter Analog vs Digital dan Rekomendasi Multimeter yang Bagus

Banyak hal di dunia ini yang ternyata bisa diukur dengan alat, termasuk arus listrik. Nah, salah satu alat ukur yang digunakan adalah Multimeter. Berdasarkan pengertian di Wikipedia, apa itu multimeter? Multimeter atau multitester, juga dikenali sebagai VOM (Volt-Ohm meter atau Volt-Ohm-milliammeter). Sebuah alat pengukur elektronik yang menggabungkan beberapa fungsi pengukuran dalam satu unit.


Pengukuran sendiri merupakan usaha yang menyatakan sifat suatu zat atau benda ke dalam bentuk angka atau harga. Pemberian angka tersebut dapat dicapai dengan membandingkan suatu alat yang dianggap sebagai standar dengan sebuah skala yang sudah di tes alat ukur atau dikalibrasi.


multimeter


Nah, bicara tentang multimeter, ternyata ada dua versi alat. Multimeter analog dan digital. Sebelum membandingkan keduanya, sebetulnya apa itu Multimeter itu dan apa manfaat memiliki multimeter.


Mengenal Multimeter dan Fungsinya

Multimeter ini ternyata sama dengan multitester, ini yang lebih sering aku dengar. Alat ini menjadi salah satu toolkit penting bagi para praktisi elektronika. Multimeter adalah gabungan dari beberapa alat ukur elektronik yang dikemas dalam satu kemasan.

apa itu multimeter


Pada umumnya setiap “multimeter” minimal memiliki tiga fungsi ukur yaitu sebagai alat ukur arus (Ampere Meter), alat ukur tegangan (Volt Meter) dan alaut ukur resistansi (Ohm Meter). Namun, seiring berkembangnya teknologi, multimeter kini telah memiliki fungsi lain, seperti  alut ukur kapasitansi kapasitor, sebagai alat ukur frekuensi dan sebagai alat ukur faktor penguatan transistor.


Cari Tahu Yuk, Multimeter Analog vs Digital!

Berdasarkan tampilan display atau meter yang digunakan, maka multimeter dibedakan menjadi 2 jenis, Analog dan Digital. Perbedaan kedua multimeter ini dapat terlihat dari segi bentuk dan juga cara penunjukan hasil pengukuran.

multimeter analog vs digital


Pada multimeter analog hasil pengukuran ditunjukkan dengan jarum skala pada papan skala, sementara hasil pengukuran menggunakan multimeter digital dapat dilihat langsung pada layar digital.


1. Multimeter Analog

Multimeter analog merupakan jenis multimeter yang menggunakan display ukur (meter) dengan tipe jarum penunjuk. Jarum bergerak ke range-range yang kita ukur dengan probe. Sehingga untuk membaca hasil ukur harus dilakukan dengan cara melihat posisi jarum penunjuk pada meter dan melihat posisi saklar selektor pada posisi batas ukur. Hasilnya, perlu dilakukan perhitungan secara manual.


Kondisi atau proses pembacaan hasil ukur yang masih manual inilah yang menyebabkan multimeter jenis ini dinamakan sebagai multimeter analog.


Kelebihan dan Kekurangan Multimeter Analog

Jenis analog ini tidak dapat digunakan untuk mengukur secara detail suatu besaran nilai komponen. Kebanyakan hanya di gunakan untuk mengukur baik atau jeleknya komponen pada waktu pengukuran.


Juga biasanya hanya digunakan untuk memeriksa suatu rangkaian apakah sudah tersambung dengan baik sesuai dengan rangkaian blok yang ada. Multimeter analog ini menggunakan peraga jarum moving coil dan besaran ukur berdasarkan arus (elektronis dan non elektronis). 


Kelebihannya, tidak memerlukan baterai. Baterai diperlukan untuk fungsi resistance meter tetapi fungsi voltmeter dan ammeter dapat bekerja tanpa baterai. Selain itu, bisa digunakan untuk pembacaan yang cepat. Jarum analog yang bereaksi dengan cepat, membuatnya pas untuk mencolokkan probe pada titik-titik pengukuran. Sehingga, pembacaan high, medium dan low mudah terlihat dalam sekejap.


Namun, hasil pengukuran dengan analog ini akurasinya terbatas. Sehingga dinilai lebih rendah jika dibandingkan dengan versi digital. Oleh karena itu, untuk pengukuran yang membutuhkan ketelitian tinggi, sebaiknya menggunakan multimeter digital.


