SAMBAL TUMPANG TEMPE - YANG DIRINDU SAAT LEBARAN DI KEDIRI

SAMBAL TUMPANG TEMPE - YANG DIRINDU SAAT LEBARAN DI KEDIRI

Lebaran atau hari raya Idul Fitri merupakan hari raya bagi umat Islam. Indonesia dengan mayoritas penduduk beragama Islam, menjadikan event lebaran ini sangat meriah di Indonesia.

Biasanya, di tahun-tahun sebelumnya, setelah melaksanakan sholat idul fitri, menjadi suatu tradisi untuk bermaaf-maafan dengan bersalam-salaman antar keluarga yang  wajib dilakukan. Kemudian, keakraban antar keluarga kurang lengkap tanpa adanya makan bersama yakni menyantap ketupat dan opor ayam, yang sudah menjadi hidangan wajib saat lebaran.

Momen yang paling ditunggu tersebut, tahun ini tidak mungkin terlaksana. Tradisi mudik, bermaaf-maafan sampai dengan acara makan-makan saat lebaran juga menjadi hal yang paling ditunggu. Sayangnya, tahun ini kita akan menyembut lebaran dengan suasana yang berbeda. Suasana yang sepi tanpa keluarga besar, tetangga, dan mungkin akan tetap bertahan di tanah rantau. Karena masih dalam masa PSBB di tengah pandemi COVID-19. Pasti semua akan merindukan moment tersebut, apalagi makanan-makanan yang memang menjadi ciri khas Lebaran setiap tahunnya di kampung halaman. Apalagi jika dibuat oleh orang-orang terkasih.

Makanan khas yang paling saya rindukan adalah sambal tumpang tempe. Saat mudik ke daerah Kediri, Jawa Timur, kampung halaman ayah saya, menu ini selalu dihidangkan istimewa di hari raya oleh keluarga besar. Menjadi alternative pilihan menu jika bosan dengan olahan ayam dan daging. Sudah 3 tahun terakhir saya tidak mudik kesana dan tidak menikmati hidangan ini. Rasanya tahun ini, saya akan mencoba belajar menghadirkan menu ini untuk hari lebaran nanti.

Sambal tumpang adalah olahan khas dari daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Yang khas dari sambal ini adalah penggunaan dua jenis tempe, tempe yang sudah menjelang busuk atau terlalu matang dan tempe yang masih bagus. Siapa bilang olahan tempe cuma enaknya kalau digoreng? Sambal tumpang ini berbahan dasar tempe yang direbus dan rasanya dijamin lezat dan bikin ketagihan. 

Biasanya saya menemukan sambal tumpang ini bersama nasi pecel atau nasi jagung. Rasa khas tempenya, membuat semangat makan jadi semakin membara, sedap! Yuk masak sendiri sambal tumpang nikmat dengan resep ini.

SAMBAL TUMPANG TEMPE - YANG DIRINDU SAAT LEBARAN DI KEDIRI

Bahan

º       400 gr tempe semangit (Tempe hampir busuk)

º       10 buah cabe rawit utuh

º       3 lembar daun jeruk

º       2 lembar daun salam

º       1 jempol lengkuas geprek

º       1 liter santan kekentalan sedang

º       gula pasir dan garam secukupnya

º       Secukupnya minyak goreng untuk menumis.

Bumbu Halus

º       8 siung bawang merah

º       5 siung bawang putih

º       7 buah cabe rawit

º       2 cm kencur

º       2 butir kemiri

Cara membuat:

a)   Cuci bersih tempe, rebus sampai empuk, tiriskan. Lalu hancurkan menggunakan garpu

b)  Tumis bumbu halus, daun salam, daun jeruk dan lengkuas sampai harum

c)   Masukkan tempe, santan, gula, garam dan koreksi rasanya

d)  Biarkan mendidih, kecilkan api biarkan bumbu meresap kurang lebih selama 5 menit, matikan api.

Sajikan Sambal Tumpang Tempe selagi panas dengan nasi panas, mantap!

Yuk, obati kerinduan tahun ini, yang tidak dapat mudik ke kampung halaman dengan mencoba hidangan khas lebaran di Indonesia bersama teman-teman atau dapat juga memasak sendiri menu lebaran sesuai selera.

Nah, kalau di daerah kamu, makanan apa yang selalu hadir saat Lebaran?



#BPN30daysRamadhanChallenge2020


2 komentar:

  1. Waaaah samaan nih kak dari Kediri. Sambal tumbang emang favorit banget kalau di desa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah iya kak? ayah saya yg asli kediri :) iya betul nikmat dan sedep bgt rasanya tuh ngangeni yaaa hehehe

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.