3 TIPS HARI RAYA LEBIH IRIT DI MASA PANDEMI - MARI LAWAN COVID-19

3 TIPS HARI RAYA LEBIH IRIT DI MASA PANDEMI - MARI LAWAN COVID-19

Pandemi ini membuat perayaan Hari Raya Idul Fitri sedikit berbeda. Raga yang tidak dapat bertemu, tangan yang tak dapat berjabat, mestinya tetap tidak mengurangi suka cita umat muslim untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Selalu ada hikmah yang dapat diambil. Salah satunya, pengeluaran jelang Hari Raya yang biasanya membengkak untuk memenuhi kebutuhan Lebaran, seperti biaya mudik, membeli baju baru, kue kering, hingga salam tempel untuk saudara di kampung halaman, namun tahun ini dapat dihemat.

Nah, berikut 3 hal yang dapat membuat Hari Raya lebih irit di masa pandemi ini;

1.        Hemat Pengeluaran Baju & Kue Lebaran

3 TIPS HARI RAYA LEBIH IRIT DI MASA PANDEMI - MARI LAWAN COVID-19
sumber foto: futuready

Pertemuan dengan sanak saudara yang tidak dilakukan secara tatap muka dapat memangkas kewajiban menyediakan makanan berlebihan untuk menjamu. Selain itu, tidak perlu repot untuk mempercantik penampilan dengan membeli baju baru edisi Lebaran untuk outfit saat berkunjung atau berkumpul dengan sanak saudara dan teman-teman.

Nah, pos pengeluaran yang satu ini dapat dihemat kan? Jadi ada lebih banyak dana tersisa untuk dialihkan ke tabungan atau bersedekah.

2.        Masak Hidangan Lebaran Sendiri

Mau tidak mau, lebaran di rumah saja membuat kita harus dapat memenuhi kebutuhan secara mandiri, termasuk menghidangkan sajian lebaran. Langkah ini sebetulnya dapat membantu untuk mengurangi pengeluaran belanja makanan yang membludak. Menghadirkan sajian yang sederhana, namun tetap lebih terjamin kebersihan dan kesehatannya.

Baca juga : SAMBAL TUMPANG TEMPE, YANG DIRINDU SAAT LEBARAN DI KEDIRI

3.        Pengalihan Dana Mudik

3 TIPS HARI RAYA LEBIH IRIT DI MASA PANDEMI - MARI LAWAN COVID-19
sumber foto: tirto.id

Adanya larangan mudik pada Lebaran tahun ini dengan tujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus Corona, sebenarnya membuat sedikit berhemat. Dana mudik yang tidak terpakai dapat dialihkan untuk menambah dana darurat untuk menghadapi kehidupan selanjutnya yang belum pasti. Dapat juga dialokasikan untuk investasi.

Baca juga : MUDIK YES OR NO

Namun tetap jangan lupa untuk utamakan bayar zakat, infaq dan sedekah. Selamat irit dengan bijak untuk lebaran yang menyenangkan! J

 

#BPN30daysRamadhanChallenge2020


14 komentar:

  1. bener banget, sangat hemat jadinya lebaran kali ini, ga ada pos budget utk masak-masak open house lebaran, ga perlu siapin angpao lebaran, ga ada ongkos mudik, plus ga perlu beli baju baluuuu hihihi tapi kalo baju sih tetep ah biar tetep bisa ootd an hahaha

    BalasHapus
  2. Hehehe ita sih kak pengalihan dana mudik bisa dialihkan untuk menabung atau berbagi kesesama selain hemat juga menjadi ladang pahala

    BalasHapus
  3. Setuju banget mba. Lebaran kali ini aku pun no baju lebaran dan tanpa kue lebaran.
    Sedih memang, tapi ya sudah lah

    BalasHapus
  4. Dibalik pandemi Covid-19 ini banyak yang bisa kita ambil hikmahnya ya mbak. Apalagi kalau bisa sampai menghemat, dana jadi bisa kita alihkan untuk yang lainnya ya.

    BalasHapus
  5. Spesial lebaran tahun ini bisa lebih irit, selain itu uang THR juga bisa ditabung dulu, ga banyak pengeluaran, karna semua masih keadaan physical distancing.

    BalasHapus
  6. Ramadan tahun ini kalau aku pasti lebih irit karena nggak mudik. Hehhe.. tapi untuk masak makanan lebaran aku nyerah deh, paling opor aja, selebihnya beli. Nggak kuat nyuci piringnya! Wkwk

    BalasHapus
  7. Bener juga yah Mbak. Banyan hal yang bisa dihemat. Dana yang biasanya keluar jadi bisa dialihkan ke yg lain

    BalasHapus
  8. Ah iya banget. Aku dapat penghematan dari ketiga ini. Tahun ini gak ada budget beli baju. Dari ortu sampe ke anak-anak. Beli baju juga buat apa, gak kemana2 ini. Di rumah cukup baju rumah aja. Kue lebaran, tahun ini aku bikin sendiri. Lumayan hemat banget. aku malah invest di oven baru. Lumayan bisa buat bikin-bikin. Biasanya beli, dengan budget yang lumayan. Mudik juga gak ada. Gak ada uang transport ke mana-mana. Semoga pandemi ini cepat berakhir. Sehat-sehat semuanya.

    BalasHapus
  9. Untuk alokasi dana alhamdulillah ya, beberapa teralihkan. Memang Allah Swt sudah atur semua. Dimasa banyak PHK, dll pengeluran saat lebaran juga bisa diminimalisir.

    BalasHapus
  10. iya benar ramadhan dan lebaran lebih hemat. Pengeluaran secukupnya benar-benar sesuai kebutuhan. Ya alhamdulillah.
    kalau dana mudik nunggu nanti setelah situasi aman ya aku mau mudik juga.

    BalasHapus
  11. Kalau kami, pengalihan dana mudik dan anggaran belanja beli baju lebaran baru utk tambahan masuk sekolah (tahun ini 2 anak memasuki jenjang sekolah baru).

    BalasHapus
  12. Eh iya loh mbak, lebaran tahun ini bisa menghemat banget. Biaya yang awalnya mau dipakai buat mudik jadi bisa ditabung karena gak boleh mudik🤭. Gak beli baju baru juga karena baju tahun kemarin masih bagus dan masih bisa dipakai.

    BalasHapus
  13. Bener banget mba, Lebaran di tengah pandemi ibrohnya sedikit pengeluaran yaa 🤭

    BalasHapus
  14. Aku juga masak sendiri jadinya. Budget nya emang terhitung lebih ekonomis. Tapi kalau kue, akhirnya beli. Di rumah cuma pada suka kue kastangel aja, jadi mending beli biar ga repot. Hehehe

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.