INDONESIA FUNDRAISING AWARD 2020 - MENGAPRESIASI GERAKAN KEMANUSIAAN DI INDONESIA

INDONESIA FUNDRAISING AWARD

Dunia fundraising (penggalangan dana) akhir-akhir ini menjadi hal yang diminati banyak orang, terlebih adanya pandemi saat ini yang memotivasi orang untuk bersedekah dan saling menolong. Apalagi sudah banyak platform yang memudahkan berdonasi. Masyarakat Indonesia tumbuh dengan jiwa “gotong royong” yang tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan hadirnya berbagai kegiatan galang donasi ketika terjadi bencana atau kasus kemanusiaan. Beberapa lembaga kemanusiaan juga sudah mulai banyak di Indonesia dan bertumbuh dengan baik untuk memberikan manfaat bagi masyarakat. Melalui Indonesia Fundraising Award 2020 yang digelar pada 9 Juli 2020, IFI (Institut Fundraising Indonesia) mengapresiasi para lembaga yang telah berkiprah di bidang kemanusiaan tersebut untuk pertama kalinya di Indonesia.

INDONESIA FUNDRAISING AWARD

IFI (Institut Fundraising Indonesia) merupakan lembaga training, consulting dan publishing yang bergerak di bidang fundraising. Pada 2013, Arlina F.Saliman dan M.Arifin Purwakananta mendirikan IFI dengan mengusung visi “Menjadi lembaga yang mendorong terciptanya sustainable Development Indonesia”. IFI aktif melakukan berbagai kegiatan dan berjejaring dengan banyak lembaga.

IFI lahir karena keresahan terhadap minimnya kaderisasi sumber daya manusia di bidang fundraising. Selain itu, karena masih banyaknya lembaga sosial yang belum berkembang karena kurang melalukan strategi fundraising dengan baik.

Pendiri berharap, hadirnya IFI dapat memberikan dampak positif untuk lembaga kemanusiaan di Indonesia. Sehingga lembaga sosial akan tumbuh mandiri dengan fundraising publik dan dukungan masyarakat.

INDONESIA FUNDRAISING AWARD

Adanya acara Indonesia Fundraising Award 2020, yang digelar untuk pertama kalinya di Indonesia, sebagai bentuk apresiasi bagi lembaga kemanusiaan ataupun NGO (Non Goverment Organization). IFI berharap acara ini dapat mendorong lembaga sosial kemanusian untuk mengelola lembaganya secara profesional dan transparan.

Penjurian IFA Award dilakukan oleh Direktur KNKS Ahmad Juwani, Direktur IFI Arlina F.Saliman dan Direktur Eksekutif Forum Zakat (FOZ) Agus Budiyanto. Sebanyak 17 kategori nominasi akan dianugerahkan kepada berbagai lembaga kemanusiaan. Para pemenang sudah diseleksi dari setahun sebelumnya melalui beberapa tahapan mulai dari pendataan, seleksi berkas, penentuan nominasi sampai pada penjurian.

17 Kategori tersebut diantaranya Fundraising Zakat Terbaik, Fundraising Kemanusiaan Terbaik, Fundraising CSR Terbaik, Fundraising Digital Terbaik, Fundraising Komunitas terbaik, Fundraising oleh Perguruan Tinggi, dan lainnya. Berbagai lembaga masuk di dalam nominasi seperti Aksi Cepat Tanggap, Dompet Dhuafa, LazisNu, PMI, LAZ Harfa, Yatim Mandiri dan lembaga-lembaga besar lainnya.

INDONESIA FUNDRAISING AWARD

Selain itu, Indonesia Fundraising Award 2020 juga menganugerahkan penghargaan spesial Tokoh Pendukung Gerakan Fundraising Indonesia kepada almarhum KH. Salahuddin Wahid atau yang lebih dikenal dengan Gus Sholah. Penghargaan ini diberikan kepada beliau karena kiprahnya terhadap sosial kemanusiaan dan juga gerakan fundraising.

Penghargaan IFA 2020 rencananya akan dilangsungkan pada bulan Maret lalu, namun keputusan akhirnya dilakukan secara daring karena masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Meski demikian, penghargaan tetap dilakukan secara professional dengan para dewan juri. Selain nominator, IFA Award mengundang media massa, tokoh, dan puluhan blogger Indonesia untuk hadir mengikuti berlangsungnya acara tersebut.

