4 KEGIATAN EFFORTLESS MENANTI BERBUKA PUASA #DIRUMAHAJA

4 KEGIATAN EFFORTLESS MENANTI BERBUKA PUASA #DIRUMAHAJA

Bulan Ramadan tahun ini terasa cukup berbeda. Pasalnya, kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 di sejumlah daerah membuat warga harus mengurangi kegiatan di luar rumah. Alhasil, aktivitas yang biasa dilakukan selama bulan puasa banyak berubah.

Tradisi ngabuburit menjelang waktu berbuka puasa pun tidak dapat dilakukan. Meski begitu, kegiatan ngabuburit tetap dapat dilakukan dengan tidak kalah menyenangkan. Berikut 4 ide ngabuburit seru yang effortless selama #diRumahAja.

1)  Membaca Buku

Kegiatan effortless pertama yang bisa kamu lakukan di waktu ngabuburit adalah membaca. Kita dapat membaca buku apapun yang kita suka baik dari media cetak atau online. Kegiatan ini tidak membutuhkan banyak tenaga. Dapat dilakukan sambil duduk santai di sofa atau di tempat tidur. Membaca juga dpat dilakukan bersama dengan keluarga dan si buah hati. Kegiatan ini dapat mempererat hubungan anggota keluarga.

2)  Menghubungi Keluarga atau Teman

Ide kegiatan ngabuburit selanjutnya adalah mengobrol dengan keluarga, kerabat, atau teman lewat sambungan telepon. Manfaatkan waktu kosong sebelum berbuka puasa untuk menjaga tali silaturahmi dengan orang-orang terdekat. Bagi yang tinggal sendiri, cara tersebut cukup ampuh untuk mengusir rasa bosan, mengobati rasa kangen, hingga menjaga kesehatan mental. Selain itu, dapat juga melakukan kegiatan buka puasa bersama virtual. Meskipun berjauhan, kita tetap dapat bercengkrama dan mengobrol dengan yang lain layaknya kegiatan buka puasa bersama.

Baca juga : BUKA PUASA DITEMANI ENERGEN KURMA

3)  Mendengarkan Kajian

Bulan Ramadan menjadi waktu yang tepat untuk memperdalam ilmu tentang agama dengan mendengarkan kajian atau ceramah dari para pemuka agama. Di kondisi saat ini, kita tetap dapat mendengarkan ceramah atau kajian dari ulama atau ustadz favorit melalui video-video di platform Youtube. Selain itu, ada juga aplikasi-aplikasi khusus yang menyediakan berbagai kajian dan ceramah agama yang dapat Anda unduh di handphone. Aplikasi terbaru yang sedang banyak digandrungi milenial Indonesia adalah podcast. Sudah banyak para pemuka agama memanfaatkan media ini untuk menyiarkan ajaran agama. Dapat didengarkan sambil menyiapkan berbuka puasa, atau hanya sekedar santai di sofa.

Baca juga : CHANNEL PODCAST FAVORIT – MENEMANI RAMADAN TANPAIKLAN

4)  Belanja Online

Terakhir, aktivitas ngabuburit  yang effortless yang dapat dilakukan adalah belanja online. Namun, makna belanja online disini bukan diartikan seperti belanja barang-barang yang tidak perlu, karena pasti itu akan membuat pengeluaran membengkak. Maksud dari belanja online disini ialah berburu dan membeli makanan via online seperti gofood dan grabfood untuk berbuka puasa, tidak lupa sambil bersedekah ya..

Biasanya pada saat ngabuburit, kita akan berkeliling dan membeli jajanan untuk disantap saat berbuka puasa. Mengingat situasi sedang tidak aman, maka kita dapat berbelanja makanan dan jajanan secara virtual melalui aplikasi online. Dengan begitu, kita tetap bisa menikmati jajanan yang ada didekat rumah tanpa harus keluar rumah.

Nah, itu 4 kegiatan effortless yang dapat dilakukan #diRumahAja selama menanti berbuka puasa. Tetap bermanfaat meski cukup hemat tenaga bukan? Jadi, tetap betah #diRumahAja yaa…

 


#BPN30daysRamadhanChallenge2020


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.