Kekurangan lainnya yang bisa mempengaruhi hasil pembacaan dari multimeter analog adalah kemungkinan salah membaca skala. Dapat dikarenakan skala yang sulit dibaca. Selain itu, mekanis jarum lemah, jadi dapat mempengaruhi akurasi jika multimeter sering terjatuh.


Bagian-Bagian Multimeter Analog

Tampilannya memang terlihat lebih rumit. Banyak komponen di dalam multimeter analog ini, jadi untuk pemula pun, sepertinya harus belajar lebih untuk membaca hasilnya. Adapun, bagian-bagian dari multimeter analog, seperti memiliki komponen berikut:


  • Sekrup pengatur kedudukan jarum penunjuk
  • Tombol pengatur jarum penunjuk pada kedudukan zero
  • Saklar pemilih
  • Lubang kutub
  • Saklar pemilih polaritas
  • Kotak meter
  • Jarum penunjuk meter
  • Skala


2. Multimeter Digital

Multimeter digital merupakan jenis multimeter dengan display digital sebagai penampil hasil ukurnya. Hasil ukur yang ditampilkan pada multimeter digital merupakan hasil yang telah sesuai, sehingga tidak perlu dilakukan lagi perhitungan antara hasil ukur dan batas ukur.


Kelebihan dan Kekurangan Multimeter Digital

Multimeter digital memiliki akurasi yang lebih tinggi dan kegunaan yang lebih banyak jika dibandingkan dengan multimeter analog. Selain itu, tambahan satuannya lebih teliti dan opsi pengukuran juga lebih banyak. Tidak terbatas pada ampere (A), volt (V), dan ohm (O) saja.


Multimeter Digital menggunakan peraga bilangan digital dan besaran ukur berdasarkan tegangan yang dikonversi ke sinyal digital. Sehingga tidak perlu lagi dilakukan pembacaan hasil pengukuran, antara hasil ukur dengan batas ukur.


Hasil ukurannya juga lebih cermat karena menggunakan display 4 digit sehingga mudah membaca dan memakainya. Multimeter ini biasa dipakai pada penelitian atau pekerjaan mengukur yang memerlukan kecermatan tinggi. Hanya saja, masih memiliki kekurangan, yaitu susah memonitor tegangan yang tidak stabil.


Bagian-bagian Multimeter Analog

Tampilan pada layarnya memang lebih simple, karena hanya terlihat digit angka saja. Namun, beberapa bagian lainnya perlu dipelajari juga agar tidak salah dalam melakukan input data pengukuran. Bagian multimeter analog pada umumnya, ada antara lain:


  • Display Digital
  • Saklar pemilih
  • Lubang kutub
  • Saklar pemilih polaritas
  • Kotak meter
  • Skala


Rekomendasi Multimeter yang Bagus

Multimeter digital memang lebih mudah digunakan bahkan untuk pemula, karena hasilnya dapat ditampilkan dalam bentuk angka untuk menghindari terjadinya kesalahan pembacaan.


Hal tersebut yang membuat banyak orang beralih untuk menggunakan multimeter digital dibanding analog. Bagi teknisi, tipe digital ini sangat membantu meringankan pekerjaannya. Berikut ini beberapa rekomendasi Multimeter yang bisa diperoleh di kawanlama(dot)com.


1. Extech Instruments

Extech Instruments merupakan salah satu brand yang menawarkan berbagai macam produk pengukuran, termasuk multimeter digital. Merek ini terkenal karena produk-produknya yang handal dan inovatif. Mereka sering kali menyediakan fitur-fitur tambahan yang tidak ditemukan pada multimeter lainnya.


2. Hioki

Hioki merupakan merek multimeter digital yang berasal dari Jepang. Merek ini terkenal karena produk-produknya yang berkualitas tinggi dan inovatif. Mereka sering kali menawarkan teknologi terbaru dalam produk-produk mereka.


3. Taffware Multimeter Digital

Produk multimeter digital bermerk Taffware ini terbuat dari material yang berkualitas tinggi dan tahan lama digunakan. Pastinya, pengukuran yang dihasilkan akan lebih akurat dan minim noise. Produk ini menggunakan baterai AAA sebagai sumber tenaga utamanya. Ukuran produk ini yaitu 75.7 mm x 29.8 mm x 208 mm. 


