AQUA LIFE - Kemasan Botol Baru yang Ramah Lingkungan

Pengalaman saya mengalami dehidrasi saat masa kehamilan, membuat saya trauma. Setelahnya, saya selalu rajin mengonsumsi air putih atau buah dan sayur yang banyak mengandung air. Tentunya dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh, apalagi saya masih berpredikat sebagai Ibu Menyusui.

Dulu, minum air putih hanya setelah makan saja. Itupun jarang dilakukan, kalau setelah makan kita terkadang lebih memilih minuman berwarna yang rasanya kadang lebih menyegarkan walau sesaat. Padahal kebutuhan air putih tentu sangat bermanfaat untuk tubuh kita.

Dari banyaknya macam air minum putih bermerek, yang selalu saya dan keluarga konsumsi hanya produk AQUA. Aqua adalah merek AMDK (Air Minum Dalam Kemasan) dengan penjualan terbesar di Indonesia dan merupakan salah satu merek AMDK yang paling terkenal di Indonesia, sehingga telah menjadi seperti merek generik untuk AMDK.

Di pertengahan Februari 2019, Danone-Aqua secara resmi meluncurkan produk dengan kemasan botol plastik 100 % hasil daur ulang yang pertama di Indonesia. Botol ini terbuat dari botol plastik bekas AQUA dan merek lain yang telah dipilah, dibersihkan, dicacah untuk kemudian diproses dengan menggunakan teknologi tinggi menjadi material pellet / daur ulang PET. Materi inilah yang menjadi bahan baku dengan nama AQUA 100% Recycled. Tentunya sudah memenuhi kriteria SNI, BPOM, dan sertifikasi Halal.
Kemasan daur ulang tersebut merupakan bagian dari kampanye #BijakBerplastik yang dicanangkan oleh Danone-Aqua pada 2018 dan juga merupakan kontribusi Perusahaan dalam upaya Pemerintah untuk mengurangi sampah plastik di lautan sampai 70% pada 2025.


Kemasannya hanya botol putih polos, tanpa label plastik yang melingkari botol. Label merk AQUA tertulis timbul langsung di botol kemasannya. Terdapat logo sirkular pada botol yang melambangkan suatu proses yang berkelanjutan. Terdapat juga tulisan “MADE FROM 100% RECYCLED PLASTIC”. Meski botol daur ulang, namun dikemas dengan menarik dan praktis. Plastik botolnya memang terasa lebih tipis dari botol Aqua sebelumnya.



Produk ini baru dapat ditemui di Bali dan Jakarta. Saya minggu lalu menjumpai produk ini di sebuah pusat pembelanjaan di daerah Tangerang. Namun, beberapa ecommerce sudah menjual resmi produk ini.




Harganya lebih mahal dibandingkan kemasan biasa dimana kemasan 1,5 liter biasanya dijual Rp6,000 – Rp 7,000. Sedangkan untuk kemasan ini, dengan kapasitas 1 liter harganya berkisar antara Rp8,000,- sampai Rp9,000,-. Wajar saja, karena proses pengumpulan bahan daur ulang hingga proses pembuatan botolnya pasti membutuhkan sumberdaya dan dana yang lebih besar.

Salut dengan Aqua, yang tetap menjaga kualitas produknya dan juga berusaha menjaga kualitas lingkungan dari dampak usahanya.

Kalian sudah coba belum? Ayo minum penuhi kebutuhan air putih dan tetap berkontribusi menjaga lingkungan.


#OneDayOnePost
#KomunitasODOP
#ODOPBatch7

4 komentar:

  1. Sejak saya dianjurkan menjauhi minuman dingin karena sakit, saya menjadi tambah sering mengkonsumsi minuman mineral, bahkan dijadikan bekal kemana-mana bawa tumbler kayak anak sekolah, hihi. pilihan pertama sih kebetulan merek AQUA mba, cuma di Samarinda belum ada yg kayak gini. Hihih.

    BalasHapus
  2. Aqua selalu berinovasi agar kemasan produknya ramah lingkungan, termasuk dg mencanangkan bermacam kegiatan tentang pengelolaan sampah dan air serta membuat botol daur ulang semacam ini. Salut buat Aqua

    BalasHapus
  3. Di Surabaya belum ada nih..penasaran dengan bentuk botolnya.

    BalasHapus

  4. Info baru nih.. tapi kalo saya pribadi lebih berusaha bawa tumbler daripada beli air di botol. Karena perusahaan AMDK ini kan memproduksi botol plastik (walau bisa direcycle) sedangkan airnya sudah ada di alam. Jadi nyampah juga akhirnya. Kedua, saya nggak mau beli Aqua karena dia milik Danone. Nyumbang Israel agar makin kuat menjajah Palestina. So, say no to AQUA..😊

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.