AMALAN DOA DI AKHIR RAMADAN

AMALAN DOA DI AKHIR RAMADAN

Ramadan bulan suci yang penuh keberkahan dan pengampunan hanya datang sebentar menjumpai kita. Tidak terasa kini sudah di penghujung Ramadan. Anjuran mengamalkan beberapa do’a yang ditujukan pada akhir ramadan seperti hukum berdoa saat hujan.

Semuanya berharap dapat bertemu kembali dengan bulan penuh rahmat ini di tahun mendatang. Selain itu, tentu banyak pula yang berharap agar amal ibadah yang telah dilakukan di bulan ini dapat diterima oleh Allah SWT.

Jadi, sebaiknya kita berdoa dan memohon kepada Allah SWT agar menerima amal ibadah yang telah dilakukan sebulan penuh tersebut.

"Ya Allah, janganlah Kau jadikan bulan Ramadan ini sebagai bulan Ramadan terakhir dalam hidupku. Jika Engkau menjadikannya sebagai Ramadan terakhirku, makan jadikanlah aku sebagai orang yang Engkau sayangi dan jangan jadikan aku orang yang Engkau murkai."

Doa Qunut

Doa qunut merupakan salah satu doa yang diajarkan oleh nabi Muhammad SAW yang dibaca ketika sedang melaksanakan rakaat terakhir di shalat Witir berjamaah. Nabi sangat menganjurkan dan mengajarkan kepada sahabat dan umatnya untuk selalu mengamalkan doa qunut ini ketika ramadhan akan berakhir dan dianjurkan untuk membacanya setelah shalat witir.

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Abu al-Ahwash dari Abu Ishaq dari Buraid bin Abu Maryam dari Abu al-Khaura’ As Sa’di dia berkata, al-Hasan bin Ali r.a. berkata, “Rasulullah saw. mengajariku beberapa kalimat yang saya ucapkan dalam salat Witir, yaitu Allahummahdini fiiman hadait, wa’aafini fiiman ‘afait, watawallanii fiiman tawallait, wabaarik lii fiima a’thait, waqinii syarrama qadlait, fainnaka taqdli walaa yuqdla ‘alaik, wainnahu laa yadzillu man waalait, tabaarakta rabbana wata’aalait.

Doa Mengharap Malam Lailatul Qadar

Doa lain yang juga dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk diamal ketika akhir ramadan adalah doa agar dapat memperoleh keistimewaan ramadan yaitu malam Lailatul Qadar.

Telah menceritakan kepada kami Qutaibah telah menceritakan kepada kami Ja’far bin Sulaiman Adh Dhuba’i dari Kahmas bin al-Hasan dari Abdullah bin Buraidah dari Aisyah ia berkata, “Wahai Rasulullah, apabila aku mengetahui malam apakah lailatul qadar, apakah yang aku ucapkan padanya?” Beliau mengatakan, “Ucapkan: Allaahumma innaka ‘afuwwun kariimun tuhibbul ‘afwa fa’fu ‘annii (Ya Allah, sesungguhnya Engkau Maha Pemberi Ampunan dan Maha Pemurah, Engkau senang memberikan ampunan, maka ampunilah aku).” Abu Isa berkata, “Hadis ini adalah hadis hasan sahih. (H.R. Tirmidzi 3435 diriwayatkan juga oleh Ibnu Majah 3840, Ahmad 24215, 24320, 24322, 24330, 24559, dan 25018)

Semoga kita dapat kembali bertemu di Ramadan selanjutnya.

#BPN30daysRamadhanChallenge2020


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.