Selain itu, penggunaannya lebih praktis, cepat, dan mudah. Bobotnya juga lebih ringan dan ukurannya tidak terlalu besar. Jadi mudah untuk dibawa kemana saja untuk mengecek listrik. Produk ini bisa digunakan untuk mengetes tegangan AC maupun AC hingga arus resistansi, dan hal-hal yang berkaitan dengan listrik.


4. Tofuda

Salah satu multimeter yang juga direkomendasikan adalah Tofuda DT830B. Multimeter ini cukup populer karena memiliki fitur-fitur dasar yang dibutuhkan dari sebuah multimeter digital. Sering diaplikasikan pada laboratorium, pabrik, sekolah, hingga digunakan oleh para teknisi.


5. Mastech Multimeter

Produk multimeter digital dari Mastech memang cukup ringan dan memiliki desain yang cukup tipis sehingga mudah untuk digenggam. Selain itu, Mastech Multimeter Digital DT9205A juga telah hadir dengan tambahan layar LCD. Sehingga lebih mudah dalam membaca hasil pengukuran.


Kesimpulan, Memilih Multimeter yang Bagus

Dalam memilih multimeter digital yang tepat, kita perlu mempertimbangkan kebutuhan, anggaran, dan jenis pekerjaan yang akan dilakukan. Semua merek yang disebutkan di atas memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas dan kinerja, sesuai rekomendasi website electrical yang aku baca.


rekomendasi multimeter di Kawan Lama


Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan dan pastikan untuk membaca ulasan dan spesifikasi produk sebelum membeli. Banyak produk kebutuhan alat-alat disediakan di kawanlama.com.


61 komentar:

  1. Di rumah kayaknya ada deh Multimeter. Kayaknya yg digital sih. Suami yang biasanya pakai. Cuma aku kurang tahu mereknya sih...
    Memang sekarang semua serba digital yah. Peralatan rumah tangga pun udah pakai digital, kayak timbangan, mesin cuci dll.
    Lebih praktis dan akurat pula...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti itu beli baru ya Kak Han? Secara di saya juga ada multimeter tapi yang lama, masih manual hehe... Jadi pengen beli yg digital juga biar praktis dan kekinian pastinya

      Hapus
    2. Whih teh hani keren di rumahnya sampai punya peralatan kaya multimeter, digital lagi. Kalau saya dulu pakenya yang analog, itupun di tempat kerja karena memang kerjanya berhubungan dengan instalasi listrik

      Hapus
  2. Ooh ada juga multimeter yg digital dan jauh lebih bagus daripada yg manual. Belum pernah lihat barangnya sih. Entar kurekomendasikan dulu ke suami, jadi cek web toko kawanlama.

    BalasHapus
  3. Kalau mau hasil akurasi lebih tinggi, better pilih multimeter digital sih. Pilihan multimeter digital yang bagus rekomendasi dari kawanlama.com ya. Kepoin situsnya ah, xixixi..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. Kalau digital tuh, angka yang tertera akurat. Kadang sampai ke nilai desimal segala.

      Terus soal rekomendasi multimeter yang bagus emang KawanLama tuh nggak diragukan lagi.

      Hapus
  4. Sering liat nih, tapi nggak bisa pakenya hahaha 😂. Tetangga saya seorang engineer punya tool kit ini. Seharusnya saya belajar ya cara pakainya, jadi nggak gaptek amat, hehehe.. Paling mudah berarti yang digital, bisa langsung terbaca angkanya di layar ya... Very nice info 👍👍👍

    BalasHapus
  5. Kalo beli alat-alat pertukangan ini baiknya di kawanlama.com ya mbak, disana lengkap kah? Sama harga-hargane gimana ya,, apakah cukup terjangkau juga.

    BalasHapus
  6. Baik multimeter analog maupun digital memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Jenis multimeter yang tepat untuk kita emang tergantung pada kebutuhan, anggaran, dan tingkat keahlian. Saya sendiri belom pernah pake sih hehehe

    BalasHapus
  7. Multimeter analog dan digital punya kelebihan dan kekurangan masing-masing ya. Namun jika ingin lebih yakin bisa menggunakan multimeter digital yang sangat dibutuhkan di era sekarang yang serba gerak cepat.

