BATIK KEBANGGAAN NEGERIKU

Batik kebanggaan negeriku - Hari Batik Nasional adalah hari perayaan nasional Indonesia untuk memperingati ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Happy Batik Day!


“Setitik tinta, Beribu Cerita, Sejuta Cinta”


HARI BATIK


Pemilihan Hari Batik Nasional pada 2 Oktober berdasarkan keputusan UNESCO yaitu Badan PBB yang membidangi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan, yang secara resmi mengakui batik Indonesia sebagai warisan budaya dunia. UNESCO memasukkan batik dalam Daftar Representatif Budaya Tak benda Warisan Manusia. Pengakuan terhadap batik merupakan pengakuan internasional terhadap budaya Indonesia.

Penetapan Hari Batik Nasional


Penetapan Hari Batik Nasional juga sebagai usaha pemerintah dalam meningkatkan martabat bangsa Indonesia dan citra positif Indonesia di forum internasional. Tujuan lain dari pengakuan batik sebagai warisan leluhur Indonesia adalah untuk menumbuhkan kecintaan serta rasa bangga masyarakat Indonesia terhadap kebudayaan Bangsanya.


Setelah diakui UNESCO, presiden Indonesia saat itu yaitu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membuat Keputusan Presiden atau Keppres Hari Batik Nasional. Hari Batik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009. Isi Keppres Hari Batik Nasional itu adalah:


KESATU : Tanggal 2 Oktober ditetapkan sebagai Hari Batik Nasional.


KEDUA : Hari Batik Nasional bukan merupakan hari libur.


KETIGA : Keputusan Presiden ini mulai berlaku pada tanggal ditetapkan.


Kini sudah sepuluh tahun berlalu sejak batik diakui secara Internasional sebagai warisan budaya tak-benda. Hari batik Nasional setiap tahunnya selalu diperingati meriah dengan berbagai acara.


Dalam situs resmi UNESCO ditulis bahwa Batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, alam, kebudayaan lokal dan sejarah itu sendiri. Batik merupakan identitas dan jati diri bangsa Indonesia. Batik dipercaya menjadi bagian penting yang tak terpisahkan pada masyarakat Indonesia dari kelahiran hingga kematian. Mereka mencatat bahwa bayi-bayi digendong menggunakan kain batik yang didekorasi dengan simbol yang dirancang untuk membawa keberuntungan bagi si anak, jenazah pun ditutupi dengan kain batik.


Tak hanya sebagai kain yang menyimpan kekayaan budaya, batik juga kini semakin hadir dengan berbagai macam pola yang diinovasi sesuai perkembangan jaman. Membuat pemakainya lebih bebas berekspresi sesuai dengan karakter masing-masing.


Batik saat ini sudah mempengaruhi fashion dunia. Banyak desainer asing terkemuka menggunakan batik dalam koleksi rancangan mereka. Contohnya gaun batik yang pernah dipakai Kate Middleton merupakan rancangan Diane von Furstenberg, desainer AS Nicole Miller membuatkan gaun batik untuk Angelina Jolie, dan masih banyak perancang busana internasional lain yang menjadikan batik nusantara koleksi terbaik mereka.


Sejarah Singkat Batik


Batik memiliki sejarah panjang, di mana setiap corak atau motifnya mengandung filosofi atau makna yang begitu kental dengan nilai-nilai kehidupan. Batik berasal dari bahasa Jawa “ambhatik”, dari kata “amba” yang berarti lebar, luas, kain; dan “titik” atau “matik” yang artinya menghubungkan titik-titik menjadi gambar tertentu pada kain yang luas atau lebar.



Dalam bahasa Jawa, batik ditulis “bathik”. Dengan demikian, pengertian batik adalah seni lukis di atas kain dengan menggoreskan malam (lilin) pada alat bernama canting. Kerajinan batik di Tanah Air dipercaya sudah ada sejak zaman Kerajaan Majapahit, kemudian meluas ke berbagai daerah dan khususnya ke Pulau Jawa setelah akhir abad ke-18 atau awal abad ke-19.


Walaupun nama batik berasal dari bahasa Jawa, teknik batik diduga berasal dari Mesir Kuno atau Sumeria lebih dari 1.000 tahun lalu. Teknik serupa batik juga merambah Tiongkok, India, Jepang, Afrika, dan Senegal ribuan tahun lalu, hingga ke Indonesia. 


Batik dan Ciri Khasnya


Batik memiliki ciri khas tersendiri yang membuat siapapun menikmati pemandangan karya tersebut, langsung bisa mengenali inilah batik, budaya kami, Indonesia. Kerajinan batik dari masing-masing daerah inilah yang menunjukkan keberagaman kebudayaan bangsa Indonesia yang didekap erat oleh masyarakat kita sendiri.


Perayaan Hari Batik Nasional ini menjadikan batik kebanggaan negeriku, diadakan sebagai rasa syukur kepada hasil karya kesenian dan budaya bangsa Indonesia serta melestarikan budaya kebanggaan tanah air kita.


Yuk, pakai batik di Hari Batik Nasional!


Kalau saya memperingati hari batik setiap hari, karena selalu pakai daster batik tiap hari, baju kebangsaan Ibu-Ibu nih hehe… ๐Ÿ˜‹







Referensi:

  • id.wikipedia.org

  • www.markijar.com

  • berbagai sumber lainnya.



15 komentar:

  1. Sama mbak hari2 pakai batik ๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  2. Cinta batik cinta Indonesia ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    BalasHapus
  3. Batik adalah adalah salah satu identitas bangga, jadi kita harus selalu bangga memakainya ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.