Cara Mudah Cetak Kartu NPWP


Cara mudah untuk cetak kartu NPWP. Tahun 2014, saya bekerja di daerah Tangerang, saya mencoba mendaftar NPWP secara online, namun status permohonan selalu masih diproses bahkan sudah jangka waktu satu minggu lewat. Sampai akhirnya saya tidak mengurusnya lagi karena dari pihak kantor tidak lagi menanyakan perihal NPWP, dan saya pun lupa password akun e-Reg Pajak, hmm...


Pada awal tahun 2015 saya resign dari tempat kerja di Tangerang dan pindah domisili ke Jakarta, saya mencoba untuk mendaftar npwp secara langsung ke Kantor Pajak Pratama. Saya mengurus di KPP Daerah Tegal, karena saya pikir harus sesuai dengan alamat pada KTP. Dokumen keperluan sudah saya lengkapi, dan setelah antri panjang.... ternyata nomor KTP dan nama saya sudah terdaftar sebagai Wajib Pajak di Tangerang, tempat bekerja sebelumnya. Namun sampai saat itu saya belum mendapatkan kartu NPWP. Akhirnya oleh petugas pendaftar, saya diberikan nomor NPWP saya, dan disarankan untuk melakukan pencetakan kartu langsung di Kantor Pajak Pratama Tangerang.


Saya coba menghubungi via telepon perihal pencetakan dan pengiriman kartu NPWP, ternyata memang saya harus ke Kantor Pajak dimana saya terdaftar. Di kantor saya yang baru, tidak bermasalah jika tidak ada bukti fisik kartu NPWP asal sudah ada nomor NPWP yang terdaftar. Saya tidak lagi memikirkan hal tersebut asal nomor NPWP sudah saya ketahui.


Sampai akhirnya awal tahun 2017 ini, saya diminta mendaftarkan nomor NPWP untuk keperluan pendaftaran EFIN dan diperlukan bukti fisik kartu NPWP. Jadilah, hari ini saya mengurus langsung ke KPP Tangerang Timur tempat saya terdaftar sebagai Wajib Pajak.


Perjalanan ke Kantor Pajak


Dari Jakarta saya naik KRL dan turun di Stasiun Tangerang, kemudian saya lanjutkan dengan Gojek ke Kantor Pajak Pratama Tangerang Timur (Komplek Perkantoran Kota Tangerang, Jalan Satria - Sudirman, Sukaasih, Kec. Tangerang, Kota Tangerang, Banten). Hari sebelumnya, saya sudah menelepon KPP Tangerang Timur untuk menanyakan perihal pencetakan kartu ulang, dan menurut keterangan yang disampaikan saya dapat mencetak ualngnya lagi dengan langsung datang ke Kantor Pajak satu hari itu juga dapat langsung jadi kartunya dan tanpa dokumen apapun.


Proses Cetak Kartu NPWP


Jadi hari ini saya datang pukul 8.30 sampai di KPP Tangerang Timur tanpa membawa dokumen apapun, kecuali fotocopy KTP yang selalu tersedia di dompet, saya langsung mengambil nomor antrian bagian NPWP. Setelah menunggu kurang lebih satu jam, giliran saya berhadapan dengan admin di loket NPWP, saya menceritakan bahwa saya sudah terdaftar via online dari tahun 2014 di KPP Tangerang Timur dan belum mendapatkan Kartu fisik NPWP sampai saat ini, beliau menjawab bahwa itu tidak mungkin dan pasti sudah dikirimkan, tapi menurut firasat saya, memang kartu tersebut belum dikirimkan, karena hampir 4 bulan sampai akhirya saya pindah dari tempat domisili saya di Tangerang dengan alamat yang saya daftarkan saat e-Reg tersebut, tidak ada kartu NPWP yang saya terima.


Petugas Kantor Pajak tersebut lantas memberikan solusi untuk melampirkan Surat Kehilangan Kartu NPWP dari Kepolisian setempat sebagai alasan pencetakan ulang kartu NPWP saya. Hmm.. dengan rasa malas yang teramat sangat, pergilah saya ke kantor kepolisian terdekat di Tangerang. Proses pembuatan surat kehilangan sangat mudah dan cepat. Tertulis di keterangan adalah kehilangan Kartu NPWP atas nama dan nomor NPWP saya, yang sebenarnya tidak pernah saya hilangkan hehe.. yasudahlah :) 


Selesai dibuatkan Surat Kehilangan dari kepolisian, saya kembali lagi ke KPP dan mengisi formulir permohonan pencetakan kartu NPWP. Dokumen yang diserahkan untuk mendapatkan pencetakan kartu NPWP perorangan antara lain; foto copy KTP, Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian (jika memang kartu hilang) atau surat keterangan lain sesuai dengan masalah yang dihadapi -_- 


Tidak menunggu lama, setelah dokumen persyaratan tersebut saya lengkapi, datanglah saya ke bagian Petugas yang tadi menerima saya. Saya langsung dipanggil oleh beliau dan segera dicetakkan Kartu NPWP saya oleh beliau tanpa perlu antri lagi, hehee..

Thanks Ibu Petugas di loket NPWP KPP Tangerang Timur atas kerjasamanya.

Sampai pukul 11.15 saya sudah ada di Stasiun Tangerang lagi untuk kembali ke Jakarta.


NB: Tidak ada foto/ dokumentasi apapun yang dapat saya sertakan disini, karena terlalu tegang mengurus, hehe..


Cek selalu status e-Reg, jika kalian melakukan pendaftaran NPWP secara online. Jika sudah lewat batas seharusnya kartu sudah terkirim, silahkan hubungi KPP tempat kalian tuju atau ke Kring Pajak 1500200 (http://www.pajak.go.id/content/kring-pajak-migrasi-dari-nomor-akses-500-200-ke-1-500-200)

5 komentar:

  1. Mf. Mau nanya. Sya mendaftar online. Dan status di terima, sudah seminggu lebih, npwp sya belum di kirim2, tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu saya jg begitu kasusnya, dan ternyata saya sudah terdaftar. Jadi lebih baik memang datang langsung ke kantornya atau coba telfon ke kantor pajak setempat :)

      Hapus
  2. Datang langsung ke kantornya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul sekali, memang lebih baik begitu. Memang ujung-ujungnya kurang praktis ya, tapi kalau ada kendala lebih baik langsung saja ke kantor pajak setempat.

      Hapus
  3. Iya memang lebih baik datang langsung ya mbak

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.