7 Cara Diet Sehat Ibu Menyusui, Perhatikan yang Ketiga

Cara diet sehat ibu menyusui dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan. - Sudah tidak heran lagi ya kalau setiap wanita hamil pasti akan mengalami kenaikan berat badan. Namun sebenarnya hal itu wajar saja. Tidak wajar, kalau kenaikan yang dialami sangat drastis, sehingga justru dapat mempersulit persalinan.

 

DIET SEHAT IBU MENYUSUI


Banyak wanita setelah melahirkan akan mengeluh dengan berat badannya. Bahkan merasa tidak percaya diri dengan penampilannya, apa ada yang merasa demikian juga? Saya sepertinya termasuk, hehe..Tubuh yang melar rasanya membuat tidak nyaman. Dan beruntungnya, saat menyusui akan menjadi solusi untuk jadi pola diet untuk ibu. Tapi, tentu saja diet untuk ibu menyusui harus dilakukan dengan hati-hati, karena mempertimbangkan gizi untuk ASI yang berkualitas untuk si kecil.


Nah, saya akan membagikan pengalaman saat melakukan diet sehat ibu menyusui. Beruntungnya, saya berhasil. Menurunkan berat badan dengan perlahan namun pasti, hingga hampir 15kg. Bahkan lebih turun dibandingkan berat badan sebelum hamil, hehe.. 


Diet Sehat Ibu Menyusui

Sebenarnya, diet saat menyusui bukan hal yang menakutkan, jika dilakukan secara tepat ya. Nah, untuk yang masih ragu, mungkin bisa konsultasi dulu ke bagian ahli gizi. Seperti yang saya lakukan saat itu sekalian konsultasi gizi untuk si kecil. Jangan coba-coba untuk melakukan diet yang terlalu ketat dulu ya, apalagi seperti diet adele, hehe..

 

Bersyukur sudah sukses menerapkan tips yang disarankan. Nah, berikut tipsnya jika para ibu mau coba juga:


1. Makan terjadwal


Diet sehat ibu menyusui yang pertama adalah mengikuti jadwal makan diet ibu menyusui yang benar. Makan tetap tiga kali dalam sehari, pagi, siang, dan sore menjelang malam. Jangan pernah terlewat satu jadwal pun, hal begitu justru akan menekan kegemukan dan tidak takut terjadi penurunan kualitas ASI.


2. Atur Porsi Makan dan Makan Makanan Sehat


Perhatikan jumlah serta porsinya. Mengurangi porsi makan secara bertahap setiap kali makan. Tapi ingat ya, yang dikurangi porsinya, bukan jenis makanannya. 

 

Pastikan kecukupan kalori, karena saat menyusui sudah cukup membantu dalam membakar kalori. Justru akan menyebabkan masalah jika tidak hati-hati. Jumlah total konsumsi harian antara 2.200 dan 2.500 kalori.

Ikuti panduan makan sahat atau menu diet sehat ibu menyusui untuk memastikan jenis kalori yang tepat. Selain itu, perhatikan juga jenis makanan yang dikenal dengan "booster ASI". Makanan jenis ini biasanya justru banyak mengandung gula. Kalau mau saya sarankan, booster ASI yang sekaligus bagus untuk diet sehat adalah konsumsi kurma, bisa salam bentuk susu kurma yang banyak manfaatnya.


3. Perbanyak Minum Air Putih


Cara yang saya lakukan selanjutnya adalah wajib perbanyak minum air putih setiap hari. Hal ini selain bisa menekan nafsu makan, juga bisa membuat tubuh lebih bugar. Kegiatan menyusui tentu membuat tubuh cepat merasa lelah. Nah, kalau tidak diimbangi dengan mencukupi cairan tubuh, maka tubuh akan lebih cepat lelah.


4. Olahraga


Nah, ini juga tidak kalah penting, olah raga. Pastinya akan terasa berat untuk membiasakan olah raga lagi ya, apalagi saat hamil juga kurang terbiasa olah raga.

Agar lebih terasa ringan, bisa dimulai dengan melakukan berbagai jenis olahraga ringan, seperti jalan, yoga, senam, dan sebagainya. Hal ini bertujuan agar lemak serta kalori dalam tubuh lebih cepat terbakar.

 

5. Sering Menyusui

 

Menyusui merupakan salah satu kegiatain yang cukup membakar kalori. Jadi, jika menyusui sesuai permintaan bayi yang tidak ada habisnya, hehe.. sebenarnya justru menguntungkan ibu karena akan membakar lebih banyak kalori sepanjang hari. 😉


6. Cukup Tidur

 

Perhatikan kualitas tidur, kalau ingin diet sehat ibu menyusui berhasil. Tidur cukup ini penting untuk membantu menstabilkan metabolisme tubuh, jadi mengurangi risiko kegemukan. Nah, sudah dipastikan tidur yang cukup pasti akan sulit saat menyusui bayi yang baru lahir.

 

Nah, kalau saya memilih mulai diet ibu menyusui di waktu setelah si kecil menginjak usia empat bulan. Pada masa itu, si kecil sudah cukup bisa untuk menyesuaikan waktu tidurnya dengan ibu di malam hari. Jadi ibu pun tidak banyak begadang lagi.

 

7. Konsultasi dengan Ahli Gizi

 

Ini penting sih, konsultasi dengan ahli gizi untuk menurunkan berat badan saat menyusui, jadi akan lebih aman.

 


Langkah Penting untuk Diet Sehat Ibu Menyusui


Langkah terpenting untuk diet sehat ibu menyusui adalah SABAR. Iya sabar! 😁 Demi penampilan, jangan memaksakan diri, apalagi sampai mengabaikan kondisi kesehatan. Pilih waktu yang tepat, karena setelah melahirkan, tubuh mengalami beberapa perubahan besar. Meski sangat bersemangat untuk mengembalikan bentuk badan, namun yang terbaik adalah kesehatan tubuh untuk pemulihan.


Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.