TETAP DISYUKURI, MESKI PUASA DI MASA PANDEMI - MARI LAWAN COVID-19

TETAP DISYUKURI, MESKI PUASA DI MASA PANDEMI - MARI LAWAN COVID-19

Dalam masyarakat muslim, bulan Ramadan selalu menjadi waktu untuk merayakan kebersamaan dengan keluarga dan orang-orang terkasih. Namun, dengan adanya himbauan yang diberikan oleh pemerintah, dimana masyarakat harus menerapkan physical distancing selama pandemi Covid-19 ini, memungkinkan masyarakat tidak lagi bisa berkumpul untuk beribadah bersama, seperti Ramadan di tahun-tahun sebelumnya.

Meski begitu, banyak hal yang harus tetap kita syukuri meski puasa di masa pandemi, seperti memaknai 3 hal berikut ini yang mungkin belum sempat dilakukan.

1)  Banyak Waktu #diRumahAja untuk Beribadah

Ramadan tidak hanya tentang puasa dan makanan berbuka puasa, tetapi juga merupakan waktu untuk bertaubat, mendekatkan diri dengan sang pencipta dan merenungkan perbuatan diri. Biasanya, jika puasa disaat aktivitas yang padat, melakukan ibadah juga menjadi terbatas. Nah, di masa pandemi ini yang mengharuskan kita di rumah saja, dapat dijadikan kesempatan untuk mengisi waktu luang dengan banyak beribadah.

Syukuri waktu yang ada sekarang, mungkin kita termasuk yang beruntung dapat tetap menjalankan puasa dengan sehat dan aman di rumah saja. Bagaimana dengan mereka yang masih harus berjuang di luar rumah demi memenuhi kebutuhan keluarga atau orang lain yang membutuhkan?

2)  Tetap Merayakan dengan Lebih Berhemat

Ramadan adalah waktu sepanjang tahun yang dinantikan oleh semua muslim. Tahun ini, selama Ramadan di rumah saja dapat menjadi hal yang harus tetap disyukuri. Kita dapat lebih berhemat dalam menikmati sajian buka puasa. Makan dengan hidangan yang sederhana namun penuh berkah. Berhemat menjadi salah satu dari banyak ajaran islam, jadi hal-hal seperti ini juga dapat menjadi kesempatan untuk merefleksikan beberapa kebiasaan yang mungkin berlebihan.

Makan bersama keluarga di rumah saja dengan hidangan yang sederhana, dapat menjadi moment indah untuk merayakan Ramadan kembali bersama orang-orang terdekat yang dicintai, yang mungkin selama ini jarang terjamah oleh pandangan kita.

3)  Mengonsumsi Makanan Lebih Sehat

Saat berada di rumah atau #DiRumahAja, kita akan lebih sering memasak makanan sendiri. Kesehatan dan kehigeinisan makanan lebih terjamin dibanding membeli makanan di luar rumah. Jadi, sudah dapat dipastikan kalau bahan dan cara memasaknya tentu lebih sehat.

Menjalankan puasa di masa pandemi ini memang lebeih mudah, untuk kita yang meski di rumah saja semua sudah dapat terpenuhi. Namun, tentu sangat berat dan menjadi ujian jika masih harus berjuang di luar rumah di masa pandemi ini.

Namun, semua itu sudah jadi takdir. Kelak hal-hal yang unik dan berbeda itu dapat menjadi cerita bagi anak cucu di masa mendatang. Semoga kita selalu diberikan perlindungan dan kesehatan. Mari lawan COVID-19.

#BPN30daysRamadhanChallenge2020

 


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.