Review - Senam Hamil di RSIA Duren Tiga

Saat hamil, kita harus tetap menjaga kebugaran tubuh kita. Salah satu caranya dengan melakukan gerakan senam. Kita bisa mengikuti beberapa kelas khusus senam hamil yang diadakan di rumah sakit atau bisa dilakukan di rumah sendiri. Nah, kembali mengingat kehamilan pertama, saya memilih mengikuti kelas khusus senam hamil di RSIA Brawijaya Duren Tiga.

foto 1; Banner promo prenatal class (doc. pribadi)

Saat kehamilan saya di tahun 2017, sedang ada beberapa paket promo prenatal class yang ditawarkan. Tapi saya hanya mengambil kelas senam hamil saja. Senam hamil di RSIA Brawijaya Duren Tiga dilaksanakan setiap hari Selasa dan Sabtu. Tentunya hari Sabtu lebih ramai karena para wanita pekerja akan memilih hari itu untuk me time dengan janinnya 😀. Senam berlangsung kurang lebih satu jam satu kali sesi. Diawali dengan tanya jawab bersama instruktur senam. Senangnya, instruktur senam di RSIA ini dilakukan oleh Bidan, jadi memang dengan ahlinya.

foto 2; Ibu Bidan (instruktur senam) yang sedang memberikan penjelasan sesi Q&A (doc. pribadi)

Biaya satu kali sesi untuk kelas senam hamil saja saat itu 75,000,- (kalau saya tidak salah ingat ya, hehe), untuk lebih terjangkau memang mengambil paket prenatal. Untuk mengikuti senam hamil bisa dimulai dari usia kandungan empat bulan, tapi saat itu saya baru mengikuti kelas senam hamil di usai kehamilan enam bulan.

Sayangnya untuk ruangan senam ada di lantai tiga saat itu dan aksesnya menggunakan tangga, jadi cukup melelahkan ya, hehe.. lumayan pemanasan sebelum mengikuti senam, tapi hati-hati untuk kehamilan yang sudah beresiko. Ruangan cukup nyaman, dingin dan luas, cukup untuk sekitar 20 orang ibu hamil yang mengikuti senam. Bersih dan rapi. Yang terpenting adalah, ada kamar mandi di dalam ruangan. Jadi tidak merepotkan para ibu hamil tua yang sudah tidak tahan lagi untuk menahan BAK, hehe..

foto 3; akses menuju ruang senam (doc. pribadi)

foto 4; toilet di dalam ruangan, bersih dan wangi (doc. pribadi)

Dan yang paling menyenangkan adalah, setelah sesi senam, kita dibagikan susu dan cemilan 😍. Lumayan untuk penolong rasa lapar setelah selesai senam, hehe.. Ada lagi pembagian merchandise dari sponsor, seperti bedak dan sabun bayi atau baju-baju bayi yang lucu-lucu, hehe.. 

foto 5; segelas susu yang disediakan, cemilannya sudah habis lenyap oleh para bumil hehe (doc. pribadi)

Melakukan senam saat hamil ternyata banyak manfaatnya, mulai dari mempersiapkan tubuh hingga masa persalinan, juga mengurangi rasa sakit di area tubuh tertentu saat hamil. Selain itu, janin juga bisa lebih bergerak secara bebas. Beberapa manfaat senam hamil (dari alodokter):
  • Meredakan nyeri, sakit, dan ketidaknyamanan yang dirasakan di masa kehamilan.
  • Mengencangkan otot.
  • Memperkuat jantung dan paru.
  • Membuat tidur lebih nyenyak.
  • Membantu menghindari pertambahan berat badan secara berlebihan.
  • Meringankan nyeri akibat pertambahan beban pada tulang belakang.
  • Memperkuat sendi.
  • Mempersiapkan diri untuk persalinan. 
Secara psikologis, senam hamil membuat Anda berpikir lebih positif karena merasa lebih siap menghadapi persalinan. Selain itu, setelah bayi lahir, senam hamil juga membantu Anda segera dapat kembali ke bentuk badan dan stamina semula. (sumber alodokter.com)

Nah semangat menjalani masa kehamilan, jaga kesehatan 💗

#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.