7 Kebiasaan Sederhana Ini Bikin Kulit Wajah Glowing

Kulit wajah glowing alami akan didapatkan jika rutin melakukan kebiasaan sederhana, salah satunya dengan rajin membersihkan wajah. Siapa sih yang tidak menginginkan wajah terlihat bersih dan bersinar? 😀 Kebanyakan, produk-produk kecantikan selalu menampilkan kulit wajah cantik adalah kulit yang putih. Padahal, kulit sehat yang alami tidak selalu berarti putih.

 

kulit wajah glowing

Tone kulit asli orang Indonesia kebanyakan berkulit langsat hingga sawo matang. Kulit kita ini juga bisa terlihat bersinar jika bersih dan sehat terawat lho. Wajah kusam tentunya tidak hanya memberikan kesan suram pada penampilan, namun juga akan mengurangi percaya diri kan? Nah, oleh karena itu, kita harus memberikan perhatian terhadap wajah agar kulit lebih sehat dan segar.


Ciri - ciri Kulit Wajah Glowing

Jadi, seperti apa kulit wajah glowing? Menurut saya, kulit yang cantik adalah yang sehat dan terawat.

Nah, kalau menurut ahli kecantikan, ciri - ciri wajah yang glowing alami antara lain:

  • Tidak ada jerawat dan komedo
  • Tidak terdapat flek hitam di wajah
  • Terlihat lembab, tidak kering dan juga berminyak


Jadi, bagaimana untuk mendapat wajah sehat demikian? Sudah pasti kita harus rajin merawat wajah, bahkan sejak dini. Perawatan wajah yang dilakukan tidak perlu terlalu ribet, apalagi sampai menghabiskan uang terlalu banyak, kecuali jika memang kulit wajah kita bermasalah. Perawatan secara sederhana juga dapat dilakukan sendiri lho di rumah, yang terpenting kuncinya adalah rutin dilakukan.

 

Perawatan Sederhana agar Kulit Wajah Glowing

Mendapatkan wajah glowing dengan menggunakan make up memang mudah, tapi hasilnya juga tidak akan bertahan lama. Lalu, bagaimana dengan penggunaan produk skin care? Nah, hasil dari penggunaan skin care juga akan berbeda-beda, tergantung dengan jenis kulit wajah dan kandungan dalam skin care. Jika kalau penggunaannya pun tidak tepat, alih-alih menjadi kinclong, justru masalah kulit yang didapatkan.

Jadi, bagaimana cara untuk mendapatkan kulit wajah glowing alami? Kebiasaan sederhana berikut ini ternyata dapat membuat kulit wajah kita sehat dan semakin bersinar lho.


1. Bersihkan Wajah dengan Benar

Membersihkan wajah dengan langkah yang benar di pagi dan sore hari, menjadi hal sederhana yang penting untuk dilakukan. Sisa-sisa kotoran dari debu, polusi, dan make up bisa menyumbat pori-pori yang akan menimbulkan masalah di kulit wajah, seperti jerawat, komedo, dan lainnya.

 

Gunakan produk pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit, sehingga mendapatkan hasil yang maksimal. 

Bersihkan wajah dengan pengunaan produk yang tepat, dan melakukannya dengan cara yang benar.

Selain itu, cara mebersihkannya pun harus benar. Salah satunya yang penting adalah mencuci muka dengan benar. Seperti apa mencuci muka dengan benar? Begini langkah-langkahnya:

 

Cuci Tangan

Tangan yang kotor tentu akan menyebabkan bakteri pada tangan berpindah ke wajah. Jadi, biasakan untuk mencuci tangan lebih dulu sebelum menyentuh kulit wajah.

 

Bersihkan Make up

Selanjutnya adalah membersihkan make up. Bersihkan dengan produk yang memang ditujukan untuk membersihkan wajah. Hapus sampai bersih, kemudian basuh wajah dengan handuk yang dibasahi air hangat.


Cuci Muka

Nah, selanjutnya adalah mencuci muka dengan sabun pembersih khusus wajah, bukan dengan sabun mandi ya. Pilih yang sesuai dengan jenis kulit. Sabun yang baik seharusnya membuat wajah tetap terasa lembap dan kenyal setelah dicuci.

