Saring sebelum Sharing!

Ada yang khawatir dengan Indonesia akhir-akhir ini? Saya Ibu Rumah Tangga yang terus was-was dengan perkembangan Indonesia akhir-akhir ini. Apalagi saya tinggal merantau di pinggiran ibu kota, jauh dari sanak saudara. Terpikir untuk diam saja, tapi nyatanya itu terjadi di sekitar kita. Bukan masalah menang atau kalah lagi. Tapi sudah antara hidup dan mati.

Banyaknya antusias rakyat untuk ikut andil dalam perkembangan bernegara memang menjadi cerminan negara demokrasi yang sehat. Rakyat dengan argumennya, dan tetap Pemerintah dengan kekuasaannya.

Sejujurnya saya tak punya ilmu yang dalam untuk menuliskan tentang ini. Hanya lebih ke hal-hal positif untuk menggapinya. Tolonglah wahai siapapun yang mendapatkan berbagai macam berita. atau para pencari berita, berikan yang fakta. Sebarlah yang memang nyata terjadi. Tak perlu menambahkan sesuatu yang menakut-nakuti. Kami ini butuh perlindungan juga. Di bawah naungan negara, ingin hidup dengan aman.

Ketika jaman sudah maju dengan teknologinya yang mendukung, namun sumber daya manusia masih perlu memajukan diri. Terkadang beberapa orang hanya serta merta membagi berita tanpa dilihat benar nyata atau hanya dibumbui yang tak masuk logika. Dampaknya cukup mengerikan. Jadinya bisa adu domba. Saya yang tak paham, jujur lebih memilih diam. Tidak serta merta berbagi berita, agar dikira tahu tapi jadi sok tahu.

Berbagi memang baik. Membagikan hal yang bermanfaat apalagi. Tapi perlu diingat, tidak semua harus dibagikan. Ada hal-hal yang perlu kita pikirkan lebih lanjut lagi, membekali diri lebih waspada. Semua ada akibatnya, jangan sampai orang lain yang terkena, apalagi saudara sendiri. Pikirkan dulu, saring sebelum sharing. 💗



#Hutangtulisan300919
#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

11 komentar:

  1. Perlunya memiliki kemampuan Literasi digital.

    BalasHapus
  2. Kalau dalam Islam ada istilah tabayyun intinya kita diharuskan mengecek kebenaran berita.Jangan mudah percaya hoax tp jangan pula mudah menganggap suatu berita itu hoax.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya memang sebaiknya begitu agar tidak terjadi salah paham :)

      Hapus
  3. bener kak atiqoh .. hoax yang tersebar rentang skali bikin gaduh, bahkan sudah sampai tahap menghilangkan nyawa seseorang sepertinya :( ohya kak sedikit masukan, di paragraf ketiga ada typo kak ;)

    BalasHapus
  4. Zaman sekarang sulit sekali membedakan berita benar dengan hoax...
    Bahkan kadang yang hoax lebih cepat menyebar daripada kebenaran...

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah itu, kadang yang ditambah-tambahkan itu lebih seru hehehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.