    BalasHapus
  8. Setiap produk pasti memiliki kekurangan dan kelebihan. Apakah ini artinya harus memiliki keduanya, yaitu manual dan digital? Tidak ada salahnya sih ya. Toh mendapatkannya juga tidak sulit, yaitu melalui kawanlama.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jujur, mending pilih multimeter digital sih, Mbak. Karena lebih unggul dari segi keakuratan.

      Hapus
  9. Multimeter atau multitester ini semacam alat pengukur tegangan listrik gitu ya. Di rumah kalau ada masalah sama kelistrikan selalu dibantuin tetanggaku. kayaknya tetanggaku punya alat semacam ini dah.

    BalasHapus
  10. Wuih keren kalau sekarang ternyata udah ada multimeter analog ya. Dulu saya pernah belajar pakai multimeter tapi masih yg manual. Wah repot harus pasang ini itu kabelnya jangan salah. Hehe... Sekarang udah ada yg lebih praktis nih. Lebih mudah cepat pahamnya dengan ukuran yang didapatkan

    BalasHapus
  11. Baru tahu nih multimeter ini juga ada beberapa merk dan ternyata fungsi dan jenisnya juga berbeda ya

    BalasHapus
  12. Baru tahu namanya multimeter. Selama ini cuma lihat saja. Sering dibawa dan dipakai oleh tukang service barang elektronik

    BalasHapus
  13. Multimeter ini sama trafometer sama atau beda? Apa perlu untuk rumah tangga biasa kak?

    BalasHapus
  14. Dulu pernah punya multimeter analog. Agak susah dan bingung di awal untuk cara bacanya. Paling enak multimeter digital

    BalasHapus
  15. Alat yang wajib dimiliki tukang service elektronik nih. Ternyata namanya multimeter yak. Aku baru tahu loh. Dan mereknya ternyata macem2 jg. Ampe bingung cara milihnya.

    Untung aja di Kawan Lama tuh nyediain gambar hingga speknya jelas banget ya kak. Kita jd gampang utk ngebandingin spek hingga harganya.

    BalasHapus
  16. Wah KawanLama ini super lengkaap yaaa, aku baru ngeh kalo mereka juga menyediakan kebutuhan macem multimeter kek gini hihi, udah berasa di toko serba ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang kak, Kawan Lama ini terbaik banget deh, soalnya produknya lengkap dan bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga kita, untuk keperluan industri juga bisa. Terbaik memang Kawan Lama tuh.

      Hapus
  17. Dulu waktu kerja di bidang kelistrikan lumayan terbiasa menggunakan multimeter untuk mengukur arus listrik. Tapi dulu masih pake multimeter analog kerjanya, kalau sekarang pilihan multimeter lebih beragam ya dengan adanya multimeter digital

    BalasHapus
  18. Banyak ya pilihan multimeter digital yang dapat membantu kita mengukur. Pilih yang terbaik dan sesuai budget aja biar bisa digunakan dengan baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju kak,
      Karena tiap-tiap pilihan pasti punya fungsinya masing-masing ya

      Hapus
  19. Lengkap banget ya situsnya Kawan Lama untuk menemukan berbagai perlengkapan dan peralatan listrik. Sebagai awam, aku jadi tahu nih tentang alat pengukur listrik yang namanya multimeter. Bahkan ada yang analog dan digital juga, dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

    BalasHapus
  20. Apa bisa multimeter dipakai untuk teganggan tinggi?

    BalasHapus
  21. Banyak banget ya ternyata yang disediakan sama Kawan Lama, lengkap gitu apa aja yang dibutuhkan selalu ada. Salah satunya ya Multimeter ini

    BalasHapus
  22. Wah ternyata sekarang multimeter udah ada 2 tipe, yang manual dan digital. Aku kayaknya lebih suka yang digital deh. Terus yang manual pernah lihat karena bapak pake. Keknya yang digital lumayan lebih oke

    BalasHapus
  23. wah jadi inget pelajaran elektronika jaman smp nih. waktu itu pernah praktik bikin multimeter sendiri

    BalasHapus
  24. Banyak ya kemudahan yang bisa didapat dari multimeter digital. Apalagi kalau nanti sudah bisa memonitor tegangan yang nggak stabil.

