Peran Teknologi di Era New Normal

Peran Teknologi di Era New Normal, Menunjang Berbagai Sektor Kehidupan. Sudah tidak terhitung berapa lama harus tetap berada di rumah saja karena pandemi Covid-19 yang belum juga usai. Kini memulai kehidupan dengan adaptasi kebiasaan baru (new normal), dengan harus memiliki rutinitas yang berbeda dari sebelumnya. Sebagian mungkin sangat bersyukur dapat menikmati keadaan berkumpul dengan keluarga inti di rumah, namun pasti juga rindu dengan orang tua atau keluarga yang tinggal terpisah. Peran teknologi di era new normal ini menjadi penting tidak hanya sebagai media penghubung demi menjaga silahturahmi. Namun juga membantu tetap berjalannya segala sektor di kehidupan.


Peran Teknologi di Era New Normal


Saat ini karakteristik kondisi kehidupan new normal masyarakat Indonesia berfokus pada stay at home lifestyleback to the bottom of the pyramidgo virtual and emphathic society. Aktivitas seperti meeting, seminar, hingga belajar via daring dilakukan guna memenuhi kebutuhan, mulai menjadi sesuatu yang umum dilakukan. Hal ini menunjukan jika memang telah terjadi perubahan yang sangat besar dalam aktivitas sehari-hari khususnya komunikasi yang terjadi di masyarakat.


Kemampuan menggunakan teknologi komunikasi menjadi sesuatu yang penting di era new normal. Tetap terkoneksi dengan orang lain menjadi kebutuhan yang utama saat ini. Masalah jarak dan waktu dalam berkomunikasi dapat diatasi dengan memanfaatkan aplikasi dan media sosial yang ada. Pada intinya, tujuan utama yang ingin dicapai saat berkomunikasi adalah mereka ingin orang lain paham dengan apa yang disampaikan. Oleh karena itu, agar pesan dapat tersampaikan efektif pasa situasi new normal ini dibutuhkan kemampuan dalam menggunakan teknologi komunikasi, aplikasi digital, dan juga pemahaman komunikasi dasar.


Peran teknologi di era new normal akan membawa dampak positif dalam menunjang berbagai aspek. Inovasi dan penggunaan teknologi di era sekarang ini dapat dibilang meningkat secara signifikan dan semakin meluas. Hidup di era new normal dituntut untuk menguasai teknologi, dan tidak memandang usia dari muda sampai yang sudah tua.


Peran Teknologi di Era New Normal


Peran Teknologi di Era New Normal
Pada Sektor Perekonomian

Melahirkan UMKM yang berbasis pada digital menjadi kebutuhan yang dapat memenuhi konsumen dan penjual dengan mudah. Kehadiran platform digital UMKM merupakan suatu langkah efektif untuk menggerakkan ekonomi masyarakat pada masa New Normal.

Belum lagi mulai merambahnya e-commerce yang memudahkan “pertemuan online” antara penjual dan pembeli. Tentunya menjadi angin segar di sektor perekonomian. Era digitalisasi harus terus diperkuat agar dapat menopang kegiatan perekonomian di masa sulit seperti saat ini.


Peran Teknologi di Era New Normal
Pada Sektor Pelayanan Publik

Inovasi harus dilakukan ditengah keterbatasan, terlebih inovasi aplikasi ini menjadi pentingnya peran teknologi di era New Normal. Keunggulan dibangunnya aplikasi untuk pelayanan adalah lebih efisien dan efektif waktu, memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, dan mempermudah pimpinan dalam memonitor pelayanan publik.

Pembatasan interaksi antar orang akan dapat diatasi dengan penggunaan aplikasi. Selanjutnya adalah menyediakan jaringan yang kuat dan stabil di seluruh pelosok negeri agar implementasi aplikasi ini dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar sehingga pelayanan publik tidak terkendala.

Inti dari pelayanan publik adalah melayani publik sebaik mungkin, dan segala daya upaya dapat dilakukan meskipun masyarakat harus hidup berdamai dengan wabah yang ada di sekitarnya. Pembuatan aplikasi yang mendukung segala pengurusan pelayan publik secara online sangat membantu dapat mengurangi interaksi fisik dan keramaian. Dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, dan terjangkau.

Peran Teknologi di Era New Normal
Pada Sektor Pendidikan

Masa pandemi covid-19, sektor Pendidikan merupakan salah satu yang paling terkena dampaknya. Libur sekolah dan diberlakukan aturan belajar di rumah membuat para Tenaga Pendidik, anak didik dan orang tua harus pandai menggunakan teknologi. Memasuki masa New Normal, perlu suatu langkah bagaimana mengarahkan para Tenaga Pendidik dan anak didik agar lebih efektif dalam memanfaatkan peran teknologi di era new normal untuk mendukung pembelajaran.

Memasuki masa New Normal, kehadiran platform e-learning tiap sekolah perlu menjadi perhatian pemerintah sehingga perpaduan proses belajar secara online dan daring akan tetap berlangsung sehingga anak-anak akan terbiasa dengan model pembelajaran apapun.


Covid-19 memang yang memberikan dampak negatif, namun memiliki hikmah tersendiri yang secara sadar telah menguji kita semua untuk mampu mengikuti perkembangan industri 4.0 dan menuju 5.0. Kita semua secara tidak langsung sudah digiring untuk mengembangkan Inovasi dan Solusi berbasis Teknologi pada masa Work From Home (WFH). Sehingga peran teknologi di era new normal dapat menunjang keberlangsungan berbagai sektor.

2 komentar:

  1. iya, Alhamdulillah new normal ini disupport dengan peran teknologi yang mumpuni yaa. yang terasa di saya adalah di sektor pendidikan, anak-anak yang harus belajar di rumah, jika tidak disupport dengan internet dan gadget, mungkin akan kesulitan. semoga pandemi ini cepat berlalu ya, tetap terasa berbeda sekolah secara daring dan sekolah secara tatap muka.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul kak, bersyukur ya masih diberikan kemudahan teknologi jd msh bisa produktif di masa pandemi ini, meski di rumah aja justru lebih aman dan yg terbaik sepertinya saat ini :) semoga lekas berlalu

      Hapus

Diberdayakan oleh Blogger.