5 Tips Belanja Online - Teliti sebelum membeli

Toko online saat ini tumbuh begitu cepat. Banyak bermunculan toko online, baik itu toko online yang dimiliki oleh perusahaan maupun toko online milik perseorangan. Mudahnya akses internet dari berbagai perangkat dari desktop hingga smartphone, menjadikan para pebisnis memanfaatkan momen kemajuan teknologi ini. Dengan membuka peluang bisnis berjualan secara online tentunya akan mendongkrak penjualannya. Dan akhirnya merubah kebiasaan orang yang melakukan belanja di toko konvesional beralih ke toko online.

Maraknya toko online memang sangat menguntungkan. Dapat memudahkan berbelanja tanpa perlu repot keluar rumah. Bahkan dengan semakin mudahnya proses pengiriman juga semakin mempersingkat waktu. Bisa lebih cepat sampai tanpa perlu repot cari parkir atau harus terkena macet. Tinggal duduk manis di rumah, dan barang akan sampai.

(doc. digination.id)

Saya menjadi salah satunya orang yang sangat terbantu dengan mudahnya berbelanja secara online. Apalagi dengan banyak aplikasi situs belanja online atau e-Commerce yang mudah diakses. Dengan tambahan berbagai voucher atau diskon yang diberikan. Tentunya menjadi pilihan yang terbaik.

Namun dibalik kemudahan dan banyaknya keuntungan yang ditawarkan dalam berbelanja online, kita juga harus teliti sebelum membeli. Berikut ini ada lima tips yang perlu diperhatikan dalam berbelanja online. (dikutip dari The Asian Parent Indonesia):

1. Pastikan online shop dapat dipercaya

Testimoni dan review yang baik dari pembeli suatu online shop bisa menjadi ukuran apakah online shop itu baik atau tidak. Review tersebut dapat diperoleh dengan bantuan Google atau Yahoo  yang biasanya merujuk pada forum-forum diskusi belanja online atau media sosial. Perhatikan alamat web toko online untuk memperkecil resiko kebocoran informasi.

2. Baca dengan cermat kebijakan yang diberlakukan oleh situs tempat belanja

Seringkali kita mengabaikan membaca “syarat dan ketentuan” yang ada di situs online shopPadahal ini sangat berguna jika terjadi sesuatu hal yang di luar dugaan. Misalnya ternyata barang yang diterima cacat, bagaimana cara mengembalikannya dan ongkos kirim dibebankan kepada siapa.

3. Waspada pada barang sangat murah

Harus diakui banyak sekali penawaran barang bermerk murah di toko online. Jangan mudah termakan rayuan toko online semacam ini.
Beberapa hal yang perlu kita perhatikan adalah :

  • Jangan sampai penawaran tersebut menjadikan kita terburu-buru melakukan transaksi dan memberikan data pribadi, misalnya email, password, nomor kartu kredit.
  • Serupa tapi tidak sama, cermati barang bermerk yang ditawarkan.
  • Lakukan survei harga barang yang akan dibeli.

4. Baca deskripsi produk yang akan dibeli

Sebelum memutuskan untuk membeli satu produk, pastikan untuk membaca informasi atau deskripsi terkait produk tersebut terlebih dahulu. Jangan sampai produk tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Jika ada yang kurang jelas, bisa menghubungi penjual bersangkutan untuk mengetahui lebih detail tentang produk yang ingin dibeli.

5. Pilih cara pembayaran yang paling aman

Tips aman belanja online selanjutnya adalah utamakan cara pembayaran dengan COD. Jika tidak ada layanan COD, pilihan berikutnya adalah menggunakan rekening bersama. Caranya pembeli akan mentransfer kepada perantara, jika barang sudah diterima pembeli maka dana dari pihak perantara akan ditransfer ke penjual.
Usahakan tidak transfer terlebih dahulu, kecuali memang itu adalah online shop yang benar-benar dapat dipercaya. Online shop yang baik menggunakan rekening perusahaan dalam bertransaksi.
Hampir semua online shop menerapkan pembayaran dengan kartu kredit. Berhubung saat ini semakin marak pencurian nomor kartu kredit, gunakan VCC (vitual credit card). Pilih VCC yang di keluarkan oleh lembaga perbankan terpercaya.

Hobi berbelanja online juga harus tetap pintar. Jangan sembarangan dalam berbelanja tanpa memperhatikan kualitas barang, walaupun dibeli secara online. Tetap waspada dengan penipuan, hanya karena tergiur harga yang murah.

Belanja online dengan pintar dan bijak, telitilah sebelum membeli!


#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

2 komentar:

  1. wah... Terima kasih sudah memberikan tips seputar belanja di toko online.

    boleh aku berikan sedikit koreksi ya :


    kata online shop, ada yang sudah di miringkan, ada yang belum. apakah dekstop perlu dimiringkan?
    bermerk atau bermerek?
    resiko atau risiko?
    merubah atau mengubah?
    konvesional atau konvensional? ini mah typo kayaknya. he

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah terima kasih atas masukannya, terima kasih sudah membaca tulisan saya dengan detail, senang sekali :)

      akan saya perbaiki kembali )

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.