    BalasHapus
  25. Dirumah ada multimeter digital, suamiku yang beli. Suami dulu lebih pilih beli yang digital karena akurasinya lebih tinggi dibandingkan dengan yang analog..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa jadi rekomendasi nih untuk pasangan supaya beli yang digital ya supaya lebih akurat. kalau aku sih udah pasti ga paham total wkwk

      Hapus
  26. Wahyuindah5/6/24

    Aku skripsi dulu pakai multimeter digital buat ngukur arus listrik. Jadi ingat deh. Lebih enak yg digital emang. Hasilnya langsung keluar. Kalau analog, kurang akurat karena dihitung lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak, menurutku lebih enak yang digital hehehe... Kebetulan suamiku punya usaha dibidang jaringan, kadang butuh multimeter ini juga. Lebih sat set kalau lagi butuh cek-cek arus listrik.

      Hapus
  27. Saat belajar pertama sekali, diajarinya yang manual. Ini karena kalau digital lebih mudah. Sehingga kalau suatu saat cuma ada yang manual tetap bisa membacanya.

    BalasHapus
  28. Ternyata ada multimeter digital yaa dan lebih praktis daripada yang biasa. Wah belum punya nih. Mau beliin suamiku ah. Biar alat-alatnya di rumah jadi lengkap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya, aku juga baru tahu kak kalau ada multimeter digital. Jadi pengen beliin juga buat bapak. Baru ngeuh juga kalau multimeter ini ternyata sama dengan multitester.

      Hapus
  29. Dulu seringnya pake multimeter analog dari Mastech waktu kerja di bagian instalasi listrik. Sekarang banyak referensi merk lainnya dan belinya bisa di Kawan Lama yang super lengkap

    BalasHapus
  30. Oh iyaya, Multimeter analog ini lebih kecil ketelitiannya dibanding Multimeter digital.
    Kalau untuk pengukuran frekuensi dengan tingkat ketelitian biasa, sementara menggunakan analog, gapapa kali yaa..

    BalasHapus
  31. Mungkin dapat mempertimbangkan multimeter clamp meter untuk mengukur arus tanpa harus memutus kabel. Penting untuk menggunakan multimeter dengan benar dan aman. Selalu baca manual sebelum menggunakan multimeter.

    BalasHapus
  32. jadi tahu alat-alat listrik nih setelah baca artikelnya ka Atiq. Jadi bisa ngasih rekomendasi multimeter ke suami abis baca artikel ini. Jujur saya paling bisanya ngisi token aja kalau urusan listrik..semua saya serahkan suami hehe...

    BalasHapus
  33. Dalam membeli alat2 seperti ini kudu memperhatikan merek yang memiliki reputasi yang baik dalam hal kualitas dan kinerja agar awet dan gak mengecewakan.

    BalasHapus
  34. Zaman sekarang sih semua serba digital yah. Di rumah tangga ada pengukur tensi digital, timbangan digital. Nah, multimeter gini, suami sih yang tahu. Kayaknya dia masih pakai analog deh. Ntar aku rekomendasiin deh, pakai digital aja biar lebih akurat.

    BalasHapus
  35. ini salah satu alat kerja suami saya. kadang-kadang kalau butuh dibawanya pulang, misalkan mau memperbaiki sesuatu. tapi saya sendiri belum paham bacanya. Biasanya beliau bawa yang warna kuning

    BalasHapus
  36. Aaku justru belum pernah tahu multimeter di rumah, apa karena nggak punya. Tapi biasanya suami suka beli yang aneh-aneh, jadi sepertinya kalau belum punya, kukasih tahu rekomendasi beli multimeter dengan banyak pilihan ya di Kawan Lama.

    BalasHapus
  37. Kayaknya Extech Instruments dan Hioki tuh memang terkenal banget dengan kehandalannya. Tapi yang Taffware juga menarik, bisa jadi pilihan buat yang butuh yang praktis dan akurat. Tapi yang pasti, semuanya kayaknya oke-oke banget buat bantuin urusan teknisi atau hobinya yang suka eksperimen elektronik! 🛠️✨

    BalasHapus
  38. Hari ini teknologi makin canggih ya kak. Bahkan multimeter juga sudah digital ya. Dan banyak industri sudah terbantu dengan keberadaan multimeter ini

    BalasHapus
  39. Tetep lebih suka multimeter analog klo ak mbak, lebih mudah diadjust lagi kalo udah lama hehe

    BalasHapus
  40. Multimeter ini ada analog dan digital ya
    Semua bisa dipilih sesuai kebutuhan masing-masing ya

    BalasHapus
  41. Klo aku sih lbh suka yg digital ya. Jadi angkanya bs lgsg tertera. Kalo manual kan hrs lihat angkanya sendiri.