Direktur IFI (Institut Fundraising Indonesia), Arlina F.Saliman mengatakan, adanya Indonesia Fundraising Award ini diharapkan dapat memberikan motivasi terhadap lembaga social kemanusiaan untuk melakukan fundraising. “Karena tujuan fundraising sendiri adalah untuk kemandirian organisasi atau lembaga,” ujar Arlina.

Selain itu, Arlina juga berharap, IFA 2020 dapat mendorong ketertarikan anak-anak muda untuk masuk ke dalam dunia sosial kemanusiaan agar tercipta kaderisasi SDM.

"Event ini untuk meningkatkan semangat dan motivasi para pelaku fundraising di lembaga zakat dan lembaga kemanusiaan. Sehingga betul-betul menggelorakan fundraising yang membantu menyejahterakan masyarakat Indonesia,” ungkap Ahmad Juwaini, ketua tim juri.

Pada akhirnya, lembaga sosial kemanusiaan yang didirikan berasal dari masyarakat ini kemudian memberikan manfaatnya kembali ke masyarakat. Sehingga akan semakin luas jangkauan masyarakat yang merasakan manfaat bantuan.

Senang dan bangga rasanya dapat mengikuti acara Indonesia Fundraising Award 2020. Untuk pertama kalinya dan ikut merasakan betapa besarnya kepedulian masyarakat Indonesia dalam membantu sesama. Terima kasih sudah menambah wawasan sekaligus kebanggaan akan rasa kemanusiaan di Indonesia yang masih terus tumbuh dengan baik.

INDONESIA FUNDRAISING AWARD

Jadi saya ucapkan selamat kepada pemenang IndonesiaFundraising Award 2020, semoga ajang ini dapat terus memotivasi lembaga sosial kemanusiaan agar memberikan dampak baik ke masyarakat. Setidaknya penghargaan ini jangan dijadikan akhir dari tujuan. Selamat dan semoga memberikan keberkahan dan manfaat untuk semua.

Sukses untuk Institut Fundraising Indonesia atas event Indonesia Fundraising Award 2020. Semoga acara ini terus berlanjut dari tahun ke tahun untuk memotivasi para penggerak di bidang social kemanusiaan dalam berkontribusi memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

#IndonesiaFundraisingAward2020
#InstitutFundraisingIndonesia

10 komentar:

  1. Waw sampai ada awardnya segala ya. Ini informasi yang baru untuk aku mbak. Terima kasih reviewnya.

    BalasHapus
  2. Selama ini, lembaga fundraising memang banyak membantu kehidupan masyarakat dari golongan yang kurang mampu. baru tau juga ada awardnya :)

    BalasHapus
  3. Baru tau loh ada IFA. Bagus nih untuk memotivasi yang lain. Apalagi seperti dompet dhuafa dan palang merah yang aku tau. Memang sangat membantu masyarakat sekali.

    BalasHapus
  4. Gus Sholah memang sangat menginspirasi. Beliau cocok dijadikan panutan dalam acar ini. Semoga banyak diikuti pihak lainnya ya

    BalasHapus
  5. Aku baru tahu sampai ada penghargaannya, selamat untuk para pemenang, semoga terpacu untuk menginspirasi para penggerak di bidang sosial kemanusiaan!

    BalasHapus
  6. Wuiih keren banget ada acara seperti ini. Lembaga pelaku fundraising pasti tambah semangat dan termotivasi karena kegiatan mereka bisa dihargai. Semoga semakin bermanfaat bagi masyarakat ya kinerja lembaga2 fundraising

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada IFI l, jadinya para lembaga fundraiser bisa sekalian berjejaring yaa... Bukan saling bersaingan, tapi saling melengkapi dengan program masing-masing dan juga berlomba dalam kebaikan.

    BalasHapus
  8. Aku baru tau loh ada award khusus kegiatan fund raising ya ternyata dan cukup bergengsi, jadi membuat si fundraisernya juga semakin kredibel dan trusted

    BalasHapus
  9. Aku juga ikutbIFA ini Mbaak. Salut dengan oeneyelepenye, membuat ajang apresiasi sekaligus motivasi. Sebagai salah satu aktivis gerakan sosial aku ngerasain banget betapa fundraufund begitu bermnafaat bagi sebuah gerakan sosial.

    BalasHapus
  10. Bagus dengan hadirnya penghargaan untuk gerakan kemanusiaan, karena patut diapresiasi dan menjadi inspirasi bahwa kita dapat bekerjasama sama saling membantu sesama

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.