Tentang Tulisan yang Saya Sajikan

Setelah sering menulis, sepertinya saya harus mulai menyadari tulisan seperti apa yang suka saya sajikan. Fiksi kah? atau non fiksi? Terkadang jawabannya masih membuat saya ragu. Tapi jika dilihat ulang beberapa tulisan yang sudah saya buat baik di blog ini atau di platform lainnya, saya lebih cenderung menyajikan tulisan non fiksi. Apa itu tulisan non fiksi? Menurut wikipedia, non fiksi adalah klasifikasi untuk setiap karya informatif (seringkali berupa cerita) yang pengarangnya beriktikad baik bertanggung jawab atas kebenaran atau akurasi dari peristiwa, orang, dan/atau informasi yang disajikan.


(doc. maxmanroe.com)


Salah satu tulisan yang sering saya buat adalah catatan harian, catatan mengenai kejadian sehari-hari yang saya alami, atau kejadian nyata di sekitar saya. Hanya dibumbui dengan kata-kata yang lebih manis agar memikat pembaca. Biasanya tentang curahan hati, pengalaman perjalanan, tentang penggambaran suatu tempat yang telah dikunjungi, atau sekedar informasi rasa makanan setelah mencoba. Lebih praktis dan mudah sepertinya menulis non fiksi. Karena ada data yang pasti atau kejadian nyata yang kita alami. Menarik-kah tulisan semacam itu untuk pembaca? 

Mencoba terus belajar menyajikan tulisan yang menarik. Menyesuaikan pemilihan kata yang tidak berlebihan. Namun dapat menggambarkan kejadian yang dimaksudkan untuk diceritakan. Sedikitnya, saya memerlukan waktu kurang lebih satu jam untuk menyelesaikan suatu tulisan. Menyajikannya dengan detail jika ada bahan. atau sekedar celotehan dari hati yang dituangkan dalam sebuah tulisan.

Daya imajinsai saya rupanya masih kurang, karena menulis fiksi terasa masih sulit. Mencari ide untuk menggambarkan sesuatu yang tidak pernah kita alami atau bahkan tidak pernah terjadi, masih menjadi tantangan bagi saya. Meski demikian, saya mau juga belajar mengasah kemampuan daya imajinasi saya untuk menulis fiksi. Tidak menutup kemungkinan kalau nantipun akhirnya saya menemukan ke'asyikan' dalam sebuah karya fiksi.

Padahal, untuk pilihan buku yang sering saya baca kebanyakan adalah karya fiksi, salah satunya adalah novel. Begitu cintanya dengan novel, dari mulai remaja sampai sekarang masih setia untuk koleksi berbagai novel. Novel menjadi hiburan tersendiri dari penatnya hidup. Sepertinya kita sedang ada di dunia lain. Pintar sekali memang para penulis fiksi ini, imajinasinya luar biasa. Suatu saat mungkin saya perlu juga mencoba 😁.

Tapi untuk sampai saat ini, saya masih lebih tertarik dan memilih untuk menulis karya non fiksi. Dan terus memperkaya diri lagi dengan ide-ide tulisan yang menarik pembaca. Memperkaya kosa kata untuk mempermanis jalannya cerita. Dan tetap ingin belajar untuk memperkaya daya imajinasi agar dapat menghasilkan tulisan non fiksi. 😉



#TantanganPekan2
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

12 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.