Sehat Bekerja dengan Komputer

Komputer menjadi salah satu kebutuhan wajib di era digital ini. Bukan lagi menjadi barang mewah yang sulit untuk didapatkan. Semakin berkembangnya jaman, semakin dipermudah juga dalam mengoperasikan unit komputer. Komputer memainkan peran besar dalam kehidupan kita seperti, memfasilitasi email, online searchingfax, konferensi video dan lainnya. Komputer merupakan sebuah alat yang multi fungsi, yang dapat dipergunakan di berbagai kalangan, dari muda sampai tua. Dan komputer ini juga sudah banyak digunakan untuk berbagai bidang pekerjaan.

Kita sebagai pengguna komputer, bisa jadi akan berada di depan komputer selama berjam-jam. Beberapa gangguan kesehatan mungkin muncul akibat dari penggunaan komputer. Baik secara langsung maupun tidak langsung. Bekerja dengan komputer membawa resiko pada kesehatan mata, umumnya dampak awal yang dirasakan yaitu pandangan kabur. Belum lagi jika posisi duduk salah selama berjam-jam dapat menyebabkan nyeri pinggang, punggung bahkan bahu sampai leher.

Beberapa kebiasaan baik ini perlu diterapkan untuk tetap sehat bekerja dengan komputer;

Perhatikan posisi duduk yang benar di depan komputer. Duduk dengan posisi yang baik dengan menempatkan pantat tepat di kursi. Duduk tegap dan jaga pinggul, bahu dan telinga dalam posisi lurus. Posisi kaki sebaiknya menyentuh lantai, jika tidak, gunakan sandaran kaki. Tempat duduk yang ideal, dapat diatur tinggi rendahnya serta terdapat sandaran.
foto 1; Posisi duduk saat bekerja dengan komputer (doc. decoruma.com)

foto 2; tempat duduk yang aman dan nyaman untuk bekerja dengan komputer (doc. furniturkantor.com)

Mengatur posisi duduk di area komputer, dengan mendekatkan alat yang sering digunakan agar mudah terjangkau.  Tidak menyimpan sesuatu di bawah meja yang dapat mengganggu posisi kaki. 

foto 3; posisi di depan komputer yang benar (doc. tips-komputer.com)

Posisi mata terhadap layar juga harus diperhatikan. Posisikan mata sejajar dengan layar. Monitor di tempatkan dimana bagian atas monitor tepat berada di posisi garis lurus mata dan langsung berhadapan. Jarak aman layar monitor dengan mata kira-kira 45-70 cm atau 18-28 inchi.
foto 4; posisi mata dengan layar komputer (doc. gagdethunter.com)

Istirahatkan mata kita saat mulai lelah dengan melihat pemandangan yang bernuansa sejuk (berwarna hijau/ pepohonan) dan memandang jauh ke depan secara rutin. Jika menggunakan tambahan kacamata atau lensa contact, pastikan selalu dalam keadaan bersih.

Selanjutnya, memposisikan tangan pada keyboard senyaman mungkin, sehingga tidak cepat lelah. Pilih tuts keyboard yang lembut untuk mengetik.



foto 5; posisi tangan yang benar saat bekerja dengan komputer (doc. guraru.org)

Dan terakhir, jangan pernah lupa untuk melakukan olah raga kecil di sela pekerjaan yang berjam-jam di depan komputer, untuk mengurangi tegangan pada otot tubuh.



foto 6; gerakan olah raga ringan di sela bekerja dengan komputer (doc. sideplayer.info)

Semoga bermanfaat, Utamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja ๐Ÿ˜Š

#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

17 komentar:

  1. Bermanfaat sekali artikelnya ๐Ÿ‘

    BalasHapus
  2. Aku belum punya kursi empuk, jadi seadanya, kadang di kasur malah. Duh gak sehat ya. Btw masih ada typo dan kalimat yang gak baku, seperti "resiko" harusnya "risiko".

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehee.. saya pun belum punya, tp untuk meminimkan pegal-pegal di punggu saya usahakan posisi duduk dengan nyaman paling tidak ada sandaran dan kaki tidak menggantung hehe

      Hapus
  3. Tulisan yang bermanfaat sekali nih ๐Ÿค—๐Ÿค—๐Ÿค—

    BalasHapus
  4. Nah penting banget iniih. Sering pegel kalau lama2 depan lappy.. makasih tipsnya, langsung dipraktekkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi sama-sama mbak, saling mengingatkan kadang jg suka lupa kalau sudah asik di depan komputer hehe

      Hapus
  5. Penting banget ya, biar gak pegel2 kalau di depan laptop .Terimakasih informasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener, buat yg hobby banget di depan laptop lama-lama hehe

      Hapus
  6. Noted. Kak tipsnya. Jgn lupa sambil nyemil jugak haha

    BalasHapus
  7. Siap di praktekkan, terimakasih...☺☺☺

    BalasHapus
  8. Terimakasih tipsnya, semoga selalu bisa bermanfaat yah kak contentnya ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™๐Ÿ™๐Ÿ™

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.