BAJU BARU LEBARAN? ALHAMDULILLAH BAJU LAMA - BAJU BARU VS BAJU LAMA


BAJU BARU LEBARAN? ALHAMDULILLAH BAJU LAMA - BAJU BARU VS BAJU LAMA

Idul Fitri sudah menghitung hari, jutaan warga muslim tanah air akan merayakannya. Sajian ketupat plus baju baru, akan jadi pemandangan menggembirakan saat perayaan Idul Fitri tiba. Lantas, apakah tahun ini sama? Semoga kita semua tetap dapat merasakan kemenangan sesungguhnya di hari yang fitri. Meski tidak mungkin berkumpul dengan keluarga dan sanak saudara.

Banyak yang bilang, tidak sah rasanya jika merayakan Lebaran tanpa mengenakan baju baru. Mungkin ini sebabnya, banyak pedagang baju muslim yang mengalami kenaikan omzet penjualan setiap Ramadan dan menjelang hari raya.

Namun banyak juga yang berpendapat bahwa sayang sekali menghabiskan uang setiap tahun untuk membeli baju baru karena baju lebaran jarang terpakai di hari-hari biasa.

Nah, saya setuju dengan pendapat yang kedua ini. Semenjak mempunyai penghasilan sendiri, membeli baju menjadi hal yang mudah dilakukan, namun apakah semua baju itu terpakai? Paling hanya satu-dua kali pakai, lantas hanya tertumpuk di lemari. Itu jika baju sehari-hari. Bagaimana kalau baju lebaran? Apalagi, dengan model baju lebaran yang pastinya tidak dapat dipakai sehari-hari, akan lebih banyak kemungkinan untuk hanya dipakai sekali saat lebaran, dan sisanya tersimpan rapi di lemari.

“Baju baru? Astagfirullah!”

Kian lama, membeli baju baru hanya untuk lebaran jadi terasa mubazir karena seringkali membeli hanya sekadar 'lapar mata' dan setelah itu tidak pernah dipakai kembali. Yang terpenting adalah, baju tersebut masih bagus, bersih dan layak dipakai serta jadi pakaian terbaik yang kita punya. Setidaknya saat pergi ke masjid untuk salat Eid dan bersilaturahmi dengan keluarga. Untuk menyiasatinya, saya memakai baju lebaran tahun-tahun sebelumnya yang masih cukup untuk dipakai dan dimodifikasi dengan baju-baju yang ada. Pastilah orang tidak akan hafal kalau baju lebaran kita selalu sama setiap tahunnya, hehe…

BAJU BARU LEBARAN? ALHAMDULILLAH BAJU LAMA - BAJU BARU VS BAJU LAMA
sumber foto : maryland today

Jika memang menganggap membeli baju Lebaran adalah hal wajib yang dianggap sebagai penghargaan atas berpuasa satu bulan penuh, mungkin baju lebaran dapat kita tujukan bagi yang benar-benar membutuhkan. Memberikan kepada sanak saudara atau tetangga yang membutuhkan akan menjadi bermanfaat.

Berhias dan memakai baju baru pada Idul Fitri, meskipun disunahkan, hanya saja kita tidak boleh terjebak pada sifat boros dan berlebihan dalam berpakaian dan berhias. Maka sebaiknya dalam berpakaian tidak melanggar batasan-batasan syar’i, baik bagi pria maupun wanita. Hal ini berdasarkan firman Allah, yang artinya, “Dan janganlah kamu berhias dan bertingkah laku seperti orang-orang Jahiliyah yang dahulu.” (QS. Al-Ahzab: 33)

Bagaimana kalian, haruskah membeli baju baru untuk Lebaran ataukah cukup mengenakan baju yang lama?

 

#BPN30daysRamadhanChallenge2020


10 komentar:

  1. Kalau menurtku mau membeli ataupun tidak membeli baju baru saat lebaran sah-sah saja sih. Asalkan, tidak boros. Kalau butuh dan ada uangnya silakan beli, kalau tidak ada ya jangan memaksakan. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe betul juga sih kak, memang jd pilihan masing-masing asal tidak dipaksakan jg yaa :)

      Hapus
  2. Aku kalau membeli baju lebaran gak pernah yang wow-wow banget sih, jadi masih bisa dipakai buat jalan-jalan kalau weekend atau kondangan. Namun, aku juga nggak tiap tahun beli baju lebaran, sesuai kebutuhan aja :) Yang penting tidak memaksakan diri dan sesuai kemampuan.

    BalasHapus
  3. Kalau kita bisa mix and match, baju lama bisa terlihat seperti baru kok. Apalagi disaat seperti sekarang ini, aku pun pengen nyoba mix and match aja nih.

    BalasHapus
  4. Alhamdulillah tahun ini bisa pakai baju lebaran yang ada di dalam lemari

    BalasHapus
  5. Walau ga mudik dan kumpul keluarga tpi beli baju baru saat lebaran udah sprti tradisi ya

    BalasHapus
  6. Kalo menurutku sih gak perlu beli baju kalau banyak baju yang masih bagus. Tapi kalau ada budget lebih dan pengen beli ya monggo, yang jelas baju baru pas hari raya bukan keharusan hihihi

    BalasHapus
  7. Saya udah berapa lama ini gak pernah pakai baju baru tuk Lebaran, pakai seadanya aja, yg penting bersih, Alhamdulillah. Tuk anak² aja biasanya yang dicariin, emakemaklyfe banget deh hihihih

    BalasHapus
  8. Sampai tahun kemarin masih suka beli baju lebaran hehehe tapi tahun ini enggak karena selain harus berhemat juga toh lebarannya di rumah aja. Kalau beli baju lebaran tentu pilih yang bisa dipakai berulang-ulang nantinya supaya nggak mubazir.

    BalasHapus
  9. Setuju mba,aku juga jarang beli baju lebaran. Pakai yang lama aja. Tapi kalau beliin anak sama ponakan masih kayak wajib gitu deh. Namanya juga anak2 yah tahunya lebaran yah bajunya baru

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.