Sabun pembersih wajah akan membantu dalam membersihkan sisa kotoran dan make up, pengelupasan kulit mati serta pori-pori yang tersumbat. Ratakan sabun ke seluruh permukaan wajah dengan perlahan dan gerakan yang lembut. Kemudian basuh sampai bersih dari sabun.

 

Keringkan Wajah

Saat mengeringkan wajah, jangan menggosoknya dengan handuk. Cukup ditepuk-tepuk lembut saja hingga sisa air mengering.

2. Gunakan Pelembap dan Sun Protection

Ternyata, penting sekali untuk menggunakan pelembap setiap hari demi menghindari kulit dari dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan cenderung kering, dan dapat menjadi penyebab berbagai masalah kulit seperti rasa gatal dan tampak kusam. Maka dari itu, menggunakan pelembap setelah membersihkan wajah setiap hari menjadi hal penting.

 

Pilih pelembap sesuai dengan jenis kulit wajah. Jika kulit tidak ada masalah, pilihlah yang bertekstur ringan dan mudah meresap agar lebih nyaman digunakan.

Selain itu, menggunakan sun protection juga akan melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Radiasi UVA dan UVB dari sinar matahari sangat berbahaya bagi kulit. Oleh karena itu, kulit perlu diberikan perlindungan rutin menggunakan sun protection lengkap dengan kandungan SPF dan PA.

Langkah ini sebaiknya jangan sampai terlewatkan. Paparan sinar UV matahari bisa menyebabkan kulit wajah jadi cepat keriput dan muncul garis halus, serta muncul bintik-bintik hitam di kulit. Selain itu, radiasi sinar matahari akan meningkatkan risiko terkena kanker kulit.

Pakailah
sun protection khusus untuk wajah dengan SPF minimal 50, seelah menggunakan pelembap dan sebelum keluar rumah. Penting juga untuk diingat bahwa sun protection di wajah tidak dapat bertahan seharian, jadi wajib untuk mengoleskan kembali setiap 2 sampai 3 jam sekali secara rutin. Apalagi jika beraktivitas outdoor.

3. Hindari Paparan Panas dan Polusi

Menurut penelitian dari seorang peneliti di London School of Economics, yang merenungkan berbagai dampak polusi udara, salah satunya terhadap kesehatan kulit. Panas yang berasal dari sinar matahari dan polusi udara, baik dalam bentuk asap rokok, asap pabrik, asap kendaraan bermotor, sangat berisiko tinggi untuk mengalami kondisi-kondisi berikut ini:

 

  • Rusaknya kolagen dalam kulit
  • Timbulnya jerawat akibat tersumbatnya kelenjar minyak di wajah
  • Munculnya flek hitam, karena melepas melanin berlebihan
  • Risiko kanker kulit

 

Oleh karena itu, sebisa mungkin, hindari paparan langsung ke kulit kita.

Sinar matahari memang salah satu aspek terpenting dalam hidup kita, apalagi dalam proses pertumbuhan. Namun, terlepas dari itu, sinar matahari langsung dapat merusak kesehatan kulit wajah juga, lho. Apalagi jika kita terpapar terus menerus selama berjam-jam, setiap hari.

Apa efeknya bagi kulit wajah? Sudah pasti kulit akan terbakar. Selain itu dapat meningkatkan resiko masalah kulit wajah.

Wajib hukumnya untuk menggunakan sun protection dengan SPF tinggi. Gunakan juga pelindung seperti topi untuk menghalau sinar matahari langsung.

4. Jaga Asupan Makanan

Selain merawatnya dari luar, kulit wajah juga perlu dirawat dari dalam dengan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung antioksidan. Menjaga pola makan yang seimbang, dengan tambahan makanan yang bisa menutrisi kulit dari dalam. 

 

Makanan yang sudah terbukti baik untuk menutrisi kulit seperti sayuran hijau, buah, biji-bijian, dan daging tanpa lemak, juga bisa menjadi cara perawatan wajah dari dalam. Pola makan sehat ini dalam beberapa penelitian dikatakan berpengaruh untuk mencegah timbulnya jerawat.