    Biasanya harga yg manual lbh murah sih drpd yg digital. Tp seiring bnyk produsen bikin multimeter, jarganya jg mkn terjangkau.

    BalasHapus
  42. Teknisi listrik wajib banget punya alat multimeter ini. Berguna banget untuk ngecek-ngecek voltase dan aliran listriknya.

    BalasHapus
  43. Oh kalau alat ini aku taunya AVO meter, eh sama nggak sih? Soalnya tadi siang dimintai tolong pak Su buat C-O di e-commerce. Tapi brand yang dimaksud harus pre order sebulan, padahal butunya cepet. Makasi rekomendasi nya mbak, nanti aku coba sampaikan ke PakSu siapa tahu tertarik

    BalasHapus
  44. jadi inget mata pelajaran elektronik waktu SMP, waktu itu beneran belajar elektro dan bikin sirkuit apa ya aku lupa, tapi yang pasti aku inget pake Multimeter buat tes ini jaringan eh sirkuitnya ada aliran listriknya atau gak. ini emang multimeter analog ya, yang kalau ada jaringan si panahnya bergerak gitu. kalau analog aku belum pernah nyobain, tapi pastinya lebih akurat sih dibanding analog.

    harus punya sih yang analog dirumah, kadang kalo benerin terminal atau saklar kan bingung ini karena jaringan listrik atau apanya gitu. cek cek kawan lama deh ini buat nyari yang pas, merk Tofuda dan taffware nih aku pernah denger. kalau taffware aku punya pen digitalnya (stylus pen)

    BalasHapus
  45. jadi inget mata pelajaran elektronik waktu SMP, waktu itu beneran belajar elektro dan bikin sirkuit apa ya aku lupa, tapi yang pasti aku inget pake Multimeter buat tes ini jaringan eh sirkuitnya ada aliran listriknya atau gak. ini emang multimeter analog ya, yang kalau ada jaringan si panahnya bergerak gitu. kalau analog aku belum pernah nyobain, tapi pastinya lebih akurat sih dibanding analog.

    harus punya sih yang analog dirumah, kadang kalo benerin terminal atau saklar kan bingung ini karena jaringan listrik atau apanya gitu. cek cek kawan lama deh ini buat nyari yang pas, merk Tofuda dan taffware nih aku pernah denger. kalau taffware aku punya pen digitalnya (stylus pen)

    BalasHapus
  46. Barang yang ada di kawanlama ini cukup lengkap ya, dari alat listrik sampe alat pertukangan. Klo harganya sendiri gimana ya

    BalasHapus
  47. Dulu sering lihat multimeter gini waktu masih kerja di pabrik. Teknisi pabrik sering bawa2 mulitimeter utk cek beberapa bagian kelistrikan di peralatan pabrik.

    BalasHapus
  48. Kayanya aku familiar sama beberapa rekomendasi multimeter digital yaa..
    Meski gak pernah menggunakannya, tapi suami kerjanya di bidang kontraktor.
    Wajib sih yaa.. agar sesuai dengan standar untuk jumlah arus, tegangan, dan ukuran lain dalam bidang kelistrikan.

    BalasHapus
  49. Ini tiap rumah harus punya ga ya Mbak? Seberapa penting ya utk pemakaian sehari hari

    BalasHapus
  50. Kalau dah biasa analog, pas berubah pakai digital seperti ada yang kurang. Mungkin karena sudah terbiasa ya. Tapi kalau cepat lebih ceoat pake digital ukurnya. Baca hasil juga lebih mudah

    BalasHapus
  51. waktu kecil, kalau lihat pak tukang mengukur pakai multimeter cuma mbatin, itu untuk apa . Setelah baca dari sini, jadi tahu, dan tidak penasaran lagi. Ternyata, dikawanlama(dot)com banyak jenis multimeter ya

    BalasHapus
  52. Makin kesini makin sadar semua sudah serba digital dan makin canggih aja... multimeter untuk ukur tegangan dan arus pun sudah ada yg digital..

    BalasHapus

Terima kasih sudah membacanya sampai selesai, semoga bermanfaat :) Please jangan tinggalkan link hidup dalam kolom komentar!

comment

Diberdayakan oleh Blogger.