Selain itu, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa makan makanan rendah lemak dan gula dapat membuat kulit wajah akan semakin sehat dan terlihat lebih awet muda.
 

 

Hindari terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak dan gula pengawet. Selain tidak baik untuk kulit juga memang tidak baik bagi kesehatan tubuh. 

 

Tips mudah dari saya, setiap kali ingin makan sesuatu, coba pikirkan dulu, apakah ini sehat untuk kulitku? Apakah menutrisi kulit? Apa bermanfaat untuk kulit? 😉

You are what you eat, girls!


Selain itu, jaga asupan air untuk tubuh. Air putih sudah terbukti ampuh untuk mencegah tubuh kita dari dehidrasi. Baiknya lagi, air putih juga mampu menjaga kelembaban kulit kita. Air putih dipercaya sebagai minuman terbaik yang diperlukan oleh tubuh, karena mampu melarutkan racun dalam organ tubuh.

 

Mengonsumsi air putih secara rutin setiap hari, dapat membuat wajah lebih lembab. Kulit wajah yang lembab akan membuat wajah lebih glowing alami. Konsumsi air putih minimal sebanyak 8 gelas dalam sehari untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

5. Tidur Cukup

Tidur juga penting untuk kesehatan kulit lho. Jadi, jangan menyepelekan kebutuhan tidur untuk badan kita. Kondisi badan yang lelah, juga bisa membuat kulit terlihat kusam dan akan berakibat lebih cepatnya muncul keriput-keriput pada wajah. Jadi lebih baik,

Begadang jangan begadang, kalau tiada gunanya.
Kurangnya tidur karena begadang, akan mempengaruhi penampilan kita esok harinya. Kantung mata yang muncul, kulit wajah terlihat kusam, bahkan jerawat akan lebih sering datang pada wajah.

 

Oleh karena itu, penting menjaga pola tidur yang cukup demi mengembalikan kesegaran wajah. Atur jam tidur, usahakan untuk tidur cukup selama 7-8 jam setiap malam hari.


6. Olah Raga

Langkah penting juga yang perlu dilakukan untuk memiliki kulit wajah glowing alami yaitu dengan berolahraga. Olahraga tidak hanya mampu membuat tubuh kita sehat dan bugar, tapi juga membuat kulit lebih kencang dan terlihat awet muda. Oleh karena itu, ayo luangkan waktu untuk olahraga secara rutin minmal 3 kali seminggu.


7. Kelola Stres

Terakhir yang tidak kalah pentingnya adalah mengelola stres dengan bijak.

Stres secara langsung akan mempengaruhi penampilan kita. Terutama soal kesehatan kulit wajah. Biasanya, kulit akan cenderung lebih sensitif, sehingga jerawat dan masalah kulit lainnya akan lebih mudah bermunculan.

Lalu, bagaimana untuk mengelola stres? Salah satunya dengan menjaga pola hidup yang sehat. Dengan asupan makan baik, tidur cukup, rutin olah raga, akan membuat hati dan pikiran lebih rileks.

Penting juga untuk mencari lingkungan yang sehat, seperti apa? yang memberikan pengaruh positif untuk hidup kita.


Jika kalian adalah seseorang yang aktif dan sibuk setiap harinya, tips sederhana perawatan wajah di atas, sangat-lah penting. Wajib untuk disempatkan di sela-sela waktu kesibukan demi mewujudkan kulit wajah glowing alami. Terapkan tips-tips di atas secara rutin, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

 

Kebiasaan Buruk Penyebab Masalah Kulit

Beberapa permasalahan kulit yang tidak membuat kulit wajah glowing, biasanya disebabkan oleh kebiasaan sehari-hari yang dengan sadar atau tidak, akan menimbulkan berbagai permasalahan pada kulit.

 

1. Memencet Jerawat

Jerawat yang muncul terkadang memang bikin tangan tergoda untuk memencetnya. Namun jangan sekali-sekali melakukannya ya. Kenapa? Memencet jerawat justru dapat menyebabkan kotoran atau kuman dari tangan, dan bahkan isi jerawat masuk lebih jauh ke dalam kulit. Inilah yang akhirnya menyebabkan jerawat jadi terinfeksi.

Jerawat yang dipencet akan menjadi bengkak, kemerahan, luka berdarah, dan bahkan luka bopeng atau bolong bekas jerawat. Alangkah baiknya, jika ada jerawat, beri obat jerawat yang bisa dibeli di apotek atau dengan resep dokter.


2. Menyentuh Wajah dengan Tangan

Hindari untuk menyentuh wajah langsung dengan tangan. Hal ini bisa membuat kuman di tangan berpindah ke wajah dan membuat masalah kulit jadi semakin parah.

Apalagi jika kondisi tangan kita kotor, akan menyebarkan bakteri yang menyebabkan pori-pori menjadi meradang sampai muncul iritasi. Oleh karena itu, selalu cuci tangan jika memang harus memegang wajah.

Bagaimana, tertarik kan untuk memiliki kulit wajah glowing yang sehat dan terawat? Jadi, sudah melakukan ketujuh kebiasaan di atas belum? Ayo mulai lakukan dari sekarang, biar kulit wajah cantik alami dan sehat terawat. Selain cara merawat wajah yang baik, perlu juga menggunakan produk perawatan wajah yang berkualitas baik, yang tentunya berasal dari bahan alami, seperti produk dari SEBU.

13 komentar:

  1. Karena sakitku kambuh, aku jadi menjaga pola makan dan mencoba rutin olahraga. Karena cemilan dan minuman stop akhirnya keadaan kulitku membaik, masih jerawatan tapi nggak separah dulu, seneng banget

    BalasHapus
  2. Pola tidurnya nih yg masih susah saya terapkan. Kalau cuci muka itu wajib buat saya. Bener jerawat berkurang setelah rajin membersihkan wajah tuh

    BalasHapus
  3. Kebiasaanku nih masih suka mencet jerawat karena gemes banget, hehehee... padahal step-step skincare sudah sesuai tapi kalau pas ada jerawat tangannya gak kuat pengen mencet.

    BalasHapus
  4. Gak hanya dari penggunaan skincare atau mebersihkan wajah tpi gaya hidup kita pun sangat mempengaruhi kesehatan kulit wajah kita ya mbak, noted nih aku msh suka begadang huhu

    BalasHapus
  5. Kadang yang begadang itu suka dilakukan apalagi masih single dan kerjaan lagi numpuk, udah deh tidurnya bisa larut nggak teratur hehe

    BalasHapus
  6. Aku masihe masala d flek hitam nih, hilangnya kalo ke salon aja haha. Tapi lagi begini Ragu ke salon

    BalasHapus
  7. Wah you are what you itu yg agak susab ngontrol sih aku, tapi effectnya luar biasa kalau dilakuiin

    BalasHapus
  8. Nah part yang stress sama tidur cukup kadang yang susah tuh, karena kadang klo lagi ada kerjaan mau gk mau ya ngorbanin waktu tidur either tidurnya malam or bangun lebih dini, ternyata kebiasaan ini bikin kulit kusam ya

    BalasHapus
  9. ternyata ada part yang aku belum jalanin nih.. jadi tambah semangat menuju kulit wajah glowing nih.. semoga aku bisa konsisten jalaninnya.. dan harus bisa dong ya

    BalasHapus
  10. Meski sifatnya sekilas nonfisik, ternyata beneran ngaruh ya soal stres ini ke kesehatan kulit kita juga. Semoga sih kita bisa terus menjalankan pola hidup sehat yaa biar kulit pun ikutan glowing.

    BalasHapus
  11. Setuju banget, semua 7 kebiasaan yang kamu tulis di atas, aku lakukan secara rutin, setiap hari, dari yang wajahku kusam, alhamdulillah perlahan jadi lebih cerah dan sehat

    BalasHapus
  12. Setuju banget, semua 7 kebiasaan yang kamu tulis di atas, aku lakukan secara rutin, setiap hari, dari yang wajahku kusam, alhamdulillah perlahan jadi lebih cerah dan sehat

    BalasHapus
  13. Setuju banget sih, asupan dari luar dan dalam harus seimbang untuk hasil yang lebih maksimal🤭. Jujur aja, aku belum bisa mengontrol poin ke 7 karena menurutku susah banget😭

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.